5 Formula Tried-and-True untuk Membuat Copywriting Anda ke Level Selanjutnya

Sharing is caring!

Copywriting hanyalah jenis tulisan yang digunakan untuk membuat audiens bertindak tetapi seperti yang diketahui setiap copywriter, pencapaian itu tidak sesederhana itu. Yuk baca 5 Formula Tried-and-True untuk Membuat Copywriting Anda ke Level Selanjutnya

Apa yang Membuat Formula Copywriting Menjadi Bagus?

Formula copywriting terbaik memiliki beberapa kesamaan, yakni mudah diingat dan dikuasai, dapat membantu copywriter baru dan berpengalaman sama-sama dengan cepat menghasilkan salinan yang efektif, dan memiliki track record yang sukses.

Beberapa formula copywriting yang paling umum dan patut Anda pertimbangkan:

Formula copywriting 1: 4Cs

Menurut rumus 4C, copywriting yang menarik memiliki empat karakteristik: jelas (clear), ringkas (concise), menarik (compelling), dan kredibel (credible).

  • Jelas (clear): salinan Anda harus dipahami oleh semua orang. Anda dapat membuat tulisan Anda lebih jelas dengan menggunakan kata-kata ringan, kalimat pendek, header serta poin-poin tetapi kejelasan yang sebenarnya dimulai dengan memahami audiens dan tujuan Anda.
  • Ringkas (concise): menyampaikan informasi dengan kata-kata seminimal mungkin.
  • Menarik (compelling): salinan juga harus cukup menarik untuk dibaca oleh audiens Anda. Kuncinya? Berfokus pada pembaca dan kebutuhan, masalah, dan keinginan mereka.
  • Kredibel (credible): salinan Anda harus kredibel. Publikasikan whitepaper dan testimonial pelanggan. Jenis konten ini masih dapat mengkomunikasikan pesan key brand selain bisa juga untuk mengatasi skeptisisme pembaca.

Formula copywriting 2: masalah (Problem), agitasi (agitate), solusi (solution) = PAS

Ini merupakan formula copywriting zaman dulu yang populer yang mana penulis memperkenalkan masalah yang dialami pembaca, menggunakan bahasa emosional untuk menyelesaikan masalah, dan menawarkan solusi.

Ketika digunakan dengan benar maka formula copywriting PAS menghasilkan perhatian penuh pembaca. Pembaca akan sangat ingin tahu apa solusinya dan ketika Anda akhirnya menawarkan dengan cara memberikan seruan untuk bertindak jelas, singkat, menarik serta kredibel, maka artinya Anda akan menghasilkan arahan berkualitas tinggi.

PAS merupakan formula copywriting favorit para content writer karena mudah digunakan oleh copywriter pemula dan memiliki kemampuan untuk dengan cepat mengubah masalah prospek menjadi salinan yang kuat.

Formula copywriting 3: Bridge after bridge

Para content writer profesional menyarankan formula Bridge After Bridge yang dimulai dengan catatan aspirasional yang positif daripada yang negatif dalam PAS.

Untuk menggunakan Bridge After Bridge, Anda harus mengetahui kebutuhan dan keinginan audiens dan menggambarkannya di baris pertama. Selanjutnya, Anda menggunakan contoh untuk menggambarkan bagaimana konsumen lain telah mencapai kondisi ideal ini dan bagaimana pembaca dapat sampai di sana. Bridge after bridge berfungsi karena membangun hubungan antara penulis dan pembaca.

Formula copywriting 4: perhatian (attention), minat (interest), keinginan (desire), tindakan (action) = AIDA

AIDA adalah salah satu formula copywriting tertua. Seperti rumus di atas, formula ini meminta penulis untuk mendapatkan perhatian pembaca dengan tulisan persuasive, menarik minat pembaca pada produk atau layanan terkait, membuat pembaca menginginkan produk atau layanan. Tahap terakhir adalah meminta pembaca untuk mengambil tindakan.

Formula copywriting 5: storytelling

Banyak orang memberikan lip service kepada kekuatan cerita dalam copywriting tetapi hanya sedikit yang benar-benar menggunakannya. Storytelling memang dianjurkan asalkan kisah-kisah itu mencakup karakter, konflik, dan resolusi.

Kita sudah saling bercerita selama ratusan ribu tahun dan itu merupakan bagian dari evolusi kita. Dan itulah sebabnya storytelling sangat efektif sebagai teknik copywriting. Dalam salinan yang Anda gunakan pada landing page, karakternya bisa menjadi pelanggan Anda, konflik akan menjadi masalah yang dia hadapi, dan resolusinya akan menjadi produk Anda.

Storytelling juga bisa mengenai perusahaan atau orang yang menjual produk. Dalam skenario ini, karakternya adalah Anda, konfliknya adalah tahun-tahun perjuangan dan frustrasi yang Anda lalui. Sedangkan resolusi adalah moment ketika semuanya diklik untuk Anda.

Hal tersebut adalah formula yang Anda lihat pada banyak penjualan dan tentang pages. Cara ini merupakan cara yang sangat efektif untuk memposisikan diri Anda sebagai solusi untuk masalah pelanggan Anda.

Bagi Anda yang masih bingung bagaimana cara membuat website, tenang saja. Kami punya solusinya. Anda bisa langsung cek ke Jetorbit guna memenuhi kebutuhan pembuatan website Anda.

Tidak hanya pembuatan website saja namun Jetorbit juga dapat membantu Anda untuk membuat aplikasi.

Bermanfaatkah Artikel Ini?

Klik bintang 5 untuk rating!

Rata rata rating 0 / 5. Jumlah rate 0

Yuk Rate 5 Artikel Ini!

We are sorry that this post was not useful for you!

Let us improve this post!

Tell us how we can improve this post?

Tutorial dan Informasi Teknologi - Jetorbit Blog
5 Formula Tried-and-True untuk Membuat Copywriting Anda ke Level Selanjutnya
Artikel
5 Formula Tried-and-True untuk Membuat Copywriting Anda ke Level Selanjutnya
Informasi mengenai teknologi dan panduan menggunakan hosting, website dan domain
Copywriting adalah tulisan yang digunakan agar audiens bertindak. Yuk baca 5 Formula Tried-and-True untuk Membuat Copywriting Anda ke Level Selanjutnya
Silvia
Publisher Name
Jetorbit
Publisher Logo

Leave a Comment