tren-seo-2021

10 Tren SEO Teratas Untuk Mendorong Lebih Banyak Traffic di 2021

Sharing is caring!

SEO adalah salah satu cara paling efektif untuk menarik pelanggan potensial ke situs Anda. Untuk menghasilkan lalu lintas organik, Anda perlu memberi peringkat pada halaman pertama SERP dan disitulah Anda membutuhkan SEO. Namun, SEO terus berkembang. Yuk baca 10 Tren SEO Teratas Untuk Mendorong Lebih Banyak Traffic di 2021

Tren SEO Untuk Tahun 2021

Seperti yang telah dinyatakan di atas, untuk menentukan peringkat lebih tinggi atau sekedar mempertahankan peringkat, Anda harus terus memodifikasi strategi SEO Anda sesuai dengan Google, seiring perkembangan algoritmanya. Berikut ini adalah rincian SEO dan tren Google paling signifikan untuk menginformasikan tools mana yang Anda gunakan serta strategi yang Anda prioritaskan untuk tahun 2021.

Core Web Vitals sebagai Faktor Peringkat Google

Pada Mei 2020, Google mengumumkan tiga metrik baru yang disebut Core Web Vitals, yang mana akan digunakan untuk mengukur pengalaman pengguna: Loading, Interactivity, dan Visual Stability. Ketiga metrik pada dasarnya terkait hanya dengan satu hal dan itu adalah pagespeed: seberapa cepat halaman dimuat, seberapa cepat menjadi interaktif, dan seberapa stabil saat memuat.

tren-seo-2021-1

Core Web Vitals akan menjadi salah satu faktor peringkat Google pada Mei 2021, yang berarti Anda harus memperhatikannya agar dapat muncul di halaman pertama.

BERT Google Mencari Kecocokan Niat

Algoritma BERT (Bidirectional Encoder Representations from Transformers) Google menggunakan ML (machine learning) dan NLP (natural language processing) untuk lebih memahami pencarian dan apa yang sebenarnya dicari oleh pengguna. Ia bekerja dengan lebih dari 70 bahasa dan hampir untuk setiap kueri di Google English.

Dengan pembaruan BERT Google, bot mesin pencari Google bisa diartikan menjadi lebih ke suatu “percakapan”, sehingga sekarang algoritma Google dapat menafsirkan maksud dari si pencari. Sederhananya, sekarang Google dapat lebih memahami banyak hal, bahkan otak manusia.

Riset Keyword Akan Menjadi Lebih Penting

Lebih dari 50% pencarian adalah pencarian tanpa klik (zero-click). Hal ini berarti lebih dari separuh pencarian Google berakhir tanpa klik. Hal tersebut dikarenakan dengan hasil yang kaya di SERP, konsumen bisa mendapatkan jawaban yang mereka butuhkan bahkan tanpa harus mengklik hasilnya.

tren-seo-2021-2

Bagaimana cara melakukannya:

  • Temukan long-tail and targeted keyword untuk bisnis Anda. Anda membutuhkan kreativitas dan keterampilan untuk mendapatkan keyword tersebut.
  • Pahami maksudnya. Ketika alat SEO memang penting untuk digunakan, penting juga bagi Anda untuk menganalisis SERP untuk keyword tersebut sebelum memilihnya.

Itulah mengapa Anda melakukan riset keyword dengan sabar dan menemukan keyword yang dapat dengan mudah memberi peringkat dan menghasilkan pendapatan untuk Anda.

Google Masih Menginginkan Konten Asli

Dikarenakan konten yang bagus memainkan peran penting dalam SEO dan peringkat, maka konten otentik penting untuk bisnis agar lebih dari sekedar branding. Sederhananya, ini adalah konten unik yang belum pernah dipublikasikan di tempat lain.

Ada banyak konten serupa tentang topik yang sama yang diindeks di Google. Jika Anda membuat konten yang sangat mirip dengan konten yang sudah ada yang sudah diberi peringkat di web, mengapa Google memberi peringkat bagian Anda di atas konten asli? Itulah mengapa konten Anda harus otentik, berguna, dan menambah nilai dalam suara dan bahasa brand Anda sendiri.

Materi yang bagus untuk digunakan guna menghasilkan konten unik, bisa mencakup studi kasus, eksperimen, testimonial pelanggan, pencapaian perusahaan, dan banyak lagi. Hal ini tidak hanya akan membuat konten otentik yang disukai Google tetapi konten tersebut akan menjadikan Anda sebagai brand terpercaya di mata Google dan audiens Anda.

Voice Search

Menurut Google, cukup mengejutkan karena 27% dari seluruh populasi global menggunakan penelusuran suara di ponsel mereka. Lebih lanjut, ComScore melaporkan bahwa lebih dari setengah pengguna smartphone terlibat dengan teknologi pencarian suara pada tahun 2020.

tren-seo-2021-3

Pengguna mencari jawaban spesifik atas pertanyaan mereka saat menggunakan penelusuran suara. Dikarenakan pengoptimalan pencarian suara masih berkembang karena semakin banyak orang yang memilihnya seiring berjalannya waktu, maka diharapkan akan terus menjadi tren di tahun 2021 juga. Jadi hal ini bisa menjadi kebutuhan dalam hal SEO.

Artificial Intelligence

Sama seperti kebanyakan industri, AI juga mengubah SEO dan industri pemasaran. Alasan di balik dampak AI ini adalah personalisasi yang disediakan AI. Inilah faktanya: Google menggunakan AI untuk memberikan hasil pencarian yang mereka cari.

tren-seo-2021-4

Bagaimana AI dapat membantu strategi SEO Anda?

Butuh waktu bertahun-tahun untuk memahami algoritma mesin pencari yang digunakan untuk menentukan peringkat halaman web. Selanjutnya membuat strategi yang sesuai juga membutuhkan banyak waktu. Sementara pakar SEO dapat membantu dengan strategi semacam itu, pemanfaatan AI dan machine learning dapat menjadi game-changer. Hal tersebut akan jauh lebih efisien dan kuat dalam hal decoding algoritma dan menciptakan strategi yang menguntungkan.

Pemasaran Video

YouTube adalah mesin pencari terpopuler kedua setelah Google dengan lebih dari 1 miliar pengguna.

tren-seo-2021-5

Namun bagaimana cara mengoptimalkan konten video untuk mesin pencari? Mulailah dengan mengoptimalkan nama channel dan deskripsi video Anda. Meskipun deskripsi tidak boleh dipenuhi dengan keyword tetapi berikan deskripsi yang ramah pengguna tentang channel Anda.

Mulailah mengetik topik video Anda kemudian beberapa saran akan muncul di search field. Saran adalah keyword terkait yang dapat Anda gunakan untuk mengoptimalkan video guna menjangkau audiens yang tepat.

Featured Snippets

Featured Snippets atau Position Zero, muncul di bagian atas SERP dalam rectangular box.

tren-seo-2021-6

Snippets ini tidak hanya berguna untuk pencari tetapi juga bermanfaat untuk situs. Namun, Anda tidak dapat memilih konten yang ditampilkan di Featured Snippet untuk pencarian tertentu.

Metode yang tepat untuk menampilkan halaman web Anda di Featured Snippet masih belum jelas. Marketer dan pakar SEO menggunakan beberapa strategi yang mungkin bisa membantu. Misalnya, untuk mendapatkan hasil unggulan, Anda perlu menjawab pertanyaan tertentu dan menjawab poin-poin akan lebih baik.

Influencer SEO

Influencer adalah orang-orang dengan jutaan pengikut dan pengikut ini dapat menjadi pelanggan Anda jika Anda dapat menampilkan bisnis Anda di hadapan mereka.

Influencer seperti itu mendapatkan kepercayaan dari calon audiens Anda selama bertahun-tahun dan jika mereka terbuka untuk mendukung brand Anda maka ROI bisa sangat besar. Jadi, 89% marketer percaya bahwa ROI dari pemasaran influencer sebanding atau lebih baik dibandingkan dengan metode pemasaran lainnya.

Namun, Anda harus lebih spesifik saat memilih influencer karena tidak semua influencer dapat membantu brand Anda. Anda harus memilih orang yang memiliki audience yang tepat.

Bagaimana pengaruh pemasaran influencer terhadap SEO?

Link building

Backlink adalah faktor peringkat penting tetapi tidak semua jenis backlink bisa berfungsi. Anda membutuhkan backlink berkualitas tinggi dan disitulah influencer dapat membantu. Dengan influencer di sisi Anda, Anda dapat meningkatkan peluang mendapatkan backlink berkualitas tinggi untuk situs Anda.

Visibilitas brand & keterlibatan

Influencer tahu apa yang disukai atau tidak disukai audiens mereka sehingga ketika mereka membuat konten di sekitar brand Anda, audiens mereka akan terhubung dengannya. Tentunya konten tersebut unik, berharga, dan bermanfaat.

Mesin pencari memiliki soft corner untuk konten viral. Ketika seorang influencer membagikan postingan yang memiliki semua sifat yang layak dibagikan, konten tersebut dibagikan oleh sejumlah besar orang yang memprovokasi mesin pencari untuk memberi peringkat halaman web yang disebutkan lebih tinggi di SERPs.

Social media traffic

Tak perlu diragukan lagi bahwa konten viral selalu membantu menghasilkan banyak keterlibatan media sosial dan traffic rujukan (referral traffic).

EAT & branded SEO

Google lebih menyukai kualitas konten dalam hal peringkat. Namun apakah “kualitas” saja berhasil? Ada datang prinsip EAT: expertise, authoritativeness, dan trustworthiness.

Brand adalah masa depan SEO. SEO bergeser ke branding dan authority. Semakin populer dan autentik brand Anda, semakin tinggi dan sering Anda mendapatkan peringkat di Google.

Itulah mengapa Anda harus berusaha untuk membangun reputasi brand Anda. Selain itu, bangun kesadaran brand untuk meningkatkan kueri penelusuran brand. Brand queries adalah faktor peringkat tersembunyi yang akan membantu Anda mendapatkan peringkat lebih tinggi dan mengukuhkan diri Anda sebagai brand terpercaya di Google.

Jika Anda bekerja di niche YMYL (Your Money Your Life) maka hal ini bahkan lebih penting bagi Anda. Berusahalah untuk meningkatkan EAT Anda karena Google sendiri mengatakan bahwa mereka sangat memperhatikan peringkat situs YMYL dan menganggap serius EAT. 

Menerbitkan bisnis Anda di publikasi media berita, profil penulis yang dijelaskan dengan baik (termasuk kualifikasi & pengakuan), alamat, detail tentang pendiri & C-level, penghargaan, detail kontak yang tepat, dan sebagainya, dapat membantu Anda meningkatkan EAT situs Anda.

Bagi Anda yang masih bingung bagaimana cara membuat website, tenang saja. Kami punya solusinya. Anda bisa langsung cek ke Jetorbit guna memenuhi kebutuhan pembuatan website Anda. Selain itu, kami juga menyediakan VPS dan bisa Anda cek di sini.

Bermanfaatkah Artikel Ini?

Klik bintang 5 untuk rating!

Rata rata rating 5 / 5. Jumlah rate 1

Yuk Rate 5 Artikel Ini!

We are sorry that this post was not useful for you!

Let us improve this post!

Tell us how we can improve this post?

Tutorial dan Informasi Teknologi - Jetorbit Blog
10 Tren SEO Teratas Untuk Mendorong Lebih Banyak Traffic di 2021
Artikel
10 Tren SEO Teratas Untuk Mendorong Lebih Banyak Traffic di 2021
Informasi mengenai teknologi dan panduan menggunakan hosting, website dan domain
SEO terus berkembang. Yuk baca sampai selesai 10 Tren SEO Teratas Untuk Mendorong Lebih Banyak Traffic di 2021 hanya di Jetorbit
Silvia
Publisher Name
Jetorbit
Publisher Logo