Perbedaan Blogspot dan WordPress : Mana yang Lebih Baik ?

Sharing is caring!

Blogspot dan WordPress adalah platform utama yang sering digunakan oleh developer maupun blogger dalam mengembangkan website mereka.

Karena menurut kebanyakan orang baik blogspot maupun wordpress sangat mudah digunakan untuk membuat blog bahkan website profesional.

Namun di perjalanannya kedua platform ini sering mendapatkan perdebatan mengenai perbedaan serta keunggulan dari Blogspot dan juga WordPress.

Nah pada artikel kali ini kita akan membahas perbedaan dari kedua platform tersebut, yakni blogspot dan juga wordpress. Sebelum itu mari kita berkenalan terlebih dahulu kedua platform ini.

Mengenal Apa Itu Blogspot

Adalah sebuah platform resmi yang dimiliki oleh google dan bertujuan utama untuk menuangkan ide, cerita, informasi dan tutorial melalui tulisan.

Untuk sekarang blogspot sudah berkembang cukup pesat, platform ini sering juga digunakan untuk kegiatan website marketing oleh perseorangan maupun perusahaan.

Platform yang berdiri pada 1999 ini memiliki banyak pengguna karena interface atau tampilan yang sangat mudah digunakan.

Kelebihan utama dari blogspot atau blogger ini 100% gratis bisa Anda gunakan, blogger tidak memandang penggunaan disk pada penggunanya.

Mengenal Apa Itu WordPress

WordPress adalah platform CMS atau control management system yang saat ini digunakan baik untuk website blog dan juga website profile.

WordPress hampir sama dengan Blogpspot namun dari segi fitur dan user interface wordpress bisa dibilang lebih kekinian dan juga up to date.

Hampir setiap bulan wordpress melakukan update dari sistem mereka, tidak lupa juga mereka selalu terdepan dalam memuaskan penggunanya.

Namun untuk wordpress terdapat 2 versi yakni berbayar dan juga gratis.

Untuk wordpress yang versi gratis memiliki fitur yang sangat minim jika dibandingkan dengan versi berbayar. Lebih lengkapnya tentang perbandingan kedua nya akan di bahas di artikel ini.

Perbedaan Blogspot dan WordPress

Di atas Anda telah mengenal wordpress dan juga blogspot secara rinci, berikutnya mari kita bahas perbedaan dari kedua platform tersebut.

Perbandingan yang saya berikan bisa menjadi acuan bagi Anda yang masih bingung ketika ingin membuat website.

1. Fitur

Pertama saya akan membandingkan dari segi fitur yang dimiliki oleh WordPress dan juga Blogspot, berikut untuk perbandingannya :

Blogspot

Untuk fitur yang dimiliki Blogspot menurut saya terbilang bagus dan juga mudah digunakan, Namun dari segi pengembangan menurut saya kurang bagus karena terbilang monoton (tidak pernah mendapatkan update).

Dari awal Blogspot muncul dari segi fitur hanya seperti itu dan tidak pernah mendapatkan update.

Untuk Blogspot sebenarnya kita bisa menambahkan fitur baru namun harus mengetahui coding pada blogspot, jadi sangat susah untuk digunakan.

WordPress

Berbeda dengan Blogspot, WordPress yang sangat memperhatikan penggunanya, mereka selalu melakukan update hampir tiap bulan untuk keamanan dan fitur.

Kita juga bisa lebih mudah menambahkan fitur yang kita inginkan dengan memanfaatkan fitur dari WordPress yakni Plugin. Kita bisa menambahkan plugin semau kita tanpa harus mengetahui coding atau bahasa pemrograman khusus.

2. Biaya

Berikutnya akan kita bandingkan dari segi biaya penggunaan WordPress dan juga Blogspot.

Blogspot

Jika Anda menggunakan blogspot untuk membuat website, maka Anda tidak memerlukan biaya sepeserpun untuk mejalankannya, Blogspot 100% gratis digunakan.

Dan tidak ada batas waktu sampai kapan website Anda akan aktif. Jika Anda memposting artikel minimal 1 kali dalam setahun maka website blogspot Anda tidak akan dihapus oleh google.

WordPress

Untuk WordPress terdapat dua versi yakni berbayar dan juga gratis.

Untuk versi gratis sangat minim fitur yang bisa kita gunakan, dan juga kita tidak bebas memanfaatkan plugin atau semua theme yang tersedia.

Namun untuk versi yang berbayar Anda bisa bebas menggunakan fitur, tema dan plugin yang sudah di siapkan oleh pengembang.

3. Design Dan Tema

Poin perbedaan yang ketiga adalah design dan juga tema.

Blogspot

Blogspot sangat minim sekali untuk segi temanya. Bisa dibilang Blogspot sangat kurang update untuk tema yang mereka sediakan.

Sudah lebih dari 10 tahun tema yang disediakan oleh platform satu ini tidak pernah mendapatkan update.

WordPress

Berbanding terbalik dengan blogspot, wordpress memiliki tema yang up to date, jika dihitung sekarang wordpress memiliki tema lebih dari 10.000 tema yang bisa digunakan secara gratis.

Selain itu di luar sana banyak sekali layanan yang menyediakan tema yang bisa Anda beli dengan harga terjangkau, tema yang responsive dan juga enak dilihat membuat pengunjung lebih betah berada di website yang Anda miliki.

4. Performa

Salah satu hal yang membuat website disukai oleh mesin pencari adalah performa website. Website yang memiliki performa bagus akan lebih diutamakan oleh mesin pencari.

Blogspot

Perihal performa blogspot tidak bisa kita bantah, server yang di unakan blogspot adalah google, untuk itu perihal performa maka blogspot sudah cukup bagus.

Berasal dari pengalaman saya menggunakan blogspot, untuk loading dan uptime website blogspot bisa kita andalkan.

WordPress

Untuk performa dari wordpress saya tidak bisa bilang jika wordpress yang terbaik,

Karena ketika Anda menggunakan wordpress maka uptime dan performa sangat di pengaruhi oleh layanan server hosting yang Anda gunakan.

Ketika ingin menggunakan WordPress pastikan Anda memilih penyedia hosting yang handal dan juga cepat.

5. Keamanan

Yang terkahir akan kita bahas dari segi keamanan masing-masing platform.

Blogspot

Blogspot tidak memiliki keamanan khusus yang membuat data kita aman, banyak sekali kasus pencurian artikel dan juga tema di platform blogspot ini.

Kita juga tidak bisa menambahkan keamanan ekstra pada blogspot karena sistem dari blogspot sendiri tidak menyediakan fitur tersebut.

WordPress

Dari segi keamanan WordPress sangat unggul, mereka selalu melakukan update ketika terjadi bug atau masalah pada sistem mereka.

Dengan selalu update di setiap bulannya membuat wordpress kini bisa menjadi platform CMS (Content Management System) pilihan untuk Anda gunakan dari segi keamanan.

Blogspot dan WordPress Lalu Mana kah Yang Lebih Baik ?

Jika Anda tidak memiliki biaya lebih untuk menggunakan wordpress maka Anda bisa menggunakan blogspot terlebih dahulu.

Selain itu jika Anda hanya iseng dan sedang belajar dalam dunia blogging maka bisa memilih layanan Blogging terlebih dahulu.

Namun jika Anda adalah orang yang sangat mementingkan performa dan kemudahan, Anda bisa menggunakan layanan wordpress.

Kesimpulan

Memilih wordpress atau blogspot sebagai platform yang akan Anda gunakan memang pilihan yang sangat sulit, namun Anda bisa melihat perbandingan di atas sehingga bisa menjadi acuan ketika Anda ingin memilih layanan yang akan digunakan.

Itulah perbedaan Blogspot dan WordPress, semoga bisa bermanfaat 🙂

Bermanfaatkah Artikel Ini?

Klik bintang 5 untuk rating!

Rata rata rating 0 / 5. Jumlah rate 0

Yuk Rate 5 Artikel Ini!

We are sorry that this post was not useful for you!

Let us improve this post!

Tell us how we can improve this post?