platform-toko-online

Platform dan CMS Untuk Toko Online Gratis Tahun 2020

Sharing is caring!

Anda sedang mencari platform toko online open-source yang murah atau gratis? Anda telah membaca artikel yang tepat! Yuk baca sampai selesai artikel Platform dan CMS Untuk Toko Online Gratis Tahun 2020

Secara teknis, Anda dapat memilih hampir semua kerangka kerja toko online karena sebagian besar dari mereka agak murah. Model open-source sendiri telah menerima banyak pujian dari orang-orang yang menggunakannya, terutama mengingat sistem toko online ini sepenuhnya gratis, dikelola dan dikembangkan oleh banyak orang di seluruh dunia, dan Anda biasanya dapat menemukan banyak dokumentasi serta posting blog untuk memandu Anda.

Platform dan CMS Untuk Toko Online Gratis Tahun 2020

Mari kita ketahui bersama tentang platform dab CMS toko online gratis dan open-source terbaik di pasar.

platform-toko-online-1

Manfaat Square

  • Menyiapkan situs toko online yang lengkap dan cukup mudah. Cukup download aplikasi toko online, instal ke komputer Anda, lalu luncurkan editor drag-and-drop  yang mudah digunakan untuk membuat situs toko online unik secara gratis.
  • Meskipun membangun situs toko online sebenarnya gratis, kerangka kerja penetapan harga selanjutnya cukup mudah dan menguntungkan.
  • Square sendiri berbagi dengan ekosistem yang sangat beragam dengan integrasi aplikasi pihak ketiga. Anda dapat memanfaatkan ini untuk menyiapkan fungsi situs toko online tambahan atau menggunakan Square Connect API untuk integrasi unik Anda sendiri.
  • Jika Anda memiliki pengikut media sosial yang memang layak, Anda dapat mempertimbangkan untuk memperluas situs toko online Anda untuk menjual produk di Pinterest, Facebook, dan Twitter. 
  • Square merupakan platform penjualan komprehensif yang memfasilitasi penjualan online dan offline.

Kerugian dari Square

  • Meskipun mengecualikan underwriting yang komprehensif sejak awal membuat situs toko online dengan mudah, ternyata ada peringatan tersendiri. Square Online Store rupanya terkenal sering menyimpan dana atas transaksi yang dianggap mencurigakan. Platform ini terus melakukannya dalam upaya melindungi dirinya dari kemungkinan penipuan online.
  • Square hanya ideal untuk situs toko online dasar. Dikarenakan fungsinya yang sederhana, Anda mungkin merasa kesulitan untuk membuat toko online yang kompleks. Anda hanya dapat melakukannya dengan bantuan platform toko online khusus, seperti WooCommerce.
  • Square tidak memiliki sistem customer support yang sepenuhnya handal. Meskipun ia menawarkan dukungan melalui telepon, media sosial serta email, sebagian besar orang lebih menyukai menggunakan media sosial serta email. Bahkan platform ini pun belum menyiapkan live chat support.
platform-toko-online-2

WooCommerce adalah plugin WordPress sehingga Anda harus menginstal WordPress (open-source) di hosting Anda lalu menginstal plugin WooCommerce ke situs Anda.

Manfaat WooCommerce

  • Plugin ini gratis untuk diunduh dan diinstal.
  • WooCommerce terhubung ke semua gateway pembayaran utama. Secara default, Anda diberikan PayPal dan Stripe yang merupakan dua gateway paling dikenal di pasar. Selain itu, Anda pun dapat menerima pembayaran melalui Amazon Pay dan PayFast.
platform-toko-online-3
  • Dengan tema WooCommerce, Anda hampir tidak perlu melakukan aktivitas apapun selain menambahkan konten. Anda bisa mendapatkan tema dari toko WooCommerce resmi. Selain itu, Anda dapat menggunakan situs pihak ketiga seperti Themeforest yang memiliki repositori tema WooCommerce terbesar di pasaran.
platform-toko-online-4
  • Anda dapat menawarkan kupon dan diskon, bersamaan dengan menambahkan beberapa fitur lainnya dengan bantuan extension library.
  • WooCommerce adalah platform yang sangat populer, yang berarti memang tersedia dukungan yang fantastis. Perlu dicatat bahwa Anda harus selalu memastikan bahwa Anda menggunakan plugin versi terbaru sebelum meminta bantuan apapun.
platform-toko-online-5

Di dalam pusat bantuan WooCommerce, ada 5 opsi yang dapat membantu Anda dalam menemukan jawaban terkait permasalahan yang Anda alami.

  • WooCommerce 101 – Anda dapat menonton materi video yang memberikan penjelasan tentang halaman yang Anda lihat.
  • Help & Support – Anda dapat menemukan tautan ke dokumentasi, forum WordPress.org, serta WooCommerce Help Desk (tempat di mana Anda dapat submit a ticket).
  • Found a bug? – jika Anda menemukan bug, Anda dapat mengirimkan ke tim WordPress dengan cara menjelaskan secara detail apa yang Anda temukan dan memberikan screenshots.
  • Education – WooCommerce memiliki sejumlah mitra yang menyediakan kursus dan pelatihan kepada pelanggan.
  • Setup Wizard – wizard ini akan menempatkan Anda kembali ke awal dan membawa Anda melalui proses pengaturan halaman WooCommerce, shipping, pajak, dan pembayaran.

Kerugian dari WooCommerce

  • Ada banyak biaya tambahan, seperti tema WooCommerce, ekstensi tambahan, hosting, dan nama domain.
  • WooCommerce memiliki beberapa bagian yang bergerak sehingga hal ini tentunya membutuhkan hosting + WordPress + plugin WooCommerce. Pemula bisa saja merasa terganggu atau tidak nyaman oleh beberapa hal tersebut, terutama dengan pekerjaan seperti SEO, keamanan, hosting, dan caching. 
  • Anda akan membutuhkan pengetahuan teknis dan keterampilan developer agar WooCommerce dapat hemat biaya. Jika tidak, maka Anda harus melakukan outsourcing ke pilihan WooCommerce dari ‘WooExperts’, yang menawarkan harga perjam dan harga proyek yang bisa mahal.
platform-toko-online-6
platform-toko-online-7

X-Cart telah membantu dalam membuat lebih dari 35.000 toko online dan telah berkembang pesat selama beberapa tahun terakhir. Platform toko online ini gratis, open-source, dan self-hosted.

X-Cart sering dianggap sebagai salah satu platform open-source tercepat di pasaran dan juga memiliki banyak fitur untuk Anda gunakan. Ada juga free trial untuk paket premium dengan harga $495 (pembayaran satu kali).

Manfaat X-Cart

  • Bergantung pada paket yang Anda gunakan tetapi Anda bisa sering mendapatkan dukungan multibahasa dan multi-currency sepenuhnya. Hal tersebut sangat bagus jika Anda menjalankan enterprise store.
platform-toko-online-8
  • Anda dapat mengintegrasikan keranjang belanja Anda dengan gateway pembayaran paling terkemuka di dunia, seperti PayPal dan Sage.
  • Gratis dan open-source, sangat mirip dengan WooCommerce. Bahkan tersedia beberapa dukungan pengembang hebat (great developer). 
platform-toko-online-9
  • Pengembang paling canggih pun akan memiliki semua kontrol yang mereka butuhkan dengan X-Cart. Tentunya cukup menyenangkan untuk dicoba dan sangat scalable. 
  • Anda pun bisa merasa tenang karena mengetahui bahwa X-Cart benar-benar aman dan sesuai PCI.

Kerugian dari X-Cart

  • Anda tidak memiliki akses ke direct customer support, kecuali Anda membayar biaya tambahan. Selain itu, Anda hanya perlu mengandalkan alat bantu mandiri X-Carts.
platform-toko-online-10
  • Anda bahkan harus membayar hosting jika memilih salah satu paket berbayar. Hal ini membutuhkan biaya mulai dari $5 sebulan hingga beberapa ribu dollar.
  • Meskipun paket premium hanya $495 seumur hidup, namun masih terlihat cukup mahal jika dibandingkan dengan opsi lain. Apalagi jika Anda membutuhkan rencana multivendor lalu terus berkembang, maka harganya akan naik secara signifikan.
platform-toko-online-11
  • Ada kemungkinan besar Anda harus menggunakan semacam manual coding saat mempersiapkan toko Anda. Jika Anda tidak membutuhkan kode PHP maka Anda harus melakukan pekerjaan pengembangan outsourcing yang membutuhkan banyak biaya.
platform-toko-online-12

Alasan utama Zen Cart dibuat adalah agar orang-orang yang tidak belajar secara khusus terkait coding, dapat pula membangun toko online sendiri. Kami dapat meyakinkan Anda bahwa Zen Cart lebih ramah pengguna daripada banyak platform toko online open-source lainnya. Oleh karena itu,  mungkin perlu diperhatikan juga jika Anda ingin meningkatkan skala dengan cepat tetapi Anda tidak memiliki keterampilan coding atau bahasa pemograman tingkat lanjut.

Manfaat Zen Cart

  • Zen Cart dikenal sebagai software yang cukup aman sehingga Anda tahu bahwa situs dan informasi pelanggan Anda tentunya dilindungi. Zen Cart tahu bahwa keamanan merupakan hal penting dan telah menyediakan beberapa dokumentasi keamanan yang luar biasa.
  • Zen Cart juga bagus untuk mengembangkan toko karena berbagai fitur serta opsi full customization. Tersedia pula modul yang telah dibuat oleh pengembang di Zen Cart yang dapat Anda download dan tambahkan ke toko Anda.
platform-toko-online-13
  • Anda dapat mengirimkan email HTML langsung dari situs Anda ke prospek dan pelanggan yang sudah Anda kumpulkan.
  • Komunitas Zen Cart telah menjadi komunitas yang kuat selama lebih dari satu dekade, yang berarti ada pengalaman fantastis yang siap membantu Anda.
  • Zen Cart memiliki beberapa pilihan multibahasa yang tersedia jika Anda merupakan enterprise store dan ingin menjual produk dalam skala internasional.
platform-toko-online-14

Kerugian dari Zen Cart

  • Platform ini tidak menyediakan dukungan khusus apapun sehingga Anda dapat menyewa pihak ketiga.
  • Terkadang sulit untuk upgrade perangkat lunak Anda.
  • Meskipun ada alat SEO out of the box, Anda perlu membeli fitur yang lebih canggih yang ditawarkan oleh perusahaan lain secara gratis, seperti sitemaps dan meta tags.
platform-toko-online-15
  • Tidak memiliki banyak add-on atau ekstensi serta ada beberapa masalah yang dilaporkan terkait cara keduanya berkomunikasi satu sama lain. Jadi, kemungkinan Anda akan install banyak plugin .
  • Template jauh dari poin mengesankan tetapi Anda masih dapat menemukan beberapa template yang dibuat oleh pihak ketiga.
platform-toko-online-16

Magento adalah salah satu platform toko online open-source paling populer. Magento memiliki lebih banyak fitur melebihi dari yang dapat Anda harapkan. 

Apakah Anda mencari kendali penuh atas desain dan fungsionalitas situs? Jika jawabannya pasti ya, maka Anda patut mempertimbangkan Magento Open Source. Magento sangat mirip dengan WordPress, yang mana komunitasnya kuat, Anda juga dapat memilih ratusan ribu tema, dan tersedia banyak ekstensi untuk Anda gunakan.

Manfaat Magento

  • Gratis dan ada versi berbayar jika Anda ingin upgrade dan meningkatkan skala bisnis Anda.
platform-toko-online-17
  • Anda hampir tidak perlu mencari ekstensi karena daftar fitur Magento sangatlah banyak dan tersedia langsung. Fitur yang tersedia termasuk fitur seperti kupon, sitemaps, dan impor/ekspor massal serta alat konversi, seperti one-page checkout dan pelacakan pesanan.
  • Anda dapat mengirimkan peringatan produk (product alerts) kepada pelanggan untuk pemasaran otomatis. Hal tersebut mencakup peringatan harga (price alerts) dan back in stock messages.
platform-toko-online-18
  • Platform ini memungkinkan Anda membuat situs multibahasa yang terpisah, yang dapat memuat serta bergantung pada lokasi pengguna. 
  • Anda dapat menyesuaikan interface pengguna dan area admin serta toko Anda sehingga akan terlihat unik

Kelemahan Magento

  • Magento dikemas dengan berbagai fitur namun juga bisa membuatnya resource-hungry. Oleh karena itu, Anda mungkin harus mengalokasikan sejumlah uang dan waktu yang layak untuk pengoptimalan karena hal ini dapat memperlambat situs Anda.
  • Serupa dengan opsi lain sehingga sejauh ini dapat dikatakan bahwa Anda sendirian dalam hal customer support.
  • Magento sangat bagus untuk pelanggan perusahaan sehingga bisa sangat mahal jika Anda mempertimbangkan biaya untuk tema, hosting, dan domain.
platform-toko-online-19

Dibandingkan dengan platform open source lainnya, OpenCart sebenarnya cukup mudah digunakan dan ringan. OpenCart gratis dan ada komunitas yang layak untuk dikunjungi jika Anda memiliki masalah saat mendesain toko online Anda.

Kami merekomendasikan OpenCart untuk pemula karena tidak perlu terlalu banyak waktu untuk menyesuaikan situs dari awal. Selain itu, karena kemudahan dalam hal penggunaannya, biaya keseluruhan untuk mendirikan toko biasanya juga berkurang.

Manfaat OpenCart

  • Biaya permulaan cukup rendah, gratis, dan ada beberapa tema bagus yang juga tersedia secara gratis.
platform-toko-online-20
  • Fitur-fiturnya terbilang solid dan fungsionalitas katalog juga bekerja dengan sangat baik terkait pemrosesan pesanan.
platform-toko-online-21
  • Seharusnya kebanyakan orang merasa nyaman dengan platform OpenCart karena tidak membutuhkan banyak sumber daya seperti halnya Magento serta kurva belajar OpenCart juga lebih membutuhkan banyak waktu dibandingkan dengan Magento.
  • OpenCart menawarkan akses ke payment gateway (pembayaran) paling terkenal.
platform-toko-online-22
  • Apakah Anda memiliki banyak toko atau berencana untuk memiliki banyak toko? Anda dapat mengatur produk agar muncul di toko yang berbeda serta menawarkan harga yang berbeda di setiap toko. Selanjutnya Anda dapat mempersonalisasi setiap toko sesuai keinginan Anda.

Kerugian dari OpenCart

  • Jika Anda melihat daftar fitur Magento dibandingkan dengan OpenCart, tidak ada perbedaan yang signifikan. Magento mungkin merupakan pesaing terbesar OpenCart tetapi Magento menang telak dalam hal fitur.
  • Anda perlu menambahkan banyak add-on agar OpenCart berfungsi dengan baik  bagi Anda, yang artinya bisa menghabiskan banyak biaya.
platform-toko-online-23
  • Meskipun lebih mudah digunakan untuk pemula namun hal ini berarti opsi penyesuaian juga lebih sedikit.
  • Mirip dengan Zen Cart, updates yang diluncurkan dapat menyebabkan masalah pada situs Anda jika memiliki banyak elemen khusus di dalamnya. Bug akan selalu muncul karena tidak dapat diuji di setiap situs khusus.
platform-toko-online-24

PrestaShop terbilang baru di dunia platform toko online tetapi terkenal karena kemudahan penggunaan dan interface bagus yang disediakan. Hal lain yang perlu dipertimbangkan adalah tidak membutuhkan banyak pengalaman untuk menginstal plugin dan memulai membuat toko Anda. Oleh karena itu, bisnis pemula kecil akan merasa cukup mudah untuk memulainya.

Manfaat PrestaShop

  • PrestaShop memiliki interface yang ramah pengguna dengan manajemen inventaris yang mudah dan proses maintenance toko yang dapat dipahami siapapun. Selain itu, Anda dapat menggunakan live demo sebelum mendaftar.
  • PrestaShop menyediakan interface yang bagus untuk membuat situs yang berbeda dengan berbagai bahasa dan mata uang. Anda juga dapat menerjemahkan area admin back-office di situs Anda. PrestaShop saat ini menawarkan 75 bahasa.
platform-toko-online-25
  • PrestaShop adalah platform toko online yang cukup ringan sehingga Anda tidak perlu khawatir akan memperlambat situs Anda atau berjalan lambat saat Anda mendesain situs di komputer.
  • Memiliki dukungan multi-vendor yang mirip dengan Opencart jika Anda ingin menjalankan banyak toko.
  • PrestaShop bisa dibilang memiliki koleksi tema terbaik. Di situs PrestaShop, saat ini menawarkan lebih dari 4.500 template, yang dapat memastikan sebagian besar situs di platform terlihat berbeda.
platform-toko-online-26

Tema dapat dibagi berdasarkan beberapa kategori, yaitu:

  • Compatibility – Anda dapat mencari tema berdasarkan versi PrestaShop yang Anda gunakan.
  • Category – temukan tema berdasarkan industri Anda.
  • Style – apa nama brand Anda? Apakah Anda memerlukan situs yang minimal, atau website dengan penuh gaya atau style yang futuristik 
  • Functionality – apakah fungsi tertentu memang penting bagi Anda? Apakah Anda punya banyak produk? Maka, mega menu mungkin penting dan dapat mempertimbangkannya.
  • Developer – hanya ingin melihat tema yang dikembangkan oleh pengembang premium? Anda dapat mengurutkan berdasarkan seberapa bergengsi perusahaan pengembang tersebut.

Kerugian PrestaShop

  • PrestaShop tidak sekuat opsi lain seperti Magento sehingga skalabilitasnya tidaklah cukup. Anda dapat memperluas ke toko internasional yang besar menggunakan software jika memang diperlukan. Namun, sebenarnya ini sangat cocok untuk bisnis kecil hingga menengah.
  • Tidak mengharuskan install modul tambahan untuk toko online biasa tetapi akan lebih baik jika install modul tambahan dengan frekuensi lebih sering daripada tidak sama sekali. Meskipun konsekuensinya Anda harus membayar untuk semacam ekstensi dan harganya tidak murah.
platform-toko-online-27
  • Tema default yang disediakan tidak sebagus yang Anda temukan di perangkat lunak open source lainnya, seperti opsi Storefront yang disediakan oleh WooCommerce
platform-toko-online-28

Shopify adalah website builder yang disiapkan khusus untuk toko online. Shopify dapat membantu Anda untuk membuat dan mengelola setiap aspek bisnis dengan mudah, mulai dari desain hingga pengelolaan inventaris. 

Perusahaan ini menawarkan alat bagi pengguna untuk menyiapkan toko online dengan mudah. Mulai dari penawaran desain yang cepat hingga layanan pendukung, seperti payment gateway (pembayaran), alat pemasaran, bahkan pengelolaan inventaris.

Manfaat Shopify

  • Pengalaman orientasi yang lancar & komprehensif
  • Tema yang dapat dikustomisasi
  • Shopify dilengkapi alat pemasaran yang luar biasa
  • Dukungan komunitas
  • Akses ke aplikasi pihak ketiga
  • Jangkauan penjualan yang luas
  • Memperluas jangkauan toko fisik secara online
  • Basis pengetahuan & dukungan pelanggan yang luar biasa

Kerugian Shopify

  • Terlalu banyakdetail
  • Aplikasi pihak ketiga bisa merusak website Anda
  • Kecepatan website meragukan
platform-toko-online-29

Dengan osCommerce, Anda akan memiliki akses ke komunitas pengembang dan pengguna dengan forum yang luar biasa untuk memperoleh solusi bagi masalah Anda. Harganya jelas merupakan nilai tambah karena Anda tidak perlu membayar sepeserpun untuk membuat toko online.

Manfaat osCommerce

  • Dukungan online sangat luar biasa dari forum osCommerce yang memiliki jutaan percakapan aktif yang dapat Anda cari.
platform-toko-online-30
  • Memiliki komunitas yang kuat, yang berarti Anda juga memiliki akses ke banyak plugin dan add-on. Sebagian besar pengembang memberikan secara gratis meskipun ada kalanya ada yang harus Anda bayar. Anda cukup klik add on seperti di bawah ini dan Anda dapat download langsung ke toko Anda.
platform-toko-online-31
  • Mudah untuk dibuka dan membuat penyesuaian yang lebih canggih.
  • Tersedia lebih dari 7.000 fitur gratis untuk dimanfaatkan.

Kerugian osCommerce

  • osCommerce sangatlah mungkin untuk membuat situs toko online yang lebih besar tetapi kami merekomendasikan agar hanya untuk toko kecil hingga menengah saja.
  • Perangkat lunak osCommerce membutuhkan lebih banyak perawatan dibandingkan platform lain.
  • Kemampuan Anda terkait dengan kode di osCommerce dapat dikatakan sangatlah penting karena dapat menyebabkan situs menjadi lebih rentan terhadap kesalahan dan kerusakan. Oleh karena itu, penting bagi Anda untuk menemukan pengembang hebat yang tahu cara melindungi situs. 

Bagi Anda yang masih bingung bagaimana cara membuat website, tenang saja. Kami punya solusinya. Anda bisa langsung cek ke Jetorbit guna memenuhi kebutuhan pembuatan website Anda. Selain itu, kami juga menyediakan VPS dan bisa Anda cek di sini.

Tidak hanya pembuatan website saja namun Jetorbit juga dapat membantu Anda untuk membuat aplikasi.

Bermanfaatkah Artikel Ini?

Klik bintang 5 untuk rating!

Rata rata rating 5 / 5. Jumlah rate 1

Yuk Rate 5 Artikel Ini!

We are sorry that this post was not useful for you!

Let us improve this post!

Tell us how we can improve this post?

Tutorial dan Informasi Teknologi - Jetorbit Blog
Platform dan CMS Untuk Toko Online Gratis Tahun 2020
Artikel
Platform dan CMS Untuk Toko Online Gratis Tahun 2020
Informasi mengenai teknologi dan panduan menggunakan hosting, website dan domain
Anda sedang mencari platform toko online open-source yang murah atau gratis? Yuk baca Platform dan CMS Untuk Toko Online Gratis Tahun 2020
Silvia
Publisher Name
Jetorbit
Publisher Logo