Mengenal Apa Itu Market Share, Jenisnya, dan Kelebihan Market Share

Sharing is caring!

Hingga saat ini, masih banyak pengusaha yang belum begitu memahami terkait pentingnya market share. Padahal nih, peran market share sangatlah besar bagi kelangsungan bisnis jangka panjang. Okay, baca sampai selesai yuk Mengenal Apa Itu Market Share, Jenisnya, dan Kelebihan Market Share

Apa Itu Market Share

Market share merupakan bagian penting perusahaan untuk mengetahui data permintaan.

Data ini menunjukkan seluruh segmen pasar yang terbagi ke dalam golongan tertentu, mulai dari gender, kelas ekonomi, dan sebagainya. Data seputar market share memang harus diperbarui secara konsisten agar lebih akurat.

Menurut definisi market share itu sendiri, memang data yang terdapat di dalam penjelasan hanya menunjukkan waktu dan tempat tertentu saja. Namun, dari data pangsa pasar ini, bisa mengetahui potensi penjualan yang bisa dihasilkan.

Dari persentase penjualan produk perusahaan, kalian bisa melakukan analisis terkait langkah apa yang harus diambil selanjutnya. Semua ini dilakukan sebagai antisipasi agar perusahaan tidak terjebak pada resiko yang sudah terlihat dari data pangsa pasar.

Jenis-Jenis Market Share

Market share memiliki dua jenis pangsa dan cirinya tersendiri, yakni sebagai berikut:

Primary market atau pasar utama

Perusahaan atau pemerintah mengumpulkan uang dengan menerbitkan saham di pasar primer melalui proses IPO. Masalah dapat ditempatkan melalui penempatan umum atau pribadi. Masalah yang bersifat umum berlaku ketika penjatahan saham dilakukan untuk lebih dari 200 orang sedangkan masalah yang bersifat pribadi ketika penjatahan dibuat untuk kurang dari 200 orang.

apa-itu-market-share-1

Secondary market atau pasar sekunder

Saham yang dibeli di pasar primer dapat dijual kembali di pasar sekunder. Pasar sekunder beroperasi melalui over the counter (OTC) dan pasar pertukaran valuta asing. Pasar OTC adalah pasar informal yang mana dua pihak menyepakati suatu transaksi tertentu yang akan diselesaikan di masa depan. Pasar yang diperdagangkan di bursa sangat diatur, yang disebut juga sebagai pasar lelang yang mana semua transaksi terjadi melalui bursa.

Kelebihan dan Kekurangan Market Share

Pangsa pasar bukanlah hasil keseluruhan yang menyampaikan atau mewakili semua yang kalian butuhkan dan kalian ketahui. Sebaliknya, market share adalah alat untuk mengawali analisis dalam merancang strategi. Oleh karena itu, perusahaan harus mengetahui kelebihan dan kekurangan market share sebagai sebuah indikator nilai.

Pangsa pasar adalah alat yang bagus untuk menjadi pembanding dua perusahaan atau lebih yang saling bersaing di pasar yang sama. Selain itu, dapat pula menampilkan tingkat persaingan total semua perusahaan-perusahaan yang berada di dalam suatu industri.

Akibatnya pangsa pasar mampu mengindikasikan pertumbuhan suatu perusahaan jika perusahaan tersebut mengalami peningkatan pangsa pasar untuk beberapa kuartal secara berturut-turut.

Dapat disimpulkan bahwa perusahaan tersebut setidaknya telah mengetahui cara membuat dan memasarkan produk yang diminta oleh pasarnya dan cara ini juga berlaku untuk kebalikannya.

Cara Mengukur Market Share

Tahukah kalian mengenai cara mengukur pangsa pasar yang ada pada sebuah perusahaan?

Cara menghitung market share perusahaan harus melalui tahap analisis dan riset pada pasar yang menjadi segmen penjualan. Oleh karena itu, kalian sebagai pengusaha harus mengerti pasar yang mana yang akan dijadikan target ke depan.

Dari proses analisis pasar tersebut, kalian akan melihat seberapa besar potensi yang mampu dimunculkan pada pemilihan pasar tersebut. Silakan ketahui dulu siapa dan seberapa besar segmen pasar yang akan dibidik secara detail.

Apabila sudah mengetahui, kalian bisa memahami seluruh pesaing yang memiliki potensi untuk menguasai pasar yang sama. 

Meningkatkan Market Share

Ada beberapa cara yang bisa diterapkan sebagai strategi meningkatkan market share.

apa-itu-market-share-2

Langkah paling awal yang harus diterapkan adalah pemilihan ide bisnis dengan jumlah pesaing rendah. 

Langkah berikutnya adalah memberikan keyakinan bahwa bisnis perusahaan kalian bisa mencapai visi dan misi dalam penjualan. Dari langkah ini, akan ditemukan prinsip kuat sebagai landasan untuk mencapai target bisnis dalam market share tersebut.

Oya, silakan kalian lihat juga seberapa tinggi kekuatan pesaing dalam bidang bisnis yang sama. Melalui strategi ini, kalian mampu menentukan harga paling efektif yang bisa dicapai segmen pasar dengan kualitas terbaik.

Semenjak perusahaan sudah mulai berjalan, bangunlah jaringan pasar yang baik untuk memperlancar bisnis kalian ke depan. Semakin besar jaringan pasar dalam bisnis, semakin tinggi pula peluang untuk menguasai pasar.

Guys, dengan mengetahui pangsa pasar yang ingin dibidik nih maka suatu perusahaan dapat menemukan serta memahami kekuatan serta kelemahan supaya dapat mengantisipasi pasar yang lebih besar lagi. Semoga artikel ini bermanfaat, ya 🙂

Stay safe and keep healthy


Bagi kalian yang masih bingung bagaimana cara membuat website, tenang saja. Kami punya solusinya. Kalian bisa langsung cek ke Jetorbit guna memenuhi kebutuhan pembuatan website. Selain itu, kami juga menyediakan VPS dan bisa kalian cek di sini.

Bermanfaatkah Artikel Ini?

Klik bintang 5 untuk rating!

Rata rata rating 5 / 5. Jumlah rate 1

Yuk Rate 5 Artikel Ini!

We are sorry that this post was not useful for you!

Let us improve this post!

Tell us how we can improve this post?

Tutorial dan Informasi Teknologi - Jetorbit Blog
Mengenal Apa Itu Market Share, Jenisnya, dan Kelebihan Market Share
Artikel
Mengenal Apa Itu Market Share, Jenisnya, dan Kelebihan Market Share
Informasi mengenai teknologi dan panduan menggunakan hosting, website dan domain
Peran market share sangat besar bagi kelangsungan bisnis jangka panjang. Baca yuk Mengenal Apa Itu Market Share, Jenisnya, dan Kelebihannya
Author Name
Publisher Name
Jetorbit
Publisher Logo

Leave a Comment