mengenal mind mapping

Siapa di antara kalian yang sudah pernah menggunakan mind mapping? Atau, justru sudah terbiasa menggunakannya? Salah satu cara untuk membuat kinerja kalian lebih terstruktur adalah mind mapping. Mind mapping dapat membantu kalian dalam memetakan banyak hal dalam sebuah grafik untuk memudahkan dalam mengingat hal tersebut. Tak usah berlama-lama, simak sampai selesai Yuk Mengenal Mind Mapping dan Cara Membuatnya

Jad, mind mapping bisa membuat pekerjaan juga lebih terstruktur bahkan dapat membuat kalian bisa mengingatnya dalam jangka panjang. Menurut riset, 78% kita bisa lebih mengingat sesuatu dengan Mind Mapping. Kalian bisa lho mulai menggunakan teknik mind mapping ini untuk mempelajari materi yang kompleks

Apa Itu Mind Mapping dan Manfaatnya

Mind mapping adalah sebuah struktur dua dimensi, bukan sekedar catatan biasa. Biasanya mind mapping ini bisa berupa gambar grafik yang saling terhubung dan terbagi ke dalam beberapa bagian. Mind mapping pertama kali diperkenalkan oleh Tony Buzan. Mind mapping adalah sebuah jawaban bagi kalian yang ingin membuat pekerjaan kompleks sehingga bisa lebih terorganisir dan bisa kalian bagi ke dalam beberapa bagian.

mengenal mind mapping

Mind mapping biasanya lebih ringkas dibandingkan bentuk catatan pada umumnya. Berbeda dengan rangkuman yang berisi ringkasan, mind mapping justru berfokus pada pemetaan hal besar dan membaginya menjadi bagian-bagian kecil.

Hal tersebut membuat mind mapping memiliki banyak manfaat, antara lain:

Memetakan Hal Kompleks

Mind mapping dapat membantu untuk memetakan hal yang kompleks. Kalian akan membagi suatu hal kompleks ke dalam beberapa bagian yang saling terhubung ke satu sama lain. Hal ini akan memudahkan dalam mengingat setiap rincian dari bagian-bagian tersebut tanpa takut ada bagian yang tertinggal. 

Lebih Ringkas

Mind mapping ini lebih ringkas dari catatan biasa sehingga bisa menghemat waktu dan tenaga untuk membaca mind mapping di saat kalian membutuhkannya. Anyway, kalian juga bisa lho menghemat kertas jika kalian membuat mind mapping di kertas.

Efektif

Kalian bisa memasukan hal-hal penting dan kompleks menjadi bagian-bagian yang kecil. Hal ini akan membuat kalian bisa efektif dalam mengerjakan tugas kalian. Kalian tak perlu bingung jika tugas-tugas kalian begitu kompleks. Dengan mind mapping, semua itu bukan masalah besar karena mind mapping bisa membuat kalian lebih efektif dalam mengerjakan sesuatu.

Cara Membuat Mind Mapping dengan Cepat

Kalian bisa menggunakan komputer, laptop, bahkan kertas untuk membuat mind mapping. Kalian hanya perlu mengikuti tahap-tahapannya secara urut untuk membuat mind mapping yang baik.

Buat Judul per Subjek

Kalian perlu menuliskan judul per subjek dari setiap grafik yang dibuat. Pertama, kalian bisa memulai dengan menggambar bentuk apapun, misalnya lingkaran. Setelah menggambarkan gambar lingkaran, kalian perlu memasukan judul persubjek yang telah kalian petakan tersebut ke dalam lingkaran.

Sambungkan Garis

Kalian bisa menyambungkan garis pada gambar yang sudah dibuat. Kalian harus menghubungkan garis tersebut sesuai dengan lingkaran yang memiliki subjudul yang saling berkaitan. Beri masing-masing label pada baris-baris yang kalian buat dengan sebuah subjudul

Hubungkan Tiap Subjudul

Setelah sudah mendapatkan pemetaan yang sebelumnya, selanjutnya kalian harus menghubungkan lagi label tersebut ke label berikutnya yang memiliki keterkaitan topik. Kalian bisa melanjutkan pekerjaan ini sampai semua topik yang kompleks bisa terbagi ke dalam beberapa label dan subjudul yang sesuai.

Letakan Subjudul yang Relevan

Kalian bisa menambahkan subjudul selama topik yang kalian masukkan relevan dengan mind mapping yang kalian buat. Mind mapping yang baik akan menampilkan keseluruhan topik yang kompleks sehingga bisa dibaca dengan baik. Anda tak perlu khawatir mengenai struktur seperti apa yang akan terbentuk sebab ini akan semakin berkembang dengan sendirinya jika kalian menambah subjudul baru.

Teknik-teknik Mind Mapping

Eits, jika masih bingung untuk membuat struktur mind mapping yang seperti apa, kalian bisa nih menggunakan teknik mind mapping ini. Teknik mind mapping berikut ini akan membantu kalian dalam membuat mind mapping yang sesuai dengan keinginan kalian.

Teknik The Buzan

Tony Buzan adalah orang yang mencetuskan teknik mind mapping yang satu ini. Teknik ini adalah teknik paling dasar pembuatan mind mapping. Teknik The Buzan memanfaatkan gambar sentral untuk membuat orang-orang yang memakainya dapat mengingat lebih cepat. 

Selain itu, dalam pembuatan mind mapping menggunakan teknik The Buzan ini, juga menggunakan cabang lengkung yang memancar dari gambar pusat. Setelah itu terdapat juga cabang-cabang yang lebih kecil untuk memudahkan orang-orang dalam memetakan ide dan gagasannya. 

Kalian bisa menggunakan warna yang berbeda untuk memisahkan ide berdasarkan topik. Pencetus teknik The Buzan menggunakan teknik ini kepada dirinya sendiri untuk menguji efektivitasnya dalam memetakan sesuatu yang kompleks.

Spider and Bubble Maps

Teknik spider and bubble maps ini merupakan teknik yang lebih modern dari teknik The Buzan. Perbedaan teknik spider and bubble maps dengan teknik Buzan terletak pada bagaimana menyajikan topik-topik kompleks tersebut ke dalam beberapa jaring yang memiliki inti topik di tengahnya. 

Berbeda dengan teknik Buzan yang memberikan label cabang, teknik spider and bubble justru menggunakan garis untuk menghubungkan ide, ditampilkan sebagai “gelembung” di sekitar tema utama yang terletak di tengah. Topik-topik ini juga dapat dibedah lebih lanjut menjadi subtopik untuk memberikan detail dan kedalaman. 

Kalian bisa memilih topik Spider and Bubble Maps jika kalian ingin memasukkan topik yang sangat kompleks dan banyak subtopik yang kalian masukkan.

Nah,  bagi kalian yang merasa kesulitan dalam mengerjakan tugas yang banyak dan kompleks, silakan menggunakan mind mapping. Intinya, mind mapping adalah sebuah metode untuk membuat kalian bisa memetakan hal kompleks menjadi beberapa subjudul, kemudian bisa kalian sambungkan selama itu merupakan satu kesatuan dari tugas-tugas kalian yang kompleks.

Oia, kenalan yuk sama Aplikasi Ujian Online milik Jetorbit,Ujione! Berbasis Cloud Pertama di Indonesia! Jadi, bisa melaksanakan ulangan harian, quiz, ujian akhir dan tugas bisa dari aplikasi Android, IOS dan juga Web. kalian tidak perlu menyiapkan perangkat server/hosting lagi, lho. Pokoknya mudah! 

Nah, saat belajar atau saat mengerjakan tugas melalui Ujione, kalian bisa banget nih menerapkan mind mapping agar proses memahami ilmu yang kalian pelajari menjadi lebih mudah.

Selain itu, kami juga menyediakan jasa VPS yang bisa kalian beli.

Bermanfaatkah Artikel Ini?

Klik bintang 5 untuk rating!

Rata rata rating 5 / 5. Jumlah rate 1

Yuk Rate 5 Artikel Ini!

We are sorry that this post was not useful for you!

Let us improve this post!

Tell us how we can improve this post?

Bagikan:

Leave a Comment