plugin toko online

WordPress seringkali menjadi platform pilihan bagi banyak bisnis yang ingin mulai membangun toko online mereka sendiri. Disadari atau tidak, memilih plugin eCommerce yang tepat untuk situs WordPress Anda sangat penting bagi bisnis Anda jika Anda ingin menciptakan lebih banyak peluang untuk tumbuh dan untung. Yuk baca 21 Plugin Yang Wajib Diinstal di Toko Online

Fitur Yang Harus Anda Cari di Plugin WordPress

Faktor lain yang perlu Anda pertimbangkan adalah plugin yang mendukung gateway pembayaran secara default dan kemampuan untuk menambahkan lebih banyak lagi. Anda juga perlu memeriksa apakah plugin eCommerce hadir dengan tema WordPress yang kompatibel satu sama lain. Pada dasarnya, Anda perlu mengetahui apa fokus bisnis online Anda untuk mengetahui fitur dan plugin apa yang perlu Anda instal.

Persyaratan Untuk Menjalankan Situs eCommerce

Bukan rahasia lagi bahwa situs eCommerce cenderung menghabiskan sumber daya. Oleh karena itu, Anda harus memilih hosting WordPress terbaik yang tentunya sesuai dengan anggaran Anda.

Selain itu, jika Anda belum melakukannya, Anda perlu memutuskan nama domain untuk situs eCommerce Anda. Jika Anda membutuhkan bantuan, Anda dapat menggunakan domain name generator untuk mendapatkan beberapa ide.

21 Plugin WordPress yang Harus Dimiliki

WooCommerce

plugin-toko-online-1

WooCommerce adalah plugin yang bagus untuk membangun etalase digital Anda dari awal di WordPress. Sejak Automattic (tim di balik hosting blog WordPress.com) mendapatkannya pada tahun 2015, WooCommerce telah menambahkan lebih banyak tema dan fitur yang dioptimalkan untuk situs WordPress eCommerce.

WPForms

plugin-toko-online-2

Penting bagi setiap pemilik bisnis untuk memiliki cara agar pelanggan dapat menghubungi mereka jika mereka memiliki masukan atau pertanyaan. WPForms adalah plugin yang memungkinkan Anda menyiapkan contact form dengan cepat di WordPress dengan interface yang ramah pemula.

Dengan menggunakan fungsi drag and drop, Anda dapat dengan mudah membuat contact forms, order forms, payment forms, email subscriptions forms, dan lainnya hanya dengan beberapa klik yang mudah. Bagi Anda yang menginginkan opsi dan fungsionalitas yang lebih canggih, Anda dapat mendaftar untuk versi Pro yang tentunya memiliki lebih banyak opsi dan fitur yang dapat disesuaikan.

OptinMonster

plugin-toko-online-3

Sebuah software pengoptimalan tingkat konversi yang populer, OptinMonster membantu Anda mengkonversi pengunjung situs Anda yang ditinggalkan, dengan mendorong mereka menjadi email subscribers. Ini juga merupakan plugin yang bagus jika Anda ingin membuat daftar email subscription dan meningkatkan jangkauan Anda ke pelanggan setia Anda.

Veeqo

plugin-toko-online-4

Veeqo adalah salah satu opsi terbaik untuk mengurus semua kebutuhan manajemen inventaris WooCommerce Anda. Software ini adalah solusi all-in-one eCommerce yang memungkinkan Anda mengelola toko WooCommerce Anda, serta channels lain, seperti eBay, Amazon, dan Etsy dari satu platform.

Dengan menggunakan Veeqo, Anda dapat mengelola pesanan, mensinkronkan inventaris secara real time, mengedit daftar produk, membeli dari pemasok, mengelola pengambilan, pengepakan dan pengiriman, dan masih banyak lagi. Software ini membantu pengecer menghindari kondisi kehabisan stok dan penjualan berlebih sehingga menciptakan bisnis yang lebih efisien.

Envira Gallery

plugin-toko-online-5

Bagi toko online, memiliki galeri tentunya sangat penting untuk menunjukkan produk Anda kepada pelanggan. Envira Gallery membantu Anda membuat galeri yang responsif dan indah dengan mudah di WordPress. Dengan plugin ini, Anda dapat mengatur beberapa galeri, membuat album, membuka gambar di popup lightbox, dan banyak lagi.

Yoast SEO

plugin-toko-online-6

Yoast SEO adalah plugin WordPress populer yang mengoptimalkan situs Anda untuk search engine dan meningkatkan visibilitas situs Anda ke audiens utama. Plugin hadir dengan banyak fitur selain menambahkan meta tags untuk membantu Anda meningkatkan peringkat SEO situs Anda. Untungnya, interface mereka cukup ramah pengguna dan mudah digunakan.

BackupBuddy

plugin-toko-online-7

Bentuk keamanan yang handal adalah dengan menyiapkan backup jika Anda kehilangan semua data pelanggan karena kegagalan hardware atau serangan pada server host Anda.

Menyiapkan backup untuk situs Anda harus menjadi hal pertama yang Anda lakukan dan kami merekomendasikan menggunakan BackupBuddy karena mereka tidak hanya dapat diandalkan tetapi juga mudah untuk mengatur dan restore situs WordPress Anda. Lebih baik lagi, simpan backup Anda di penyimpanan cloud offsite untuk lapisan perlindungan ekstra. BackupBuddy memberikan kemudahan untuk mengatur berbagai hal dengan mudah.

Ecwid

plugin-toko-online-8

Dalam hal melakukan pembelian di toko online, memiliki halaman checkout yang profesional dan sederhana pasti akan membantu meningkatkan peluang Anda. Plugin Ecwid WordPress membuat halaman pembayaran yang cukup sederhana, yang tentu saja mencakup semua fitur yang Anda perlukan untuk situs eCommerce. Mereka juga mendukung lebih dari 40 opsi gateway pembayaran internasional, integrasi pengiriman real time, dan 45 bahasa.

MemberPress

plugin-toko-online-9

Dengan MemberPress, Anda dapat membuat opsi keanggotaan untuk situs eCommerce menggunakan salah satu plugin keanggotaan WordPress terbaik yang tersedia. Anda membuat special subscriptions dan konten eksklusif untuk anggota Anda agar menarik pengguna lain untuk mendaftar. Hal hebat tentang MemberPress adalah mereka juga kompatibel dengan semua jenis gateway pembayaran dan dengan plugin toko online, seperti WooCommerce.

JigoShop

plugin-toko-online-10

Ingin memulai toko online Anda dan membutuhkan solusi instan? Plugin JigoShop WordPress memungkinkan Anda melakukannya karena mereka memiliki semua opsi yang dibutuhkan oleh Anda, tentunya yang Anda butuhkan untuk membuat situs eCommerce berfitur lengkap.

Anda dapat menerima pembayaran dengan PayPal, upload semua produk Anda, menggunakan Skrill/Moneybookers tanpa harus memasang alat eksternal atau tambahan apapun. Mereka juga menawarkan ekstensi premium yang dapat Anda gunakan di situs WordPress Anda.

WP eCommerce

plugin-toko-online-11

Dengan menggunakan plugin WP eCommerce ini, Anda dapat membuat toko online dari awal untuk menjual produk, layanan digital atau fisik bahkan membuat situs keanggotaan. Anda dapat menyesuaikan plugin sesuka Anda dengan CSS dan HTML. Mengelola pesanan dan katalog Anda dapat dilakukan dengan alat bawaan yang canggih.

Easy Digital Downloads

plugin-toko-online-12

Jika Anda hanya berfokus pada penjualan barang digital, Easy Digital Downloads adalah plugin hebat yang berfungsi baik dengan situs eCommerce WordPress. Ini merupakan plugin yang mudah digunakan serta memiliki banyak ekstensi untuk berbagai gateway pembayaran, platform, dan layanan. Easy Digital Download juga memiliki tema indah mereka sendiri yang dibuat khusus untuk plugin.

Shopify Connect untuk WooCommerce

plugin-toko-online-13

Dengan Shopify Connect for WooCommerce, Anda sekarang dapat menghubungkan sistem Shopify dan WooCommerce bersama. Anda akan mendapatkan keuntungan dari WordPress, seperti fleksibilitas dan kemampuan penyesuaian. Di saat yang sama, Anda bisa berjualan langsung di platform media sosial, seperti Facebook dan Pinterest dengan koneksi Shopify.

LearnDash

plugin-toko-online-14

LearnDash adalah plugin LMS (Learning Management System) hebat yang dapat Anda gunakan untuk membuat dan menjual kursus digital di situs WordPress Anda. tentu plugin bagus untuk orang yang ingin memulai situs bimbingan atau untuk mengajarkan topik khusus, seperti pemasaran digital atau teknik media sosial.

Anda dapat dengan mudah dan cepat membuat pelajaran, kuis, tugas, dan banyak lagi, dengan menggunakan pembuat kursus drag and drop yang ramah pengguna.

Quick and Easy FAQs

plugin-toko-online-15

Untuk beberapa situs e Commerce, memiliki bagian FAQ setiap kali Anda meluncurkan produk atau layanan baru akan membantu jika pelanggan Anda tidak terbiasa dengan produk itu sendiri.

Quick and Easy FAQs sesuai dengan namanya, yang mana memungkinkan Anda untuk menambahkan halaman FAQ dengan cara yang relatif cepat dan mudah. Menambahkan bagian FAQ juga akan membantu mengurangi overhead dukungan pelanggan dan meningkatkan konversi

Constant Contact

plugin-toko-online-16

Plugin eCommerce hebat lainnya untuk membuat daftar email dan mengirim email ke pelanggan Anda adalah plugin Constant Contact untuk WordPress. Sebagai salah satu platform paling ramah pemula untuk digunakan, Anda dapat menjalankan email marketing Anda dalam waktu singkat menggunakan quick and easy setup mereka. 

MonsterInsights

plugin-toko-online-17

MonsterInsights memungkinkan Anda terhubung dengan Google Analytics sehingga Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang pengunjung Anda, dengan cara melacak dari mana mereka berasal dan apa yang mereka lakukan saat berada di situs Anda. Meskipun plugin ini gratis untuk digunakan, fitur lanjutannya akan meminta Anda untuk membeli versi Pro, yang tentu saja akan memberi Anda lebih banyak wawasan dan opsi untuk menyesuaikan data Anda.

CSS Hero

plugin-toko-online-18

Tema di WordPress mengandalkan CSS untuk tampilan visual situs Anda. Untuk mengubah atau membuat penyesuaian pada tema Anda, Anda harus dapat melakukannya di CSS dan mempelajarinya dapat membutuhkan banyak waktu.

Dengan CSS Hero, Anda dapat menyesuaikan tema WordPress Anda tanpa harus menulis satu baris kode apapun. Yang perlu Anda lakukan hanyalah menginstal plugin WordPress dan Anda dapat segera mulai menyesuaikan tema.

MaxCDN

CDN (Content Distribution Network) membantu Anda memuat gambar dan konten statis lainnya di situs Anda yang tentunya lebih cepat untuk pengguna Anda. Untuk situs eCommerce, memiliki fast loading page sangat penting untuk pengalaman pengguna.

Plugin CDN yang handal, MaxCDN berfungsi dan terintegrasi dengan mudah dengan WordPress untuk membantu membuat situs Anda memuat lebih cepat tanpa harus pindah ke perusahaan hosting baru. Plus, sangat mudah untuk menginstal dan memulai!

SEMRush

Di pasar eCommerce, selalu merupakan ide yang bagus untuk melacak bagaimana kinerja pesaing Anda. Dengan SEMRush, Anda dapat memeriksa bagaimana peringkat pesaing Anda, bersama dengan paid keyword dan traffic organik mereka.

Dengan menggunakan informasi ini, Anda dapat membangun dan mengoptimalkan konten dan strategi pemasaran Anda secara efektif untuk menjadi yang terdepan dalam persaingan.

Product Countdown WordPress Plugin

plugin-toko-online-21

Cara yang bagus untuk meningkatkan penjualan adalah dengan menjual produk Anda dalam waktu terbatas. Product Countdown WordPress Plugin memungkinkan Anda dengan mudah untuk membuat opsi countdown produk di toko online Anda dan mendorong pelanggan untuk mengambil penawaran tersebut sebelum penawaran menghilang.

Plugin ini merupakan alat efektif dan sederhana yang dapat Anda gunakan untuk meningkatkan penjualan di situs eCommerce Anda. Plus, plugin ini berfungsi dengan baik di WooCommerce.

WooCommerce Add-ons

plugin yang wajib diinstal di toko online 22

Plugin ini dari Wbcom Designs. Plugin WooCommerce Add-ons menawarkan beberapa plugin yang free dan premium. Oia, plugin yang free dari WooCommerce Add-ons ini, seperti Wbcom Social Share, Infinite Loader for WooCommerce, reCAPTCHA for BuddyPress, Quick View for WooCommerce, Email Customizer for WooCommerce, BuddyPress WooCommerce Integration, Woo Product Inquiry & Quote Pro, Woo Pincode Checker, WooCommerce Custom My Account Page, Woo Product Inquiry & Quote, WC Audio Preview, dan WC Document Preview.

Sedangkan plugin premium atau berbayar ada Woo Document Preview Pro yang harganya mulai Rp 266.000,- /tahun dan Woo Sell Services yang harganya mulai Rp 826.000,- /tahun.

Oia, dapatkan penghasilan melalui Afiliasi Jetorbit, yuk. Kalian bisa memiliki peluang mendapatkan jutaan rupiah setiap bulan! Asik, kan. Mudah kok pendaftaran dan cara kerjanya. Kalian bisa melakukannya kapanpun, di manapun, dan ke siapapun. Tenang, kami juga menyediakan VPS lho yang bisa kalian cek di sini.

Bermanfaatkah Artikel Ini?

Klik bintang 5 untuk rating!

Rata rata rating 5 / 5. Jumlah rate 1

Yuk Rate 5 Artikel Ini!

We are sorry that this post was not useful for you!

Let us improve this post!

Tell us how we can improve this post?

Bagikan:

Leave a Comment