Tips Brand Marketing

Sharing is caring!

Meski marketing dan sales sering dianggap sama tapi pada kenyataannya ruang lingkup pekerjaan marketing lebih luas dibanding sales. Sales bertugas hanya sebatas menjual produk sesuai dengan target yang ditentukan perusahaan. Sedangkan marketing memiliki tanggung jawab yang lebih kompleks, yakni menentukan strategi pemasaran sekaligus mengelola brand marketing. Lalu, brand marketing itu sendiri apa dan adakah tips di dalamnya? Yuk ketahui lebih lanjut di Tips Brand Marketing

Apa Itu Brand Marketing?

Brand marketing merupakan teknik pemasaran yang bertujuan untuk mendapatkan customer sebanyak-banyaknya dengan cara memperkenalkan brand suatu produk tertentu. Pemasaran di sini dapat dilakukan melalui media cetak, media elektronik, dan media online.

Selain untuk memperkenalkan brand, brand marketing juga memiliki tujuan untuk membentuk persepsi konsumen terkait kelebihan dan manfaat dari suatu produk. Ketika masyarakat telah mengenal lalu merasakan langsung manfaat dari sebuah produk brand maka akan muncul ketergantungan ke produk tersebut, lalu akan disebarluaskan kepada orang lain.

Peran Brand Marketing untuk Mengembangkan Bisnis

Dalam dunia bisnis, tugas brand marketing juga dianggap penting untuk mengangkat image perusahaan lalu mempertahankannya. Ada beberapa peranan brand marketing yang dianggap memang penting untuk mengembangkan bisnis, yaitu:

Merencanakan Pemasaran

Salah satu peranan tenaga marketing adalah merencanakan pemasaran, seperti merencanakan strategi yang cocok untuk memperkenalkan brand suatu produk. Sebelum melaksanakan brand marketing, tenaga marketing disarankan untuk melakukan observasi untuk mengetahui kebutuhan dan minat masyarakat terhadap suatu produk.

Menetapkan Harga

Brand marketing juga memiliki peranan untuk menetapkan harga sesuai dengan harga produksi dan sesuai dengan kisaran harga produk sejenis yang diperjualbelikan di pasaran. Jika brand kalian termasuk brand baru di pasaran, sebaiknya tidak menjual dengan harga yang mahal karena biasanya customer enggan membeli brand baru dengan harga yang mahal dibandingkan dengan brand lain yang memiliki manfaat yang sama dan belum terbukti kualitasnya.

Menentukan Strategi yang Tepat

Marketing strategy merupakan strategi yang menjadi rahasia atas keunggulan sebuah brand. Semua hal yang dimaksud dalam marketing strategy ini, haruslah sesuai dengan tujuan yang ditetapkan oleh perusahaan. Salah satu bentuk dari strategi marketing adalah mengenai promosi brand suatu produk.

Membangun Kerjasama dengan Pihak Lain

Kerjasama dengan pihak lain dianggap penting dalam membangun sebuah bisnis. Oleh sebab itu, peranan brand marketing diharapkan tidak hanya menarik perhatian konsumen tapi juga menemukan pihak-pihak yang ingin berkolaborasi. Jika kalian dapat menemukan partner bisnis yang tepat, selain dapat mendatangkan keuntungan melalui pemesanan produk dengan jumlah banyak, juga akan membantu bisnis kalian untuk memperkenalkan brand produk kalian ke rekan bisnisnya atau melalui iklan di media online.

Menjaga Kepercayaan Konsumen

Peran brand marketing adalah memberikan informasi yang detail dan jujur tentang brand produk kepada masyarakat. Apabila informasi yang diberikan ternyata salah atau keliru lalu merugikan konsumen maka konsumen tidak akan membeli dan tidak akan percaya lagi terhadap kualitas brand tersebut. Hal ini dikarenakan kepercayaan konsumen merupakan modal utama untuk membangun image perusahaan.

Tips Branding dari Pakar Brand Marketing untuk Bisnis

Inilah berbagai tips branding dari pakar brand marketing yang dapat membantu kalian dalam mengembangkan bisnis:

Membangun Keterikatan Emosi dengan Konsumen

“Dengan membangun keterikatan emosi customer, penjualan dan masa depan bisnis dapat semakin cerah, itulah mengapa sebuah brand wajib membangun keterikatan emosi dengan customernya. 

Dalam membangun emotionally connected customer dengan brand, langkah pertama yang harus dilakukan adalah building communication plan. Langkah inilah yang akan menentukan bagaimana konsumen melihat brand Anda. 

Untuk membangun communication plan yang kuat dibutuhkan beberapa langkah berikut, yaitu SWOT analysis, menentukan mission, message, dan audience group. Ada empat tips branding yang ampuh supaya customer terus menggunakan brand, yaitu: 

  • Dengarkan audiens
  • Berikan surprise pada audiens di media sosial
  • Libatkan audiens untuk improve brand
  • Beritahu audiens terus menerus keunggulan brand Anda

Terakhir, jangan pernah lelah membangun keterikatan emosi dengan customer sebab customer yang telah terikat dengan brand Anda adalah harta yang paling berharga.”  

Ayundari Gunansyach 

Head of Communications Ubud Writers and Readers Festival 

Membangun Branding yang Kuat di Media Sosial

“Sebuah brand pasti punya target audiens yang beragam. Jadi, kita harus mengetahui terlebih dahulu siapa target audiens brand. Selain itu, Anda juga jadi mengetahui kanal media sosial mana yang tepat digunakan.

Ada empat langkah membuat sebuah brand menjadi kuat di media sosial: 

  • Fokus ke customer, follower, dan tren yang sedang berlangsung. 
  • Berkolaborasi dengan rekanan dari bidang yang sama dan berbeda. 
  • Tetap berpegang pada pilar perusahaan/brand tetapi tetap fleksibel. 
  • Jadilah platform yang menyediakan pengetahuan namun tetap berbicara seperti rekan sebaya.” 

Reza Zefanya Mulia 

Digital Coordinator Museum MACAN

Ciptakan Brand dengan Karakter yang Kuat

“Brand sama seperti manusia yang memiliki karakter. Lalu, bagaimana cara membuat sebuah brand menjadi hidup dan memiliki karakter yang kuat? 

Ada empat langkah suksesnya: 

  • Tell a story. Cerita dapat menarik perhatian orang dan membuat brand dapat lebih diingat.
  • Being trusted. Berikan cerita yang trusted untuk menjaga integritas dan kepercayaan konsumen.
  • Give your brand a personality. Buatlah personality pada brand Anda sesuai dengan tujuan bisnis. 
  • Listen to stories too. Dengarkan cerita dari customer untuk membantu menciptakan story brand yang kuat.”

Adji Titro Saputro 

Brand Guidance Lead Kantar 

Jalankan Tips Branding yang Sustainable 

“Membangun branding yang sustainable bisa dilakukan dengan cara berikut: 

  • Membuat values brand yang kuat
  • Berani stand out
  • Berkolaborasi dengan brand lain
  • Fleksibel mengikuti zaman”

Tarrence K. Palar

Brand Communication Manager Harian Kompas

Gunakan Direct Marketing untuk Mendukung Branding Strategy

“Langkah pendukung branding bisa dilakukan dengan direct marketing. Tujuan utamanya untuk mengajak konsumen melakukan action tertentu, baik melakukan pembelian, mengisi form, atau isi survei.

Direct marketing ini efektif dilakukan dengan digital marketing. Kenapa? Dikarenakan digital marketing sangat mudah untuk diukur dan dianalisis performanya sehingga dapat terlihat dengan jelas apakah strategi dan goal yang dibuat tercapai atau tidak.” 

Dikdik Herdiana 

Digital Marketing Manager Harian Kompas

Nah, itu Guys beberapa tips brand marketing yang dapat kalian aplikasikan demi tercapainya tujuan utama bisnis kalian. Yuk sharing, mungkin kalian udah aplikasiin tips yang lain jadi kita bisa saling melengkapi 🙂



Bagi kalian yang masih bingung bagaimana cara membuat website, tenang saja. Kami punya solusinya. Kalian bisa langsung cek ke Jetorbit guna memenuhi kebutuhan pembuatan website kalian. Selain itu, kami juga menyediakan VPS dan bisa kalian cek di sini.

Bermanfaatkah Artikel Ini?

Klik bintang 5 untuk rating!

Rata rata rating 5 / 5. Jumlah rate 1

Yuk Rate 5 Artikel Ini!

We are sorry that this post was not useful for you!

Let us improve this post!

Tell us how we can improve this post?

Tutorial dan Informasi Teknologi - Jetorbit Blog
Tips Brand Marketing
Artikel
Tips Brand Marketing
Informasi mengenai teknologi dan panduan menggunakan hosting, website dan domain
Brand marketing itu sendiri apa dan adakah tips di dalamnya? Yuk ketahui lebih lanjut di Tips Brand Marketing di Jetorbit
Silvia
Publisher Name
Jetorbit
Publisher Logo

Leave a Comment