ide pemasaran komunitas

Pemasaran komunitas yang strategis adalah dasar dari setiap strategi dampak sosial yang sukses. Akan tetapi, tahukah kalian jika memenangkan kepercayaan komunitas bukanlah hal yang mudah? Okay, ketahui lebih detail yuk di artikel 5 Cara untuk Mewujudkan Ide Pemasaran Komunitas (Community Marketing) Anda

Pertama, penting untuk memahami pentingnya tanggung jawab sosial perusahaan (CSR) dalam masyarakat saat ini. Sejak tahun 2020, CSR menjadi lebih penting bagi kesuksesan bisnis daripada sebelumnya. 

Akhirnya bisnis pun menemukan bahwa inisiatif CSR yang baik dapat meningkatkan laba mereka juga. Menurut Studi CSR, perusahaan yang mendukung tujuan sosial dan lingkungan jauh lebih mungkin untuk memenangkan loyalitas pelanggan dan mendapatkan persepsi publik yang positif. Dalam jangka panjang, nilai semacam itu jauh mengungguli iklan berbayar tradisional untuk pertumbuhan pendapatan dan penjualan.

Strategi dalam Meningkatkan Dukungan Komunitas dan Menarik Pelanggan

Okay, kita selami bersama yuk berbagai strategi yang terbukti meningkatkan dukungan komunitas dan menarik pelanggan.

Ide Pemasaran Komunitas Terbaik Lahir dari Pemahaman

Guys, kalian adalah bagian dari komunitas yang unik dan beragam, baik secara fisik maupun online. Sebelum kalian mengambil inisiatif pemasaran baru, sangat penting untuk memiliki pemahaman holistik tentang sejarah, orang, budaya, agama, politik, dan hasrat yang mendefinisikan komunitas kalian.

Sementara banyak bisnis beralih ke pekerjaan online, kemungkinan perusahaan kalian masih memiliki jejak fisik di komunitas lokal. Berhentilah untuk melihat bagaimana perusahaan kalian terhubung dengan komunitas lokal kalian di masa lalu. 

Guys, jangan abaikan komunitas online kalian, terutama di media sosial. Silakan pertimbangkan website bisnis kalian, Facebook, LinkedIn, Instagram, dan Twitter. 

Untuk komunitas lokal dan online serta media sosial, silakan lakukan riset. Investasikan waktu untuk memahami poin-poin yang mendorong komunitas kalian untuk bertindak. Pastikan untuk membaca konten yang dihasilkan oleh organisasi nirlaba dan kampanye kesehatan sosial di komunitas kalian.

Cari ke dalam untuk membangun dukungan bagi ide pemasaran komunitas

Perusahaan kalian ya komunitas kalian sendiri makanya kalian akan membutuhkan dukungan karyawan kalian untuk menjalankan inisiatif dampak sosial kalian. Namun, karyawan kalian juga merupakan sumber daya yang sangat baik untuk terhubung dengan komunitas kalian yang lebih besar. Mereka mungkin juga tertarik dengan kemungkinan menjadi sukarelawan bersama sebagai sebuah kelompok.

Silakan pertimbangkan untuk melakukan survei email yang menanyakan kepada karyawan kalian tentang minat dan pengetahuan mereka terkait organisasi atau acara komunitas lokal, seperti pameran dan festival. Pancing feedback dari karyawan tentang bagaimana bisnis kalian dapat menyempurnakan program dampak sosialnya agar lebih relevan dengan kebutuhan masyarakat.

ide-pemasaran-komunitas-1

Berpetualanglah untuk terlibat dengan komunitas kalian

Guys, silakan jelajahi di luar tembok perusahaan kalian untuk menemukan acara lokal dan membantu membangun hubungan dengan komunitas kalian. Silakan hubungi penyelenggara bisnis lokal untuk mempelajari lebih lanjut tentang bagaimana bisnis kalian dapat terlibat.

Nah, sebelum mengatur operasi kalian, silakan luangkan waktu untuk mempertimbangkan strategi pemasaran kalian. Menggunakan pamflet informasi adalah awal yang baik tapi pemasaran komunitas terbaik melibatkan audiens kalian dan menciptakan pengalaman yang tak terlupakan.

Namun, penting juga lho untuk memastikan pemasaran yang menarik kalian agar tidak merusak validitas program dampak sosial kalian. Kembangkan strategi yang paling sesuai untuk perusahaan kalian dan tunjukkan CSR kalian!

Pertimbangkan sponsorship untuk mendukung CSR dan komunitas kalian

Jika inisiatif CSR kalian luas maka sponsor dapat menjadi solusi ideal untuk menghubungkan misi kalian dengan komunitas lokal dan pelanggan masa depan kalian.

ide-pemasaran-komunitas-2

Ada begitu banyak cara untuk terlibat dalam sponsorship, yang mana masing-masing dengan manfaat dan peluangnya sendiri untuk pemasaran komunitas, periklanan, dan pengembangan audiens. Misal, kalian bisa saja mensponsori tim olahraga dengan cara mencantumkan nama perusahaan kalian di kaos mereka. Atau, menyelaraskan bisnis kalian dengan inisiatif CSR tepercaya lainnya atau bisa saja bermitra dengan lembaga nonprofit untuk mensponsori hari kerja atau proyek jangka panjang.

Terlibat dalam sponsorship sepadan dengan usaha, lho. Alasannya adalah akan meningkatkan kesadaran terkait bisnis, produk, dan layanan kalian sekaligus membuktikan kepada komunitas kalian bahwa kalian berkomitmen untuk menindaklanjuti strategi CSR kalian.

Silakan kalian pertimbangkan untuk membagikan informasi tentang sponsorship yang saat ini kalian tawarkan dan telah disediakan melalui daftar email perusahaan kalian serta di website dan media sosial kalian. 

Selenggarakan acara komunitas kalian sendiri

Terkadang, Anda perlu berpikir di luar kebiasaan. Silakan kalian undang tetangga, follower, dan pelanggan kalian untuk berbagi pengalaman dengan kalian. Buktikan kepada mereka bahwa kalian bersedia menghabiskan uang dan waktu untuk menunjukkan komitmen kalian terhadap CSR.

Maksimalkan Dampak Ide Pemasaran Komunitas Kalian

Jangan terintimidasi oleh hambatan yang dihadirkan oleh pemasaran komunitas. Justru ini adalah kesempatan untuk memahami apa yang dipedulikan oleh anggota komunitas kalian dan melihat apakah strategi CSR kalian bisa memenuhi kebutuhan mereka. 

Guys, platform CSR dapat membantu kalian dalam perjalanan ini, lho. Submittable bisa membantu kalian dalam meluncurkan, mengelola, dan mengukur program dampak sosial, membuatnya lebih mudah untuk menceritakan kisah brand kalian dan juga menghemat waktu untuk keterlibatan komunitas. Pada dasarnya, platform CSR harus dibangun untuk membantu perusahaan kalian berbuat baik dan lebih baik lagi. Setuju? 

 

Oia, by the way, optimasi performa website juga penting lho untuk menggunakan layanan website berkualitas, mulai dari domain, hosting, dan layanan pendukung lainnya. Nah, untuk mendapatkan itu semua, silakan berkunjung ke Jetorbit untuk mencari sesuai kebutuhan kalian. Selain itu, kami juga menyediakan VPS dan bisa kalian cek di sini.

Have a lovely day and always keep healthy

Bermanfaatkah Artikel Ini?

Klik bintang 5 untuk rating!

Rata rata rating 5 / 5. Jumlah rate 1

Yuk Rate 5 Artikel Ini!

We are sorry that this post was not useful for you!

Let us improve this post!

Tell us how we can improve this post?

Bagikan:

Leave a Comment