situs-terlihat-di-google

10 Cara Membuat Situs Anda Lebih Terlihat di Google

Sharing is caring!

Memiliki situs merupakan suatu keharusan untuk bisnis apapun, terutama di dunia yang mana semuanya serba digital. Namun membuat situs Anda diperhatikan di Google adalah masalah lain dan tidak selalu mudah. Yuk baca 10 Cara Membuat Situs Anda Lebih Terlihat di Google 

Cara Membuat Situs Anda Diperhatikan oleh Google

Berikut ini cara meningkatkan visibilitas situs Anda di peringkat penelusuran Google.

Targetkan Halaman Situs Anda ke Keyword Tertentu

Google tidak hanya memperhatikan situs web yang bagus namun juga memperhatikan halaman situs yang relevan dan yang paling cocok untuk pencarian tertentu.

situs-terlihat-di-google-1

Menulis iklan yang relevan dengan keyword dan dengan skor kualitas tinggi adalah satu hal penting tetapi Anda juga perlu mempertimbangkan SEO pada halaman Anda.

Pastikan setiap halaman situs Anda menargetkan topik tertentu dengan jelas. Hal itu berarti melakukan penelitian keyword yang mendalam untuk menemukan keyword bervolume tinggi dan relevan serta memasukkan keyword tersebut di halaman Anda dan di meta tags Anda. Semakin spesifik dan bertarget topiknya, semakin besar peluang setiap halaman untuk muncul di halaman pertama Google dan mendapat perhatian.

Permudah Google untuk Merayapi Halaman Anda

Google terus merayapi web, menambahkan halaman baru ke indeksnya, dan memperbarui profilnya dari halaman yang ada. Semakin mudah Anda membuat Google menelusuri situs Anda dan mempelajari apa yang perlu dipelajari maka semakin cepat pula Google dapat menambahkan situs Anda ke indeksnya dan mengambilnya untuk pencarian.

Hal tersebut berarti:

  • Memasukkan keyword yang terkait dengan topik yang Anda targetkan di meta title, URL, deskripsi meta, dan tag gambar pada halaman Anda.
  • Menautkan halaman situs Anda secara internal sehingga situs Anda secara keseluruhan lebih mudah dijelajahi.
  • Jalankan audit SEO teknis situs Anda untuk memastikan tidak ada lubang indeksasi (indexation holes).

Buatlah Lebih Banyak Halaman Situs

Setiap posting blog adalah peluang untuk diperhatikan di Google dan memberi peringkat untuk kumpulan keyword yang lebih beragam.

Namun, jangan membuat kesalahan dengan memulai blog hanya untuk halaman tambahan (extra pages). Google memberi peringkat pada posting blog karena mereka memberikan informasi atau saran yang berguna. Jika blog Anda dipercaya bahwasanya sumber daya dapat meningkatkan nilai yang Anda bawa maka hal itu pasti akan membantu situs Anda diperhatikan oleh orang-orang yang mencari informasi di Google.

Tambahkan Situs Anda ke Direktori Online

Semakin banyak tempat untuk Anda mencantumkan bisnis Anda dan menambahkan situs Anda, semakin sering Anda dapat diperhatikan oleh pesaing Anda. Berikut tempat untuk terdaftar yang bisa Anda coba:

  • Facebook
  • Instagram
  • LinkedIn
  • Google My Business
  • Local.com
  • Yellowpages.com
  • CitySearch
  • Angieslist
  • Foursquare 
  • LocalGuides
situs-terlihat-di-google-2

Semakin banyak tempat untuk Anda mencantumkan situs Anda, semakin banyak peluang yang Anda miliki agar situs Anda diperhatikan.

Dapat Diverifikasi oleh Google

Ingin mengizinkan Google merayapi halaman situs Anda dengan lebih efisien? Kirimkan bisnis Anda ke Google Maps menggunakan Google My Business, dengan cara:

  • Buat akun Google My Business
  • Temukan bisnis Anda di Google Maps
  • Klaim bisnis Anda di Google Maps

Langkah terakhir adalah menunggu kode verifikasi fisik di email dan memasukkannya ke profil Google My Business milik Anda.

Setelah Anda mengklaim bisnis, Anda akan diverifikasi oleh Google dan memiliki kemampuan untuk mengoptimalkan listing Google My Business milik Anda. Semakin lengkap daftar bisnis Anda, semakin banyak bisnis Anda akan mulai mendapatkan impressions dan klik di Google.

Gunakan Judul yang Menarik

Menambahkan keyword ke judul halaman situs Anda, akan membantu Google dan pencari untuk mengidentifikasinya. Dalam kontek ini, Anda juga ingin diperhatikan, bukan hanya diidentifikasi. Agar diperhatikan, buatlah judul yang menarik, yaitu bertujuan agar menonjol tetapi jangan terlalu menjanjikan atau berlebihan.

situs-terlihat-di-google-3

Misalnya, jika Anda seorang terapis pijat dan Anda memiliki sebuah blog post tentang manfaat pijat batu panas maka silakan pertimbangkan judul-judul berikut:

  • Tidak memikat: “Manfaat Pijat Batu Panas”
  • Terlalu ekstrim: “Mengapa Pijat Batu Panas Akan Mengubah Hidup Anda”
  • Menarik: “6 Alasan untuk Mencoba Pijat Batu Panas” atau “6 Cara Pijat Batu Panas yang Dapat Meningkatkan Kesehatan Anda”

Menjangkau Situs dan Blog yang Telah Diperhatikan oleh Google

Carilah blogger dan influencer di industri Anda yang telah menarik perhatian banyak orang. Selanjutnya Anda dapat melakukan hal-hal berikut ini:

  • Undang mereka untuk melakukan guest blog post di blog Anda. Mereka akan mempromosikan postingan tersebut kepada audiens mereka, yang tentunya akan membantu membuat situs Anda diperhatikan oleh seluruh calon pelanggan baru.
  • Mintalah untuk ditampilkan di salah satu postingan media sosial, review, atau komunitas mereka dengan tautan ke situs Anda.
  • Tawarkan untuk menulis posting tamu untuk blog mereka dengan link ke situs Anda di posting atau biografi penulis.

Terlepas dari pendekatan mana yang Anda ambil, pastikan untuk membalas atau menawarkan sesuatu dengan nilai yang sama sebagai gantinya. Carilah kemitraan dan kolaborasi yang bersimbiosis, yang mana kedua belah pihak saling membantu menjangkau audiens yang lebih luas.

Ranking Lebih Tinggi dan Dapatkan Perhatian

Menulis tentang keyword dan menempatkan keyword tersebut dengan benar di halaman Anda, akan membantu Google memperhatikan Anda. Namun jika Anda ingin lebih banyak orang memperhatikan Anda maka Anda harus mendapatkan peringkat yang lebih tinggi.

Rahasia untuk mendapatkan peringkat yang lebih tinggi di Google adalah kualitas. Dan ini tidak ada jalan pintas apapun. Google melihat berapa lama pengunjung bertahan di situs Anda dan apakah mereka menavigasi ke halaman lain sebelum keluar. Untuk menulis posting blog yang luar biasa serta menarik perhatian, pastikan untuk:

  • Selami lebih dalam terkait topik dan jawab pertanyaan paling umum yang terkait dengan keyword Anda.
  • Sertakan gambar, video, dan media lain untuk menarik perhatian dan menambah waktu tunggu (dwell time).
  • Bertujuan untuk memberikan pengalaman dengan situs Anda (bukan hanya jawaban).
  • Pantau load times dan optimalkan untuk seluler.
  • Dapatkan backlinks dari sumber terpercaya lainnya di Google.

Fokus pada kualitas daripada hanya fokus pada peringkat sebenarnya akan membantu bisnis Anda untuk mendapatkan peringkat lebih tinggi di Google dan diperhatikan oleh lebih banyak orang.

Gunakan Gambar yang Menarik

Orang-orang sebenarnya menelusuri gambar Google lebih dari yang Anda perkirakan. Jika Anda memiliki foto berkualitas tinggi dari produk atau layanan Anda, pastikan foto tersebut dioptimalkan untuk diberi peringkat dalam penelusuran gambar dengan melakukan hal berikut:

  • Pilih nama file yang sesuai.
  • Pertahankan ukuran file kecil untuk mengurangi load time.
  • Tambahkan keterangan (captions).
  • Gunakan alt text dan title text.
  • Sertakan gambar dalam XML sitemaps Anda

Jalankan Campaign Google Ads

Iklan penelusuran berbayar membutuhkan investasi uang. Meskipun demikian, mereka dapat secara serius meningkatkan eksposur online Anda. Misalnya, jika Anda menelusuri “pelatih personal Indonesia”, inilah yang Anda lihat:

situs-terlihat-di-google-4

Google Ads membutuhkan uang, memang iya. Tetapi mereka juga rata-rata mengkonversi dengan sangat baik. Beriklan di Google adalah cara jitu untuk menempatkan brand Anda di urutan teratas hasil pencarian.

Bagi Anda yang masih bingung bagaimana cara membuat website, tenang saja. Kami punya solusinya. Anda bisa langsung cek ke Jetorbit guna memenuhi kebutuhan pembuatan website Anda. Selain itu, kami juga menyediakan VPS dan bisa Anda cek di sini.

Bermanfaatkah Artikel Ini?

Klik bintang 5 untuk rating!

Rata rata rating 0 / 5. Jumlah rate 0

Yuk Rate 5 Artikel Ini!

We are sorry that this post was not useful for you!

Let us improve this post!

Tell us how we can improve this post?

Tutorial dan Informasi Teknologi - Jetorbit Blog
10 Cara Membuat Situs Anda Lebih Terlihat di Google
Artikel
10 Cara Membuat Situs Anda Lebih Terlihat di Google
Informasi mengenai teknologi dan panduan menggunakan hosting, website dan domain
Membuat situs diperhatikan di Google adalah masalah lain dan tidak selalu mudah. Yuk baca 10 Cara Membuat Situs Anda Lebih Terlihat di Google
Silvia
Publisher Name
Jetorbit
Publisher Logo