influencer-marketing

4 Fakta Singkat Yang Harus Anda Ketahui Tentang Influencer Marketing

Sharing is caring!

Apakah Anda berencana membawa bisnis Anda ke level selanjutnya melalui influencer marketing? Influencer marketing berarti menggunakan jangkauan dan pengaruh individu tertentu yang mana pendapat dan sarannya dihargai oleh sebagian besar orang. Yuk baca selengkapnya di 4 Fakta Singkat Yang Harus Anda Ketahui Tentang Influencer Marketing.

Orang-orang ini menikmati kepercayaan dari follower mereka, selanjutnya brands mencoba menjangkau audiences tersebut melalui influencer.

Influencer marketing telah menjadi istilah yang sangat umum di antara brands dan online marketers. Kedengarannya cukup mudah namun ada beberapa hal yang harus Anda ketahui tentang influencer marketing untuk memastikan campaign Anda berhasil.

4 Fakta Singkat tentang Influencer Marketing

  • Influencer Sangat Menghargai Kepercayaan Followers Mereka

Butuh waktu bertahun-tahun bagi seorang influencer untuk mendapatkan kepercayaan dari pengikutnya. Di saat konsumen mendapatkan banyak penawaran oleh brand yang saling bersaing, tentunya mereka merasa kewalahan sehingga sulit untuk membuat sebuah keputusan pembelian. 

Influencer dipercaya oleh pengikut mereka sebagai sumber informasi yang kredibel, termasuk review dan rekomendasi produk. Jika memungkinkan, bermitralah dengan influencer yang benar-benar menyukai dan menghargai produk atau layanan Anda sehingga postingan mereka tampak lebih autentik.

Kepercayaan sangat berkaitan dengan keaslian. Jika seorang influencer gagal memberikan konten otentik kepada audiens mereka maka mereka bisa kehilangan kepercayaan.

  • Influencer Senang Jika Kreativitas Mereka Terjaga Secara Utuh

Ada beberapa influencer berhenti bekerja dengan sebuah brand karena mereka tidak diizinkan untuk mengaplikasikan gaya mereka sendiri di dalam konten yang mereka buat.

Memberikan terlalu banyak batasan tentang bagaimana influencer Anda harus mendesain konten mereka untuk campaign, justru dapat menurunkan peluang Anda untuk menemukan influencer yang tepat yang bersedia bekerja sama dengan Anda.

Sebuah studi oleh eMarketer mengungkapkan bahwa menghasilkan uang dengan bekerja sama dengan suatu brand bukanlah satu-satunya tujuan influencer. 77% dari mereka mengatakan mereka akan bekerja sama dengan brand tersebut jika memberikan kebebasan berkreasi kepada mereka.

Faktor lain yang mempengaruhi keputusan influencer terkait apakah akan bekerja sama dengan suatu brand atau tidak, selain kompensasi yang wajar serta rasa hormat, faktor apakah prinsip brand tersebut sejalan dengan prinsip mereka atau tidak juga berpengaruh pada keputusan influencer.

  • Influencer Menghargai Sebuah Dukungan

Anda perlu membuat influencer Anda merasa senang untuk memastikan campaign Anda berjalan dengan sukses. Influencer yang bahagia serta konten yang bagus, dapat memberi suatu progress yang berarti untuk bisnis Anda.

Jika Anda bekerja sama dengan satu atau lebih influencer, Anda harus mendukung mereka dengan cara membagikan konten mereka di berbagai saluran media sosial dan di situs Anda. Hal ini akan membantu mereka untuk memperluas jangkauan lebih jauh dan yang pasti, tentunya dukungan Anda akan sangat dihargai oleh influencer.

Screenshot di bawah ini menunjukkan bahwa The Body Shop memposting ulang konten dari influencer Fabulous Hannah di halaman resmi mereka.

influencer-marketing-1

Ada hal-hal yang diharapkan oleh influencer kepada Anda, yang mungkin saja tidak Anda sadari, kecuali mereka memberitahu Anda secara langsung. Jadi, jangan ragu untuk bertanya kepada mereka terkait bagaimana Anda bisa membantu mereka. Usahakan untuk menjaga komunikasi tetap informal dan santai sehingga influencer Anda dapat dengan mudah menyampaikan kekhawatiran mereka kepada Anda.

Anda bisa membangun suatu komunitas dari beberapa influencer kemudian Anda dapat membuat event, seperti live chats atau program khusus produk, yang dapat diselenggarakan oleh influencer Anda sendiri. Dengan cara tersebut maka Anda dapat membantu mereka untuk memperluas basis dan jangkauan mereka.

  • Anda Harus Membangun Relationships dengan Influencer

Anda harus membangun dan menjaga relationships yang kuat dengan influencer Anda. Campaign dari influencer  marketing hanya berhasil jika influencer merasa benar-benar terhubung dengan brand Anda. Dengan cara seperti itu maka mereka dapat membuat konten otentik dan memberikan Anda sebuah nilai yang Anda cari dari audiens mereka.

Ada beberapa cara untuk membuat influencer merasa senang dan membuat mereka merasa dihargai:

  • Attitude ketika berbicara. Pastikan Anda memiliki attitude yang benar saat berinteraksi dengan seorang influencer.
  • Dengarkan saran atau ide mereka tentang cara terhubung dengan konsumen. Hal ini dapat sangat membantu Anda dalam jangka panjang.
  • Selalu terhubung dengan influencer Anda. Selain membagikan postingan mereka secara luas di berbagai saluran sosial, Anda juga dapat mengikuti mereka di media sosial dan subscribe ke channel mereka.
  • Memberikan komentar post mereka dan membalas komentar mereka juga dapat membantu membuat influencer merasa lebih terhubung dengan Anda.

Di screenshot berikut, Anda dapat melihat komentar brand, “Holler and Glow” di , postingan influencer Instagram,Fabulous Hannah, yang mempromosikan merek tersebut.

influencer-marketing-2

Hosting murah bisa didapatkan di Jetorbit tanpa mengurangi kualitas. Jetorbit selalu mengedepankan rasa puas klien dan tercapainya tujuan serta kesuksesan dari website yang ada di dalam Jetorbit. Berbagai macam pilihan web hosting berkualitas bisa Anda coba. Selain itu, kami juga menyediakan VPS dan bisa Anda cek di sini.

Bermanfaatkah Artikel Ini?

Klik bintang 5 untuk rating!

Rata rata rating 5 / 5. Jumlah rate 1

Yuk Rate 5 Artikel Ini!

We are sorry that this post was not useful for you!

Let us improve this post!

Tell us how we can improve this post?

Tutorial dan Informasi Teknologi - Jetorbit Blog
4 Fakta Singkat Yang Harus Anda Ketahui Tentang Influencer Marketing
Artikel
4 Fakta Singkat Yang Harus Anda Ketahui Tentang Influencer Marketing
Informasi mengenai teknologi dan panduan menggunakan hosting, website dan domain
Berencanakah membawa bisnis Anda melalui influencer marketing? Yuk baca 4 Fakta Singkat Yang Harus Anda Ketahui Tentang Influencer Marketing
Silvia
Publisher Name
Jetorbit
Publisher Logo