12 Peluang Bisnis di Bulan Ramadhan 2021

12 Peluang Bisnis di Bulan Ramadhan 2021

Bulan ramadhan juga biasanya menjadi momen untuk mereguk keuntungan berlipat. Hal ini dikarenakan munculnya bisnis-bisnis dadakan dan ini sangat cocok untuk kalian yang lagi nyari penghasilan tambahan. Baiklah, yuk baca sampai selesai 12 Peluang Bisnis di Bulan Ramadhan 2021

Peluang Bisnis di Bulan Ramadhan

Berjualan Aneka Macam Menu Takjil

Salah satu tradisi yang tidak pernah lepas dari yang namanya bulan Ramadhan adalah menunggu waktu berbuka puasa atau biasa disebut dengan istilah ngabuburit.

Selama ngabuburit, banyak orang yang sibuk membeli menu berbuka untuk membatalkan puasa, atau biasa disebut juga dengan istilah takjil. Usaha aneka macam menu takjil ini dapat dikatakan cukup menggiurkan karena bisa mendatangkan untung besar.

Untuk memulai usaha ini kalian tidak membutuhkan modal yang besar. Kalian bisa kok memulainya dengan hal kecil, seperti menjual es teh manis, aneka minuman sirup dingin, aneka jus buah, sop buah, jajanan pasar, aneka kue basah, martabak mini, puding jagung, dan lain-lain.

Silakan kenakan harga yang sesuai dengan kantong banyak orang agar banyak yang membeli menu takjil kalian sekaligus tetap bisa memberikan untung yang berlimpah.

Usaha Katering Makanan

Tidak semua orang bisa masak dan punya waktu untuk menyiapkan makanan untuk sahur dan berbuka.

Nah, kalian bisa memanfaatkan kondisi tersebut untuk menambah penghasilan dengan cara menjual makanan jadi serta memberikan jasa antar makanan. 

Biaya modal yang dibutuhkan untuk memulai bisnis ini sangat bervariasi, bergantung pada menu dan berapa jumlah total porsi yang akan dibuat.

Menjajakan Buah-Buahan

Saat puasa banyak orang yang akan membeli buah sebagai pencuci mulut serta untuk menjaga agar tubuh tetap fit dalam menjalani puasa. Selain itu, buah-buahan juga biasanya dibutuhkan oleh orang yang membuat takjil sendiri.

Modal untuk memulai bisnis ini pun bervariasi, bergantung dari berapa jumlah buah serta jenis buah yang ingin kalian jual.

Bagi kalian yang ingin menjalankan bisnis ini, lebih baik jika langsung membeli dari orang yang memiliki lahan buah karena harganya lebih murah.

Jualan Kurma

Makanan satu ini selalu ada setiap bulan puasa. Tak ada kurma saat Ramadhan, rasanya kurang lengkap. Lagipula, makan kurma saat berbuka puasa termasuk sunnah Rasul. 

Kurma juga bagus untuk kesehatan tubuh. Mengembalikan tenaga yang hilang setelah seharian berpuasa. Tak heran jika segala jenis kurma dijual di pasar maupun supermarket. 

Kalian bisa memanfaatkan momen ini dengan berjualan di depan rumah, lewat media sosial, atau buka toko online di marketplace

Untuk produk kurmanya sendiri kalian dapat mengambil dari supplier atau distributor besar. 

Membuat Kue Kering

Kue kering merupakan makanan wajib ketika Hari Raya Idul Fitri. Tak heran peminatnya melonjak jelang lebaran. Banyak orang yang akan membeli kue kering jauh hari sebelum Lebaran. Untuk kalian yang jago membuat kue kering, silakan jalani bisnis ini.

Kondisi pandemik saat ini, meskipun jarang sekali bahkan gak ada tamu saat lebaran sehingga penjualan kue kering juga menurun, namun kalian bisa tetap menjalankan bisnis ini. Mudah! Kalian bisa promosi melalui sosial media kalian atau langsung menawarkan ke kerabat/kolega serta kawan-kawan. Jadi, sistemnya bisa berupa PO jika sekiranya cukup banyak yg pesan kue kering. 

Modal untuk bisnis kue kering juga bermacam-macam, bergantung pada jumlah dan jenis bahan yang dipakai. 

Berbisnis Busana Muslim

Bulan Ramadhan merupakan bulan suci umat Muslim, yang mana laki-laki maupun perempuan akan mencoba selalu memaksimalkan ibadah dari hal sekecil apapun.

Salah satu di antaranya adalah berpakaian lebih tertutup dalam keseharian. Kesempatan seperti ini tidak boleh kalian skip karena membuka usaha busana muslim bisa kalian lanjutkan sebagai usaha tetap. Hal tersebut dikarenakan tren masyarakat kita yang mayoritasnya adalah muslim memiliki kecenderungan untuk berbusana muslim terutama bagi wanita.

Untuk menjalankan ide bisnis paling untung saat Ramadhan ini, Anda tidak perlu memikirkan modal awal karena terdapat usaha busana muslim yang tanpa modal atau bermodal kecil dengan cara menjadi reseller atau dropshipper.

Menjual Berbagai Perlengkapan Ibadah

Ketika beribadah umat muslim kita pasti membutuhkan perlengkapan yang dapat mendukung ibadah, seperti sajadah, tasbih digital, Al-Qur’an, baju koko, sarung dan kopiah untuk digunakan ketika shalat bagi laki-laki serta mukena untuk shalat bagi perempuan. 

Bisnis berbagai perlengkapan ibadah untuk umat muslim ini akan meningkat ketika menjelang Hari Raya Idul Fitri. Hal ini dikarenakan menjelang Hari Raya Idul Fitri, banyak orang akan membeli perlengkapan ibadah sebagai hadiah atau parsel.

Kalian dapat menjual perlengkapan ibadah dengan berbagai varian harga sehingga pelanggan kalian bisa berasal dari berbagai kalangan. Apalagi jika kalian dapat menjual secara online sehingga market kalian dapat menjangkau ke seluruh wilayah Indonesia.

Jasa Pembuatan Parcel

Barang yang sering dijumpai menjelang Hari Raya Lebaran adalah parcel. Banyak orang yang menjadikan parcel sebagai bingkisan yang dikirimkan kepada keluarga, kawan, atau kolega. Pandemi tidaklah mengurangi esensi Lebaran agar semua tetap bisa merasakan kebahagiaan karena silaturahmi bisa beralih ke online

Dikarenakan tatap muka atau kunjungan langsung dibatasi demi mencegah penularan covid-19 maka parcel akan mendatangkan keuntungan besar. Untuk modalnya juga bervariasi, bisa disesuaikan dengan ukuran serta isi parcelnya.

Berjualan Ketupat

Ketupat seringkali dijadikan simbol Hari Raya Idul Fitri. Tak ada ketupat, rasanya kurang afdol.

Kalau bisa membuat ketupat, kalian bisa mencoba bisnis ini. Modalnya pun cukup kecil kok, kira-kira untuk satu ketupat hanya butuh modal sebesar Rp 1.000 saja. Namun, kalian bisa menjualnya hingga 2 kali lipat sesuai harga di pasaran.

Berbisnis Jasa Asisten Rumah Tangga

Ketika menjelang datangnya lebaran, kemungkinan beberapa keluarga membutuhkan jasa asisten rumah tangga.

Hal ini dikarenakan pada momen menjelang perayaan Hari Raya Idul Fitri, banyak sekali yang harus dilakukan seperti untuk bersih-bersih, memasak dan mempersiapkan hari raya meskipun untuk keluarga inti. Tentu saja, kesempatan ini bisa kalian gunakan untuk berbisnis jasa asisten rumah tangga.

Untuk memulainya, kalian dapat menawarkan jasa asisten rumah tangga temporary, khusus hanya untuk membantu mempersiapkan perayaan Hari Raya Idul Fitri.

Namun, tidak menutup kemungkinan jika jasa asisten rumah tangga ini ditawarkan untuk kebutuhan lainnya di bulan Ramadhan serta di luar bulan Ramadhan, seperti membantu memasak menu sahur dan berbuka puasa, mencuci pakaian, bersih-bersih rumah, mengurusi taman rumah, dan sebagainya.

Laundry

Meskipun sedang masa pandemi seperti saat ini namun saat puasa dan lebaran tetap ada peluang untuk membuka bisnis laundry

Saat ini, bisnis laundry makin menjamur. Di komplek perumahan saja, bisa ada dua atau tiga tempat dengan jarak berdekatan. 

Untuk orang yang malas mencuci dan menyetrika baju, laundry tetap jadi pilihan jitu. Kalian bisa membuka usaha laundry kiloan dengan harga yang disesuaikan dengan target pelanggan kalian. 

Kalian bisa memulai dengan mesin cuci kalian yang kalian punya serta unit pengering, setrika, dan perlengkapan pendukung. Modal bisnis laundry bisa dimulai dari
Rp 5.000.000,-. Hal terpenting adalah kualitas cucian dan setrikaan bersih serta rapi sehingga dapat menjaga kepercayaan pelanggan.

Produk Kecantikan

Usaha produk kecantikan biasanya sangat laku di kalangan perempuan. Tak hanya tampil cantik dalam berbusana tapi tak jarang wanita ingin berpenampilan lebih maksimal dengan makeup atau skincare.

Silakan pertimbangan untuk menjadi reseller makeup atau skincare yang umum, seperti lipstik dan cushion untuk makeup atau essence dan serum  untuk skincare.

Jangan lupa untuk mempertimbangkan perihal izin BPOM, halal tidaknya bahan yang digunakan, dan juga menganalisis SWOT agar bisnis berjalan lancar.

Okay, Guys! Jadi, tidak ada alasan pandemi membuat kita semua berpangku tangan pasarah begitu tanpa mencoba tetap menebar kebaikan ke sesama, termasuk yang membutuhkan. Yuk manfaatkan momen Ramadhan tahun ini agar tetap berkesan & tetap khusyuk dalam beribadah.

Stay healthy, stay strong, stay happy, stay alert!

Hosting murah bisa didapatkan di Jetorbit tanpa mengurangi kualitas. Jetorbit selalu mengedepankan rasa puas klien dan tercapainya tujuan serta kesuksesan dari website yang ada di dalam Jetorbit. Berbagai macam pilihan web hosting berkualitas bisa kalian coba. Selain itu, kami juga menyediakan VPS dan bisa kalian cek di sini.

Bermanfaatkah Artikel Ini?

Klik bintang 5 untuk rating!

Rata rata rating 5 / 5. Jumlah rate 1

Yuk Rate 5 Artikel Ini!

We are sorry that this post was not useful for you!

Let us improve this post!

Tell us how we can improve this post?

You might also like