pengertian hacker

Di era teknologi dan internet saat ini, hacker jadi salah satu sosok yang cukup sering dibicarakan. Secara umum, arti hacker sering diartikan negatif. Apakah kalian juga berpikiran yang sama bahwa hacker adalah penjahat? Agar kalian tahu rincian mengenai apa itu hacker, simak yuk ulasan tentang Pengertian Hacker, Jenis Hacker, dan Tips Menghindari Serangan Hacker

Pengertian Hacker

Hacker adalah orang yang menemukan dan memanfaatkan kelemahan sistem komputer dan atau jaringan untuk mendapatkan akses ke data pribadi atau bisnis.

pengertian hacker 1

Biasanya, hacker adalah programmer yang terampil dengan pengetahuan tentang keamanan komputer yang luas.

Contoh tindakan yang bisa dilakukan hacker adalah meretas sistem komputer menggunakan algoritma kata sandi tertentu.

Lalu, mereka mencuri informasi untuk menyakiti orang lain melalui pencurian identitas atau membuat sistem atau website down untuk mendapatkan uang.

Jenis-Jenis Hacker

Meskipun banyak orang mendengar kata hacker sebagai cybercriminal, hacker adalah orang cerdas yang tak selalu jahat.

Seorang hacker hanyalah orang yang menggunakan pemrograman komputer atau keterampilan teknis untuk mengatasi berbagai masalah sistem komputer. Hingga saat ini, jenis-jenis hacker ada dari sisi baik dan sisi buruk, dan ada juga orang yang berada di antara keduanya.

Berikut ini jenis-jenis hacker yang ada di sekitar kita:

White Hat Hacker

White Hat Hacker adalah salah satu dari jenis-jenis hacker profesional dengan keahlian di bidang keamanan cyber (cybersecurity).

Biasanya, mereka bersertifikat resmi dan berwenang untuk meretas sistem. White Hat Hacker ini bekerja untuk pemerintah atau organisasi sehingga dapat masuk ke sistem dengan legal dan meretas sistem dari celah keamanan cyber milik organisasi.

Tugas dari White Hat Hacker adalah menguji tingkat keamanan cyber di organisasi mereka sehingga dapat mengidentifikasi titik lemah dan memperbaikinya untuk menghindari serangan dari sumber eksternal.

Hacker ini bekerja sesuai peraturan yang ditetapkan oleh pemerintah atau instansi serupa yang mempekerjakannya. Oleh karena itu, White Hat Hacker juga dikenal sebagai hacker etis.

Black Hat Hacker

Black hat hacker juga merupakan seorang ahli komputer yang berpengetahuan luas tetapi memiliki niat yang salah. Mereka menyerang sistem lain untuk mendapatkan akses ke sistem tersebut tanpa izin resmi.

Saat sudah berhasil masuk ke suatu sistem, mereka mungkin mencuri data atau bahkan menghancurkan sistem. Lalu, mereka menjual data dan resource yang dia curi ke black market atau memeras perusahaan atau instansi targetnya.

Praktik hacking yang digunakan oleh jenis hacker ini bergantung pada kapasitas dan pengetahuan hacking perindividu. Biasanya black hat hacker juga dikenal sebagai cracker.

Gray Hat Hacker

Para ilmuwan mengkategorikan jenis-jenis hacker berdasarkan niat dan tujuan mengapa melakukan hacking tersebut.

Peran gray hat hacker berada di antara black hat hacker dan white hat hacker. Ia melakukan hacking dengan tujuan dan niat baik dan sekaligus buruk. Namun, umumnya tujuan gray hat hacker adalah untuk mendapatkan keuntungan pribadi.

Dia membobol sistem komputer tanpa otoritas dengan maksud untuk mengidentifikasi kelemahan sistem dan mengungkapkannya kepada pemilik sistem.

Script Kiddies

Script kiddies hacker adalah salah satu dari banyaknya jenis hacker yang tergolong amatir di bidang hacking.

Mereka mencoba meretas sistem dengan skrip dari sesama peretas lainnya. Script kiddies mencoba meretas sistem, jaringan, atau website untuk mendapatkan perhatian dari rekan-rekan sesama hacker. Bahkan, script kiddies hanyalah remaja yang tidak memiliki pengetahuan lengkap tentang proses hacking.

Salah satu jenis hacking standar yang dilakukan kiddie script adalah serangan DoS (Denial of Service) atau DDoS (Distributed Denial of Service).

Blue Hat Hacker

Hampir sama seperti script kiddies, blue hat hacker tidak berniat belajar dengan benar sejak awal. Mereka menggunakan aktivitas hacking sebagai senjata untuk mendapatkan popularitas di antara sesama hacker. Mereka melakukan hacking untuk berlomba-lomba mengungguli musuh mereka.

Blue Hat Hacker terbilang cukup berbahaya karena niat di balik aktivitasnya tanpa punya cukup pengetahuan.

Green Hat Hacker

Green hat hacker adalah salah satu dari jenis-jenis hacker yang mempelajari panduan melakukan hacking.

Mereka sedikit berbeda dari Script Kiddies karena niat dan tujuan mereka yang berusaha dan belajar menjadi full-fledged hacker.

Green hat hacker mencari peluang untuk belajar dari hacker berpengalaman agar bisa ikut melakukan hacking dengan profesional.

Red Hat Hacker

Red Hat Hacker identik dengan istilah Eagle-Eyed Hacker. Red hat hacker adalah tipe hacker yang mirip dengan white hat hacker. Hacker ini memiliki tujuan untuk menghentikan serangan hacking yang dilakukan cracker atau black hat hacker.

Perbedaan antara red hat hacker dan white hat hacker adalah dalam dari proses hackingnya melalui niat yang sama. Red hat hacker cukup kejam saat berhadapan dengan black hat hacker dalam menangkal malware.

pengertian hacker 2

Hacker ini terus menyerang dan mungkin akhirnya harus mengganti seluruh sistem keamanan yang seharusnya untuk dibangun ulang.

State/Nation Sponsored Hackers

Pemerintah atau suatu instansi penting merekrut hacker untuk mendapatkan informasi tentang negara lain. Jenis peretas ini dikenal sebagai peretas yang disponsori negara (State/Nation Sponsored Hackers).

Hacker ini menggunakan pengetahuan mereka untuk mendapatkan informasi rahasia dari negara lain agar siap menghadapi bahaya yang akan datang ke negara mereka. Informasi sensitif membantu negara dan hacker itu sendiri untuk berada di atas setiap situasi dan juga menghindari bahaya yang akan datang.

Hacktivist

Berkebalikan dengan State/Nation Sponsored Hackers, hacktivist bermaksud meretas website pemerintah.

Mereka menyamar sebagai aktivis yang terdiri dari individu atau sekelompok hacker tanpa nama yang tujuan utamanya adalah untuk mendapatkan akses ke website dan jaringan pemerintah.

Data pemerintah yang ia dapatkan digunakan untuk kepentingan politik atau sosial pribadi.

Whistleblower

Dari sekian banyak jenis hacker di atas, hacker ini termasuk individu yang bekerja di organisasi untuk mengekspos informasi rahasia.

Maksud atau tujuan di balik mengapa whistleblower melakukan hacking mungkin disebabkan oleh dendam pribadi dengan organisasi atau individu.

Cara Kerja Hacker

Memahami arti hacker tak akan lengkap tanpa tahu cara kerjanya. Sebagai sebuah profesi, hacker bekerja dengan meretas atau membobol keamanan suatu jaringan internet. Hacker akan menguji kerentanan keamanan suatu jaringan.

Tujuan dari peretasan tersebut juga sangat beragam, mulai dari untuk mendapatkan akses secara ilegal ke komputer, jaringan, sistem komputasi, perangkat seluler, atau sistem internet.

Tak jarang hacker juga menggunakan keahliannya untuk kejahatan, misalnya untuk mencuri kredensial login, informasi keuangan, dan jenis informasi sensitif lainnya. Jasa hacker secara ilegal juga biasa digunakan untuk mengeksploitasi kelemahan sosial, memanipulasi hasil sosial, hingga untuk mendapatkan informasi keuangan atau login.

Meski demikian, di dunia profesional kini jasa hacker mulai banyak dimanfaatkan secara legal. Biasanya, jasa hacker dipakai untuk menguji keamanan jaringan suatu lembaga atau perusahaan. Hacker akan melakukan tes ke setiap elemen atau celah yang masih berisiko mengalami kebocoran atau gangguan sistem keamanan.

5 Tips Mudah Menghindari Serangan Hacker

Okay, daripada kalian ketakutan setiap kali ada ancaman hacking, kalian bisa lakukan beberapa cara mudah mencegah serangan hacker dengan cara berikut ini:

Install plugin security

Jika kalian membangun website dengan sistem CMS, kalian bisa meningkatkan performa website dengan plugin keamanan yang secara aktif mencegah upaya peretasan website.

Masing-masing jenis CMS juga sudah memiliki plugin keamanan yang tersedia gratis. Misalnya, pada CMS WordPress ada plugin fail2Ban, iThemes Security, Wordfence, Sucuri, Shield Security, Akismet, dan sebagainya.

Jika kalian menggunakan CMS Magento, kalian bisa menggunakan opsi plugin security, seperti Amasty, Watching Pro, MageFence.

Sementara untuk Joomla, kalian bisa pilih plugin security, seperti JhackGuard, JomDefender, RSFirewall.

Gunakan HTTPS

HTTPS sangat penting untuk keamanan website dari serangan hacker karena HTTPS menandakan bahwa website tersebut aman untuk memberikan informasi keuangan di halaman web tertentu.

HTTPS adalah HTTP yang bersertifikasi SSL. Website ber-HTTPS yang dilengkapi SSL juga dapat meningkatkan kepercayaan brand dari tiap pengguna website.

Perbarui Platform Website atau Aplikasi

Untuk melindungi website agar tidak jadi sasaran empuk hacker, silakan kalian pastikan CMS, plugin, aplikasi, dan skrip apapun yang dipasang selalu up-to-date.

Sebab, banyak dari tools tersebut dirancang sebagai program perangkat lunak open source sehingga kodenya mudah diakses oleh programmer yang bermaksud baik maupun hacker.

Pastikan Gunakan Password yang Aman

Berusahalah untuk membuat password program yang benar-benar aman. Jika diperlukan, buatlah password yang panjang, terdiri dari campuran karakter khusus, angka, dan huruf.

Hindari pula password yang berpotensi mudah ditebak, seperti tanggal lahir atau nama kalian sendiri.

Lakukan Prosedur Backup Otomatis

Skenario terburuk dari upaya serangan hacking adalah kehilangan semua data dan resource program karena kalian lupa mem-backup.

Cara terbaik untuk melindungi sistem adalah memiliki data cadangan terbaru.

Seperti halnya di Jetorbit, untuk sistem backupnya, database dilakukan setiap hari, sedangkan untuk file yang ada di hosting dilakukan setiap minggu.

3+ Extra Tips Untuk Melindungi Website dari Serangan Hacker

Berikut ini juga disediakan tips pengamanan lanjutan supaya keamanan website kalian lebih optimal. 

Tanpa perlu berlama-lama, berikut adalah berbagai tips ampuh untuk menangkal hacker:

1. Memperketat Keamanan Saat Menerima File Upload di Website

Ada beberapa website menyediakan opsi upload file dari pengunjung website. Misalnya upload file bukti pembayaran, upload foto identitas, dan foto diri. Tahukah kalian bahwa opsi tersebut bisa jadi celah para hacker untuk melakukan aksinya? 

Berikut ini beberapa risiko keamanan yang terjadi jika website Anda menyediakan opsi upload file:

  • File disisipi malware, exploit, ataupun script yang berbahaya bagi website dan server kalian.
  • Menimpa file di server. File yang diupload dapat menimpa file di server jika keduanya mempunyai nama file dan extensi yang sama. Hal ini bisa menyebabkan website kalian tak berfungsi dan pengaturan keamanan berubah.
  • File yang diupload terlalu besar dapat mengganggu server. 
  • Berpeluang terjadi serangan DoS melalui upload file. 

Nah, untuk mengurangi risiko serangan hacker pada upload file, ada beberapa cara berikut ini yang direkomendasikan:

  • Hanya izinkan jenis file tertentu. Batasi jenis file yang boleh diupload sehingga meminimalisir file bervirus yang hendak diupload.
  • Scan file. Kalian bisa download anti virus untuk memindai setiap file yang diupload di website kalian.
  • Tetapkan ukuran maksimal file. Hal ini untuk menghindari serangan DoS melalui file yang diupload.
  • Ubah nama file yang telah diupload. Hal ini dilakukan untuk mencegah hacker dapat mengakses kembali file yang diupload. Sekaligus tidak menyebabkan tumpang tindih dengan file penting di server. 
  • Simpan file di luar folder root web. Pastikan direktori tempat file yang diupload berada di luar root web sehingga hacker tidak dapat mengakses situs web kalian melalui file tersebut. 

2. Gunakan Parameter Query 

Penggunaan parameter query adalah salah satu cara untuk mencegah hacker agar mereka tidak melakukan serangan SQL injection. Serangan SQL Injection ini menyerang database website kalian. Serangan jenis ini juga merupakan serangan yang sering dilakukan oleh para hacker.

Query sendiri adalah bahasa SQL yang ditampilkan dalam bentuk visual. Sementara, parameter query adalah query yang telah diberikan nilai parameternya. Mudahnya, prinsip langkah ini adalah membuat kode yang cukup kuat dengan query yang telah diberikan nilai parameter. 

Maka, pengguna yang tidak mengetahui nilai parameternya tidak dapat mengakses database tersebut. Dengan parameter yang cukup spesifik juga akan mempersempit celah bagi hacker untuk menyerang database website kalian. 

3. Gunakan Content Security Policy (CSP) 

Content Security Policy (CSP) adalah pengaturan tambahan yang diterapkan melalui respons HTTP Header. Pengaturan ini dapat membantu kalian melindungi website dari serangan XSS maupun serangan melalui kode injeksi lainnya. 

Dengan CSP, kalian bisa mengatur domain mana saja yang diizinkan untuk dimuat di server kalian. Sehingga, jika hacker mencoba menyisipkan kode berbahaya di domain tersebut, browser akan langsung memblokirnya. 

CSP juga telah didukung oleh semua browser yang biasa umum digunakan oleh oleh para pengguna, seperti Chrome, FireFox, Safari, Edge, dan Internet Explorer. 

4. Atur File Permission dan Kunci Direktori di cPanel

Semua website memiliki file dan folder yang disimpan di akun web hosting pemiliknya. Dalam file tersebut berisi script dan data-data yang membuat website kalian dapat berjalan sesuai fungsinya. 

Nah, masing-masing file dan folder memiliki izin yang dapat membatasi akses seseorang. Artinya, setiap file telah diatur siapa yang dapat membaca, menulis, dan mengeksekusinya. 

Izin akses file dapat dilihat melalui tiga kode digit angka 0-7. Digit pertama merupakan izin pemilik file. Digit kedua merupakan pihak atau orang tertentu yang diberi izin oleh pemilik file. Sementara digit ketiga adalah semua orang. 

Kemudian, cara membaca kode angka tersebut adalah sebagai berikut.

  • 4 berarti dapat dibaca
  • 2 berarti dapat ditulis 
  • 1 berarti dapat dieksekusi
  • 0 berarti tidak dapat dibaca, ditulis, dan dieksekusi 

Sebagai contoh, kode salah satu file adalah “744”. Dalam hal ini digit pertama atau pemilik file memiliki izin berupa “7” (4+2+1), artinya pemilik file dapat membaca, menulis, dan mengeksekusi file tersebut. Sementara itu, pihak tertentu dan orang lain pada umumnya hanya diberi izin untuk membaca. 

Sebenarnya, ketika suatu file pertama kali dibuat, pengaturan izin sudah secara otomatis diatur ke mode default. Pengguna tak perlu lagi melakukan pengaturan izin pada setiap file. Namun, ada kalanya kalian membutuhkan perubahan file permission, seperti ketika ada update terbaru atau instalasi. 

Perlu diingat pula, jika kalian salah mengatur file permission, website kalian bisa rentan terhadap serangan hacker. Jadi, pastikan file penting kalian tidak diatur dengan kode “777”. Nah, Berikut ini cara untuk mengubah pengaturan file permission: 

  • Login ke cPanel atau program FTP  
  • Pilih menu File Manager => pilih file yang kalian ingin atur file permissionnya
  • Klik kanan pada file lalu pilih Change Permission
  • Centang pilihan permission file tersebut 
  • Setelah mengatur file permission, klik tombol Change Permission

Setelah mengatur file permission setiap file, kalian juga bisa menambahkan password pada folder atau direktori akun web hosting kalian.

Simpulan

Hacker adalah seseorang dengan pengetahuan luas dan keterampilan mumpuni tentang teknologi yang memanfaatkan pengetahuan tersebut untuk mengatasi masalah.

Namun, jenis-jenis hacker yang ada di sekitar kita dibedakan berdasarkan cara dan tujuan mereka dalam mengatasi masalah. Kalian sudah paham, kan?

Nah, seperti kata pepatah “lebih baik mencegah daripada mengobati”, kalian harus memastikan keamanan website dan aplikasi yang sedang kalian miliki dan kelola dengan sistem keamanan berintegritas tinggi. Contohnya di Jetorbit ada fitur keamanan SSL yang bisa kalian dapatkan dengan harga terjangkau dan berperforma luar biasa.

Bermanfaatkah Artikel Ini?

Klik bintang 5 untuk rating!

Rata rata rating 0 / 5. Jumlah rate 0

Yuk Rate 5 Artikel Ini!

We are sorry that this post was not useful for you!

Let us improve this post!

Tell us how we can improve this post?

Bagikan:

One response to “Pengertian Hacker, Jenis Hacker, dan Tips Menghindari Serangan Hacker”

  1. […] beberapa kasus, kadang hacker sudah tahu lebih dulu bahwa si pengembang akan melakukan perbaikan. Jadi sebelum itu, hacker akan […]

Leave a Comment