Mengenal Apa Itu Big Data, Fungsi, dan Contoh Penggunaannya

Mengenal Apa Itu Big Data, Fungsi, dan Contoh Penggunaannya

Sharing is caring!

Sebuah kumpulan data dapat disebut dengan big data. Sebenarnya apa sih big data itu? Apakah big data itu sekedar sekumpulan data saja? Okay, kita cari jawabannya yuk di artikel Mengenal Apa Itu Big Data, Fungsi, dan Contoh Penggunaannya

Apa Itu Big Data

Big data adalah sekumpulan data yang memiliki volume atau ukuran yang sangat besar yang mana terdiri dari data yang terstruktur (structured), semi-terstruktur (semi structured), dan tidak terstruktur (unstructured) yang dapat berkembang seiring waktu berjalan.

Karakteristik Big data

Big data sendiri memiliki hukum 3V, yaitu:

Volume

Ukuran data memang penting. Sesuai dengan namanya, kalian perlu memproses volume data yang cukup besar untuk data.

Velocity

Velocity di sini adalah kecepatan yang sangat cepat di mana data diterima dan (mungkin) langsung digunakan. Biasanya, kecepatan tertinggi aliran data langsung ke memori dibandingkan yang ditulis ke disk. Beberapa smart devices yang menggunakan internet beroperasi dalam real-time atau mendekati real-time dan akan membutuhkan evaluasi serta tindakan secara real-time.

Variety

Variety di sini adalah berbagai jenis data yang tersedia. Jenis data tradisional biasanya lebih terstruktur. Seiring berkembangnya big data, banyak data baru dengan bentuk data yang unstructured (tidak terstruktur) dan semi structured (semi-terstruktur), seperti sebuah text, data yang berupa audio, dan video.

Value

Value adalah nilai atau makna sebuah data setelah melalui proses pengolahan. Sebuah data set akan dianggap bernilai jika informasi yang diperoleh dari pengolahan tersebut dapat membantu mengambil keputusan bisnis yang lebih baik.

Veracity

Veracity atau kebenaran data adalah tingkat akurasi informasi yang diberikan oleh sebuah data set. Dengan tingkat kebenaran data yang baik maka keputusan yang diambil dengan mengolah data tersebut akan memberikan hasil yang maksimal.

Fungsi Big Data

Berikut ini merupakan fungsi big data:

  • Big data dapat digunakan untuk memprediksi atau menganalisis penyebab suatu masalah yang terjadi pada sistem. Pemanfaatan dari big data ini juga dapat meminimalisir adanya kegagalan. Hasil dari analisis tersebut dapat digunakan dan ditampilkan secara langsung (real-time).
  • Big data dapat menjadi referensi untuk mengembangkan sebuah produk. Informasi yang kira-kira dibutuhkan akan disimpan ke dalam big data dan hasil dari analisis tersebut dapat menjadi dasar untuk mengambil keputusan yang tepat untuk pengembangan bisnis.
  • Big data dapat mengurangi waktu dan biaya. Dengan menggunakan big data maka penyimpanan data akan mengurangi biaya yang harus dikeluarkan. Selain itu, proses mengirim dan menerima data juga dapat menjadi lebih cepat.

Contoh Penggunaan Big Data

Beberapa hal yang dianggap sebagai big data adalah:

Penggunaan Internet

Kita semua terhubung dengan internet setiap hari dan pasti sering menggunakan Google untuk mencari informasi, kan? Nah, data-data hasil pencarian kalian juga merupakan data yang disimpan Google, loh.

Penggunaan Smartphone

Kalian tahu gak kalau smartphone kalian sebenarnya memiliki jumlah data yang sangat besar. Mereka menyimpan record telepon dan sms kalian. Selain itu, aplikasi-aplikasi handphone juga tentu mengumpulkan data untuk keperluan bisnis mereka. 

Media Sosial

Media sosial tentu sudah menjadi bagian dari hidup manusia sehari-hari. Kalian pasti suka update photo dan status, kan? Nah, yang kalian upload ke social media juga bagian dari data. 

Digitalisasi Media

Oia, sebelum maraknya internet nih, kalian pernah menggunakan CD dan DVD untuk mendengarkan musik dan menonton video, kah? Dengan begitu, kalian tidak meninggalkan jejak digital.

Sekarang, kalian melakukan hal-hal tersebut melalui website dan aplikasi streaming, seperti Netflix dan Spotify. Tentunya Netflix dan Spotify mencatat apa saja yang kalian dengarkan dan tonton agar mereka memiliki data yang bisa mereka gunakan untuk meningkatkan layanan mereka.

Smart Devices

Kalian mungkin sering melihat kalau sekarang sudah banyak peralatan rumah yang dimulai dengan kata “smart”. Ada smart TV, smart fridges (kulkas), bahkan smart car atau mobil yang bisa berjalan sendiri tanpa pengemudi.

Konsep smart appliances sendiri adalah bahwa semua peralatan di rumah terhubung satu sama lain dan kalian dapat mengaturnya dari satu alat. Semua ini merupakan bagian dari teknologi terbaru, Internet of Things.

Nah, semua data dari smart devices kalian, seperti temperatur dan konsumsi daya di rumah kalian juga akan dikumpulkan agar produsen bisa memperbaiki layanan dan menawarkan teknologi mutakhir untuk kalian.

Fungsi Big Data untuk Perkembangan Bisnis

Berikut ini beberapa manfaat big data dalam dunia bisnis:

Customer Relationship Management (CRM)

Kalian mungkin sudah melakukan beberapa usaha CRM untuk menjaga hubungan dengan customer bisnis kalian. Ada beberapa tool, seperti Zoho atau Bitrix24 yang bisa membantu untuk mengelola kegiatan CRM kalian. Dengan tools tersebut juga bisa mengumpulkan dan menggunakan data dengan lebih mudah dan efisien.

Kebanyakan layanan CRM biasanya bersifat online dan membantu untuk melacak penjualan, leads, dan conversion rates. Selain itu, kalian juga bisa melacak complain dari customer, sejarah pembelian customer, jenis-jenis customer, dan informasi yang lebih spesifik tentang customer kalian.

Meningkatkan Efisiensi Operasional

Saat ini, data memang digunakan di berbagai elemen bisnis. Di call center, sistem CRM yang disertai dengan analytics dapat meninjau beberapa sumber data secara langsung untuk menyarankan penawaran yang dapat diberikan perwakilan kepada pelanggan.

Analisis khusus industri bisa membantu mereka mempercepat pemrosesan klaim sambil mengurangi biaya dan menemukan potensi penipuan dengan menggunakan solusi yang didukung analitik yang dapat menentukan apakah klaim dapat diproses secara otomatis atau harus ditinjau oleh expert dulu.

Meningkatkan UX untuk Pengguna Mobile

Tentunya penggunaan smartphone membuat semua menjadi lebih cepat. Dengan kemampuan pengambilan keputusan dan kecerdasan langsung di smartphone, kalian akan dapat menerapkan proses bisnis baru yang akan mengubah cara bisnis dilakukan. Dikarenakan dunia berubah dengan cepat, informasi juga merupakan hal yang cepat berubah lho, Guys. Smartphone memungkinkan pengumpulan data secara real-time dan memberikan insights.

Mendorong Inovasi

Big data dapat membantu kamu berinovasi dengan mempelajari hubungan antara manusia, lembaga, entitas, dan proses lalu menentukan cara baru untuk menggunakan pengetahuan baru tersebut. Kalian bisa menggunakan data insight untuk meningkatkan keputusan tentang pertimbangan keuangan dan perencanaan.

Perusahaan besar seperti Netflix dan Procter & Gamble menggunakan data untuk mengantisipasi keinginan customer. Mereka menggunakan data dengan melihat bagaimana customer mereka menggunakan produk mereka.

Berdasarkan data-data tersebut, mereka akan mengembangkan inovasi baru untuk produk dan layanan mereka. Selain itu, P&G juga menggunakan data dan analytics dari berbagai channel, seperti focus groups dan social media.

Okay, artikel ini sudah membahas tentang big data dan bagaimana big data digunakan dalam bisnis dan kehidupan sehari-hari. Kami berharap artikel ini bisa bermanfaat untuk kalian ya 🙂

Nah, bagi kalian yang masih bingung bagaimana cara membuat website, tenang saja. Kami punya solusinya. Kalian bisa langsung cek ke Jetorbit guna memenuhi kebutuhan pembuatan website kalian. Selain itu, kami juga menyediakan VPS yang bisa di cek di sini.

Good luck

Bermanfaatkah Artikel Ini?

Klik bintang 5 untuk rating!

Rata rata rating 5 / 5. Jumlah rate 2

Yuk Rate 5 Artikel Ini!

We are sorry that this post was not useful for you!

Let us improve this post!

Tell us how we can improve this post?

Tutorial dan Informasi Teknologi - Jetorbit Blog
Mengenal Apa Itu Big Data, Fungsi, dan Contoh Penggunaannya
Artikel
Mengenal Apa Itu Big Data, Fungsi, dan Contoh Penggunaannya
Informasi mengenai teknologi dan panduan menggunakan hosting, website dan domain
Sebenarnya apa sih big data itu? Okay, kita cari jawabannya yuk di artikel Mengenal Apa Itu Big Data, Fungsi, dan Contoh Penggunaannya
Author Name
Publisher Name
Jetorbit
Publisher Logo
You might also like