7+ Rekomendasi Terbaik Website Jual Foto Online 2024

7+ Rekomendasi Terbaik Website Jual Foto Online 2024

Mencari penghasilan tambahan? Bagi kalian yang suka memotret atau memfoto sebuah objek, kalian bisa menjual foto hasil jepretan secara online, loh. Okay, tak usah pakai lama, langsung simak saja yuk 7+ Rekomendasi Terbaik Website Jual Foto Online 2024

Tips Jual Foto Online

Berikut ini tips-tips yang bisa dilakukan agar dapat bersaing dengan para fotografer:

Jual Foto yang Banyak Dicari

Sebagai fotografer, kalian harus mencari tahu apa saja foto yang ramai peminatnya. Aturlah strategi dalam menarik konsumen agar penjualan lebih maksimal.

Sebelum mengambil foto untuk dijual, silakan pikirkan foto apa yang dibutuhkan banyak orang saat ini dan untuk apa mereka akan menggunakan foto tersebut. Hal ini untuk mengetahui mana foto yang layak jual dan tidak.

Cara yang dapat kalian lakukan adalah dengan aktif berselancar di internet dan menggunakan media sosial. Bisa juga menggunakan tools seperti Google Trends atau Answer the Public untuk membantu menganalisis tren yang sedang banyak peminat saat ini.

Utamakan Originalitas dan Kualitas

Foto yang akan dijual tentunya harus original agar dapat bersaing secara sehat dan memiliki value yang unik di mata konsumen.

Eitss, bukan berarti tidak boleh menjadikan foto lain sebagai referensi atau inspirasi, loh! Mungkin kalian dapat belajar dari konsepnya, cara pengambilan gambar, tata cahaya, dan lain-lain. Selain originalitas, kualitas foto juga sangat penting, ya.

Meski menggunakan kamera smartphone, usahakan foto yang dijual memiliki resolusi tinggi. Semakin baik kualitas foto maka peminatnya akan semakin banyak pula. Hal ini karena foto-foto tersebut lebih bisa digunakan pelanggan untuk banyak hal dan tidak akan pecah atau blur resolusinya untuk membuat layout atau desain.

Manfaatkan Aplikasi Photo Editing

Sekarang sudah banyak pilihan aplikasi photo editing, baik yang gratis maupun berbayar. Aplikasi ini juga jauh lebih canggih dan mudah penggunaannya, bahkan beberapa di antaranya bisa digunakan melalui smartphone.

Kalian bisa menyempurnakan berbagai elemen di foto kalian menggunakan aplikasi photo editing, seperti kontras, saturasi, brightness, dan lain-lain.

Ingat ya untuk tidak melakukan editing pada foto secara berlebihan agar keaslian foto tetap dapat dipertahankan.

Optimasi Foto dan Deskripsi

Di tempat jual foto online, pastinya akan ada banyak fotografer yang menjual hasil jepretan mereka juga. Agar profil dan foto-foto kalian lebih mudah ditemukan, lakukanlah optimasi pada elemen-elemen foto yang disediakan platform tersebut.

Kalian bisa menggunakan judul dan tepat yang menarik. Tambahkan kategori dan tags yang tepat untuk foto kalian agar calon konsumen lebih mudah menemukannya ketika mencari sesuatu. Silakan lengkapi deskripsi foto agar muncul di hasil pencarian pada tempat jual foto online tersebut.

Konsisten 

Sebagai fotografer, kalian harus mengupload karya secara rutin agar stok foto semakin banyak dan bisa menjangkau calon konsumen semakin luas pula. Selain itu, kalian juga akan semakin dikenal karena portofolio yang lengkap dan berkualitas.

Selain itu, meningkatkan jam terbang akan mampu mendorong untuk terus meningkatkan kualitas karya. Hal ini akan menjadikan kalian sebagai fotografer yang kredibel dan dipercaya banyak konsumen.

7+ Website Jual Foto Online Terbaik 2024

Berikut ini beberapa website jualan foto terbaik 2024 yang bisa menjadi referensi untuk menghasilkan cuan tambahan.

  1. Shutterstock

Website satu ini dikenal sebagai platform untuk menjual foto online dengan jutaan pembeli dan kontributor yang tersebar di seluruh dunia. Bagi yang ingin memasarkan hasil karya kalian, seperti footage video,stock image hingga model 3D bebas yang bisa diunduh secara gratis.

Kelebihan dari website ini adalah memiliki peluang usaha yang beragam dengan klien yang luas. Sedangkan kekurangannya adalah perlu persetujuan dari kontributor untuk bergabung ke komunitas platform ini. 

Sehingga, jika ingin menambah penghasilan dari menjual hasil karya kalian, nantinya kalian akan diberikan royalti yang berkisar antara 15%-40% tergantung dengan tingkat penghasilan yang nanti kalian miliki.

2.Getty Image

Getty image adalah platform dengan stock library yang besar. Hal ini karena banyak foto-foto dengan kualitas tinggi yang dimuat dalam platform tersebut. 

Bagi yang tertarik untuk menjual foto online di sini maka yang harus dilakukan adalah kalian terlebih dahulu harus mendownload aplikasi ini lalu akan diarahkan untuk mengisi formulir. Setelah itu, kalian diminta untuk mengirimkan 3 sampai 6 foto sampel untuk direview oleh editor. 

Namun, yang harus diingat adalah semua foto yang dijual nantinya menjadi milik eksklusif dari Getty Images.

3.Adobe Stock

Website satu ini juga tidak kalah populer dengan website lainnya. Perbedaan Adobe stock dengan website lain adalah website ini sangat ketat dalam prosedur pengiriman foto.

Jika tertarik ingin menjadi kontributor di website ini maka kalian harus membuat ID Adobe terlebih dahulu. Selanjutnya kalian bisa mengakses portal kontributor lalu ada petunjuk berupa langkah-langkah untuk mengaktifkan akun Adobe kalian.

Kelebihan Adobe stock adalah dapat di akses ke komunitas kreatif dan kalian yang menjadi kontributor akan diberikan royalti yang kompetitif. Sedangkan kekurangan yang dimilikinya adalah insentif kepada kontributor baru bisa diberikan jika keuntungan yang didapatkan lebih dari Rp 375.000,-.

  1. Dreamstime

Dreamstime adalah website yang bisa digunakan untuk menjual foto secara online. Platform satu ini memiliki 38 juta pengguna. Dreamstime menerima hasil karya berupa gambar, desain, foto, ilustrasi, ikon, video, dan sebagainya. Selain itu yang membuatnya unggul adalah Dreamstime seringkali mengadakan program insentif dan royalti yang diberikan juga kompetitif.

Ada beberapa syarat jika ingin bergabung menjadi kontributor di Dreamstime yakni bersedia menjalani komitmen selama 6 bulan penuh untuk terus mempublikasi karya milik kalian lalu selama 6 bulan tersebut kalian juga harus siap tidak menerima royalti karena karya foto yang diunggah masuk ke dalam kategori portofolio.

Selanjutnya, jika sudah melewati waktu 6 bulan tersebut, kalian akan diberikan hak untuk menerima pembagian dari royalti. Pembagian ini berdasarkan jenis kontributor yaitu kontributor eksklusif dan kontributor noneksklusif. Adapun kekurangan dari Dreamstime adalah kontributor baru dapat menerima pembayaran setelah mengumpulkan penghasilan sekitar Rp 1.500.000,-.

  1. Alamy

Alamy merupakan platform yang berasal dari Inggris dan menerima hasil karya kontributor mulai dari vektor, video hingga gambar panorama 360°.

Keunggulan Alamy adalah biaya royalti yang nantinya didapatkan oleh kontributor lebih banyak yaitu 50% jika dibandingkan dengan website lainnya. Dan ada komisi khusus untuk pelajar hingga 100%. 

Tetapi, ada kekurangan dari Alamy, yakni perlu pemberitahuan selama 45 hari untuk membatalkan kontrak.

  1. Etsy

Berbeda dari website populer di atas, Etsy masuk ke dalam website yang jarang digunakan orang untuk membeli gambar. Sehingga, kalian perlu usaha yang ekstra untuk mempromosikan foto hasil karya kalian kepada orang-orang. Pastikan untuk menyesuaikan antara judul,deskripsi hingga tag gambar pada saat menjual foto ini secara online.

Ingin menjadi kontributor pada Etsy? Hal pertama yang perlu dilakukan adalah membaca buku panduan yang sudah disediakan oleh Etsy yang mana di sana memuat tentang tips branding, pemasaran hingga penetapan harga yang telah disesuaikan.

  1. Snapped4U

Snapped4U adalah website yang cocok digunakan untuk fotografer event sehingga juga cocok dimanfaatkan sebagai tempat untuk menjual foto secara online. Kelebihan dari Snapped AU adalah sebagai platform dengan niche tertentu. 

Jika ingin menjadi kontributor di Snapped 4U maka harus melakukan pendaftaran. Setelah itu akan diberikan halaman pribadi yang bisa digunakan untuk membuat berbagai galeri dan publikasi foto dari event yang telah kalian ikuti. 

Snapped4U mudah digunakan (user friendly) untuk fotografer maupun pembeli sebab pembeli tidak perlu login untuk melihat mana saja karya kalian.

Ada kekurangan yang perlu diketahui jika ingin menjual foto online di sini. Sebagai kontributor yang menjual hasil karya, untuk memajang suatu karya nantinya dikenai biaya pendaftaran yang berbayar sekitar Rp 146.000,-.

  1. 500px

500px adalah website untuk menjual foto online dengan lebih dari 16 juta dengan konten foto yang sudah berlisensi dan cocok untuk fotografer profesional dan semi profesional. Pada website ini pembeli cukup membayar sekali untuk menggunakan foto hingga berkali-kali. Akan tetapi, sebagai kontributor, kalian tidak bisa menetapkan harga sendiri.

Kelebihan website ini adalah kontributor mendapatkan royalti yang kompetitif dan berkesempatan untuk dikenal dengan klien partner karena 500px sering menjalin kerjasama dengan mengadakan workshop untuk kontributornya. Sedangkan kekurangannya adalah jika ingin bergabung maka harus membeli paket membership untuk mengakses resource premium.

Okay, itulah rekomendasi website jualan foto online terbaik 2024. Silakan kalian bisa menyesuaikan mana yang cocok untuk digunakan dalam menghasilkan uang tambahan.

Semoga bermanfaat dan selamat mencoba 🙂

Bermanfaatkah Artikel Ini?

Klik bintang 5 untuk rating!

Rata rata rating 0 / 5. Jumlah rate 0

Yuk Rate 5 Artikel Ini!

We are sorry that this post was not useful for you!

Let us improve this post!

Tell us how we can improve this post?

You might also like