10 Strategi Pemasaran Efektif Untuk Bisnis

Sharing is caring!

Tanpa adanya strategi pemasaran yang baik, maka cukup sulit untuk mengembangkan bisnisTanpa adanya strategi pemasaran yang baik, maka cukup sulit untuk mengembangkan bisnis. Terlebih, risiko kalah saing pun sangat mungkin terjadi. Sehingga, mempelajari tentang ilmu pemasaran sangat penting dalam menjalankan suatu bisnis. Oke, yuk baca 10 Strategi Pemasaran Efektif Untuk Bisnis

Pengertian Strategi Pemasaran

Strategi pemasaran adalah upaya untuk memasarkan serta mengenalkan suatu produk maupun jasa pada masyarakat.

Tentu saja dengan menggunakan rencana dan taktik matang agar jumlah penjualan dapat meningkat. Strategi pemasaran juga dapat dimaknai dengan rentetan usaha yang dilakukan perusahaan dalam mencapai tujuan.

Di dalam suatu bisnis, ada tiga faktor yang merupakan penentu harga jual barang dan jasa, yakni produksi, pemasaran, serta konsumsi.

Fungsi Strategi Pemasaran

Berikut ini terdapat empat garis besar yang dapat menjelaskan tentang fungsi strategi pemasaran:

  1. Terdapat standar penilaian prestasi kerja anggota pada bidang usaha maupun perusahaan. Dengan standar ini maka pengawasan kualitas dan mutu bisa menjadi semakin efektif.
  2. Sebagai alat bantu dalam meraih berbagai tujuan perusahaan dalam jangka waktu panjang dan pendek.
  3. Untuk mengatur jalannya bisnis sehingga koordinasi tim pemasaran bisa berjalan secara efektif dan sesuai dengan target.
  4. Akan meningkatkan motivasi pada bisnis yang tengah dilakukan. Strategi pemasaran mengharuskan para pelaku bisnis agar bisa memperkirakan jalannya bisnis pada masa yang akan datang. Serta bisa memberi semangat usaha sehingga bisnis bisa berjalan optimal.

10 Tips Strategi Pemasaran untuk Bisnis

Dalam penyusunan strategi pemasaran yang efektif maka kalian bisa menerapkan beberapa hal di bawah ini:

Selalu Konsisten dan Melakukan Perencanaan

Dalam strategi marketing, konsistensi sangat dibutuhkan supaya biaya marketing bisa efisien. Tak hanya itu saja, efektivitas penciptaan merek pun akan semakin meningkat.

Perencanaan marketing yang matang juga perlu dilakukan supaya pelanggan banyak berdatangan. Sebelum memasarkan produk, kalian dapat merencanakan strategi marketing, mulai dari anggaran marketing sampai konsep lain supaya usaha dapat mudah untuk berkembang.

Menyasar Target Market

Kalian perlu mendefinisikan dengan tepat mengenai pangsa pasar yang tengah dituju. Cara yang paling tepat adalah dengan memilih beberapa segmen pasar yang akan dimasuki. Tujuannya supaya target pasar menjadi lebih jelas.

Menghitung Anggaran dengan Akurat

Bagian yang paling berat dalam menentukan strategi marketing adalah menentukan anggaran. Hal ini karena membutuhkan keakuratan yang tepat. Dari anggaran yang sudah dibuat, kalian bisa menentukan besarnya dana yang dibutuhkan untuk kegiatan pemasaran yang efektif.

Menentukan Marketing Mix

Marketing mix merupakan harga, produk, dan juga tempat promosi. Sebagai seorang pengusaha, produk dan jasa harus diputuskan secara spesifik. Selain itu, harus ditentukan pula di mana dan bagaimana kalian dapat mendistribusikan produk. Selanjutnya, bagaimana cara supaya orang lain bisa mengetahui produk yang ditawarkan juga merupakan bagian dari marketing mix.

Menggunakan Website untuk Memasarkan Produk

Saat ini, segala macam usaha bisnis membutuhkan peran dari website untuk mempromosikan produknya. Selain itu, website juga media paling optimal untuk memberi informasi pada calon konsumen tentang produk yang ditawarkan.

Melakukan Branding dengan Baik

Branding sendiri adalah proses yang menentukan apakah konsumen menerima produk perusahaan.

Setiap perusahaan harus melakukan branding terhadap produknya sehingga konsumen akan loyal dan setia menggunakan produk tersebut. Beberapa usaha untuk melakukan branding terhadap perusahaan, meliputi membuat logo, gambar, dan juga menentukan produk unggulan.

Promosi dan Iklan

Strategi berikutnya adalah menggunakan promosi dan iklan untuk menambahkan brand awareness untuk produk yang kalian jual.

Kalian bisa juga memakai media berbayar agar kunjungan ke media sosial dapat meningkat, seperti Facebook Ads, Google ads, Instagram Ads, Twitter Ads, dan sebagainya.

Customer Relationship Management

Agar konsumen tetap konsisten dan loyal maka dibutuhkan pengelolaan hubungan baik dengan pelanggan. Dengan begitu, maka customer tidak akan lari ke perusahaan yang lain.

Oleh karena itu, kalian perlu membuat pengelolaan hubungan baik dengan para pelanggan, seperti kartu member khusus untuk pelanggan serta memberi potongan harga untuk para member.

Menerapkan Mobile Marketing

Saat ini, pengguna ponsel pintar semakin banyak. Tentu saja membuat pesan pemasaran serta konten bagi platform mobil adalah hal yang mesti dilakukan.

Oleh karena itu, perusahaan harus mendesain ulang blog atau website agar lebih responsif dengan smartphone.

Email Marketing

Untuk melakukan email marketing maka ada beberapa hal yang mesti diperhatikan. Pertama, tulisan harus bersifat persuasif dan jangan berlebihan untuk menjelaskan keunggulan produk.

Pelaku bisnis juga perlu menyisipkan form newsletter maupun subscription. Tujuannya supaya calon konsumen bisa menuliskan alamat surel apabila tertarik dengan tawaran bisnis.

Elemen Penting Dalam Membangun Strategi Pemasaran

5 P Pemasaran (Product, Price, Promotion, Place, dan People atau Produk, Harga, Promosi, Tempat, dan Orang) adalah elemen pemasaran utama yang digunakan untuk memposisikan bisnis secara strategis.

Berikut adalah penjelasan kelima elemen tersebut:

Product (Produk)

Produk mengacu pada produk dan layanan yang ditawarkan oleh bisnis. Keputusan produk meliputi fungsi, pengemasan, tampilan, garansi, kualitas, dan lain-lain.

Pelanggan perlu memahami fitur, kelebihan, dan manfaat yang bisa dinikmati dengan membeli barang atau jasa. Saat memikirkan suatu produk, pertimbangkan fitur utama, manfaat, serta kebutuhan dan keinginan pelanggan.

Price (Harga)

Harga mengacu pada strategi penetapan harga untuk produk dan layanan dan bagaimana pengaruhnya terhadap pelanggan. Keputusan penetapan harga tidak hanya mencakup harga jual tetapi juga diskon, pengaturan pembayaran, persyaratan kredit, dan layanan pencocokan harga apa pun yang ditawarkan.

Saat menentukan strategi penetapan harga, penting untuk mempertimbangkan posisi bisnis di pasar saat ini.

Promotion (Promosi)

Promosi mengacu pada aktivitas yang membuat bisnis lebih dikenal konsumen, seperti sponsor, periklanan, dan aktivitas hubungan masyarakat.

Dikarenakan biaya promosi bisa sangat besar, maka penting untuk melakukan analisis titik impas ketika membuat keputusan promosi. Penting untuk memahami nilai pelanggan dan apakah layak melakukan promosi untuk mendapatkannya.

Place (Tempat)

Tempat mengacu pada tempat produk atau layanan bisnis dilihat, dibuat, dijual, atau didistribusikan. Intinya, keputusan tempat dikaitkan dengan saluran distribusi dan cara menyampaikan produk kepada pelanggan utama yang ditargetkan.

Penting untuk mempertimbangkan seberapa mudah akses produk atau layanan dan memastikan bahwa pelanggan dapat dengan mudah menemukan kalian. 

People (Orang-orang)

Orang mengacu pada staf, tenaga penjualan, dan mereka yang bekerja untuk bisnis tersebut. Keputusan orang biasanya berpusat di sekitar layanan pelanggan, seperti bagaimana kalian ingin karyawan kalian dinilai ramah oleh pelanggan?

Contoh Bisnis yang Berhasil Membuat Strategi Pemasaran

Nike: Promosikan Nilai Anda

Hanya ada sedikit merek yang bisa dikenali seperti Nike dan slogan “Just do it“. Sejak awal, merek ini memfokuskan pemasarannya pada mempromosikan nilai-nilai merek, seperti mengatasi kesulitan atau inovasi.

Untuk menyampaikan budaya ini kepada audiensnya, Nike sangat mengandalkan storytelling: iklan yang menceritakan kisah yang menginspirasi dan memancing emosi positif pada pengguna. Selain itu, nilai merek tidak hanya hadir dalam pemasaran kalian tetapi dalam segala hal yang kalian lakukan.

Oke, Guys. Gimana, apakah kalian sudah mengaplikasikan hal-hal yang sudah kami sampaikan di atas? Sharing yuk agar kawan-kawan lain juga dapat insight 🙂

Bagi Anda yang masih bingung bagaimana cara membuat website, tenang saja. Kami punya solusinya. Anda bisa langsung cek ke Jetorbit guna memenuhi kebutuhan pembuatan website Anda. Selain itu, kami juga menyediakan VPS dan bisa Anda cek di sini.

Bermanfaatkah Artikel Ini?

Klik bintang 5 untuk rating!

Rata rata rating 0 / 5. Jumlah rate 0

Yuk Rate 5 Artikel Ini!

We are sorry that this post was not useful for you!

Let us improve this post!

Tell us how we can improve this post?

Tutorial dan Informasi Teknologi - Jetorbit Blog
10 Strategi Pemasaran Efektif Untuk Bisnis
Artikel
10 Strategi Pemasaran Efektif Untuk Bisnis
Informasi mengenai teknologi dan panduan menggunakan hosting, website dan domain
Tanpa adanya strategi pemasaran yang baik, maka cukup sulit untuk mengembangkan bisnis. Yuk baca 10 Strategi Pemasaran Efektif Untuk Bisnis
Author Name
Publisher Name
Jetorbit
Publisher Logo

Leave a Comment