Perbedaan-Hosting-Domain-dan-Server

Perbedaan Hosting, Domain, dan Server

Sharing is caring!

Salah satu hal mendasar yang perlu Anda ketahui sebelum membuat sebuah website adalah domain sehingga Anda juga harus tahu apa itu domain. Sebenarnya domain dan hosting merupakan 2 hal yang saling berkaitan dengan website. Kami pun akan menjelaskan beberapa hal terkait server. Yuk baca sampai selesai Perbedaan Hosting, Domain, dan Server

Apa Itu Hosting?

Hosting adalah tempat penyimpanan file atau data website Anda. Dengan kata lain, adanya hosting adalah server yang berfungsi untuk membuat website Anda bisa online, bisa diakses dimanapun, dan bisa memproses perintah transaksi. Hosting inilah yang menjadi tempat menyimpan data digital Anda, seperti gambar, video, dan teks yang dimiliki oleh website Anda.

Ibarat Sebuah Bangunan, Hosting Merupakan Tanahnya

Pengertian hosting bisa diibaratkan sebagai pondasi sebuah bangunan. Jika website adalah sebuah bangunan maka hosting adalah tanah yang menjadi tempat bangunan (website) Anda berdiri. Dikarenakan merupakan hal yang penting, pemilihan tanah (hosting) harus tepat dengan bangunan (website) yang Anda buat. Baca artikel tentang cara memilih hosting yang tepat.

Fungsi Hosting

Untuk lebih memperjelas tentang penjelasan apa itu hosting, Anda juga harus mengetahui fungsi hosting. Ibaratnya jika Anda mempunyai produk, Anda sudah membuat produk tersebut sedemikian rupa dan Anda siap untuk menjual produk tersebut. Nah, supaya orang tahu tentang produk Anda, tentunya Anda harus menyimpan produk tersebut di toko, swalayan, minimarket, dan sebagainya kan? Sama halnya dengan hosting.

Jika Anda sudah memiliki sebuah website, tentunya website Anda sudah siap untuk dikunjungi oleh orang maka website itu sudah harus disimpan di hosting.

Bagaimana Cara Memiliki Sebuah Hosting?

Untuk memiliki sebuah hosting, Anda dapat memilih 2 cara berikut ini.  Pertama yaitu dengan Anda membuat hosting sendiri dan kedua yaitu dengan Anda bisa menyewa hosting di penyedia layanan hosting.

Sebagai gambaran akan dijelaskan di bawah ini :

  • Jika Anda mempunyai sebuah produk (website) dan Anda siap untuk mempromosikan produk tersebut, tentunya Anda membutuhkan lahan untuk menyimpan produk tersebut. Ibaratnya Anda mempunyai lahan kosong yang letaknya strategis.  Lalu Anda menggunakan lahan tersebut dan mengelolanya sendiri sebagai tempat penyimpanan produk Anda. Nah, itulah gambaran cara Anda memiliki sebuah hosting, yaitu membuat perusahaan hosting Anda sendiri.  Tentunya ada kelebihan dan kekurangannya.
  • Cara kedua yaitu Anda bisa menyewa hosting.  Ibaratnya, Anda tinggal menyewa lahan yang disediakan. Tentunya Anda tidak perlu untuk berpikir tentang hal-hal teknis, seperti pembangunan, tempat yang strategis, dan sebagainya. Lalu, di mana Anda bisa menyewanya? Ada banyak sekali perusahaan penyedia jasa penyewaan hosting yang reliable dan berkualitas di indonesia.

Bagaimanakah Kriteria Penyedia Penyewaan Hosting yang Berkualitas?

Ada beberapa kriteria mudah, yaitu hosting tersebut mempunyai uptime yang sempurna atau di atas 98%. Selain itu, mempunyai layanan berkualitas, mulai dari kecepatan respon CS, pengetahuan teknisinya, dan tentu saja kualitas ketika menghadapi keluhan. Hosting yang baik mestinya mempunyai produk yang lengkap, mudah dipahami sistemnya, dan handal ketika terjadi lonjakan traffic.

Apa Itu Domain?

Pada dasarnya, domain itu menunjukkan alamat website Anda. Dengan kata lain, domain diasumsikan sebagai alamat fisik website yang Anda sudah buat. Domain awalnya memang dibuat untuk mengganti alamat IP karena alamat IP merupakan kombinasi angka yang membentuk kode-kode untuk menamakan situs Anda maka untuk lebih ringkasnya alamat IP ini diubah menjadi domain.  Di lain sisi, sebuah domain juga memiliki 2 elemen utama, yaitu nama website dan ekstensi (akhiran nama website),seperti .com, .net, .org, dan lain-lain.

Ibarat Sebuah Bangunan, Domain Adalah Alamat Bangunan

Jika website diibaratkan sebagai sebuah bangunan, hosting sebagai lahan bangunan, maka domain di sini diibaratkan sebagai alamat bangunan tersebut.  Tentunya alamat setiap bangunan tidak pernah sama, selalu berbeda satu sama lain. 

Misalnya, Anda ingin mencari tentang bagaimana cara membuat kue, pasti Anda akan mengetik sebuah kata kunci di mesin pencari.  Setelah itu, mesin pencari akan menayangkan sejumlah alamat website yang berkaitan dengan kata kunci tersebut.  Nah, alamat website yang muncul itulah yang disebut dengan domain.

Jika Anda sudah menghafal alamat website yang dituju, Anda tinggal mengetik facebook.com. Alamat domain, alamat website, dan alamat url itu mempunyai pengertian yang sama ya, jadi jangan bingung dengan 3 istilah tersebut.

Fungsi Domain

Seperti yang sudah dijelaskan di atas, Anda pastinya sudah tahu apa itu fungsi domain. Domain memiliki fungsi untuk menunjukkan identitas website Anda. Tentunya dengan menggunakan nama domain yang cocok untuk produk (website) Anda, pemilihan domain yang tepat dapat mendongkrak penjualan produk (website) Anda. 

Namun, perlu diingat lagi, setiap alamat domain website di dunia ini tidak ada yang sama sehingga Anda perlu benar-benar memilih alamat domain yang berbeda. Ekstensi (akhiran) domain juga memiliki pengaruh. Ketika Anda ingin menggunakan nama A.com namun sudah ada yang menggunakan domain tersebut, Anda bisa mengganti ekstensinya menjadi A.net atau yang lain. Jika Anda ingin membeli domain Anda bisa langsung membelinya di sini.

Apa Itu Server?

Server merupakan sebuah sistem komputer yang menyediakan jenis layanan tertentu dalam sebuah jaringan komputer. Prosesor bersifat scalable dan RAM yang besar serta dilengkapi dengan sistem operasi khusus yang disebut sebagai sistem operasi jaringan inilah yang mendukung server.

Jenis-Jenis Server

Ada berbagai jenis server:

  1. Proxy server: membatasi permintaan data, kinerja koneksi, dan berbagi file antar server dan klien di luar jaringan serta sebagai gerbang antara jaringan lokal dan jaringan luar.
  2. Telnet server: mengatur komputer dengan cara melakukan login dan logout pada komputer host.
  3. Virtual server: sejumlah server fisik dibuat seolah-olah seperti menjadi beberapa server.
  4. Web server: berfungsi untuk menyimpan konten pada website dan berkomunikasi menggunakan HTTP.
  5. Audio dan video server: berfungsi untuk menyimpan fitur multimedia sebuah website.
  6. FTP server: mengatur transfer data dalam sebuah jaringan.
  7. Aplikasi server: mengolah perintah yang diberikan oleh klien dan menghubungkan dengan database.
  8. Mail server: berfungsi ketika menyimpan surat elektronik dan menangani berbagai permintaan klien.
  9. News server: mendistribusikan berbagai macam berita melalui jaringan berita.

Fungsi Server

Berikut ini beberapa fungsi server secara umum:

  1. Melakukan pelayanan serta bertanggung jawab terkait permintaan data dari komputer klien.
  2. Bertanggung jawab mengatur trafik data.
  3. Menyimpan berbagai file dan data untuk dapat diakses bersama-sama menggunakan protokol FTP.
  4. Komputer klien dilindungi dengan cara pemasangan firewall atau anti malware di komputer klien.
  5. Hak akses ke dalam sebuah jaringan diatur sehingga tidak semua klien mampu mengakses data yang terdapat di dalam komputer server.

Jetorbit menyediakan web hosting terbaik dan domain murah di tahun 2020 ini. Web hosting adalah tempat untuk membuat website Anda bisa diakses oleh semua pengunjung di seluruh belahan dunia. Agar bisa online dengan mudah dan cepat maka pilihlah web hosting terbaik dengan pengalaman lebih dari 5 tahun. Sedangkan domain adalah identitas dari website Anda agar mudah pengunjung mengingat nama identitas dari website Anda. Selain itu, kami juga menyediakan VPS dan bisa Anda cek di sini.

Bermanfaatkah Artikel Ini?

Klik bintang 5 untuk rating!

Rata rata rating 5 / 5. Jumlah rate 2

Yuk Rate 5 Artikel Ini!

We are sorry that this post was not useful for you!

Let us improve this post!

Tell us how we can improve this post?

Tutorial dan Informasi Teknologi - Jetorbit Blog
Perbedaan Hosting, Domain, dan Server
Artikel
Perbedaan Hosting, Domain, dan Server
Informasi mengenai teknologi dan panduan menggunakan hosting, website dan domain
Sebenarnya domain dan hosting saling berkaitan. Kami pun akan menjelaskan beberapa hal terkait server. Perbedaan Hosting, Domain, dan Server
Silvia
Publisher Name
Jetorbit
Publisher Logo