web-hosting-wordpress-hosting

Secara umum, Anda tidak membutuhkan hosting khusus WordPress untuk meluncurkan situs yang sukses dengan WordPress. Faktanya, banyak perusahaan memasarkan paket reguler kepada pengguna WordPress. Namun, paket ini sering kali hadir dengan fitur berguna yang akan membantu situs Anda berkinerja lebih baik dalam jangka panjang. Yuk baca lebih lanjut Web Hosting vs WordPress Hosting: Apa Perbedaannya?

Dalam artikel ini, kami akan membandingkan web hosting dengan WordPress hosting dan membantu Anda menentukan opsi mana yang lebih baik untuk situs WordPress Anda.

Perbedaan Web Hosting dengan WordPress Hosting

Perbedaan utama antara WordPress hosting dan web hosting standar adalah konfigurasi servernya. Paket WordPress hosting biasanya menawarkan sumber daya yang dioptimalkan untuk platform. Misalnya, web host Anda mungkin mengiklankan fitur, seperti PHP 7 atau peningkatan memori PHP.

Selain itu, WordPress hosting seringkali dilengkapi dengan handy add-on services untuk membantu situs Anda berjalan dengan lancar. Misalnya, paket Anda mungkin mencakup update otomatis, akses ke tema atau plugin, one-click installation, dan banyak lagi. Perlu Anda ingat bahwa tambahan ini biasanya tercermin dalam harga.

Basic web hosting masih cukup untuk menyimpan situs WordPress Anda dan membuatnya dapat diakses oleh publik. Paket Anda bahkan mungkin menyertakan fitur berguna, seperti performance optimization, peningkatan keamanan, sertifikat SSL gratis, dan banyak lagi. Namun, Anda akan kehilangan manfaat khusus WordPress yang disediakan oleh alternatif tersebut.

Kelebihan WordPress Hosting

Berikut adalah beberapa keuntungan yang dapat Anda harapkan jika memilih WordPress hosting:

  1. Penggunaan server yang dapat diprediksi. Artinya, penyedia Anda akan mengalokasikan sumber daya dengan lebih baik dan menyelesaikan masalah teknis lebih cepat.
  2. Konfigurasi server WordPress-specific. Server Anda akan disesuaikan untuk kinerja WordPress yang optimal dan loading times halaman yang lebih cepat. Namun, perlu diingat bahwa ini bukanlah jaminan dan Anda mungkin masih terpengaruh oleh masalah dengan situs lain.
  3. Keamanan yang ditingkatkan (improved security). Penyedia Anda akan memberikan perhatian ekstra pada ancaman WordPress-specific.
  4. Kemudahan dalam setup. Pengaturan yang telah dikonfigurasi sebelumnya memungkinkan hookup yang mudah untuk alat, seperti sertifikat SSL atau content delivery network (CDN). Anda masih dapat menggunakannya dengan web hosting standar tetapi mungkin membutuhkan beberapa langkah tambahan.
  5. Keramahan bagi pemula (beginner-friendliness). WordPress hosting biasanya dilengkapi dengan software WordPress yang sudah diinstal sebelumnya, update otomatis, dan expert customer support. Anda juga mungkin mendapatkan akses ke tema gratis.
  6. Hemat biaya. Anda bisa hemat biaya untuk membangun sebuah website company profile, atau juga toko online. Kalian hanya perlu menyewa jasa hosting lalu install aplikasi CMS WordPress. Kemudian install tema dan install plugin yang dibutuhkan.
  7. Automatic update. Jika Anda menggunakan shared atau cloud hosting, fitur update yang ada pada WordPress dilakukan secara manual. Artinya Anda harus melakukan update  sendiri mulai dari versi WordPress, plugin serta PHP yang digunakan. Namun semua tersebut tidak akan berlaku jika Anda sudah menggunakan hosting WordPress, semuanya akan diupdate secara otomatis oleh sistem.
  8. Bebas downtime. Downtime adalah salah satu masalah klasik dalam server. Jika sampai terjadi downtime website akan tidak bisa diakses sehingga akan berdampak buruk pada bisnis. Nah, dengan hosting WordPress, downtime bisa diatasi walaupun dengan traffic yang banyak sekalipun.
  9. Backup rutin. Untuk bisa menikmati layanan backup bisanya Anda harus menambah biaya lagi tetapi untuk Anda yang menggunakan layanan hosting WordPress, layanan ini diberikan secara free. Ada yang melakukan backup secara harian, mingguan dan bulanan, bergantung di mana Anda membeli paket hosting WordPress.
  10. Dukungan team ahli. Ini yang menjadi keunggulan utama hosting WordPress, Anda tinggal memasukan user dan password domain bisa diinstall secara langsung. Tak perlu Anda login ke cpanel lalu add domain dan install WordPress melalui softaculous. Selain itu Anda juga akan dibantu dalam hal optimasi CMS WordPress yang Anda gunakan agar lebih cepat. Dengan hosting WordPress senuanya bisa dilakukan dengan mudah.

Kekurangan WordPress Hosting

Berikut ini kekurangan dari WordPress hosting:

  1. Sedikit lebih mahal. Untuk harga WordPress hosting berada sedikit di atas shared hosting dan cloud hosting. Namun, Anda tak perlu khawatir karena harga yang Anda keluarkan akan terbalas dengan fitur dan kemampuan yang dimiliki oleh WordPress hosting. Untuk harga hosting WordPress di Jetorbit mulai dari Rp 41.300/bulan dengan spesifikasi 10GB SSD, 1GB RAM, 2 Core CPU, 1 Addon domain, unlimited bandwidth, dan gratis domain.
  2. Terbatas untuk CMS WordPress. Sayangnya untuk WordPress hosting ini hanya dikhususkan pada CMS WordPress saja. Untuk Anda yang berencara membuat website selain menggunakan WordPress, lebih baik memilih cloud hosting murah atau VPS murah karena bebas tidak ada batasan dalam install platform website.
  3. Kurang kontrol penuh. Karena hosting WordPress ini semuanya full manage dari provider maka Anda tidak bisa memiliki kontrol penuh terhadap hosting yang dimiliki dari segala aspek teknis maupun nonteknis.
  4. Loading website lambat. Kecepatan loading menjadi salah satu faktor penting, untuk pengalaman visitor (User Experience), ketika pengunjung atau visitor mengakses website kalian. Makanya Anda harus mengoptimasi website kalian agar visitor tidak kabur karena website kalian lemot saat diakses. Jadi kalian harus memilih layanan hosting yang bagus dan tepercaya. Serta plugin yang tepat untuk mengoptimasi kecepatan website.
  5. Sering update. Karena seringnya update versi WordPress. Membuat developer theme dan plugin harus menyesuaikan dengan versi WordPress yang terbaru. Terkadang beberapa plugin tidak berfungsi dengan adanya versi yang terbaru sehingga dibutuhkan backup data konten website terlebih dahulu, sebelum melakukan update. Agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.
  6. Keamanan WordPress. Faktor keamanan juga menjadi satu hal yang penting, yang wajib Anda ketahui ketika menggunakan WordPress. Karena jika tidak, akan berdampak buruk bagi keberlangsungan website Anda sehingga website kalian bisa dengan mudah dibobol oleh peretas. Seperti menggunakan theme atau plugin nulled, yang sembarangan di download di website ilegal (tidak resmi) di internet. Bisa saja kita tidak tahu bahwa terdapat script atau malware yang terpasang pada theme atau plugin tersebut yang bisa membahayakan data-data Anda.
  7. Kustomisasi. Untuk urusan kustomisasi, kalian harus belajar bahasa pemrograman seperti PHP, dan juga bahasa HTML, CSS, dan Javascript. Untuk membangun website WordPress, yang kalian inginkan. Jadi tidak disarankan seorang pemula, mengedit seluk beluk isi website karena jika salah edit, nantinya bisa-bisa website kalian, tidak bisa diakses karena code error.

Perhatikan bahwa Anda masih dapat menggunakan web hosting standar untuk situs WordPress Anda jika Anda mau. Secara teknis, yang Anda butuhkan hanyalah versi terbaru dari PHP dan MySQL, yang merupakan fitur khas dari web host manapun yang berjalan di Linux. Namun, Anda harus menangani sendiri terkait banyaknya optimization dan maintenance. Misalnya, Anda harus ingat untuk upgrade penginstalan WordPress Anda secara teratur yang mana merupakan suatu langkah keamanan penting. 

Web Hosting vs WordPress Hosting: Mana yang Tepat untuk Anda?

Memutuskan jenis hosting yang tepat, tentunya akan bergantung pada kebutuhan dan tingkat pengalaman Anda. Anda mungkin juga ingin mempertimbangkan spesifikasi paket hosting Anda dan menentukan apakah fitur WordPress tambahan berguna bagi Anda. Misalnya, Anda bisa bertanya pada diri sendiri terkait pertanyaan-pertanyaan berikut ini:

  1. Pertama, apakah Anda membangun situs Anda dengan WordPress? Jika tidak, WordPress hosting tidak akan berlaku.
  2. Berapa anggaran Anda? Paket shared standar memang lebih murah sedangkan WordPress hosting yang dikelola lebih mahal.
  3. Apakah Anda mengkhawatirkan keamanan? WordPress hosting seringkali lebih aman karena peningkatan perlindungan terhadap ancaman yang masih umum.
  4. Apakah Anda lebih suka maintenance server Anda dilakukan di belakang layar (behind the scenes)? Jika memang demikian, Anda akan menyukai updates WordPress secara otomatis.
  5. Apakah Anda berpengalaman dalam WordPress atau apakah Anda masih butuh bantuan? Pengguna yang kurang berpengalaman akan mendapatkan keuntungan dari  dedicated WordPress customer support.
  6. Jenis konten apa yang Anda rencanakan untuk situs Anda? Misalnya, Anda ingin upload galeri gambar atau video. Jika memang demikian, akses yang mudah ke fitur-fitur, seperti caching atau CDN mungkin berguna bagi Anda.

Terakhir, berapa banyak traffic yang Anda harapkan? Akankah paket bersama (shared plan) cukup untuk kebutuhan Anda? Jika Anda mengantisipasi banyak pengunjung tepat setelah peluncuran (launch), Anda mungkin ingin mempertimbangkan jenis hosting lainnya.

Web Hosting vs WordPress Hosting: Sebuah Keputusan

Secara keseluruhan, jika Anda telah menjawab dengan jawaban setuju untuk sebagian besar pertanyaan di atas maka Anda harus memilih WordPress hosting. Ini adalah solusi yang sangat baik untuk pemula dan pengembang web karena dapat menghemat banyak waktu. Selain itu, meskipun WordPress hosting tidak selalu menjamin loading times halaman yang lebih cepat, WordPress hosting tetap memberi Anda sebuah  langkah awal dibandingkan dengan web hosting biasa. Di sisi lain, web hosting standar memberi Anda kontrol lebih besar atas semua aspek situs Anda, yang mungkin menjadi faktor penting bagi pengguna yang lebih berpengalaman.

Jenis hosting ini juga lebih murah secara keseluruhan meskipun perbedaan harga mungkin tidak signifikan untuk paket bersama (shared plans). Banyak perusahaan menawarkan entry price yang sama untuk semua paket shared hosting sehingga pastikan Anda memeriksa fitur untuk mengetahui apa yang Anda dapatkan.

Terakhir, apapun jenis hosting yang Anda pilih, pastikan penyedia Anda memenuhi kriteria berikut:

  1. Memiliki reputasi luar biasa.
  2. Standar keamanan teratas.
  3. Fleksibilitas untuk upgrade seiring dengan pertumbuhan situs Anda.
  4. Akses ke customer support yang berkualitas tinggi atau dokumentasi pengguna.

Okay, semoga artikel ini bermanfaat ya 🙂

Bermanfaatkah Artikel Ini?

Klik bintang 5 untuk rating!

Rata rata rating 4 / 5. Jumlah rate 16

Yuk Rate 5 Artikel Ini!

We are sorry that this post was not useful for you!

Let us improve this post!

Tell us how we can improve this post?

Bagikan:

Leave a Comment