10 Contoh Artificial Intelligence (AI) Dalam Kehidupan Sehari-hari

Sharing is caring!

Penerapan aplikasi AI telah berkembang selama beberapa dekade terakhir dan secara aktif memungkinkan orang serta bisnis untuk mencapai hal yang tidak terpikirkan. Lalu, penerapan aplikasi AI dalam kehidupan sehari-hari dalam hal apa saja? Oke, ketahui lebih lanjut yuk dengan baca 10 Contoh Artificial Intelligence (AI) Dalam Kehidupan Sehari-hari

Contoh Artificial Intelligence dalam Kehidupan Sehari-hari

Berikut ini beberapa ulasan kecerdasan buatan (artificial intelligence) yang kita gunakan sehari-hari:

Search Engine

contoh-artificial-intelligence-1

Kalian tidak asing lagi dong ya dengan Google, Bing, dan Yahoo? Yups, web ini dikenal karena kemampuannya yang tahu banyak sekali hal. Mayoritas search engine selalu berlomba-lomba memberikan aksesibilitas yang tinggi sehingga pengguna akan nyaman dalam berselancar melalui internet.

AI pada search engine terletak pada sistem dalam mempelajari kebiasaan para penggunanya. Biasanya AI akan memberikan berita atau informasi kepada pengguna sesuai dengan kebiasaan mereka saat mencari informasi.

Navigasi Google

contoh-artificial-intelligence-2

Google Maps, dengan bantuan Machine Learning (ML), mempelajari tentang perjalanan sehari-hari, sebagai contoh jam berangkat kerja, jam pulang kerja, dan sebagainya. Hal tersebut juga dapat mengidentifikasi penundaan dalam sistem transportasi, seperti penerbangan, kereta api, bahkan bus dengan mempertimbangkan status lalu lintas, kondisi cuaca, dan lain-lain. 

Video Game

contoh-artificial-intelligence-3

AI dan ML telah digunakan dalam video game sejak lama untuk memberikan pengalaman yang menantang bagi para gamer

Machine Learning di sisi lain, sering digunakan dalam video game untuk menghasilkan musik latar dengan menggunakan Jaringan Syaraf Tiruan.  DOTA 2, salah satu game MOBA terkenal, menggunakan Deep Learning berupa OpenAI Five.

Media Sosial

Media sosial selalu menjadi program favorit para sosialita karena menjadi sarana share and care masyarakat luas. Kalian bisa menemukan kawan-kawan yang sudah lama tidak berjumpa hingga bisa saling kirim foto dan video. Kemudahan dan kecepatan yang diberikan oleh berbagai program media sosial ini menggunakan AI. Salah satunya adalah perkawanan berdasarkan nomor kontak yang kalian simpan nih. Biasanya, kalian kan sering menemukan kontak kawan tanpa sengaja padahal kalian tidak memintanya. Ya, gak?

E-Commerce

contoh-artificial-intelligence-4

Seberapa sering kalian belanja melalui online shop? Kalau terbilang sering, biasanya karena alasan mudah, murah, dan praktis. Program belanja online memiliki ribuan hingga jutaan produk yang dapat ditemukan. Nah, saat kalian membuka melalui beranda nih, kalian akan menemukan berbagai produk yang dapat kalian pilih dari berbagai kategori hingga barang semurah atau sekecil apapun itu.

Aplikasi AI pada online shop biasanya ditemukan pada rekomendasi produk yang ditampilkan pada beranda. Rekomendasi tersebut bersumber dari program yang selalu mempelajari kebiasaan kalian nih dalam mencari atau membeli suatu produk.

Email

Google dan beberapa penyedia email lainnya secara bertahap memperkenalkan fitur AI, seperti kategorisasi email cerdas, balas cepat, menghilangkan kerumitan tugas yang tidak produktif. Tentunya itu sedikit lebih menyederhanakan hidup kita. Setuju, kan?

Perbankan dan Keuangan

AI (Artificial Intelligence) dan ML (Machine Learning) memainkan peran penting dalam industri perbankan dengan menyediakan fitur keamanan serta kenyamanan bagi nasabahnya.

ML dapat mencegah penipuan dengan memantau kebiasaan pengeluaran secara teratur, dengan mempertimbangkan berbagai faktor, seperti interval antara transaksi, lokasinya, nilainya, dan sebagainya. Teknologi AI tersebut dapat membantu menentukan apakah transaksi tersebut sah atau penipuan.

Selain itu, dalam konteks pembayaran elektronik, AI dapat membantu melindungi pembayaran kalian dengan menggunakan pengenalan wajah dan ucapan sehingga tentunya hanya pembayaran resmilah yang bisa dilakukan. Namun, sebaiknya kalian tetap waspada untuk berbagai pembayaran, seperti tagihan, pinjaman, transfer juga bisa dikelola oleh AI.

Dengan menggunakan AI dalam kehidupan sehari-hari, bank telah sepenuhnya digital, seperti mobile banking. Mereka sekarang memberikan pengalaman perbankan seluler yang dipersonalisasi kepada pelanggan mereka dengan penawaran khusus pada layanan mereka. 

Penggunaan Seluler

Dengan kombinasi Speech Recognition dengan Natural Language Processing, smartphone mulai menawarkan komunikasi alami antara komputer dan manusia. Di  smartphone nih, beberapa contoh AI yang tersebar luas dalam kehidupan sehari-hari, ada chatbots, konverter suara-ke-teks, dan asisten digital.

Translator

contoh-artificial-intelligence-5

Program penerjemah bahasa juga menggunakan kemampuan AI. Translator masa kini sudah memiliki kecanggihan berupa voice record. Kalian cukup merekam suara lalu translator akan menerjemahkannya ke bahasa yang kalian pilih. Selain itu ada pula translator dengan kamera. Kalian cukup mengarahkan kamera di atas tulisan tanpa memotretnya lalu tulisan-tulisan tersebut akan berubah dengan sendirinya.

Fitur Selfie

contoh-artificial-intelligence-6

Saat kalian berfoto ria dengan menggunakan kamera smartphone, kalian pasti sering menambahkan fitur-fitur yang ada di kamera. Iya, kan? Entah itu berupa filter, editing, beauty, dan sebagainya. Ada juga beberapa program kamera yang memberikan akses wajah sehingga dapat mengubah wajah pada usia muda hingga tua. Fitur tersebut menggunakan teknologi AI berupa deteksi wajah, kualitas, dan warna. 

Kalau kita perhatikan nih, ternyata penggunaan AI ini sudah sangat meluas ya, Guys. Pada intinya, AI bertujuan untuk memudahkan manusia dalam mengakses apapun itu secara mudah, cepat, dan praktis 🙂

Have a nice day

Bagi kalian yang masih bingung bagaimana cara membuat website, tenang saja. Kami punya solusinya. Kalian bisa langsung cek ke Jetorbit guna memenuhi kebutuhan pembuatan website kalian. Selain itu, kami juga menyediakan VPS dan bisa kalian cek di sini.

Bermanfaatkah Artikel Ini?

Klik bintang 5 untuk rating!

Rata rata rating 0 / 5. Jumlah rate 0

Yuk Rate 5 Artikel Ini!

We are sorry that this post was not useful for you!

Let us improve this post!

Tell us how we can improve this post?

Tutorial dan Informasi Teknologi - Jetorbit Blog
10 Contoh Artificial Intelligence (AI) Dalam Kehidupan Sehari-hari
Artikel
10 Contoh Artificial Intelligence (AI) Dalam Kehidupan Sehari-hari
Informasi mengenai teknologi dan panduan menggunakan hosting, website dan domain
Penerapan aplikasi AI dalam kehidupan sehari-hari, apa saja sih? Yuk baca 10 Contoh Artificial Intelligence (AI) Dalam Kehidupan Sehari-hari
Author Name
Publisher Name
Jetorbit
Publisher Logo

Leave a Comment