xml-sitemap-generator

10 XML Sitemap Generator Tools Terbaik

Sharing is caring!

XML sitemap adalah alat penting untuk membantu crawler (Google) menavigasi dan menemukan halaman baru di situs Anda. Sitemap adalah cara untuk menunjukkan ke Google terkait halaman yang penting di situs Anda lalu mengatakan “this page exists and you can consider it for indexing.” Sitemap tidak secara otomatis menjamin situs Anda akan di indeks dan muncul di hasil penelusuran namun hal tersebut bisa sangat membantu. Yuk baca 10 XML Sitemap Generator Tools Terbaik

Visual Sitemap Generator Tools Terbaik

Sitemap yang menawarkan representasi visual sangat berguna untuk membantu Anda melihat hierarki halaman situs. Ini sangat bermanfaat untuk bekerja sama dengan klien dan membantu mereka memvisualisasikan serta lebih memahami tujuan dari sitemap.

Bonus lain dari alat generator sitemap visual adalah alat ini biasanya mudah digunakan dengan fitur drag-and-drop.

Slickplan

xml-sitemap-generator-1

Interface memungkinkan untuk pembuatan easy drag-and-drop ditambah penyesuaian dengan warna dan gambar. Opsi output akhir mencakup grafik vektor yang dapat diskalakan untuk presentasi klien. Atau file XML  atau teks sederhana.

Selain itu, Slickplan terintegrasi dengan Basecamp dan menawarkan plugin WordPress sehingga memungkinkan untuk easy sharing dan kolaborasi antara banyak pengguna dan editor.

Faktanya, Slickplan dapat digunakan untuk lebih dari sekedar membuat sitemap. Hal ini dikarenakan Slickplan adalah alat yang berguna untuk merencanakan situs, membuat sebuah process flowchart, atau mengembangkan arsitektur informasi untuk semua jenis proyek.

Dynomapper

xml-sitemap-generator-2

Alat visual yang hebat untuk mengembangkan sitemap interaktif yang mana Anda dapat memilih dari 3 sitemap styles (default, circle, and tree) serta dapat menyesuaikan dengan logo dan skema warna Anda.

Sitemap menampilkan lebih dari sekadar URL. Maksudnya adalah pengguna dapat berkolaborasi dan menyertakan komentar, data analitik, kategori, dan banyak lagi. Dengan fungsionalitas drag-and-drop, opsi advanced crawler serta integrasi analitik, Dynomapper merupakan alat sitemap visual hebat yang patut Anda pertimbangkan.

Writemaps

xml-sitemap-generator-3

WriteMaps menawarkan interface sederhana dan kustomisasi dengan warna dan memungkinkan Anda untuk memetakan dan mengumpulkan konten halaman. Anda juga dapat mengarsipkan sitemap lama agar tetap teratur dan berbagi antara tim internal serta klien. Ekspor produk akhir Anda sebagai PDF atau XML sitemap.

Mindnode

xml-sitemap-generator-4

Mindnode adalah alat mind mapping yang dapat digunakan untuk merencanakan proyek dengan cara visual. Fungsi ini cocok untuk merencanakan sitemap situs jika Anda ingin melakukannya secara visual. Anda tidak dapat mengekspor sitemap visual Anda sebagai XML file tetapi Anda bisa mendapatkan versi simple text outline atau versi PDF untuk presentasi klien.

PowerMapper

xml-sitemap-generator-5

PowerMapper menawarkan one-click, automatic site mapping untuk menghemat waktu Anda dalam membuat sitemap manual. Ini berguna untuk merencanakan situs serta mengidentifikasi kesalahan sitemap yang ada, kompatibilitas, dan masalah kegunaan.

Alat ini dipasarkan sebagai visual sitemap generator namun lebih terbatas dibandingkan alat lain yang sudah disampaikan sebelumnya. Sitemap dapat diekspor sebagai XML file atau Excel CSV.

Alat XML Sitemap Generator Terbaik Lainnya

Jika Anda lebih suka menggunakan alat sitemap generator ‘klasik’, ada hal lain yang perlu dipertimbangkan.

Inspyder Sitemap Creator 5

xml-sitemap-generator-6

Sederhananya, quick desktop install dengan one-time cost yang memungkinkan Anda menghasilkan XML sitemaps yang akurat, tentunya selain untuk mobile-specific, gambar, bahkan video sitemap.

Sitemap Creator secara otomatis akan membuat Google Sitemap Anda, mengunggahnya ke server Anda, mengirim ping kepada Anda, dan mengirimi Anda pemberitahuan email sehingga menjadikannya pilihan yang sangat nyaman.

Inspyder juga menawarkan beberapa alat gratis, seperti URL/HTML encoder yang mungkin berguna bagi Anda atau memanfaatkan paket bundelnya untuk alat yang lebih canggih.

XML-Sitemaps

xml-sitemap-generator-7

Ini merupakan sebuah alat yang menawarkan sitemap generator gratis dan versi berbayar Pro dengan fungsionalitas yang tentunya diperluas. Generator gratis hanya membutuhkan 4 quick steps. Aturlah frekuensi terkait seberapa sering konten pada URL yang Anda pilih akan berubah, termasuk tanggal terakhir diubah dan gunakan opsi prioritas yang dihitung secara otomatis untuk menunjukkan pentingnya URL relatif terhadap halaman lain di situs.

XML-Sitemaps juga menawarkan beberapa alat SEO tambahan, termasuk XML sitemap validator, analisis pesaing, keyword density calculator, dan SERP page checker.

Alat WordPress XML Sitemap Generator Terbaik

Secara historis, WordPress selalu membutuhkan plugin pihak ketiga untuk menghasilkan XML sitemap. Pada bulan Juni 2020, fungsi XML sitemap akhirnya diumumkan sebagai bagian dari WordPress 5.5 Core.

Jika Anda masih menginginkan kontrol tambahan atas sitemap Anda, plugin WordPress berikut adalah plugin yang paling terkenal.

Google XML Sitemaps

xml-sitemap-generator-8

Jangan bingung dengan alat resmi Google yang satu ini karena alat ini adalah plugin pihak ketiga yang independen di WordPress. Namun, memiliki peringkat tinggi di WordPress dengan lebih dari 2.000 five-stars.

Alat ini dapat membangun sitemap dinamis dari semua jenis halaman WordPress dan menyertakan halaman yang dibuat khusus. Plugin Google XML Sitemaps ini gratis.

Yoast SEO

xml-sitemap-generator-9

Mungkin plugin WordPress paling terkenal untuk SEO dasar dengan lebih dari 25.000 five-star reviews. Alat Yoast telah menjadi alat bantu bagi banyak pemilik situs WordPress untuk memasukkan XML sitemap dengan cepat dan mudah. Ini merupakan hal dasar tetapi fungsional dan membuat dynamic sitemaps.

Plugin Yoast SEO tersedia secara gratis dan juga ada versi berbayar premium untuk kemampuan SEO yang tentunya diperluas.

 XML Sitemap Generator

xml-sitemap-generator-10

Pilihan solid lainnya untuk membuat sitemap dalam WordPress dalam XML, HTML, dan RSS format. WordPress XML Sitemap Generator menawarkan setup yang mudah dari sitemap setting Anda dan sebuah opsi ping otomatis ketika Anda telah memperbarui halaman atau posting. Plugin ini sangat dapat disesuaikan. XML Sitemap Generator gratis untuk digunakan.

Nah, kalian sudah menggunakan yang mana nih? Tulis yuk di kolom komentar 😊

Sedangkan bagi Anda yang masih bingung bagaimana cara membuat website, tenang saja. Kami punya solusinya. Anda bisa langsung cek ke Jetorbit guna memenuhi kebutuhan pembuatan website Anda. Selain itu, kami juga menyediakan VPS dan bisa Anda cek di sini.

Bermanfaatkah Artikel Ini?

Klik bintang 5 untuk rating!

Rata rata rating 4 / 5. Jumlah rate 1

Yuk Rate 5 Artikel Ini!

We are sorry that this post was not useful for you!

Let us improve this post!

Tell us how we can improve this post?

Tutorial dan Informasi Teknologi - Jetorbit Blog
10 XML Sitemap Generator Tools Terbaik
Artikel
10 XML Sitemap Generator Tools Terbaik
Informasi mengenai teknologi dan panduan menggunakan hosting, website dan domain
XML sitemap adalah alat penting untuk membantu crawler menemukan halaman baru di situs. Yuk baca 10 XML Sitemap Generator Tools Terbaik
Silvia
Publisher Name
Jetorbit
Publisher Logo