google-listing

4 Tren Pencarian yang Membuat Google Listing Anda Lebih Penting dari Sebelumnya

Sharing is caring!

Anda sudah tahu bahwa suatu situs hadir di Google adalah suatu keharusan, terutama untuk bisnis lokal. Anda mungkin juga tahu bahwa ada tiga entitas yang dapat Anda optimalkan untuk tampil lebih tinggi di hasil penelusuran Google, yakni situs Anda, iklan berbayar, dan Google business listing Anda. ketahui detailnya yuk di 4 Tren Pencarian yang Membuat Google Listing Anda Lebih Penting dari Sebelumnya

Namun, apa yang mungkin Anda kurang yakin adalah seperti apa tampilan situs Anda? Jadi, bagaimana situs Anda bisa tetap relevan dalam pencarian?

Pencarian “Zero-Click”

Jika Anda belum menyadarinya, halaman hasil penelusuran Google telah berubah drastis selama dekade terakhir. Google semakin menyediakan informasi yang dibutuhkan penelusur tanpa harus mengklik melewati halaman hasil. Hal ini terutama berlaku untuk konsumen yang menelusuri bisnis lokal, berkat Google My Business.

Listing Google My Business milik Anda muncul di Google Maps dan hasil lokal dari Google Search. Profil lengkap akan menampilkan informasi yang dibutuhkan oleh konsumen untuk mengambil keputusan tentang bisnis Anda. Itulah yang kami maksud saat kami berbicara tentang penelusuran tanpa klik: semakin sering, orang yang melakukan penelusuran Google menemukan semua yang mereka butuhkan tanpa benar-benar perlu mengklik hasil.

google-listing-1

Apa yang Anda Butuhkan

Untuk memastikan Google menghubungkan bisnis Anda dengan konsumen terdekat yang mencari apa yang Anda tawarkan, Anda benar-benar harus terdaftar.

  • Buat profil Google My Business

Untuk membuat profil Google Bisnisku, buka Google.com/business dan buatlah akun.

  • Klaim listing Anda

Untuk memiliki kendali atas profil Anda, Anda perlu mengklaim listing Anda. Untuk melakukan ini, cari nama bisnis Anda di Google Maps. Jika bisnis Anda muncul, pilih “claim this business” dan ikuti petunjuknya. Jika bisnis Anda tidak muncul, Anda harus menambahkan bisnis Anda sebagai sebuah tempat terlebih dahulu lalu ikuti langkah-langkahnya.

  • Berikan semua informasi Anda

Pada akhirnya Anda akan ingin mengisi semua profil Anda tetapi untuk saat ini Anda hanya dapat mencakup dasar-dasar, seperti informasi kontak dan kategori. Kategori Anda sangat penting karena memungkinkan konsumen menemukan bisnis Anda tanpa mengetahui nama bisnis Anda.

Hasil Berbasis Kualitas (Quality-Based Results)

Kembali ke masa lalu sekitar 15 tahun yang lalu, Google memberi peringkat halaman web sebagian besar berdasarkan teks halaman. Sekarang algoritma Google lebih kuat, dengan mempertimbangkan keamanan, kinerja, keterlibatan pengguna, dan faktor lainnya. Hal ini memungkinkan untuk mengidentifikasi dan memberi penghargaan pada halaman yang memberikan konten berkualitas tinggi melalui pengalaman pengguna yang terbaik.

Hal yang sama juga berlaku untuk profil Google My Business. Google tidak akan memeringkat listing Anda dalam hasil hanya karena cocok dengan kode posnya.

Apa yang Anda Butuhkan

Kesimpulan utamanya di sini adalah bahwa Google My Business bukanlah platform “set it and forget it”. Google My Business adalah akun yang membutuhkan perawatan secara rutin. Berikut ini adalah bagian yang perlu Anda pertahankan serta cara melakukannya:

  • Jaga informasi Anda tetap akurat

Kepercayaan adalah poin penting jika berhadapan dengan Google. Perbarui informasi kontak Anda seperlunya dan verifikasi jam libur yang sesuai. Selain itu, pastikan informasi Anda konsisten dengan listing lain di seluruh web.

  • Posting secara teratur

Kehadiran aktif akan memberi sinyal kepada Google bahwa bisnis Anda hidup dan berkembang serta membuat Google lebih percaya diri untuk mengirimkan pencari kepada Anda. Manfaatkan fitur social posting GMB dan terus perbarui penelusur tentang acara, promosi, pengumuman, dan penawaran baru.

  • Perbarui photo library Anda

Jaga agar foto di situs Anda tetap fresh dengan gambar baru setiap minggu. Sertakan foto staf Anda, berbagai produk atau layanan yang Anda tawarkan, dan pelanggan yang merasa puas (dengan izin mereka).

  • Dapatkan review

Satu ulasan 5-star dari tahun 2013 tidak akan cukup! Konsumen mempercayai dan mengandalkan apa yang dikatakan sesama konsumen tentang bisnis. Google mengetahui hal ini dan menghargai bisnis yang memiliki kehadiran review yang jujur. Untuk mendapatkan lebih banyak ulasan, caranya sederhana, yaitu meminta ke mereka.

Penelusuran “Near Me”

Lihatlah bagan ini untuk penelusuran “near me” di Google selama 5 tahun terakhir.

google-listing-2

Meskipun penelusuran “for me” menunjukkan tingkat pertumbuhan 60% namun penelusuran “near me” telah mencapai pertumbuhan 900%.

Orang-orang saat ini melakukan lebih banyak penelusuran “near me” daripada memasukkan kode pos atau lokasi mereka karena mereka berharap Google akan mendeteksi lokasi mereka.

Apa yang Anda Butuhkan

Google benar-benar akan melakukan pekerjaan dalam mendeteksi lokasi pengguna dan menemukan bisnis yang mendominasi lokasi tersebut. Namun Anda harus bekerja keras untuk menjadi salah satu bisnis yang menurut Google menonjol di lokasi tersebut. Hal tersebut bisa menjadi sangat sulit terutama jika bisnis Anda adalah bisnis berbasis layanan tanpa satu lokasi tertentu. Jika ini merupakan kasus bisnis Anda, berikut yang perlu Anda lakukan:

  • Set ke bisnis area layanan

Pastikan diatur ke “Service Area Business” di akun Google My Business. Ini untuk bisnis yang tidak memiliki satu lokasi statis tetapi melayani pelanggan di lokasinya. Jika Anda mencentang status ini, Anda dapat menentukan area mana yang Anda layani. Ini sangat berguna jika Anda melayani beberapa tetapi tidak semua, lokasi di luar radius Anda.

  • Publikasikan halaman layanan khusus lokasi

Daripada memiliki satu halaman layanan di situs Anda, lebih baik publish halaman terpisah untuk setiap lingkungan utama yang Anda layani. Sertakan foto, testimonial, kode inspeksi, dan kebijakan khusus untuk area tersebut.

  • Sertakan keyword dalam daftar Anda

Pastikan deskripsi bisnis dan keterangan foto Anda mengandung keyword spesifik lokasi. Misalnya, “Kami adalah grup inspeksi layanan lengkap yang melayani pelanggan di seluruh Jawa sejak 2015.”

Hasil Pencarian Visual

Jika kita amati, seringkali kita menemukan bahwa gambar dari profil Google My Business mulai muncul di hasil penelusuran lokal. Jika Anda menelusuri “gaun pengantin Jogja”, Anda dapat melihatnya sendiri. Google menampilkan foto gaun dari profil Google bisnis langsung di hasilnya.

google-listing-3

Selanjutnya, itu mengubah fitur foto yang ditampilkan untuk daftar bergantung pada istilah yang dicari.

Fitur ini saat ini berfokus pada ritel tetapi kemajuan Google dalam membaca gambar menunjukkan bahwa pada akhirnya, fitur ini akan memiliki aplikasi yang lebih luas. Misalnya, Google mulai menunjukkan kemampuan untuk memahami apa yang terjadi dalam sebuah gambar.

Apa yang Anda Butuhkan

  • Gunakan gambar tertentu

Tambahkan gambar ke situs Anda dan listing Google My Business yang tentunya sangat spesifik untuk setiap layanan yang Anda sediakan. Jika memungkinkan, jelaskan layanan yang diberikan dan di mana.

  • Foto Asli

Pastikan foto Anda adalah foto asli. Hal ini akan memungkinkan Anda untuk menjadi spesifik dan relevan mungkin. Selain itu, ketika konsumen dapat melihat orang-orang yang sebenarnya mau memahami kebutuhan mereka, mereka dapat membangun kepercayaan dengan lebih cepat.

Bagi Anda yang masih bingung bagaimana cara membuat website, tenang saja. Kami punya solusinya. Anda bisa langsung cek ke Jetorbit guna memenuhi kebutuhan pembuatan website Anda. Selain itu, kami juga menyediakan VPS dan bisa Anda cek di sini.

Bermanfaatkah Artikel Ini?

Klik bintang 5 untuk rating!

Rata rata rating 0 / 5. Jumlah rate 0

Yuk Rate 5 Artikel Ini!

We are sorry that this post was not useful for you!

Let us improve this post!

Tell us how we can improve this post?

Tutorial dan Informasi Teknologi - Jetorbit Blog
4 Tren Pencarian yang Membuat Google Listing Anda Lebih Penting dari Sebelumnya
Artikel
4 Tren Pencarian yang Membuat Google Listing Anda Lebih Penting dari Sebelumnya
Informasi mengenai teknologi dan panduan menggunakan hosting, website dan domain
Baca yuk agar kalian lebih paham tentang 4 Tren Pencarian yang Membuat Google Listing Anda Lebih Penting dari Sebelumnya hanya di Jetorbit
Silvia
Publisher Name
Jetorbit
Publisher Logo