pengertian consumer insight

Ada yang berencana untuk berbisnis? Kalian sudah tahukah apa yang paling dibutuhkan oleh calon konsumen kalian? Yups, saat kalian ingin memperkenalkan produk kalian ke pasar, ada satu pertanyaan utama yang harus dijawab: apa yang paling dibutuhkan oleh konsumen? Nah, untuk mengetahuinya, kalian membutuhkan peran consumer insight. Wah, istilah apaan tuh? Jangan sampai kudet ya sebagai calon pebisnis. Tak usah lama-lama, langsung simak saja Pengertian Consumer Insight, Manfaat, dan Cara Mengoptimalkannya

Pengertian Consumer Insight

Consumer insight adalah pemahaman dan interpretasi data pelanggan, perilaku, dan feedback hingga kesimpulan yang dapat digunakan untuk meningkatkan pengembangan produk dan layanan bagi pelanggan. 

pengertian consumer insight 1

Consumer insight dapat dikumpulkan dari berbagai sumber: data layanan pelanggan, ulasan produk dan layanan, riset pasar (seperti bagaimana cuaca mempengaruhi belanja dan di mana konsumen menghabiskan uang mereka), riwayat pembelian, dan sentimen pelanggan.

Manfaat Consumer Insight

Melalui consumer insight, kalian dapat mengembangkan hubungan dengan pelanggan, lebih terkoneksi dengan mereka, dan menghasilkan data yang terukur.

pengertian consumer insight 2

Berikut ini beberapa manfaat lain dari consumer insight:

  • Memprediksi churn — lebih memahami pendapatan yang diharapkan di masa depan dan mengidentifikasi area mana yang bisa meningkatkan layanan dan berpotensi mengurangi churn pelanggan.
  • Memaksimalkan Customer Lifetime Value (CLV) — sederhananya, semakin tinggi CLV maka semakin banyak pendapatan yang dapat diharapkan perusahaan.
  • Personalisasi pengalaman pelanggan — konsumen hari ini semakin mengharapkan pengalaman dan interaksi yang dipersonalisasi. Faktanya, suatu survei menemukan bahwa 80% responden menginginkan personalisasi. Dengan memanfaatkan wawasan konsumen, kalian bisa memberikan pengalaman yang disesuaikan secara lebih efektif.
  • Perencanaan inventaris yang lebih baik — memanfaatkan wawasan konsumen, terutama data penjualan, akan membantu kalian memperkirakan jumlah inventaris yang mungkin diperlukan dengan lebih akurat. Dengan tingkat inventaris yang lebih akurat maka bisnis akan cenderung tidak memiliki produk berlebih yang tidak dibutuhkan.
  • Promosi pada target yang tepat — dengan wawasan yang bagus tentang riwayat pembelian pelanggan dan data relevan lainnya, kalian bisa menargetkan promosi khusus kepada pelanggan yang kemungkinan besar akan melakukan transaksi. Retailer dapat meningkatkan margin operasi sebesar 60% melalui promosi yang efisien dan inisiatif terkait data dan analitik lainnya.
  • Membantu menentukan harga produk yang optimal — harga produk yang ideal adalah hara berapapun yang pelanggan bersedia membayarnya. Namun, rata-rata 30% dari keputusan penetapan harga yang dibuat setiap tahunnya tidak tepat, yang pada akhirnya menyebabkan hilangnya pendapatan. Dengan consumer insight yang tepat, kalian bisa secara efektif menetapkan harga produk yang akan memberikan revenue tertinggi.
  • Memperluas pasar baru atau acuan meninggalkan pasar yang berkinerja buruk — data pelanggan dan penjualan yang lebih akurat akan mempengaruhi banyak bidang operasi, yaitu kinerja penjualan. Dengan wawasan ini, kalian bisa menentukan pasar baru apa yang perlu dipertimbangkan dan area mana yang tidak memberikan laba atas investasi yang cukup.

5 Cara Mengoptimalkan Consumer Insight

Pertanyaan berikutnya adalah bagaimana cara mengoptimalkannya dengan baik? Berikut beberapa saran yang bisa kalian pertimbangkan dalam mengoptimalkan consumer insight:

pengertian consumer insight 3

1. Pengumpulan data

Pengumpulan data merupakan faktor penting dalam proses consumer insight. Data ini sebagai informasi tentang permintaan konsumen terhadap produk atau layanan komersial. Pengumpulan data ini  membantu para pelaku bisnis berkomunikasi dengan baik dengan konsumen.

2. Survei konsumen

Untuk mendapatkan hasil maksimal dari konsep consumer insight maka lakukan survei konsumen. Ada banyak cara pengaplikasiannya, seperti melakukan survei, melakukan panggilan telepon langsung, atau mengadakan diskusi kelompok terfokus (FGD). Dari sanalah perusahaan akan tahu apa yang perlu ditingkatkan terkait produk atau layanan perusahaan.

3. Lakukan analisis data

Langkah ini dimaksudkan untuk membantu bisnis mengambil tindakan yang tepat dengan melihat data dan informasi konsumen yang dikumpulkan. Data ini akan diolah sehingga dapat dianalisis apa yang paling dibutuhkan dan apa yang menjadi keinginan konsumen.

4. Manajemen pemasaran

Manajemen pemasaran terkait erat dengan pengukuran efektif dari proses promosi atau periklanan perusahaan. Iklan ini juga dapat dilihat sebagai alat iklan perusahaan untuk memenuhi kebutuhan konsumen karena juga merupakan bentuk komunikasi dengan pelanggan terkait produk dan layanan yang ditawarkan.

5. Personalisasi untuk konsumen

Langkah terakhir dalam hal ini adalah penerapan personalisasi produk. Dengan cara ini, perusahaan dapat menangani perubahan dan menjadikan produk lebih disukai. Oia, ada satu hal yang harus kalian ingat. Meskipun personalisasi ini dapat memenuhi tuntutan konsumen, perusahaan tidak boleh melupakan identitas merek perusahaan, ya.

Contoh Consumer Insight Sabun Shinzui

Konsep promosi ini sangat banyak diinginkan oleh semua perempuan yang ingin memiliki kulit putih, bersih, dan bersinar. Konsep ini mengubah perilaku masyarakat untuk menggunakan sabun yang efektif mencerahkan.

Oleh karena itu, consumer insight sabun shinzui ini mengubah cara berpikir masyarakat dengan kalimat memutihkan dan mencerahkan kulit dalam seminggu. Cara lainnya ini juga bisa dalam review orang serta artikel mengenai kulit putih dari website, televisi atau media sosial seperti Instagram, Facebook, Youtube.

Okay, itulah penjelasan singkat mengenai consumer insight dan seberapa penting perannya dalam perusahaan. Consumer insight penting bagi organisasi karena memberikan peluang untuk mempersonalisasi produk dan layanan kepada pelanggan. Pada hakikatnya, konsep ini harus dimaksimalkan dengan baik supaya perusahaan mendapatkan konsumen.

Guys, kenalan yuk sama Aplikasi Ujian Online milik Jetorbit, Ujione! Berbasis Cloud Pertama di Indonesia! Jadi, bisa melaksanakan ulangan harian, quiz, ujian akhir dan tugas bisa dari aplikasi Android, IOS dan juga Web. kalian tidak perlu menyiapkan perangkat server/hosting lagi, lho. Pokoknya mudah! 

Selain itu, kami juga menyediakan VPS, lho.

Bermanfaatkah Artikel Ini?

Klik bintang 5 untuk rating!

Rata rata rating 0 / 5. Jumlah rate 0

Yuk Rate 5 Artikel Ini!

We are sorry that this post was not useful for you!

Let us improve this post!

Tell us how we can improve this post?

Bagikan:

Leave a Comment