Mengenal Cross Channel Digital Marketing?

Mengenal Cross Channel Digital Marketing?

Sharing is caring!

Seiring dengan perkembangan teknologi digital saat ini, customer kini memiliki banyak pilihan ketika ingin  berbelanja online. Brand tidak punya pilihan selain berusaha untuk meningkatkan pengalaman berbelanja customer melalui strategi lintas saluran atau cross channel. Nah, cross-channel merupakan salah satu representasi dari strategi tersebut, yang mana cross-channel menjadi elemen strategis bagi brand untuk meningkatkan pengalaman pelanggan. Okay, simak dulu yuk Mengenal Cross Channel Digital Marketing?

Apa Itu Cross-Channel Marketing?

Cross-channel marketing adalah kemampuan brand untuk terhubung dengan pelanggan mereka di berbagai channel komunikasi, seperti email, social media, SMS, mobile apps, dan banyak lagi.

Tujuan cross-channel marketing tidak hanya untuk mendapatkan pelanggan baru tetapi untuk melanjutkan percakapan dengan pelanggan di seluruh channel yang mereka gunakan di seluruh customer life-cycle stage, mulai dari akuisisi hingga loyalty dan retention. Marketer perlu memastikan bahwa mereka dapat menciptakan pengalaman cross-channel yang relevan dengan tempat pelanggan berada dalam tahap pembelian.

Apa Perbedaan Cross-Channel Marketing dan Multichannel Marketing?

Strategi cross-channel sebenarnya hampir mirip dengan strategi multi-channel, yang mana ada dua atau lebih channel penjualan yang digunakan oleh brand. Perbedaannya, channel-channel ini sudah memiliki interaksi satu sama lain walaupun masih belum terintegrasi secara real-time.

Sebagai contoh, sebuah brand menjalankan campaign penjualan di marketplace yang dimiliki. Selanjutnya, brand tersebut mulai memanfaatkan media sosial untuk melakukan promosi terhadap campaign yang dijalankan. Customer pun bisa mengetahui campaign tersebut melalui media sosial lalu segera menuju marketplace untuk berbelanja produk brand tersebut.

Cross-channel marketing menghubungkan experience di channel yang berbeda di setiap campaign. Misalnya, jika kalian membuat akun online dengan brand, langkah selanjutnya dalam strategi cross-channel marketing mungkin mengirimi kalian email. Tujuan dari campaign ini adalah untuk membuat onboarding experience kalian lebih sukses.

Multichannel marketing lebih umum dan kurang terhubung. Sebuah perusahaan menggunakan beberapa channel untuk berinteraksi dengan pelanggan mereka tetapi mereka melakukannya di lebih dari satu campaign.

Masalah Apa yang Dapat Dipecahkan oleh Strategi Cross-Channel?

Perusahaan terkadang dapat mengirim pesan campuran kepada pelanggan mereka. Mereka mungkin mengirimkan kupon diskon 50 persen pada suatu hari kemudian kupon diskon 20 persen pada hari berikutnya, yang mengakibatkan pelanggan mengalami pengalaman yang membingungkan dan kacau balau. Nah, strategi cross-channel memastikan konsistensi komunikasi.

Selain pesan yang tercampur dengan konten, frekuensi kontak dapat menyebabkan masalah jika tim dipisahkan. Jika sebuah perusahaan tidak dapat melacak bagaimana setiap tim menangani komunikasi pelanggan, mereka dapat mengirim lima email kepada pelanggan dalam seminggu, dan kemudian dua pesan SMS, yang benar-benar membuat pelanggan frustrasi dengan brand lalu kemungkinan mereka untuk melakukan unsubscribe lebih tinggi.

Apa Manfaat Cross-Channel Marketing?

Cross-channel marketing memungkinkan brand untuk berkomunikasi dengan pelanggan mereka di channel pilihan pelanggan dan mengirimi mereka penawaran yang dipersonalisasi yang relevan dengan individu tersebut. Perusahaan memiliki tingkat konversi pelanggan yang lebih tinggi jika pelanggan menikmati pengalaman tersebut.

Hal tersebut juga memungkinkan perusahaan untuk menciptakan pengalaman tanpa batas, yang tentunya relevan dengan tempat pelanggan berada dalam siklus pembelian. Pesan marketing kepada pelanggan baru sangat berbeda dibandingkan dengan pesan untuk pelanggan setia yang telah ada selama beberapa waktu.

Nah, cara kita menyambut pelanggan baru berbeda dengan pesan yang digunakan untuk memberi insentif kepada pelanggan agar tetap tinggal dan tidak pergi ke pesaing. Di sinilah campaign cross-channel memungkinkan perusahaan untuk memahami siapa pelanggan tersebut dan bereaksi serta menanggapi mereka dengan cara yang paling relevan bagi pelanggan tersebut.

Okay, semoga artikel ini bermanfaat, ya.


Oia, dapatkan penghasilan melalui Afiliasi Jetorbit, yuk. Kalian bisa memiliki peluang mendapatkan jutaan rupiah setiap bulan! Asik, kan. Mudah kok pendaftaran dan cara kerjanya. Kalian bisa melakukannya kapanpun, di manapun, dan ke siapapun. Tenang, kami juga menyediakan VPS lho yang bisa kalian cek di sini.


Have a lovely day 😊

Bermanfaatkah Artikel Ini?

Klik bintang 5 untuk rating!

Rata rata rating 5 / 5. Jumlah rate 1

Yuk Rate 5 Artikel Ini!

We are sorry that this post was not useful for you!

Let us improve this post!

Tell us how we can improve this post?

Tutorial dan Informasi Teknologi - Jetorbit Blog
Mengenal Cross Channel Digital Marketing?
Artikel
Mengenal Cross Channel Digital Marketing?
Informasi mengenai teknologi dan panduan menggunakan hosting, website dan domain
Cross-channel merupakan salah satu representasi dari strategi lintas saluran. Okay, simak dulu yuk Mengenal Cross Channel Digital Marketing?
Author Name
Publisher Name
Jetorbit
Publisher Logo
You might also like