faktor peringkat google

Tahukah Anda bahwa Google membuat perubahan pada algoritma pencariannya hampir setiap hari? Meskipun ini bukan pembaruan besar, mereka semua bertujuan untuk meningkatkan hasil pencarian untuk pengguna. Baca yuk sampai selesai artikel 5 Faktor Peringkat Google yang Mempengaruhi Peringkat Pencarian Anda.

Sebagai pemilik situs web, Anda harus tetap mendapat informasi tentang tren terbaru dalam pencarian. Mengapa? Karena ketidaktahuan faktor dapat menyebabkan hukuman.

Berikut adalah 5 faktor peringkat pencarian Google teratas yang akan mempengaruhi peringkat pencarian Anda secara waktu nyata:

  1. Kualitas dan Panjang Konten

Istilah konten berkualitas adalah relatif. Bagaimana Google menilai konten berkualitas? Bagaimana Anda menilai kualitas konten?

Cara baik untuk menjelaskan konten “berkualitas” adalah dengan bertanya pada diri sendiri terkait pertanyaan-pertanyaan berikut ini:

  • Apakah konten Anda menjawab pertanyaan pengguna?
  • Apakah konten Anda diformat dengan baik?
  • Apakah konten Anda dinilai atau didukung oleh data?
  • Apakah ini menarik secara visual dan mudah dibaca?

Sejujurnya, Googlebot tidak dapat membedakan antara konten berkualitas dan konten yang buruk.

Sebaliknya, bot belajar dari pengguna. Jika pengguna senang dan menghabiskan banyak waktu membaca konten, Google bot akan menganggap konten tersebut bermanfaat, ditulis dengan baik, menarik secara visual, mudah dibaca, dan memiliki semua atribut lain dari konten berkualitas.

Menurut pedoman kualitas pencarian Google, “membuat konten utama berkualitas tinggi membutuhkan jumlah yang signifikan, setidaknya satu dari berikut ini: waktu, upaya, keahlian, dan bakat / keterampilan.”

Bagaimana dengan panjang konten Anda? Google mengatakan, “Jumlah konten yang diperlukan untuk memuaskan halaman bergantung pada topik dan tujuan halaman.”

  1. Backlinks

Dukungan terbesar yang bisa Anda dapatkan dari situs web lain terjadi ketika mereka menautkan ke halaman konten Anda. Dengan tindakan ini, mereka mengatakan bahwa mereka mempercayai konten Anda sejauh mereka bersedia merekomendasikannya kepada pembaca mereka. Ketika banyak domain otoritatif menautkan ke halaman Anda, hal itu dapat meningkatkan kepercayaan dan otoritas halaman Anda dan Anda akan melihat peringkat yang lebih baik.

Untuk mendapatkan lebih banyak backlink ke situs web Anda, Anda dapat melakukan langkah berikut ini:

  • Membuat konten berkualitas yang bentuknya panjang: Ketika pengunjung situs web menikmati konten Anda dan dapat menyelesaikan masalahnya, mereka dapat merekomendasikan halaman Anda kepada teman, penggemar, dan mitra mereka.
  • Temukan peluang broken links: Menemukan tautan rusak pesaing Anda pada halaman web berarti Anda dapat mengirim pesan ke webmaster yang bersangkutan untuk diganti dengan tautan Anda. Untuk mendeteksi tautan yang rusak pada suatu halaman, Anda dapat menggunakan ekstensi “Check My Links” untuk Chrome.
  1. Pengalaman Pengguna Mobile-First

Seberapa baik versi seluler situs web Anda? Tidak peduli berapa banyak Anda membayar untuk situs web Anda atau seberapa cantik tampilannya, jika pengguna kesulitan untuk melihatnya di smartphone dan tablet mereka, Anda telah membuang-buang uang.

Selama bertahun-tahun, seluler menjadi lebih penting karena semakin banyak pengunjung yang mengakses situs web melalui perangkat seluler mereka. Dengan adanya perubahan dan tren dalam perilaku pengguna ini, Google memperkenalkan pengindeksan mobile-first.

Anda masih dapat membuat perubahan umum ke situs web Anda seperti mengoptimalkan kecepatan pemuatan (load speed) untuk meningkatkan pengalaman pengguna. Namun, jika Anda memiliki situs seluler dan desktop yang berbeda, Google merekomendasikan aktivitas berikut pada versi seluler agar siap untuk pengguna dan pengindeksan seluler terlebih dahulu:

  • Sajikan markup terstruktur untuk versi seluler.
  • Gunakan alat pengujian robots.txt untuk memverifikasi bahwa Googlebot dapat mengakses situs seluler.
  • Tambahkan dan verifikasi versi seluler Anda di Search Console.
  • Jadikan situs seluler Anda menjadi mobile-friendly.
  1. Kekuatan Domain

Beberapa domain telah memperoleh otoritas selama bertahun-tahun karena konten yang berharga, jumlah backlink yang diperoleh, penulis tepercaya, dan faktor lainnya. Otoritas domain Moz adalah salah satu peringkat paling populer untuk mengetahui seberapa kuat domain Anda.

DA adalah ukuran komparatif bagaimana kinerja berbagai situs web pada metrik penting seperti profil tautan dan faktor lainnya. Untuk setiap situs web pada saat pembuatannya, ia memiliki otoritas domain 1 dan terus meningkat seiring waktu.

  1. Click-Through Rate Organik

Sebagai permulaan, trafik dan klik didorong oleh bot. Dan meskipun Google mengenali klik itu, tidak berarti bahwa Google menganggapnya sebagai klik manusia.

Demikian juga, percobaan ini menghasilkan peningkatan mendadak dalam trafik pencarian untuk kata kunci yang ditargetkan dan semua trafik mengklik pada satu hasil.

Beberapa cara untuk mendapatkan CTR yang lebih baik pada halaman hasil pencarian adalah:

  • Tulis headlines yang lebih baik: Tajuk emosional yang menunjukkan manfaat posting Anda akan menarik pengguna untuk mengklik daripada yang lembut. Contohnya, Hentikan Rambut Rontok: 5 Cara untuk Berhenti dari Kehilangan Rambut Anda
  • Tulis meta descriptions yang lebih baik: Meta descriptions Anda adalah ringkasan dari posting Anda di halaman hasil mesin pencari (SERP). Memiliki ringkasan yang cocok dapat menarik lebih banyak pencari untuk mengklik pada halaman Anda.

Jetorbit menyediakan web hosting terbaik dan domain murah di tahun 2019 ini. Web hosting adalah tempat untuk membuat website Anda bisa diakses oleh semua pengunjung di seluruh belahan dunia. Agar bisa online dengan mudah dan cepat maka pilihlah web hosting terbaik dengan pengalaman lebih dari 5 tahun. Sedangkan domain adalah identitas dari website Anda agar mudah pengunjung mengingat nama identitas dari website Anda.

Hosting murah juga bisa didapatkan di Jetorbit tanpa mengurangi kualitas. Jetorbit selalu mengedepankan rasa puas klien dan tercapainya tujuan serta kesuksesan dari website yang ada di dalam Jetorbit. Berbagai macam pilihan web hosting berkualitas bisa Anda coba.

Hosting Indonesia pun telah tersedia. Anda bisa melakukan pemesanan web hosting Indonesia di Jetorbit dengan spesifikasi hosting terbaik.

Bermanfaatkah Artikel Ini?

Klik bintang 5 untuk rating!

Rata rata rating 1 / 5. Jumlah rate 1

Yuk Rate 5 Artikel Ini!

We are sorry that this post was not useful for you!

Let us improve this post!

Tell us how we can improve this post?

Bagikan:

Leave a Comment