10 Strategi Memaksimalkan Social Media Marketing

10 Strategi Memaksimalkan Social Media Marketing

Sharing is caring!

Tingginya angka pengguna media sosial memberikan keuntungan tersendiri bagi para pelaku usaha saat ini. Melalui berbagai platform sosial media yang hadir, kalian bisa melakukan pemasaran produk atau jasa bisnis kalian dengan lebih efisien, mudah, dan murah. Nah, agar jualan kalian makin laris manis, di kesempatan ini kami ingin menyampaikan strategi pemasaran social media yang praktis nan menguntungkan untuk kalian coba. Yuk simak 10 Strategi Memaksimalkan Social Media Marketing

Apakah kalian juga menyadari bahwa dari sekian banyak yang berhasil, berapa persentase yang gagal? Harus diakui juga bahwa banyak orang sukses berbisnis online dengan hanya memanfaatkan media sosial. Akan tetapi, tidak sedikit pula yang gagal. Mereka yang berhasil bisa dikatakan mereka memang mengerti bagaimana cara memaksimalkan sosial media marketing sebagai cara untuk promosi yang efektif, bukan hanya sekedar berjualan di media sosial.

10 Strategi Penting dalam Memaksimalkan Social Media Marketing

Setidaknya ada 10 strategi penting dalam memaksimalkan dan memanfaatkan social media marketing

Pelajari Cara Kerja Sebuah Platform Media Sosial

Dari sekian banyak platform tersebut, kalian harus pelajari cara kerja masing-masing.

Sekilas, tidak ada bedanya antara satu platform media sosial dengan yang lainnya. Namun, sebenarnya ada perbedaannya. Setiap platform memiliki keunikan tersendiri dan itu yang harus dipahami agar kalian tahu bagaimana cara kerjanya.

Oleh karena itu, silakan pilih salah satu media sosial dan pastikan kalian tahu betul cara kerjanya seperti apa. Jangan menggunakan terlalu banyak platform namun tidak benar-benar tahu bagaimana cara kerjanya.

Bangun Media Sosial secara Konsisten

Media sosial ibarat toko atau kantor untuk kalian yang menjadi pengusaha online. Kalian harus membangun dan merawat toko atau kantor tersebut karena itu dalam social media marketing. Tujuannya untuk apa? Agar banyak orang tahu, tertarik, dan akhirnya mau bertransaksi di sana.

Mulailah dengan membuat akun media sosial yang profesional. Tuliskan apa produk atau jasa yang kalian tawarkan. Tunjukkan apa keahlian kalian atau produk apa yang dijual dengan cara memposting foto, video, atau tulisan yang menarik. Buatlah konten menarik secara konsisten.

Mulai Membangun Engagement

Dalam memaksimalkan sosial media marketing, kalian jangan hanya fokus pada pembuatan konten, ya. Kalian juga harus ikut berinteraksi dengan pengguna media sosial lainnya. Bangun engagement dengan cara saling berkomentar di postingan. Hal ini juga akan membuat followers medsos kalian semakin bertambah.

Jangan tergiur dengan jasa tambah followers, lho Kenapa? Karena bisa saja followers yang dibeli itu merupakan akun yang tidak aktif. Akan lebih baik jika kalian bangun engagement agar yang kalian mendapatkan followers aktif. Apalagi jika followers tersebut merupakan target market kalian.

Dengarkan Apa yang Orang-Orang Bicarakan

Kalian harus membuat postingan secara konsisten. Pertanyaannya adalah konten apa yang harus kalian buat? Kalian bisa mendapatkan ide postingan berdasarkan apa yang orang-orang bicarakan sesuai dengan niche yang kalian bangun. Kalian bisa memberikan informasi, solusi, atau apapun sesuai dengan ketertarikan banyak orang.

Fokus Memberikan Value

Memang benar sosial media marketing itu digunakan untuk promosi. Akan tetapi, bukan berarti harus membuat konten jualan terus-menerus. Akan lebih baik jika mau lebih banyak memberikan value, seperti membuat konten edukasi dan informatif. Tujuannya adalah agar orang tahu di bidang apa kalian expertise sehingga mereka mudah untuk percaya hingga akhirnya mereka akan berbisnis dengan kalian.

Buat Konten Video Live

Konten live atau siaran langsung kini menjadi popular dan menjadi salah satu strategi pemasaran yang cukup efektif serta digemari semua kalangan pengguna media sosial. Bagi kalian yang belum pernah membuat konten live video, kini saatnya kalian mulai mencoba cara ini. Kuncinya, percaya diri saja, tak perlu malu-malu, yang penting konten yang dibuat relevan dengan usaha kalian.

Mulai dulu dengan cara sederhana, misalnya tentukan dulu produk apa yang akan dijadikan tema untuk konten live video di sosmed dagangan kalian. Lalu, buatlah semacam panduan sederhana, seperti tentukan berapa lama waktu ngobrolnya, apakah akan ada review produk atau semacam unboxing produk tersebut, hingga hal-hal penting lainnya yang perlu diinfokan kepada followers atau calon konsumen kalian. 

Bagi pemula dengan followers bisnis yang sedikit, pastikan kalian harus siap mental juga, ya. Tak perlu sedih apabila nantinya hanya ada segelintir orang saja yang menonton. Lakukan secara bertahap atau kalian bisa juga berkolaborasi dengan orang lain yang sudah punya banyak followers untuk membuat konten live video.  

Gunakan Jasa Influencer

Influencer merupakan tokoh atau sosok yang populer dan memiliki banyak pengikut di media sosial. Hal ini membuat mereka punya pengaruh besar di dalam komunitas atau orang-orang yang menggunakan media sosial itu sendiri. Para influencer ini bisa saja berasal dari berbagai bidang, usia, dan keahlian yang berbeda-beda.

Agar jualan kalian makin dikenal banyak orang, silakan gunakan jasa influencer untuk memasarkan produk kalian. Jasa influencer sangat diminati sebab efektif untuk mendongkrak brand awareness produk/jasa sekaligus penjualan.

Supaya strategi marketing dengan jasa influencer tepat sasaran, silakan pastikan dulu untuk melakukan riset dan memilih sosok influencer yang tepat dan relevan dengan bidang bisnis yang kalian jalankan.

Perkaya Konten Visual

Penggunaan konten visual di media sosial terbilang efektif dalam memasarkan produk atau brand usaha kalian. Buatlah konten dengan informasi visual yang mudah dikenal dan diingat oleh calon konsumen dan pelanggan kalian. Lakukan riset konten visual seperti apa yang saat ini digemari oleh konsumen. Pastikan semua konten visual yang akan di posting di media sosial memiliki kualitas yang baik agar tercipta interaksi dan meningkatkan jumlah followers.

Buat Personalisasi Konten

Lakukan personalisasi konten dalam strategi marketing media sosial bisnis/usaha kalian. Cara ini efektif dalam menggaet calon konsumen ketika melihat iklan dan promosi kalian hingga akhirnya memutuskan untuk membeli produk tersebut.

Buatlah rancangan rencana konten yang sudah disesuaikan dengan riset produk kalian. Selanjutnya, susun strategi marketing dengan menerapkan konsep personalisasi konten. Gunakan hasil analitik untuk memaksimalkan konten kalian yang sesuai dengan pangsa pasar saat ini.

Manfaatkan Asisten Virtual

Untuk mempermudah pekerjaan kalian dan memperlancar aktivitas pemasaran bisnis, silakan manfaatkan asisten virtual. Ada banyak alat marketing yang bisa digunakan untuk mempermudah dalam berjualan dan melayani calon konsumen dengan cepat dan hemat.

Lakukan riset dahulu untuk menemukan jasa asisten virtual yang tepat dan sesuai untuk melayani penjualan di media sosial kalian. Lalu, lakukan review juga aya agar bisa mengetahui apakah jasa asisten virtual yang dilakukan sudah efektif atau belum dalam melayani berbagai pertanyaan calon konsumen.

Itulah 10 tips memaksimalkan social media marketing. Yang pasti, manfaatkan medsos dengan baik, ya. Jangan asal menggunakan media sosial untuk kegiatan marketing tanpa mengukur dampaknya terlebih dahulu. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!

Oia Guys, agar brand kalian lebih tepercaya lagi, kalian perlu membuat email dengan domain sendiri karena sekarang lebih mudah, aman, dan keren! Gunakan layanan email hosting dari Jetorbit yuk agar bisa kirim email dengan @namadomainkamu.com menjadikan kesan tepercaya dalam bisnis. Tenang, kami juga menyediakan VPS yang bisa kalian cek di sini.

Stay safe and keep healthy

Bermanfaatkah Artikel Ini?

Klik bintang 5 untuk rating!

Rata rata rating 5 / 5. Jumlah rate 1

Yuk Rate 5 Artikel Ini!

We are sorry that this post was not useful for you!

Let us improve this post!

Tell us how we can improve this post?

Tutorial dan Informasi Teknologi - Jetorbit Blog
10 Strategi Memaksimalkan Social Media Marketing
Artikel
10 Strategi Memaksimalkan Social Media Marketing
Informasi mengenai teknologi dan panduan menggunakan hosting, website dan domain
Agar jualan kalian makin laris manis nih, di kesempatan ini simak sampai selesai yuk 10 Strategi Memaksimalkan Social Media Marketing
Author Name
Publisher Name
Jetorbit
Publisher Logo
You might also like