Strategi Funneling untuk Bisnis yang Sukses

Strategi Funneling untuk Bisnis yang Sukses

Orbiters, kita sejenak membayangkan sesuatu dulu, yuk. Bayangkan di tangan kalian ada sebuah pipa atau corong. Lalu kalian menuangkan minyak ke suatu wadah melalui corong tersebut. Minyak tersebut tentu perlahan mengalir dari ujung corong dengan penampang besar ke ujung satunya lagi yang berpenampang lebih kecil hingga masuk ke wadah tersebut. Begitulah cara Funneling atau Sales Funnel bekerja untuk bisnis kalian. Okay, kalau gitu simak sampai selesai ya tentang Strategi Funneling untuk Bisnis yang Sukses

Strategi funneling merupakan cara untuk memecah customer journey, mulai dari calon pelanggan mengenal produk kalian sampai mereka memutuskan untuk membeli.

Awalnya nih, calon pelanggan akan dikumpulkan sebanyak-banyaknya pada ujung corong berpenampang besar. Dari kumpulan calon pelanggan tersebut, tidak semuanya pasti membeli produk kalian, kan?

Melalui sejumlah langkah lain, calon-calon pelanggan tersebut akhirnya “tereliminasi” sehingga kalian memperoleh sekumpulan orang yang benar-benar menjadi customer.

Okay, kita perhatikan dulu ya gambar di bawah ini.

strategi funneling untuk bisnis 1

Sales Funnel atau bisa diartikan sebagai Saluran Penjualan terbukti berhasil meningkatkan penjualan berbagai perusahaan dan brand di seluruh dunia, mulai dari UMKM maupun korporasi besar.

4 Tahap di Sales Funnel

Untuk menerapkan strategi ini, setidaknya kalian harus menjalankan 4 tahap yang dikenal dengan AIDA: Awareness, Interest, Decision, Action.

A for Awareness (Kesadaran)

Tahap ini adalah momen untuk menarik perhatian calon buyer. Misalnya, menulis blog dan mengembangkannya melalui teknik SEO, berbagi konten di media sosial, upload video di Youtube dan TikTok, atau pasang iklan di billboard.

Silakan kalian membuat content marketing yang mengundang rasa penasaran manusia.

Dengan demikian, orang-orang mulai mengenal siapa kalian dan produk atau jasa apa yang ditawarkan.

I for Interest (Ketertarikan)

Ketika calon buyer masuk ke tahap ini, mereka akan mulai mencari lebih jauh mengenai brand kalian, membandingkan dengan toko sebelah serta menunggu penawaran atau diskon tertentu.

Inilah saat yang tepat untuk menggiring mereka dengan konten-konten edukasi.

Tujuannya bukan langsung jualan, lho. Melainkan, menaikkan kepercayaan mereka terhadap kalian, membantu konsumen membuat keputusan yang tepat, dan perlahan meyakinkan orang-orang tersebut bahwa kalian adalah solusi bagi permasalahan mereka.

D for Desire (Keinginan)

Pada tahap ini, konsumen sudah siap membeli produk kalian.

Meski terkadang kalian juga bukan pilihan satu-satunya. Mereka bisa saja masih mempertimbangkan brand lain.

Oleh karena itu, berikanlah penawaran terbaik bagi mereka. Contohnya, flash sale, gratis ongkir, bonus produk serupa, atau bundling produk dengan harga lebih murah.

Peran customer service cukup penting di sini. Ingat, produk kalian mungkin bagus tapi calon buyer tetap bisa kehilangan minat apabila tidak dilayani dengan baik.

A for Action (Tindakan)

Yeayy! Konsumen tampaknya sudah benar-benar percaya pada kalian. Mereka pun memutuskan untuk membeli. Setidaknya untuk sekali mencicipi produk kalian.

Namun, bagaimanapun juga mereka telah menjadi bagian dari ekosistem bisnis kita.

Dengan kata lain, kini saatnya mengembangkan strategi retensi agar pelanggan betah berlama-lama dengan produk kalian, siap membeli untuk ke sekian kalinya, bahkan menjadi brand evangelis yang senang membagikan testimoni positifnya ke mana-mana.

Orbiters, apakah kalian sudah menerapkan AIDA di dalam bisnis kalian? Apakah ada tantangan untuk setiap tahapnya? Silakan kalian bisa sharing ke kawan-kawan di sini bagi yang sudah mereapkan AIDA. Bagi yang belum, silakan kalian berguru kepada para suhu yang ahli di bidangnya demi kesuksesan bisnis kalian.

Semoga bermanfaat dan selamat mencoba, ya.

Oia, dapatkan penghasilan melalui Afiliasi Jetorbit, yuk. Kalian bisa memiliki peluang mendapatkan jutaan rupiah setiap bulan! Asik, kan. Mudah kok pendaftaran dan cara kerjanya. Kalian bisa melakukannya kapanpun, di manapun, dan ke siapapun. Tenang, kami juga menyediakan VPS lho yang bisa kalian cek di sini.

Bermanfaatkah Artikel Ini?

Klik bintang 5 untuk rating!

Rata rata rating 5 / 5. Jumlah rate 1

Yuk Rate 5 Artikel Ini!

We are sorry that this post was not useful for you!

Let us improve this post!

Tell us how we can improve this post?

You might also like