menjual-foto-secara-online

10 Tempat Terbaik Menjual Foto Secara Online: Untuk Fotografer Amatir dan Profesional

Sharing is caring!

Apakah kalian ingin menjual foto kalian secara online dan menghasilkan uang? Apa kalian juga ingin tahu situs mana yang memungkinkan kalian menjual stok foto? Yuk baca sampai selesai 10 Tempat Terbaik Menjual Foto Secara Online: Untuk Fotografer Amatir dan Profesional

Sebagai fotografer, kalian dapat dengan mudah mendapatkan uang tambahan jika mengetahui tempat yang tepat untuk menjual foto kalian secara online. Setiap orang dari perusahaan besar, bisnis kecil dan menengah hingga blogger, desainer grafis, marketer, bahkan penerbit pun membeli dan menggunakan foto online secara teratur.

Siapa yang Membeli Foto Stok dan Jenis Foto Apa yang Paling Laris?

Basis pembelian terbesar dari foto stok adalah blogger dan pemilik bisnis situs kecil hingga menengah.

Jenis gambar yang paling banyak mereka beli:

  • People – anak-anak, orang dewasa, dan semua orang di antara setiap negara dan budaya.
  • People working – Gambar-gambar ini sangat populer di kalangan bisnis. Orang-orang yang bekerja dengan laptop, menulis, menjadi pembicara di rapat, dan lain-lain. 
  • Makanan – Berbagai jenis makanan lezat bahkan piring kosong yang belum dicuci.
  • Perkakas – Roda gigi, palu, mur, baut, dan sekrup dapat menyampaikan banyak hal kepada calon pembeli.
  • Kota – Pemandangan kota, gedung, orang yang bepergian.
  • Nature – Ini adalah no-brainer yang tidak pernah menjadi tua untuk shoot atau menjual.
  • Travel – Pemotretan dari seluruh dunia selalu diminati.

Kemampuan menghasilkan uang secara online sebagai fotografer adalah tentang memanfaatkan kreativitas di pekerjaan kalian dan menerapkannya pada monetisasi bakat kalian.

Kesuksesan bagi sebagian besar pembuat konten bergantung pada tiga hal:

  • Menemukan niche kalian
  • Membangun audiens
  • Menciptakan beberapa stream atas pendapatan pasif

Kami akan membagikan 11 tempat terbaik untuk menjual foto secara online dan menghasilkan uang dengan melakukan apa yang kalian sukai.

Tempat Terbaik untuk Menjual Foto Secara Online

1. Di Situs Kalian Sendiri

Tempat terbaik nomor satu untuk menjual foto secara online adalah di situs kalian sendiri karena:

  • Kalian dapat mengatur harga foto kalian sendiri.
  • Tidak ada orang lain yang mengambil keputusan.
  • Kalian memiliki kontrol 100% terkait cara menampilkan foto kalian.
  • Kalian dapat mengatur syarat dan ketentuan kalian sendiri.

Belum punya situs? Tidak sulit untuk memulainya! Lihat panduan sederhana ini untuk membuat website. Kalian bisa install WordPress lalu install theme yang cocok untuk fotografi dan kalian bisa mengelolanya sesuai kebutuhan kalian.

Setelah membuat situs, kalian perlu memamerkan foto-foto dengan indah untuk menarik pengunjung dan meyakinkan mereka untuk membeli gambar kalian. Kalian juga bisa lho membuat album foto dengan Lightboxes yang dapat disesuaikan dan indah untuk menampilkan dan mengkategorikan gambar kalian agar lebih menonjol dari pesaing kalian.

2. Adobe Stock

menjual-foto-secara-online-1

Adobe Stock adalah marketplace foto stock oleh pembuat software pengeditan foto paling populer, termasuk Photoshop dan Lightroom. Platform ini telah ada selama lebih dari 10 tahun dan dikenal sebagai pasar online pertama yang menjual foto.

Hal yang paling disukai dari Adobe Stock adalah bagian royalti mereka yang lebih tinggi dibandingkan dengan toko online fotolainnya.

Foto yang di upload di Adobe Stock menjadi bagian dari perpustakaan Adobe Stock, yang berarti foto tersebut juga tersedia di aplikasi Adobe lainnya, artinya menjangkau jutaan pengguna Adobe dan pembeli potensial.

Kontributor menghasilkan 20%-60% dengan Adobe Stock. Adobe Stock tidak memaksa kalian untuk memberi mereka hak penjualan eksklusif atas gambar kalian kok. Jadi, kalian dapat menjual di Adobe Stock dan platform lain pada saat bersamaan.

Kalian dapat mulai menjual di situs Adobe Stock di sini.

3. Shutterstock

menjual-foto-secara-online-2

Shutterstock memungkinkan kalian untuk menjaga hak cipta kalian terlindungi sehingga terserah kalian untuk mengatur hak atas foto kalian. Shutterstock juga memberikan kredit kepada pemilik gambar, yang mana merupakan nilai tambah utama yang melindungi kepemilikan kalian dan memasarkan brand kalian.

Setelah kalian menjadi kontributor situs, kalian mulai menghasilkan uang setiap kali seseorang membeli dan mendownload konten kalian. Sebagai kontributor, kalian dapat menghasilkan 20% hingga 30% dari apapun yang dijual gambar kalian, yang dibayarkan Shutterstock setiap bulan.

Shutterstock tidak memaksa kalian untuk menggunakan marketplace mereka secara eksklusif. Kalian bahkan dapat mempertimbangkan untuk menjual di Adobe Stock dan Shutterstock pada saat yang bersamaan!

Kalian bisa mulai daftar shutterstock sekarang untuk mengirimkan foto kalian melalui platform mereka.

4. Alamy

menjual-foto-secara-online-3

Alamy adalah platform hebat lainnya untuk menjual foto stok karena tidak memiliki aturan yang cepat dan ketat.

Fotografer dapat upload foto mereka ke Alamy tanpa masalah lisensi atau hak cipta lainnya. Tarif Alamy juga kompetitif. Marketplace membayar fotografer 50% dari setiap penjualan, yang secara signifikan lebih tinggi daripada beberapa platform pesaing lainnya.

Cobalah Alamy hari ini! Daftar Alamy sekarang untuk memulai sebagai kontributor.

5. Etsy

menjual-foto-secara-online-4

Etsy lebih dikenal sebagai marketplace untuk jual beli barang-barang kerajinan tangan yang unik sehingga mungkin tidak terpikirkan oleh kalian saat mencari tempat untuk menjual stok foto. Namun, Etsy menawarkan lebih dari 30 juta pengguna dan beberapa cara berbeda untuk menjual foto kalian melalui platform mereka.

Hal hebat tentang Etsy adalah mereka memiliki audiens yang lebih besar daripada kebanyakan situs stok foto dan demografis yang siap membeli gambar kalian. Tentu saja, kalian bisa menjual gambar digital di Etsy sekaligus kalian juga bisa menjual cetakannya. Jadi, jika kalian ingin mengembangkan bisnis fotografi, Etsy adalah pilihan yang bagus!

Ingatlah saat menjual cetakan, kalian harus memperhitungkan biaya pencetakan, packing, dan pengiriman.

Etsy juga memungkinkan untuk memberi harga pada foto kalian sendiri dan situs tersebut juga memberi kalian kendali penuh terkait bagaimana kalian menampilkan foto kalian kepada pembeli. Jika kalian ingin kontrol penuh atas penjualan foto kalian tetapi tidak ingin membuat situs sendiri dari awal, Etsy mungkin cocok untuk kalian. Kalian coba ya setelah ini 🙂

6. Fotomoto

menjual-foto-secara-online-5

Fotomoto bukanlah online marketplace, melainkan widget yang terintegrasi dengan situs kalian untuk membantu kalian menjual foto secara online. Setelah kalian menambahkannya ke situs kalian maka Fotomoto mengelola semua proses penjualan foto untuk kalian.

Fotomoto memungkinkan kalian menawarkan foto digital, cetakan foto, bahkan kanvas kepada pengunjung situs kalian dan Fotomoto menangani pengemasan atas foto material kalian sehingga kalian tidak perlu repot-repot melakukannya.

Hal hebat tentang Fotomoto adalah widget ini dapat disesuaikan. Kalian dapat menyesuaikan setelan widget untuk menampilkan informasi brand kalian sendiri, termasuk logo kalian! Dengan begitu, pelanggan dapat belajar tentang brand kalian dan mengaitkannya dengan gambar kalian.

Baik kalian seorang fotografer hobi, fotografer profesional, atau desainer grafis, Fotomoto memiliki beberapa fitur hebat yang akan bekerja secara mulus dengan situs WordPress kalian yang sudah ada. Kunjungi situs widget untuk mempelajari lebih lanjut terkait paket bulanan, berjenjang, dan biaya transaksinya.

7. Crestock 

menjual-foto-secara-online-6

Crestock bisa menjadi cara yang lebih pasif guna menghasilkan uang untuk fotografi kalian. Kalian cukup buat akun gratis di Crestock dan upload foto kalian. Setelah tim Crestock mengevaluasi gambar kalian, mereka akan menambahkannya ke portofolio Crestock kalian sehingga pelanggan dapat membelinya.

Kalian juga dapat menambahkan keyword dan deskripsi untuk setiap gambar, yang juga dapat meningkatkan peluang kalian untuk disetujui oleh editor Crestock. Keyword dan deskripsi yang sama, akan membuat foto kalian lebih mudah ditemukan di antara banyakanya stok gambar di situs ini dan lainnya. Buktikan sendiri deh setelah baca ini 🙂

8. 500px

menjual-foto-secara-online-7

500px adalah online marketplace yang dapat membantu kalian membuat portofolio atas gambar kalian dan menghasilkan uang. Ini adalah salah satu tempat terbaik untuk menjual foto secara online.

Situs ini menawarkan “Pulse Algorithm” yang meningkatkan keterpaparan kalian dengan menambahkan upload baru kalian ke halaman Discovery, yang mana bisa dilihat oleh ribuan pengunjung setiap hari.

Situs ini juga menyediakan layanan pelacakan dan analitik sehingga kalian dapat melihat bagaimana gambar kalian dibandingkan dengan pesaing kalian. Pernah bertanya-tanya kah berapa banyak klik yang diterima gambar kalian? Bagaimana dengan peringkat kalian dibandingkan dengan kawan-kawan kalian? 500px dapat membantu kalian menemukan jawaban atas pertanyaan menarik tersebut.

Memulai 500px cukup sederhana. Kalian cukup buat akun gratis dan tambahkan gambar kalian kemudian tunggu dan lihat apa yang kalian dapatkan!

9. Snapped4u

menjual-foto-secara-online-8

Jika kalian merekam pernikahan, pesta, pertunangan, atau acara lainnya, Snapped4u dirancang untuk membuat hidup kalian lebih mudah dan saku kalian juga lebih tebal.

Dengan Snapped4u, kalian dapat membuat galeri dan upload gambar dari foto yang kalian jepret ke galeri tersebut kemudian kalian menetapkan harga fotonya. That’s all!

Dari sana, Snapped4u menjual gambar kalian sebagai file jpeg dan mengirimkannya melalui email kepada pembeli kalian. Selanjutnya, Snapped4u mengirimi kalian uang yang kalian hasilkan melalui PayPal pada tanggal satu setiap bulan.

Dikarenakan setiap penjual Snapped4u memiliki halaman galerinya sendiri, pelanggan yang memesan kalian untuk beberapa acara selalu dapat menemukan gambar kalian di tempat yang sama. Selain itu, kalian dapat memberikan URL hasil personalisasi kalian kepada siapapun yang menurut kalian mungkin ingin membeli foto kalian.

Snapped4u memberi kalian bagi hasil terbesar di setiap penjualan. Jika fotonya dijual dengan harga bagus maka Snapped4u akan mengenakan komisi.

10. PhotoShelter

menjual-foto-secara-online-9

PhotoShelter adalah online shop untuk menjual dan mengirimkan cetakan foto kepada klien. Mereka memungkinkan kalian untuk mengatur template kalian untuk sharing foto.

Namun, kalian perlu membeli space di platform mereka untuk upload foto. Ada beberapa paket untuk opsi tahunan dan bulanan dengan fitur berbeda.

Guys, kami harap artikel ini dapat membantu kalian menemukan tempat terbaik untuk menjual foto secara online dan menghasilkan uang. Sharing yuk di kolom komentar, kira-kira situs stok foto atau strategi mana yang paling ingin kalian coba.

Di situ ada stok foto, di situ ada jalan penghasil uang!

Good luck, Guys!

Hosting murah bisa didapatkan di Jetorbit tanpa mengurangi kualitas. Jetorbit selalu mengedepankan rasa puas klien dan tercapainya tujuan serta kesuksesan dari website yang ada di dalam Jetorbit. Berbagai macam pilihan web hosting berkualitas bisa kalian coba. Selain itu, kami juga menyediakan VPS dan bisa kalian cek di sini.

Bermanfaatkah Artikel Ini?

Klik bintang 5 untuk rating!

Rata rata rating 5 / 5. Jumlah rate 1

Yuk Rate 5 Artikel Ini!

We are sorry that this post was not useful for you!

Let us improve this post!

Tell us how we can improve this post?

Tutorial dan Informasi Teknologi - Jetorbit Blog
10 Tempat Terbaik Menjual Foto Secara Online: Untuk Fotografer Amatir dan Profesional
Artikel
10 Tempat Terbaik Menjual Foto Secara Online: Untuk Fotografer Amatir dan Profesional
Informasi mengenai teknologi dan panduan menggunakan hosting, website dan domain
Apa kalian ingin menjual foto kalian secara online dan menghasilkan uang? Yuk baca 10 Tempat Terbaik Menjual Foto Secara Online di Jetorbit
Silvia
Publisher Name
Jetorbit
Publisher Logo