topik blog yang menarik

Kalian perlu menemukan topik dan tema blog yang menarik, mendapatkan domain dengan benar, lalu menjalankannya secara konsisten. Nah, kadang, untuk memilih tema blog yang keren bisa sangat sulit. Tak usah khawatir, kali ini kami akan membahas tentang topik blog yang menarik bagi kalian para blogger. Simak ya 17+ Topik Blog yang Menarik untuk Websitemu

Topik Blog yang Menarik untuk Sukses Blogging

Nah, jika Anda ingin memulai perjalanan blog tetapi tidak tahu headline blog mana yang menarik pengunjung. Berikut kami akan memberikan daftar Topik blog yang sering di kunjungi.

1. Otomotif

Punya bisnis atau bekerja di industri otomotif? Topik ini bisa menjadi tema blog yang menarik. Blogging tentang motor atau mobil juga cukup populer di kalangan penggemar dan komunitasnya untuk saling berbagi minat dan menjalin relasi dengan satu sama lain.

2. Review atau Ulasan Produk

Konten review atau ulasan bisa menjadi tema blog yang menarik. Banyak orang ingin mencari opini netral tentang suatu produk sebelum membelinya. Makanya, konten-konten seputar review sering kali banyak peminatnya, apalagi untuk barang-barang yang sedang tren.

Nah, kalian bisa menjadikan ulasan sebagai judul blog yang menarik agar blog berpotensi mendapatkan traffic dengan cepat. Apalagi nih, jika kalian memperhatikan kualitas artikel yang ditulis, pembaca pun akan betah berlama-lama membacanya sampai habis.

Oia, sebaiknya fokus pada satu industri saja, ya. 

Dalam menulis ulasan, tak hanya menulis tentang satu brand atau perusahaan saja. Kalian juga harus memasukkan nilai plus dan minus dari setiap produk yang diulas agar pelanggan tidak merasa kalian disponsori oleh perusahaan tersebut.

3. Artikel Tutorial

Kalian ahli di bidang tertentu? Coba deh kalian memulai tema tutorial sebagai judul blog yang menarik.

Saat ini banyak orang mencari solusi atas permasalahan mereka secara online. Orang-orang akan menuju Google ketika ada pertanyaan dalam benak mereka. Dengan begitu, ide yang satu ini bisa menjadi tema blog yang menarik. 

Kalian bisa menyasar pembaca yang ingin memperbaiki sesuatu dengan cepat maupun pembaca yang ingin meningkatkan kualitas proyek mereka. Topiknya juga tak terbatas. 

4. Resep Masakan

Anda suka memasak? Manfaatkan peluang ini untuk memulai blog seputar resep masakan. Tuliskan resep hasil eksperimen sendiri agar pembaca mendapatkan informasi yang tidak biasanya mereka temukan di blog lain.

Atau, kalian bisa membahas teknik memasak, me-review peralatan dapur, mencoba bahan-bahan unik, dan banyak lagi.

5. Makanan dan Restoran

Bagi kalian yang suka berjalan-jalan dan mencicipi makanan di berbagai tempat bisa mencoba membuat blog tentang kuliner.

Ada banyak sekali restoran dan makanan kekinian yang sering diburu orang-orang karena keunikannya. Pengusaha makanan mulai berlomba-lomba untuk menciptakan menu-menu unik yang belum pernah ada sehingga tema makanan dan restoran kini juga menjadi salah satu topik blog yang paling banyak dikunjungi.

6. Saran atau Konsultasi

Oia, memberikan saran juga bisa menjadi tema blog yang menarik. Makanya, kalian bisa membantu audiens yang sedang menentukan pilihan. Umumnya, blog dengan tema saran ini membahas tentang masalah kehidupan. Tenang, kalian bisa membahas hal lain, kok.

7. Traveling

Hobi jalan-jalan atau berpetualang? Bagikan pengalaman tersebut melalui blog travel. Jurnal perjalanan online tak hanya menghibur tapi juga bermanfaat bagi audiens dengan minat yang sama. Manfaatkan semua ini untuk membuat judul blog yang menarik.

Ada banyak jenis postingan yang bisa dibuat sebagai travel blogger. Misalnya, bisa mengelompokkan postingan menurut kota atau negara yang dikunjungi lalu mengulas hal-hal seperti kuliner, tempat wisata atau cara bepergian di sana, mengulas hotel terbaik atau budgeting.

8. Fitness

Jika kalian ingin mempromosikan gaya hidup sehat, fitness atau olahraga bisa menjadi judul blog yang menarik dan menghasilkan.

topik blog menarik

Ada banyak hal yang bisa dibahas, tergantung pada bidang keahlian kalian. Misalnya, bisa memberikan panduan latihan olahraga, saran nutrisi, dan tips kesehatan mental.

9. Bela Diri

Sangat penting untuk mengetahui bagaimana caranya melindungi diri kita sendiri dalam situasi berbahaya. Namun, dengan alasan waktu dan jarak, beberapa orang merasa kesulitan untuk belajar ilmu bela diri.

Nah, silakan manfaatkan peluang ini untuk menjadikan bela diri sebagai tema blog yang menarik. Beberapa jenis postingan yang bisa ditulis bisa berupa saran keamanan, gerakan bela diri, dan senjata tidak mematikan untuk perlindungan diri.

10. Proyek DIY

Konsep minimalis dan berbagai gaya dekorasi lainnya yang kini sedang sangat diminati kaum millenial menjadi potensi tersendiri bagi kalian untuk menentukan judul blog yang menarik. Orang-orang banyak mencari inspirasi untuk mendekorasi rumah dengan budget terbatas. Nah, kalian bisa memanfaatkan peluang ini untuk membuat blog yang berfokus pada proyek D-I-Y (Do It Yourself).

11. Walkthrough Video Game

Industri game akhir-akhir ini berkembang pesat, bahkan game online sudah dijadikan cabang olahraga sendiri. Hal ini pun turut menjadi peluang bagi kalian untuk memilih gaming sebagai tema blog yang menarik.

Untuk membuat blog gaming, kalian bisa membahas walkthrough atau panduan untuk menyelesaikan suatu game. Kalian bisa membaginya pergame dan menuliskan walkthrough tentang cara menyelesaikan setiap misi.

12. Berkebun

Berkebun juga sedang menjadi topik blog yang begitu dicari, terutama bagi orang-orang perkotaan. Kalian bisa memanfaatkan momen ini untuk mengubahnya menjadi judul blog yang menarik.

13. Fotografi

Teknologi digital membuat hasil karya fotografi bisa diakses dan dinikmati oleh semua orang. Minat orang-orang terhadap fotografi pun turut meningkat.

Nah, manfaatkan hal ini dengan mengusung fotografi sebagai judul blog yang menarik. Selain itu, mendapatkan uang dari blog melalui niche ini juga terbilang mudah. Misal, kalian bisa membuat kursus fotografi online, atau menjual karya kalian.

Blog fotografi juga bisa dimanfaatkan sebagai website portofolio. Bahkan, beberapa fotografer juga membagikan karya mereka sebagai buku harian atau jurnal online.

14. Hiburan Ringan

Beberapa orang menggunakan internet untuk bersantai dan mencari sesuatu yang bisa membantu mereka refreshing. Biasanya, mereka akan mencari website unik yang kontennya menghibur. Nah, kalian bisa mengusung judul blog yang menarik dengan membuat blog hiburan ringan.

Contohnya adalah 9GAG, BuzzFeed, dan Bored Panda. Kalian bisa menuliskan hal-hal lucu dan memposting meme atau video lucu lalu berinteraksi dengan pengunjung. 

15. Belajar Bahasa

Mempelajari bahasa selain yang digunakan sehari-hari menjadi hobi dan tantangan sendiri bagi banyak orang. Namun, beberapa orang mengalami kesulitan dan merasa bingung dari mana mereka harus memulainya. Manfaatkan peluang ini dengan mengusung pembelajaran bahasa sebagai tema blog yang menarik.

Di blog bahasa, tidak harus selalu memposting pelajaran mengenai bahasa tertentu, kok. Coba kunjungi blog milik Ellen Jovin yang berjudul Words and Worlds of New York jika ingin melihat contoh blog dengan topik ini.

topik blog menarik

Di blognya, Ellen tidak hanya membahas tentang tata bahasa dan kosakata di kota yang dijuluki Big Apple ini. Ia juga memposting tentang buku-buku bahasa, konferensi, dan restoran-restoran asing yang ada di New York. 

16. Website dan Coding

Saat ini, ada banyak platform untuk membuat situs web. Makanya, tema seputar desain website dan coding juga merupakan salah satu topik blog yang paling banyak dikunjungi.

Blog tentang desain web biasanya berfungsi sebagai platform pembelajaran, khususnya bagi yang sedang mempelajari cara menjadi web developer. Judul blog yang menarik ini bisa membahas hal-hal seputar ulasan website builder, tips belajar coding, dan fitur-fitur desain web terbaik. Nah, bisa disimpulkan bahwa desain web juga merupakan tema blog yang sering dikunjungi.

17. Desain Interior

Desain interior kini juga sedang menjadi topik blog yang paling banyak dikunjungi. Untuk melakukannya, kalian harus bisa menarik audiens dengan postingan yang relevan dengan saat ini.

18. Olahraga

Hobi berolahraga? Kalian bisa memanfaatkannya untuk membuat kegiatan tersebut menjadi tema blog yang menarik. Kalian bisa menggunakan blog bertema olahraga ini sebagai platform berita. Misalnya, kalian bisa meliput berita mengenai pertandingan sepak bola, basket, atau olahraga lainnya baik lokal maupun internasional.

Atau, juga bisa mengulas peralatan olahraga yang pernah dicoba atau tempat olahraga terbaik di berbagai kota yang pernah kalian kunjungi.

19. Hewan dan Aksesorinya

Blogging tentang hewan juga bisa menjadi tema blog yang menarik dan menghibur serta mengedukasi bagi pengunjung. Selain menunjukkan kehidupan sehari-hari hewan peliharaan yang imut, topik blog ini juga bisa dimanfaatkan untuk berbagi tips tentang menjadi perawat yang baik, mengulas makanan hewan peliharaan terbaik, atau aksesori unik untuk hewan kesayangan.

20. Public Speaking

Bagi beberapa orang, berbicara di depan umum adalah sebuah pengalaman yang menakutkan. Untungnya, ada banyak blog yang bisa membantu orang-orang untuk menjadi pembicara yang lebih baik.

21. Panduan untuk Pemula

Panduan pemula mirip dengan artikel petunjuk. Seperti namanya, ide blog ini lebih fokus pada pembaca yang tak pernah belajar tentang topik yang kalian tulis. Jika kalian ingin membantu orang belajar, panduan pemula bisa menjadi judul blog yang menarik.


Selain kualitas konten, kalian juga tak boleh melupakan kualitas website yang kalian gunakan, ya. Pastikan selalu mengoptimasi website kalian untuk kenyamanan pengunjung website. Yang sudah kami sampaikan di atas adalah berbagai jenis topik konten blog yang bisa kalian buat agar blog kalian banyak dikunjungi orang.

Semoga bermanfaat dan tunggu info-info menarik lainnya dari kami, ya 🙂

Bermanfaatkah Artikel Ini?

Klik bintang 5 untuk rating!

Rata rata rating 0 / 5. Jumlah rate 0

Yuk Rate 5 Artikel Ini!

We are sorry that this post was not useful for you!

Let us improve this post!

Tell us how we can improve this post?

Bagikan:

Leave a Comment