Pengertian Trademark, Keuntungan, dan Tips Membuat Trademark

Pengertian Trademark, Keuntungan, dan Tips Membuat Trademark

Salah satu bentuk hak kekayaan intelektual yang sangat penting dalam dunia bisnis adalah trademark atau merek dagang. Okay, tak usah pakai lama, langsung simak saja yuk Pengertian Trademark, Keuntungan, dan Tips Membuat Trademark

Pengertian Trademark 

Trademark adalah simbol, logo, kata, frasa, gambar, desain, atau kombinasi dari elemen-elemen tersebut yang digunakan untuk mengidentifikasi dan membedakan produk atau jasa dari suatu perusahaan atau pemilik. 

Trademark berfungsi sebagai tanda pengenal yang unik, mewakili reputasi dan kualitas produk atau jasa yang terkait dengan merek tersebut. 

Dalam konteks bisnis, trademark adalah hal penting dalam membangun citra merek dan menciptakan identitas yang kuat. Hal ini membantu perusahaan membedakan diri dari pesaing, membangun kepercayaan konsumen, dan menciptakan loyalitas pelanggan.

Penting untuk dicatat ya bahwa trademark tidak hanya berlaku untuk produk fisik tetapi juga untuk layanan yang diberikan oleh suatu perusahaan. 

Jenis Trademark

Berikut ini beberapa jenis trademark:

  1. Trademark Verbal

Jenis ini terdiri dari kata-kata atau frasa yang digunakan untuk mengidentifikasi dan membedakan produk atau jasa dari merek lainnya. 

Jenis ini meliputi simbol, gambar, atau logo yang menjadi tanda pengenal suatu merek. 

  1. Trademark Kombinasi

Jenis ini merupakan kombinasi antara elemen verbal dan simbol atau logo. Biasanya, merek ini mencakup nama merek dengan desain logo yang unik. 

  1. Trademark Ciri Khusus Produk

Jenis ini terkait dengan karakteristik khusus dari produk tertentu yang digunakan untuk membedakan produk tersebut dari yang lain. 

  1. Trademark Layanan

Jenis ini berlaku untuk layanan yang diberikan oleh suatu perusahaan, bukan untuk produk fisik..

  1. Trademark Warna

Jenis ini mencakup penggunaan warna tertentu yang khas dan teridentifikasi sebagai merek dari suatu perusahaan.

  1. Trademark Geografis

Jenis ini berkaitan dengan asal geografis produk atau jasa. 

  1. Trademark Slogan

Jenis ini adalah slogan atau ungkapan pendek yang digunakan sebagai identitas merek. 

Proses Pendaftaran Trademark

Secara spesifik bisa dibaca pada ketentuan yang telah diterbitkan oleh penyelenggara pendaftaran trademark. Di sini hanya akan diberikan gambaran secara general (mungkin saja berbeda) proses pendaftaran trademark ini. Berikut ini urutan proses yang perlu dilalui untuk mendaftarkan trademark:

  1. Riset awal (pastikan merek kalian belum digunakan oleh entitas lain).
  2. Pilih kategori atau jenis trademark-nya.
  3. Pengajuan.
  4. Pemeriksaan dan penilaian.
  5. Pemberitahuan.
  6. Pengumuman dan Oposisi (jika ada keberatan dari pihak/entitas lain).
  7. Pendaftaran dan selesai.

Keuntungan Trademark

Berikut ini beberapa keuntungan dan manfaat utama dari memiliki trademark yang terdaftar:

  1. Perlindungan Hukum

Manfaat trademark adalah untuk perlindungan hukum. Dengan memiliki trademark yang terdaftar, pemilik merek memiliki hak eksklusif untuk menggunakan merek tersebut dalam kategori yang telah didaftarkan. Hal ini memberikan perlindungan hukum yang kuat terhadap penggunaan atau penyalahgunaan merek oleh pihak lain. 

  1. Membangun Identitas dan Citra

Trademark adalah membantu dalam membangun identitas dan citra merek yang kuat di pasar. Identitas merek yang kuat juga membantu dalam membangun kepercayaan dan kesetiaan pelanggan terhadap produk atau jasa yang ditawarkan.

  1. Melindungi Investasi dan Inovasi

Pendaftaran trademark adalah bentuk perlindungan terhadap investasi dan inovasi yang telah dilakukan dalam pengembangan merek. Tanpa perlindungan ini, ada risiko merek dapat dengan mudah ditiru atau disalahgunakan oleh pesaing.

  1. Memperkuat Nilai Merek

Merek yang terdaftar memiliki nilai lebih tinggi dibandingkan merek yang tidak terdaftar. Dalam situasi tertentu, merek terdaftar bisa menjadi aset yang dapat dijual atau digunakan sebagai jaminan dalam proses bisnis.

  1. Meningkatkan Kepercayaan Konsumen

Sebagai konsumen, tentu cenderung lebih percaya pada produk atau jasa yang menggunakan merek terdaftar. Iya, kan? Merek yang telah terdaftar menunjukkan profesionalisme dan keseriusan perusahaan dalam melindungi kekayaan intelektualnya.

  1. Memudahkan Ekspansi Bisnis

Dengan merek yang telah terdaftar, perusahaan dapat dengan mudah memperluas operasional bisnisnya ke wilayah lain bahkan internasional. Proses ekspansi menjadi lebih lancar karena merek yang terdaftar telah diakui secara hukum di berbagai yurisdiksi.

Tips Membuat Trademark

Berikut ini tiga tips dalam mempersiapkan trademark dan pendaftarannya:

  1. Lakukan Pemeriksaan Kelayakan

Tips pertama adalah cek kelayakan. Pastikan trademark yang akan didaftarkan belum digunakan oleh pihak lain dan tidak bertentangan dengan merek terdaftar lainnya. Kamu dapat melakukan pemeriksaan di database khusus trademark yang disediakan oleh lembaga pemerintah yang berwenang.

  1. Identifikasi Klasifikasi Layanan atau Produk

Tips kedua adalah identifikasi. Pastikan mengidentifikasi dengan jelas klasifikasi layanan atau produk yang akan dilindungi oleh trademark. Klasifikasi ini akan menentukan lingkup perlindungan dari trademark kalian. Pastikan juga klasifikasi yang dipilih sesuai dengan bisnis dan mencakup semua layanan atau produk yang ingin dilindungi.

  1. Gunakan Jasa Konsultasi Hukum

Tips terakhir adalah dengan bantuan konsultan. Proses pendaftaran trademark bisa rumit dan butuh waktu lama. Untuk memastikan proses berjalan dengan lancar dan meminimalkan risiko kesalahan, disarankan untuk menggunakan jasa konsultan hukum yang berpengalaman dalam pendaftaran trademark. 

Jadi, apakah kalian sudah pernah mendaftar trademark? Sharing yuk di kolom komentar 🙂

Bermanfaatkah Artikel Ini?

Klik bintang 5 untuk rating!

Rata rata rating 0 / 5. Jumlah rate 0

Yuk Rate 5 Artikel Ini!

We are sorry that this post was not useful for you!

Let us improve this post!

Tell us how we can improve this post?

You might also like