tips-hosting-untuk-wordpress

Tips Menentukan Hosting yang Cocok Untuk Blog WordPress

Sharing is caring!

Setelah Anda memiliki ide bisnis, selanjutnya Anda membutuhkan situs untuk mewujudkan ide Anda menjadi suatu kenyataan. Apakah Anda langsung memilih WordPress untuk mewujudkan ide Anda? Jika iya, langsung saja baca Tips Menentukan Hosting yang Cocok Untuk Blog WordPress

WordPress sendiri merupakan platform paling populer yang dapat Anda pilih untuk membangun dan menjalankan situs Anda. 36,3 persen dari semua situs menggunakan WordPress. CMS ini memiliki pangsa pasar (market share) sebesar 63,1 persen.

CMS Paling Populer (Pangsa Pasar CMS tahun 2020)

tips-hosting-untuk-wordpress-1

Setelah Anda memilih untuk mengembangkan situs Anda dengan WordPress, Anda akan membutuhkan suatu tempat untuk meletakkan semua data digital Anda atau disebut juga dengan hosting. Memilih hosting yang tepat sangatlah penting untuk kelancaran situs Anda.

Ada banyak pilihan terkait penyedia layanan hosting WordPress namun ada beberapa poin yang tidak boleh Anda kesampingkan saat memilih hosting untuk WordPress Anda.

Layanan Hosting WordPress Esensial

tips-hosting-untuk-wordpress-2

Selain kinerja dan kualitas layanan, layanan hosting WordPress Anda harus dilengkapi dengan beberapa fitur penting berikut ini:

  • Database MySQL: Ini adalah Relational Database Management System (RDBMS) open-source yang dapat digunakan secara gratis dan menggunakan Structured Query Language (SQL).
  • LAMP (Linux, Apache, MySQL, PHP): Solusi yang dapat digunakan untuk membuat situs dinamis dan aplikasi .
  • Server Linux: Lebih baik memilih server Linux daripada Windows karena kompatibel dengan sejumlah bahasa pemrograman. Anda dapat memilih untuk menggunakan server Windows jika Anda berencana menggunakan aplikasi khusus Windows.
  • Control Panel yang Baik: Anda tidak dapat mengandalkan perusahaan web hosting untuk perubahan konten dasar. Anda membutuhkan sesuatu seperti cPanel yang dapat Anda gunakan dengan mudah untuk menyesuaikan situs Anda.
  • Dukungan PHP: PHP adalah bahasa server-side scripting. Ini digunakan untuk pengembangan web dan juga berfungsi sebagai bahasa umum untuk tujuan pemrograman.

Performa

Anda harus menggunakan layanan hosting WordPress yang memenuhi persyaratan bisnis spesifik Anda. Berikut ini ada beberapa pertanyaan yang akan membantu Anda untuk merencanakan kebutuhan bisnis Anda saat ini dan di masa depan:

  • Apakah Anda membutuhkan satu situs atau lebih?
  • Apakah Anda membutuhkan layanan backup? Jika ya, apakah Anda memiliki anggaran untuk hal tersebut?
  • Apakah domain gratis menarik bagi Anda?
  • Apakah Anda lebih suka host yang mendukung unlimited addons domain atau subdomain?

Memprediksi kebutuhan Anda sendiri, akan sangat membantu Anda untuk  mendapatkan hasil maksimal dari layanan hosting WordPress Anda. Selain itu, beberapa fitur performa utama meliputi:

  • Disk space yang berukuran besar
  • Uptime terjamin
  • Server yang cepat
  • Bandwidth yang memadai

Menggunakan layanan hosting murah dapat mengakibatkan hilangnya waktu dan produktivitas dalam menangani downtime dan masalah server. Anda dapat melakukan riset online dan membaca ulasan dari berbagai penyedia layanan hosting. Pastikan Anda memilih host yang sesuai dengan ukuran bisnis Anda.

Customer Support 

Bisnis online berjalan 24X7, artinya situs Anda harus aktif dan berjalan sepanjang waktu. Pastikan situs Anda selalu aktif dan error-free. Layanan hosting Anda pun harus memberikan dukungan teknis yang cepat. Penyedia layanan harus memiliki kemampuan untuk menyelesaikan masalah kecil dan besar dengan cepat dan efektif. Layanan hosting WordPress yang baik harus:

  • Memiliki beberapa opsi kontak, seperti telepon, email, live chat, dan lain-lain
  • Dikenal karena layanan kepada pelanggannya yang memang cepat.
  • Terdapat tim customer service  untuk membantu Anda kapan pun diperlukan.

Penetapan Harga

Biaya adalah faktor besar saat memilih untuk membeli layanan atau tool apapun untuk bisnis. Namun, bukanlah ide yang baik untuk mencari layanan hosting termurah. Oleh karena itu, penting untuk memahami fitur dan kualitas layanan. Jika Anda membayar lebih sedikit, Anda mungkin akan mendapatkan lebih sedikit fitur dan kualitas layanan serta akan dikenakan biaya lebih banyak dalam jangka panjang dikarenakan adanya berbagai masalah.

Berikut beberapa tips yang bisa Anda gunakan:

  • Ketahui secara detail terkait fitur hosting yang didapatkan.
  • Sebagai pemilik bisnis kecil, Anda dapat memilih paket hosting antara Rp 40.000 an – Rp 400.000 an. 
  • Jika Anda memiliki banyak pengunjung bulanan maka Anda dapat beralih dari shared ke VPS atau dedicated hosting.

Website Backups

Sangatlah penting untuk backup semua konten situs Anda dan mengamankan diri Anda dari bahaya kerusakan. Sebagian besar penyedia layanan hosting yang baik akan secara otomatis membackup data Anda atau memberi Anda opsi untuk manual backup. Anda dapat membuat backup data Anda menggunakan bantuan plugin di WordPress. 

Layanan hosting Anda harus memungkinkan Anda menggunakan plugin untuk membackup situs WordPress Anda.

Keamanan

Fitur keamanan memang harus ada di daftar prioritas Anda. Berikut beberapa fitur utama yang harus diperhatikan:

  • SSL: Menjalankan bisnis online akan mengharuskan Anda mengumpulkan informasi sensitif pelanggan. SSL sangat penting untuk memastikan bahwa informasi ini tetap aman.
  • Sitelock: Membantu melindungi situs Anda dari perangkat lunak jahat serta  memastikan bahwa situs Anda tidak masuk daftar hitam.

Jetorbit, salah satu perusahaan yang menyediakan web hosting Indonesia terbaik dan domain murah di tahun 2020 ini. Jetorbit patut menjadi pertimbangan Anda terkait tips dalam memilih hosting untuk WordPress Anda karena setiap paket hosting mendapatkan kualitas premium hosting terbaik, menerapkan keamanan teknik tertinggi, uptime 99%, memberikan bantuan yang handal, proses mengonlinekan website yang mudah, serta telah dipercaya oleh banyak pelaku usaha, blogger, internet marketer, dan perusahaan. Selain itu, Jetorbit juga menyediakan VPS dan bisa Anda cek di sini.

Bermanfaatkah Artikel Ini?

Klik bintang 5 untuk rating!

Rata rata rating 5 / 5. Jumlah rate 1

Yuk Rate 5 Artikel Ini!

We are sorry that this post was not useful for you!

Let us improve this post!

Tell us how we can improve this post?

Tutorial dan Informasi Teknologi - Jetorbit Blog
Tips Menentukan Hosting yang Cocok Untuk Blog WordPress
Artikel
Tips Menentukan Hosting yang Cocok Untuk Blog WordPress
Informasi mengenai teknologi dan panduan menggunakan hosting, website dan domain
Apakah Anda memilih WordPress untuk mewujudkan ide bisnis Anda? Jika ya, yuk baca Tips Menentukan Hosting yang Cocok Untuk Blog WordPress
Silvia
Publisher Name
Jetorbit
Publisher Logo