tips social media marketing untuk bisnis restoran

Jika kalian menjalankan sebuah bisnis restoran hal yang pasti kalian akan lakukan dalam mempromosikan bisnis kalian adalah social media marketing. Saat ini, social media merupakan platform yang paling tepat untuk mengiklankan sesuatu, terutama bisnis kalian. Okay, kalau begitu simak yuk 10 Tips Social Media Marketing untuk Bisnis Restoran ala Neil Patel

Social media marketing dapat membantu kalian dalam memposting sesuatu yang attractive di dalamnya. Nah, termasuk makanan, kalian bisa memperindah tampilannya dan melakukan posting di dalam social media untuk menunjang kegiatan marketing kalian.

Lalu, apa saja sih tips-tips yang dapat berguna ketika melakukan marketing melalui social media untuk restoran kalian?

Tips Marketing Restoran Menggunakan Sosial Media

Berikut ini ada 10 tips Social Media Marketing ala Neil Patel demi meningkatkan traffic dan penjualan di tempat makan kalian. Check this out!

Ciptakan Brand Voice yang Konsisten

Kalian membuat konten yang serius di Instagram, terus upload tweet video lucu?

Sebaiknya jangan, deh. Kalian justru bisa membuat konsumen bingung. Mereka nanti akan bertanya, “Ini beneran restoran yang sama, kan?”

Branding yang konsisten di beragam platform media sosial, kata Neil, berpotensi melejitkan omset kalian.

Lalu, bagaimana cara memastikan brand voice kalian seragam di semua media?

  • Punya semacam panduan mengenai style marketing kalian.
  • Posting gambar dengan tema warna yang sama.
  • Buat caption dengan tone yang konsisten.

Optimasi Profil di Semua Platform

Bayangkan nih, kalian mengerjakan seluruh hal secara baik. Mulai dari memilih foto yang high resolution, memakai hashtag, serta menulis caption yang menarik.

Calon konsumen pun mulai berdatangan. Namun, kok mereka tidak menemukan nomor telepon yang bisa dihubungi atau informasi mengenai lokasi restoran kalian, ya?

Coba cek poin-poin berikut ini untuk melengkapi bio kalian di semua platform media sosial:

  • Nomor telepon/Whatsapp
  • Alamat email
  • Lokasi restoran
  • Maps atau petunjuk menuju lokasi tersebut
  • Deskripsi singkat mengenai restoran dan tempat makan kalian

Gunakan Tools untuk Monitoring

Kira-kira apa ya yang dikatakan kompetitor mengenai masakan kalian?

Bagaimana ya testimoni dari para konsumen?

Mengetahui ulasan dan apa yang dibicarakan mengenai bisnis kalian tentu dapat menjadi feedback yang berharga. Kalian bisa mengevaluasi strategi yang selama ini diterapkan.

Ada banyak tools gratis maupun berbayar untuk membantu kalian tracking semua hal tersebut di media sosial, di antaranya:

  • Hootsuite
  • Google Alerts
  • Talkwalker
  • Reputology

Buat Konten ‘Behind the Scene’

Konten ‘di balik layar’ kurang lebih menceritakan isi dapur kalian. Dengan berbagi hal tersebut, audiens akan merasa lebih dekat dengan kalian.

Sebuah studi terhadap lebih dari 10 ribu responden menunjukkan, 55 persen di antaranya mengakui bahwa cerita lebih bersifat persuasif dibandingkan data dan fakta.

Jadi, bisakah kalian mengunggah foto para staf yang sedang bekerja? Bisakah kalian membagikan cerita-cerita seru mengenai proses memasak dan menghidangkan makanan?

Ingat, orang-orang memakai media sosial untuk mencari hiburan. Pastikan strategi marketing kalian bisa menjawab keinginan mereka, ya.

Promosikan Menu Baru

Social media merupakan tempat yang ideal untuk meluncurkan menu baru. Orang-orang mencintai novelty, mereka begitu mendambakan sesuatu yang baru.

Setiap kali kalian ingin mengenalkan menu baru, silakan tampilkan di media sosial. Manfaatkan sesuatu yang baru ini sebagai focal point dalam marketing kalian.

Posting Aktivitas Para Pegawai

Masih dalam tema ‘Behind the Scene’, kalian bisa mendedikasikan sebuah postingan untuk memberikan highlight bagi para pegawai.

Ada beberapa cara untuk melakukan ini, misalnya:

  • Mengunggah foto karyawan ketika mereka meraih sesuatu, seperti lulus kuliah, menikah, melahirkan anak, dan sebagainya.
  • Menceritakan profil mereka. Siapa namanya, apa yang dikerjakan, dan bagaimana konsumen dapat mendukung kehidupannya.
  • Memperkenalkan dan membubuhkan tanda selamat datang bagi pegawai baru.

Bagikan ‘User-Generated Content/Konten Buatan Pengguna’

Umumnya, orang-orang suka bercerita mengenai pengalamannya. Apabila mereka menampilkannya di media sosial, share itu!

Posting ulang di Instagram kalian.

Teknik ini gratis, kok. Tapi impact-nya luar biasa. Testimoni positif tersebut akan meroketkan trust masyarakat dan berpeluang menarik lebih banyak pelanggan baru.

Berinteraksi dengan Audiens

Kebanyakan tim marketing pasti senang sekali menjawab komentar positif di media sosial. Sebaliknya, justru kita sering mengabaikan respons negatif.

Ini bisa dipahami.

Okay, kalian tetap punya dua pilihan: menghapus komentar tersebut atau justru menanggapinya dengan elegan.

Terkadang, review negatif sekalipun dapat menjadi sesuatu yang baik. Ketika kalian meresponsnya dengan cantik, orang akan melihat bahwa restoran kalian tidak lari dari masalah.

Kalian peduli terhadap pelanggan.

Kalian memahami keluhan mereka dan berusaha memperbaiki serta menghadirkan solusi terbaik.

Image tempat makan kita pun tetap terjaga, sembari masalah konsumen terselesaikan.

A win-win solution, kan?

Kolaborasi dengan Influencer

Influencer, baik yang mikro ataupun yang sudah besar, memiliki audiens yang siap mencicipi makanan kesukaan idola mereka.

Nah, jangan sia-siakan kesempatan!

Jika kalian belum pernah mengambil strategi ini, mungkin ini beberapa tips yang dapat dicoba agar bisa berkolaborasi dengan influencer:

  • Tawarkan santapan gratis yang “dibayar” dengan review di media sosial.
  • Berikan kupon diskon untuk setiap konsumen yang berhasil mereka bawa.
  • Jadikan mereka sponsor dengan bayaran tertentu untuk membuat konten khusus di feed Instagram.

Jangan Takut Memanfaatkan Iklan Berbayar

Silakan pertimbangkan untuk menggunakan iklan berbayar demi mengoptimalkan social media marketing. Kalau punya dana lebih, tidak ada salahnya sedikit berinvestasi.

Facebook, Instagram, TikTok, dan platform lain biasanya menawarkan tools untuk promosi berbayar. Bukan hanya meningkatkan pendapatan, kalian juga bisa memperoleh data mengenai target pasar, behavior, minat, hingga kontak Whatsapp mereka.

Sangat dibutuhkan kreativitas dan inovasi untuk melakukan social media marketing. Hal tersebut harus terus dilakukan agar restoran kalian terus diingat oleh pelanggan. Mereka pun akan terus datang dan tidak pindah ke restoran lainnya. Apalagi, persaingan bisnis makanan terbilang cukup ketat. Okay, jangan sampai terlambat beradaptasi agar restoran kalian tetap bisa hidup!



Oia, Jetorbit punya Paket Website Toko Online, lho. Kalian bisa menjual apa saja dengan toko online milik kalian sendiri! Mudah digunakan oleh siapa saja yang tentunya disertai dengan dukungan bantuan terbaik yang kalian dapatkan. Tenang, kami juga menyediakan VPS yang bisa kalian cek di sini.

Stay safe and keep healthy 😊

Bermanfaatkah Artikel Ini?

Klik bintang 5 untuk rating!

Rata rata rating 5 / 5. Jumlah rate 1

Yuk Rate 5 Artikel Ini!

We are sorry that this post was not useful for you!

Let us improve this post!

Tell us how we can improve this post?

Bagikan:

Leave a Comment