developer software

Guys, kalian sudah pernah mendengar tentang developer, kah? Wahh, jangan-jangan di antara kalian ada yang berprofesi sebagai developer software atau kalian bekerja di perusahaan developer. Okay, mari kita bahas yuk Apa Itu Developer Software

Pengertian Developer

Developer adalah sebuah perusahaan atau usaha yang menciptakan sebuah produk baru, seperti komputer atau software. Developer juga bisa membuat berbagai macam aplikasi, seperti game online, SAP, website, dan sebagainya.

Pengertian Developer Software

Developer software adalah orang yang bertugas untuk menciptakan serta merancang software. Namun, banyak orang yang menganggap developer dan programmer adalah satu jenis pekerjaan yang dilakukan oleh satu orang saja. Dengan kata lain, programmer itu sama dengan developer

Developer software memiliki posisi lebih tinggi dari seorang programmer. Bisa dibilang bahwa developer adalah seorang programmer yang sudah terlatih untuk dapat membangun sebuah sistem dan pastinya mereka juga memahami bahasa pemrograman.

Rutinitas dan jobdesk dari developer nih, umumnya sudah berpengalaman menyelesaikan berbagai jenis permasalah dalam dunia IT dan memiliki sistem kerja yang lebih terstruktur serta disiplin jika dibandingkan dengan programmer.

Seorang developer biasanya memiliki beberapa jenis tugas, seperti merancang koding secara efisien, merancang website dengan koding standar HTML, bekerja bersama dengan para desainer website dan programmer dalam mendesain sebuah website, meng-install update serta melakukan maintenance terhadap sebuah website.

Selain itu, seorang developer juga bertugas dalam mengelompokkan berbagai macam program software, memberikan solusi ketika sebuah website tidak dapat berfungsi dengan baik hingga menjadi pemimpin sebuah tim untuk menyelesaikan sebuah program software baru.

Tuntutan atas tugas dari seorang developer software:

  • Dituntut untuk dapat bekerja sama dengan tim dan klien.
  • Mampu bekerja secara individu dengan pengawasan yang minimal. 
  • Harus mengerjakan tugasnya hingga selesai karena umumnya proyek yang dikerjakan membutuhkan waktu yang relatif lama.
  • Diharuskan dapat melakukan beberapa tugas dan menyelesaikan beberapa masalah dalam satu waktu.
  • Harus mampu mendapatkan solusi dari masalah-masalah yang dihadapi dan dapat menyelesaikannya secara logis.
  • Diharuskan berorientasi pada detail karena jika terjadi kesalahan dalam penulisan koding maka sebuah program akan menjadi kacau.

Jika bekerja menjadi seorang developer software maka jenjang karirnya bisa menjadi senior software developer yang mana dapat memilih untuk menjadi software architect atau bahkan engineering manager. Jika sudah di posisi engineering manager atau software architect maka akan dapat meningkatkan posisi menjadi director atau project manager. Namun, kembali lagi bahwa nama-nama posisi tersebut dapat berubah sesuai dengan ketentuan sebuah perusahaan tempat bekerja.

Perbedaan Developer dengan Programmer

Programmer adalah orang yang umumnya memahami bahasa pemrograman. Programmer biasanya akan memberikan input bahasa pemrograman yang akan mengubah desain sebuah website menjadi satu rangkaian perintah yang dapat dipahami oleh komputer setelah developer software selesai mendesain sebuah program.

Tugas-tugas seorang programmer yang biasanya juga ada pada tugas developer, di antaranya:

  • Membentuk, menguji, dan menciptakan sebuah program komputer dalam beberapa komputer atau aplikasi-aplikasi sistem operasi.
  • Membantu menciptakan sebuah sistem informasi (IS) baru yang berbasis website.
  • Mendesain, menguji, dan membangun sistem komputer otomatis.
  • Melakukan review terhadap sebuah program secara berkelanjutan, dan membuat penilaian yang bertujuan untuk memperbaiki, atau mempertahankan kondisi sebuah program.
  • Melakukan pengujian, dan memodifikasi koding untuk memastikan kualitas kerja sebuah program.
  • Membuat, dan menampilkan diagram teknis untuk mendukung kinerja koding.
  • Menggabungkan fungsi baru dengan aplikasi yang sudah tercipta.

Agar bisa menjadi seorang programmer yang sukses, harus mampu memahami instruksi tertulis, dapat memecahkan suatu permasalahan dengan baik, memiliki cara berpikir kritis, aktif mendengarkan instruksi dari klien maupun pimpinan, serta berorientasi pada detail. 

Ada satu pekerjaan lain yang juga hampir mirip dengan developer software, yaitu software engineer. Software engineer memiliki beberapa tugas dan tanggung jawab seperti:

  • Berhubungan secara langsung dengan client dalam proses pengerjaan sebuah software.
  • Merancang, menguji, serta menciptakan sebuah sistem atau aplikasi sesuai dengan permintaan client.
  • Menciptakan sebuah koding untuk sistem atau aplikasi dengan cara membuat diagram atau model bersama dengan developer software.
  • Menyediakan dokumentasi terhadap sebuah sistem atau aplikasi yang telah dibuat secara jelas sebagai bentuk pertanggungjawaban saat proses maintenance.
  • Melakukan pemeliharaan software secara berkelanjutan dan memperbaiki software tersebut jika terjadi masalah.
  • Melakukan kolaborasi dengan developer software, dan software engineer

Meski developer software dan software engineer memiliki tugas yang sama tapi tanggung jawab keduanya berbeda. Software engineer merupakan sebuah pintu atau awal dari dimulainya sebuah proyek.

Okay, jadi developer dalam konteks saat ini adalah orang yang melanjutkan tugas engineer sampai selesai, baik melalui bantuan seorang programmer atau tidak sama sekali.

Eitss, tugas engineer tidak berarti selesai lho setelah menyerahkan tugasnya kepada developer karena engineer tetap akan memantau dan memberikan masukan kepada developer agar hasil yang dibuat menjadi lebih baik.

Oia Guys, Jetorbit punya Paket Website Toko Online, lho. Kalian bisa menjual apa saja dengan toko online milik kalian sendiri! Mudah digunakan oleh siapa saja yang tentunya disertai dengan dukungan bantuan terbaik yang kalian dapatkan. Tenang, kami juga menyediakan VPS yang bisa kalian cek di sini.

Stay safe and always keep healthy

Bermanfaatkah Artikel Ini?

Klik bintang 5 untuk rating!

Rata rata rating 5 / 5. Jumlah rate 1

Yuk Rate 5 Artikel Ini!

We are sorry that this post was not useful for you!

Let us improve this post!

Tell us how we can improve this post?

Bagikan:

2 responses to “Mengenal Apa Itu Developer Software”

  1. […] ini sangat berguna bagi programmer atau developer untuk membaca bahasa pemrograman. Tidak hanya membaca saja, text editor jugamemudahkan penggunanya […]

  2. […] kedua adalah sebagai alat pendistribusian software komersial. Saat membeli sebuah software, pasti mendapat CD disertai dengan key-nya untuk melakukan […]

Leave a Comment