pengertian query database

Kalian sudah tahukah apa itu query di bahasa pemrograman komputer? Pada dasarnya, pengertian query dalam bahasa Inggris sehari-hari dan bahasa pemrograman komputer memiliki arti yang sama, query meliputi informasi yang diterima atau diambil dari database. Bahasa pemrograman ini berguna untuk memanipulasi data. Okay, ketahui seluk beluknya yuk Mengenal Pengertian Query Database Secara Lengkap

Pada saat membuat query, kalian tidak bisa mengetikkan ‘request’ secara asal-asalan. Query ditulis berdasarkan pada sekumpulan pre-defined code sehingga database dapat memahami instruksi yang diminta. 

Standar manajemen database adalah Structure Query Language (SQL). Satu hal yang harus diingat, SQL berbeda dari MySQL: SQL merupakan bahasa query sedangkan MySQL adalah software yang menggunakan bahasa tersebut. SQL memang dikenal sebagai software database yang paling banyak digunakan. Namun, SQL tidak menjadi satu-satunya pilihan software. AQL, Datalog, dan DMX adalah contoh software database yang bisa digunakan.

Bagaimana Cara Kerja Query?

Query memasukkan arti ke kode yang digunakan di berbagai bahasa query. Entah itu SQL atau software yang lain, baik user maupun database dapat selalu bertukar informasi selama keduanya menggunakan bahasa yang sama.

Apakah kalian mengira bahwa query adalah satu-satunya cara untuk meminta (request) data? Nyatanya, ada beberapa software yang menawarkan metode lain. Berikut ini sejumlah cara yang sering digunakan:

Menggunakan parameter yang tersedia

Secara default, software memiliki banyak daftar parameter di menunya. User bisa memilih salah satu daftar kemudian sistem akan memandu kalian untuk membuat output yang diharapkan. Prosesnya mudah tapi tidak fleksibel dan sistem operasinya pun terbatas.

Query by example

Sistem akan menampilkan seperangkat kode dengan beberapa area yang kosong. Pada area kosong tersebut, kalian dapat menuliskan dan mengspesifikasikan field dan value data.

Bahasa Query

Jika ingin memanipulasi data, kalian harus menulis query dari awal. Untuk menggunakan metode ini, setidaknya kalian sudah punya pemahaman tentang bahasa query yang digunakan oleh software database, ya. Meski sulit, setidaknya kalian dapat mengontrol data sepenuhnya.

Contoh Query

Setelah memahami query, ada baiknya langsung melakukan praktik, yuk. Untuk contoh query di bawah ini akan digunakan SQL.

Sumber data: Peserta (Nama Tabel)

Anggap saja kalian sudah melakukan survei dan mengumpulkan data. Di bawah ini merupakan potongan informasi data yang didapat.

IDNamaJenis KelaminUmurPekerjaan
1JohnPria17Siswa
2PeterPria26Tidak bekerja
3MargarethWanita34Guru
4LeaWanita34Tidak bekerja

Cara Kerja

Dengan SQL, kalian dapat menulis query SQL SELECT atau SQL ACTION. Seperti namanya, SQL SELECT memungkinkan kalian untuk memilih bagian dari data sedangkan SQL ACTION memungkinkan kalian untuk melakukan operasi yang berorientasi pada aksi, seperti menghapus dan memasukkan data, mengupdate value, dan membuat tabel baru. Berikut contoh-contohnya:

Hanya memilih kolom “Nama” dan “Pekerjaan” dari tabel “Peserta”.

SQL Statement:

SELECT Nama, Pekerjaan FROM Peserta

Output:

NamaPekerjaan
JohnSiswa
PeterTidak Bekerja
MargarethGuru
LeaTidak Bekerja

Menghapus data responden yang tidak bekerja.

SQL Statement:

DELETE FROM Peserta WHERE Pekerjaan = ‘Tidak Bekerja’

Output:

IDNamaJenis KelaminUmurPekerjaan
1JohnPria17Siswa
3MargarethWanita34Guru

Memasukkan baris baru yang memuat peserta bernama Mario.

SQL Statement:

INSERT INTO Peserta (ID, Nama, Jenis Kelamin, Umur, Pekerjaan) VALUES (‘5’, ‘Mario’, ‘Pria’, ‘67’, ‘Pensiun’)

Output:

IDNamaJenis KelaminUmurPekerjaan
1JohnPria17Siswa
2PeterPria26Tidak Bekerja
3MargarethWanita34Guru
4LeaWanita34Tidak Bekerja
5MarioPria67Pensiun

Mengubah pekerjaan Margareth ke “Kepala Sekolah”.

SQL Statement:

UPDATE Peserta SET Pekerjaan = ‘Kepala Sekola’ WHERE ID = ‘3’

Ouput:

IDNamaJenis KelaminUmurPekerjaan
1JohnPria17Siswa
2PeterPria26Tidak Bekerja
3MargarethWanita34Kepala Sekolah
4LeaWanita34Tidak Bekerja

Okay, jadi itulah bukti dari kegunaan query. Jika kalian punya ribuan data, tentu memanipulasinya dengan menggunakan bahasa query tidak akan begitu sulit, kan. Selain itu, sebagian besar bahasa query bersifat intuitif, artinya mudah dipelajari jika kalian sudah mengerti dan memahami aturan dasarnya. Selamat mencoba!




Oia, Jetorbit punya Paket Website Toko Online, lho. Kalian bisa menjual apa saja dengan toko online milik kalian sendiri! Mudah digunakan oleh siapa saja yang tentunya disertai dengan dukungan bantuan terbaik yang kalian dapatkan. Tenang, kami juga menyediakan VPS yang bisa kalian cek di sini.



Have a lovely day 😊

Bermanfaatkah Artikel Ini?

Klik bintang 5 untuk rating!

Rata rata rating 5 / 5. Jumlah rate 1

Yuk Rate 5 Artikel Ini!

We are sorry that this post was not useful for you!

Let us improve this post!

Tell us how we can improve this post?

Bagikan:

Leave a Comment