rekomendasi website toko online

Sebagai pengusaha, tentunya dapat memanfaatkan website gratis untuk memasarkan dagangan secara online. Nah, dengan memanfaatkan website gratis, pengusaha sudah melakukan penghematan modal sehingga modal yang dimiliki untuk membuka toko dapat dialokasikan ke kebutuhan lainnya guna mengembangkan bisnis online mereka. Bagi kalian yang tertarik, ada 12 Rekomendasi Website Toko Online Gratis untuk Bisnis. 

Website Toko Online Gratis

Toko online adalah tempat di mana kalian bisa menawarkan layanan atau produk secara online di jaringan global. Toko online inilah yang dikenal sebagai belanja online.

Sedangkan website sendiri merupakan kumpulan halaman berisi informasi tertentu serta dapat diakses dengan mudah oleh siapapun, di manapun, dan kapanpun melalui jaringan internet.

Sederhananya website toko online gratis ini adalah sebuah kumpulan halaman berisi informasi produk-produk bisnis milik kalian yang dapat diakses dan digunakan secara gratis untuk berjualan.

10+ Rekomendasi Website Toko Online Gratis

Berikut beberapa rekomendasi website toko online gratis yang bisa kalian gunakan: 

1. WooCommerce

WooCommerce merupakan sebuah platform eCommerce paling populer di dunia. Kalian bisa dengan mudah gunakan perangkat lunak ini secara gratis. Caranya pun cukup download dan gunakan dengan penyedia hosting web manapun.

woocommerce

Sayangnya WooCommerce tidak menyediakan hosting sehingga kalian harus membeli terlebih dahulu serta pilih nama domain untuk memastikan situs web dapat diakses oleh pengguna di seluruh dunia.

Kelebihan dari WooCommerce adalah user friendly, yang mana bagi yang masih pemula pun tetap bisa menggunakannya. Melalui WooCommerce kalian bisa mengendalikan operasi website secara penuh tanpa membutuhkan banyak biaya tambahan lainnya.

Tenang, WooCommerce memiliki banyak desain tema  untuk mengubah tampilan toko online sehingga sesuai dengan produk yang ditawarkan dan tentunya lebih menarik. Selain itu, juga sudah tersedia ribuan plugin WooCommerce yang dapat digunakan untuk menambahkan fitur baru untuk membantu mengembangkan bisnis. 

Kalian bisa menjual apa saja baik produk fisik, digital, dropshipping bahkan afiliasi. WooCommerce juga tidak membebankan biaya transaksi apapun. Kalian hanya perlu membayar penyedia layanan pembayaran online saja. 

2. Web.com

Web.com menawarkan berbagai paket dengan harga terjangkau sehingga memudahkan kalian dalam membuat toko online. Selain itu, juga akan membantu hosting toko bahkan memberikan domain yang bisa dikustomisasi secara gratis serta sudah bersertifikat SSL.

Tahukah kalian bahwa dengan Web.com, kalian bisa menampilkan hingga 500 produk di toko, menerima pembayaran menggunakan kartu kredit, melacak, mengelola pesanan, menautkan ke halaman Facebook, dan masih banyak lagi.

Kelebihan lain dari Web.com adalah kalian bisa menggunakan email yang akan aktif selama 24 jam setiap harinya serta tersedia fitur chat secara langsung.

3. BuyNow Plus

Dengan BuyNow Plus, kalian bisa membuat tombol buy now yang nantinya dapat diletakkan pada situs website toko online manapun.

Agar bisa menggunakan BuyNow Plus, kalian harus membuat akun Stripe gratis.

Kelebihan dari BuyNow Plus adalah biaya transaksi yang dibutuhkan cukup rendah loh, hanya 2 persen. Ini karena Stripe membebankan biaya transaksinya sendiri.

Kalian juga bisa menggunakan BuyNow Plus untuk menangani pembayaran berulang pada kartu kredit tanpa harus membuat akun sehingga memudahkan pelanggan.

Sayangnya, BuyNow Plus ini tidak menawarkan fitur tambahan apapun, seperti pelacakan inventaris atau pembuatan website.

4. BigCommerce

BigCommerce adalah platform eCommerce atau website toko online gratis yang bisa digunakan. Kalian bisa mendapatkan layanan hosting sekaligus atau all-in-one sehingga lebih mudah dalam membuat toko online.

Ada juga plugin WordPress yang tersedia jika memiliki situs yang ingin digunakan dengan BigCommerce. Meski tidak memiliki paket gratis tetapi bisa melakukan uji coba gratis terlebih dahulu selama 15 hari di awal sehingga memungkinkan untuk membuat toko dan memulai tanpa bayaran alias gratis. 

Kelebihan dari BigCommerce adalah kalian tak perlu lagi memasukkan detail kartu kredit apapun untuk mengikuti uji coba gratis dan bisa mendapatkan domain gratis. Cara menggunakannya pun cukup mendaftar dengan memasukkan secara rinci penjelasan toko dan langsung menambahkan produk yang ingin dijual.

5. Shopify

Kalian tentu tidak asing lagi dengan yang satu ini. Iya, Shopify. Jadi Shopify merupakan platform eCommerce yang dihosting sepenuhnya. Ia juga menawarkan uji coba gratis selama 14 hari dan tidak membutuhkan kartu kredit.

shopify toko online

Nah, kelebihan yang dimiliki dari platform satu ini adalah memiliki interface drag and drop, bisa menambahkan fitur tambahan ke toko, ada aplikasi marketplace dengan banyak add-on yang bisa dibeli. 

Kamu juga mendapatkan layanan support selama 24 jam setiap harinya melalui chat, telepon, email, dan Twitter.

6. Weebly

Weebly memang tidak terlalu terkenal seperti beberapa platform lainnya tetapi ini juga bisa jadi salah satu rekomendasi yang bisa dicoba karena menawarkan gratis untuk pemakaian awal.

weebly toko online

Kelebihan dari Weebly adalah bisa menambahkan segala jenis produk fisik maupun digital ke toko, ada interface drag and drop yang mudah digunakan untuk membangun situs dan mengelola item.

Selain itu, juga tersedia sekitar 100 desain untuk tema yang dapat dipilih sesuai keinginan lalu adanya inventaris bawaan, pengiriman, dan fitur manajemen pajak. Paket gratis yang tersedia pada Weebly juga memberi kalian akses untuk menggunakan fitur chat, email, dan telepon.

7. Site.Google.Com

Google juga memiliki site.google.com, yang mana bisa membantu usaha mikro dan usaha kecil dalam melakukan mempromosikan produk-produk mereka. Kalian yang menggunakan website online gratis dari Google ini juga bisa memperoleh brand awareness dari masyarakat yang memang sudah menjadi target pasar.

website toko online gratis

Nantinya, secara otomatis kalian memiliki situs site.google.com ketika menambahkan lokasi bisnis ke Maps. Site.google.com ini memang terintegrasi dengan Google My Business dan Maps untuk membantu user mengembangkan bisnis.

8. Big Cartel

Big Cartel adalah platform online eCommerce yang dirancang khusus untuk seniman bidang kreatif. Jika kalian ingin memiliki toko yang menjual produk kerajinan tangan atau sejenisnya, Big Cartel bisa menjadi pilihan platform yang bagus.

Kelebihan dari Big Cartel ini adalah paket yang ditawarkan gratis serta tidak memiliki biaya transaksi apapun, URL toko pun bisa didapatkan tanpa berbayar dan disesuaikan.

Meskipun harus dalam format bigcartel.com tetapi kalian dapat memilih nama depan apapun sesuai dengan yang diinginkan. 

9. Blogger.com

Umumnya dominan orang lebih mengenal Blogger.com dengan sebutan Blogspot karena situs yang memiliki domain blogspot.com. Sebenarnya platform blog satu ini juga dimiliki oleh Google.

blogger toko online gratis

Kalian yang tertarik untuk membuat toko online dengan menggunakan Blogger.com nih, hal yang dibutuhkan hanyalah memiliki akun Google, kok. Meski hampir setiap orang memiliki akun Google tapi pastikan kalian tidak menggunakan akun email pribadi ketika ingin membangun toko online. 

Lebih baik membuat akun baru yang memang dikhususkan untuk operasional toko online saja, ya. Tujuan dari membedakan akun pribadi dan bisnis agar keduanya tidak bercampur yang justru mempengaruhi aktivitas toko online. 

Buat toko online gratis menggunakan Blogger.com memang cukup mudah. Setelah akun email Google untuk toko online telah siap, kalian bisa langsung saja mengunjungi Blogger.com lalu silakan mulai atur tampilan sesuai dengan keinginan dan kebutuhan.

10. Opencart

Opencart adalah Content Management System (CMS) open source yang memang dirancang untuk membangun toko online sendiri. Melalui Opencart ini, kalian bisa membuat toko online secara lengkap yang mencakup front end dan back end sekaligus.

opencart website toko online

Front end adalah tampilan online shop yang dilihat langsung oleh user ketika mengakses toko. Sedangkan back end adalah sisi dalam bagian admin. 

Nantinya pemilik toko online bisa dengan mudah melakukan berbagai hal, seperti input produk jualan hingga memproses order dari pelanggan.

Opencart sebagai CMS yang open source tentu membebaskan para penggunanya untuk memakai tujuan komersial apapun.

11. Wix.Com

Belakangan, Wix.com mulai dikenal publik dan popularitasnya meningkat. Platform yang satu ini menyediakan layanan pembuatan website gratis berbasis online. Penggunanya tidak perlu men-download aplikasi apapun, hanya perlu browser, kok.

wix.com

Bahkan pengguna tidak perlu mengerti berbagai bahasa pemrograman, seperti PHP, JavaScript, dan sebagainya untuk dapat membuat website di Wix. Kalian dapat membuat toko online gratis menggunakan Wix.com layaknya menyusun sebuah puzzle.

Situs ini benar-benar memudahkan mereka yang sama sekali tidak mengerti coding untuk mengembangkan website mereka sendiri. Hebatnya lagi, situs ini menawarkan layanan gratis. Tentu saja fitur yang diberikan agak dibatasi dibandingkan layanan berbayarnya.

12. Webs.Com

Webs.com ini kurang lebih memiliki fungsi yang sama seperti Wix, yaitu untuk membuat sebuah website. Situs ini cocok sekali bagi orang-orang yang ingin membangun sebuah website tanpa harus mempelajari coding terlebih dahulu.

webs.com

Salah satu hal yang bisa dibuat menggunakan Webs.com adalah website toko online. Silakan manfaatkan fitur gratis yang ditawarkan oleh Webs.com sekarang juga dan rasakan bagaimana rasanya membangun sebuah toko online hanya seperti menyusun puzzle.

Oia, Jetorbit punya Paket Website Toko Online, lho. Kalian bisa menjual apa saja dengan toko online milik kalian sendiri! Mudah digunakan oleh siapa saja yang tentunya disertai dengan dukungan bantuan terbaik yang kalian dapatkan. Tenang, kami juga menyediakan produk VPS yang bisa kalian gunakan sesuai kebutuhan kalian tentunya.

Bermanfaatkah Artikel Ini?

Klik bintang 5 untuk rating!

Rata rata rating 5 / 5. Jumlah rate 1

Yuk Rate 5 Artikel Ini!

We are sorry that this post was not useful for you!

Let us improve this post!

Tell us how we can improve this post?

Bagikan:

Leave a Comment