pengertian streaming

Streaming adalah salah satu istilah yang sering kalian temui di internet sekarang ini. Streaming adalah menikmati suara atau video yang diunggah di internet. Kalian tentunya bisa streaming menggunakan perangkat smartphone, laptop atau komputer menggunakan internet. Terus, bedanya dengan live streaming apa dong? Wah, jangan sampai kudet ya kalau pas lagi nongkrong bareng kawan kalian. Makanya, simak yuk sampai selesai Pengertian Streaming dan Jenis Streaming

Pengertian Streaming

Streaming adalah proses transfer data atau informasi dari satu pengguna ke pengguna lain, baik secara langsung atau melalui aplikasi tertentu, yang sifatnya tidak perlu melakukan pengunduhan dan akan secara langsung ditampilkan untuk data yang sudah berhasil dipindahkan.

pengertian streaming 1

Sederhananya, streaming adalah cara menikmati suara atau video yang diunggah di internet yang bisa diputar dan dinikmati terus menerus, tanpa harus mengunduh video atau suaranya terlebih dahulu. Jadi, ketika menggunakan media sosial seperti YouTube atau Instagram, kalian tidak perlu mengunduh untuk menyaksikan video yang ada pada platform tersebut.

Kalian tinggal klik video yang akan disaksikan dan secara langsung akan dapat menikmati video tersebut secara bertahap sesuai dengan kecepatan transfer data yang dimiliki. Saat ini streaming adalah layanan yang juga digunakan pada radio-radio untuk mengudara. Sekarang radio online juga cukup marak eksistensinya .

Untuk membuat video streaming, biasanya pembuat video merekamnya terlebih dahulu lalu diunggah ke situs online untuk dinikmati penontonnya. Video yang diunggah ke situs bisa berupa konten milik pribadi yang diabadikan dan bisa ditonton berulang kali atau sebuah film atau drama yang diproduksi oleh perusahaan produksi film.

Streaming adalah layanan yang menggunakan kuota internet kalian saat melakukannya. Menonton YouTube, mendengar radio secara online, hingga menonton di Netflix tentunya akan mengurangi kuota kalian tapi kalian bisa menontonya dengan gratis. Beberapa media memiliki fitur untuk menikmati dan menyimpan video tersebut lalu ditonton secara offline atau tanpa jaringan internet.

Pengertian Live Streaming

Live streaming adalah konten video yang disiarkan langsung melalui internet yang mana kalian tidak perlu melakukan editing dan post-production. Kalian hanya perlu menyalakan kamera dan mulai merekam kapanpun kalian mau.

pengertian streaming 2

Selain itu, live streaming bersifat interaktif sehingga audience kalian juga bisa langsung meninggalkan komentar dan reaksi selama video kalian berlangsung.

Tak hanya itu, followers akun kalian juga akan mendapat notifikasi setiap kali kalian mulai melakukan live streaming.

Biasanya, videonya juga akan langsung tersimpan sehingga videonya bisa ditonton ulang setelah kalian selesai melakukan live streaming. Dengan begitu, orang-orang yang ketinggalan video kalian juga bisa menonton.

Jenis Streaming

Setelah mengetahui pengertian streaming, kalian juga perlu mengetahui jenis-jenisnya berikut ini:

Prerecord Streaming

Jenis streaming yang pertama ini dijalankan dengan terlebih dahulu merekam video atau konten yang akan disiarkan lalu simpanlah pada media tertentu (bisa media online atau media fisik seperti hardisk). Setelah disimpan, baru kemudian host dapat melakukan akses pada konten tersebut jika akses diberikan secara bebas oleh pemilik konten.

Live Streaming

Live streaming adalah proses yang dilakukan dengan konsep kerja seperti siaran langsung pada televisi. Hal ini tentu berbeda dengan Prerecord Streaming. Artinya, pemilik konten melakukan kegiatan perekaman pada suatu konten dan secara langsung disiarkan pada media yang dimilikinya. Nantinya host dapat melihat secara langsung setiap detik yang dilalui oleh pemilik konten tersebut sehingga engagement yang terjalin pun dapat terjalin lebih erat.

Aplikasi Streaming Populer

Berikut beberapa aplikasi streaming yang biasa digunakan kebanyakan orang:

Youtube

Youtube adalah aplikasi streaming yang sangat populer di seluruh dunia. Melalui aplikasi Youtube, kalian bisa menikmati streaming video secara legal. Youtube bisa diakses secara gratis dan berbayar melalui web atau aplikasi. Bahkan video yang ada di Youtube juga bisa diunduh oleh penonton dan ditonton secara offline.

Namun, zaman sekarang Youtube menyediakan fitur baru yaitu live streaming, yang bisa dinikmati oleh banyak penonton dan bisa digunakan oleh pemilik akun Youtube. Melalui fitur live streaming Youtube, kalian bisa menikmati tayangan dan siaran secara langsung dari youtuber kesayangan kalian, seperti menonton live streaming video game, acara musik, tutorial merias wajah, podcast, dan sebagainya.

Netflix

Netflix merupakan salah satu aplikasi legal yang menyediakan layanan streaming. Netflix memiliki banyak sekali konten video yang bisa dinikmati secara online maupun diunduh terlebih dahulu dan dinikmati secara offline

pengertian streaming 3

Netflix terkenal dengan menyajikan berbagai film yang populer dan original yang digemari banyak orang. Untuk menikmati streaming menggunakan aplikasi Netflix, kalian harus membuat akun terlebih dahulu, dan membayar biaya langganan dengan menggunakan kartu kredit.

Vidio

Vidio adalah aplikasi untuk menonton streaming maupun live streaming secara legal. Vidio merupakan aplikasi lokal yang lahir pada tanggal Oktober 2014. Aplikasi Vidio ini diciptakan untuk dijadikan wadah bagi karya kreatif anak bangsa Indonesia tentang musik, seni, budaya, film, olahraga, dan beragam karya video lainnya.

Awalnya aplikasi Vidio ini hanya berisikan konten dari SCTV, Indosiar, dan dari pengguna Vidio. Namun, pada akhir 2015, aplikasi Vidio ini bisa digunakan untuk menikmati acara live streaming dan juga untuk streaming film populer.

Aplikasi Vidio ini bisa diakses secara gratis dan bisa diakses premium, dengan membayar biaya langganan yang tergolong murah dan ekonomis. Di aplikasi Vidio ini, kalian bisa menonton live streaming acara TV, olahraga, konser musik, berita lokal dan luar negeri hingga mendengarkan radio.

Okay, jadi selain merupakan konsep teknologi kekinian, streaming juga dapat benar-benar bermanfaat bagi kalian yang tengah membutuhkan publikasi atau media penyiaran ekonomis. Dengan cara ini, setidaknya kalian bisa menyiarkan apapun bisnis yang kalian miliki pada konsumen secara langsung sehingga dapat mendukung pengembangan usaha kalian.

Sebagai salah satu penyedia layanan hosting, bentuk komitmen kami untuk membantu bisnis online kalian sukses adalah menyediakan hosting murah berkualitas atau VPS murah dengan SSL dan online backup dari Jetorbit.

Semoga artikel ini bermanfaat!

Bermanfaatkah Artikel Ini?

Klik bintang 5 untuk rating!

Rata rata rating 5 / 5. Jumlah rate 1

Yuk Rate 5 Artikel Ini!

We are sorry that this post was not useful for you!

Let us improve this post!

Tell us how we can improve this post?

Bagikan:

Leave a Comment