Kelebihan dan Kekurangan Domain ID yang Wajib Diketahui

Kelebihan dan Kekurangan Domain ID yang Wajib Diketahui

Sharing is caring!

Guys, kalian pernah kah punya pemikiran bahwa domain .ID tidak menjual bahkan kurang handal dalam bersaing secara global dibandingkan dengan domain .COM? Wahh, kalau pernah berpikir seperti itu, kalian wajib nih untuk baca artikel ini. Okay, baca sampai selesai yuk Kelebihan dan Kekurangan Domain ID yang Wajib Diketahui

Apa Itu Domain ID

Domain .ID adalah salah satu bagian dari ccTLD (Country Code Top Level Domain). Jenis domain ini dikhususkan untuk website yang berada di dalam Indonesia. Website dengan ekstensi TLD dua huruf ini biasanya ditujukan untuk memudahkan pengguna mengenal asal negara website tersebut.

Pada bulan Mei 2007, segala hal yang berkaitan dengan nama domain ID telah diatur oleh PANDI (Pengelola Nama Domain Indonesia) yang sebelumnya diawasi oleh Kominfo.

5 Kelebihan Domain ID

Berikut ini ada beberapa kelebihan domain ID yang belum diketahui banyak orang:

Kredibilitas Tinggi atau Lebih Terpercaya

Website dengan ekstensi domain ID nampak lebih terpercaya. Hal ini karena proses pembuatannya yang membutuhkan identitas resmi, seperti bukti KTP atau dokumen penting lainnya. 

Oleh karena itu, pemilik website wajib berhati-hati dalam menyajikan konten karena jika konten tersebut menganut informasi negatif atau hoax, hal ini bisa ditindak tegas karena dianggap sebagai kasus penipuan. 

Memperoleh Ranking Tinggi di Search Engine

Memperoleh ranking tinggi di mesin pencari tentu menjadi tujuan utama bagi setiap pemilik website. Jika kalian yang mengincar traffic di negara Indonesia saja maka penggunaan domain .ID bisa menjadi elemen pendukung yang cukup berperan.

Jadi kalau target audiens kalian ada di Indonesia maka domain .ID merupakan pilihan yang tepat sebab Google pun akan menganggap website kalian lebih relevan. 

Pengaksesan yang Lebih Cepat

Kalian tahukah jika menggunakan domain .ID bisa meningkatkan kecepatan akses pada website? Karena Domain Name Server (DNS) berasal dari Indonesia maka otomatis akses website menjadi lebih cepat.

Secara langsung juga berpengaruh pada pengalaman pengunjung maupun performa SEO website kalian, lho. 

Tersedia Banyak Kuota Nama Domain

Guys, kalau kalian kesulitan membuat nama domain unik dengan ekstensi .COM, lebih baik gunakan domain ID saja! 

Why? Karena pemilik website yang menggunakan ekstensi .COM sudah terlalu banyak sehingga nama domain yang dipakai untuk ekstensi .COM menjadi terbatas. 

Penggunaan Lebih Aman dan Nyaman

Dengan adanya syarat  KTP atau dokumen legalitas lain saat mendaftar sebagai pengguna domain .ID, tentunya ekstensi domain .ID dijamin sangat aman.

Apalagi, setiap nama domain yang tersedia sudah jelas terdaftar oleh PANDI. Maka, semisal ditemukan adanya tindakan yang melanggar hukum, PANDI pun tidak akan segan untuk memblokir website tersebut.

4 Kekurangan Domain ID

Penggunaan domain ID juga memiliki kekurangan-kekurangan sebagai berikut:

Penggunaan Domain Tidak Bisa Langsung atau Instant

Kekurangan pertama adalah penggunaan domain tidak bisa langsung. Hal ini karena pemilik situs harus mendaftar terlebih dahulu dengan menyertakan biodata diri yang lengkap, bahkan copy KTP atau akta notaris pun harus disertakan.

Karena alasan inilah bisa dikatakan penggunaan domain ID lebih ribet dibandingkan domain yang lain sehingga membuat para pemilik situs enggan untuk menggunakannya.

Kesulitan Mendapatkan Rating Tinggi Google

Kelemahan yang kedua ialah kesulitan untuk mendapatkan rating tinggi dari Google. Oleh karena itu, diperlukan usaha pemilik blog untuk menaikkan traffic pengunjung situs dengan cara rajin menulis artikel berkualitas di website.

Jika hal ini tidak dilakukan maka situs akan kalah bersaing dengan situs berdomain sama yang pemiliknya rajin memposting artikel-artikel berkualitas

Bukan tidak mungkin lho, situs yang sudah dibangun dengan susah payah justru terdampar di page paling buntut karena tidak ada viewer yang mengunjunginya.

Maka dari itu, domain ID cenderung lebih layak digunakan oleh pemilik situs yang memang serius mengelola websitenya. 

Pembelian Domain Sangat Ribet

Kekurangan menggunakan domain ID yang selanjutnya adalah pembelian domain sangat ribet. Selain harus menyertakan data-data pribadi, kalian juga harus mengirimkan verifikasi kepada pihak penyedia.

Itu artinya, pemilik situs tidak bisa langsung menggunakan domain tersebut. Pemilik situs mesti menunggu beberapa waktu sampai verifikasi diterima oleh si penyedia domain. Tentu ini sangat ribet sekalipun dilakukan demi kenyamanan dan keamanan.

Domain Masih Belum Populer

Domain ID masih belum populer, bahkan kalah dibandingkan popularitas domain NET, ORG apalagi COM. oleh karena itu, masih banyak pengunjung yang ragu untuk memasuki situs berdomain ID.

Dengan adanya kekurangan ini, situs berdomain ID tidak akan dikunjungi viewer awam atau pemula karena bagi mereka situs yang legal dan kredibel adalah situs yang menggunakan domain .COM.

Jenis-Jenis Ekstensi Domain ID

Domain ID juga memiliki ekstensi tingkat dua (2nd level domain), yaitu:

Domain .AC.ID

Ekstensi domain satu ini digunakan untuk perguruan tinggi. Di Indonesia, perguruan tinggi tersebut harus secara resmi telah terdaftar pada Kementerian Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi, Kementerian Agama atau kementerian lain yang memiliki hak untuk memberikan izin pendidikan ke berbagai universitas.

Domain .SCH.ID

Ekstensi “sch” itu sendiri merupakan singkatan dari school atau sekolah. Domain ini memang diperuntukkan untuk lembaga pendidikan formal dari TK hingga SMA. Namun, ekstensi ini juga bisa dipakai oleh lembaga pendidikan non-formal. Asalkan, lembaga tersebut telah disahkan oleh SKPD (Satuan Kerja Perangkat Daerah) wilayah masing-masing.

Domain .GO.ID

Ekstensi ini khusus digunakan oleh berbagai lembaga atau instansi pemerintah sipil. Makanya, domain .go.id tidak bisa dipakai oleh user reguler. Untuk instansi yang hendak menggunakan domain ini pun perlu mendaftarkan langsung ke situs domain.go.id yang dikelola langsung oleh Kominfo.

Domain .OR.ID

Domain .or.id merupakan ekstensi yang dikhususkan untuk organisasi, komunitas, maupun yayasan tertentu. Untuk bisa menggunakan domain ini, ada beberapa dokumen yang harus dilengkapi, seperti KTP, Akta Notaris atau Surat Keterangan dari Organisasi.

Domain .CO.ID

Termasuk sebagai salah satu ekstensi terpopuler. Domain co.id paling umum digunakan khususnya untuk bidang usaha yang memiliki legalitas hukum dan bergerak di Indonesia. 

Biasanya, para pendaftar yang ingin menggunakan ekstensi ini akan diminta untuk melengkapi beberapa dokumen penting, seperti KTP, salah satu dari AKTA/SIUP/TDP atau Sertifikat Merek. Terutama bila pihak tersebut memang bertujuan untuk mendirikan PT, CV atau firma.

Domain .BIZ.ID

Ekstensi satu ini diperuntukkan bagi kalian yang ingin membangun website bisnis dengan skala yang lebih kecil, misalnya, usaha dagang atau UMKM (Usaha Mikro, Kecil, Menengah).

Domain .MY.ID

Nama “my” menunjukkan bila ekstensi domain ini digunakan untuk kepentingan personal. Makanya, kebanyakan ekstensi domain .my.id seringkali dipakai untuk pengguna yang memiliki blog pribadi.

Domain .WEB.ID

Tidak jauh berbeda dengan .my.id, domain .web.id juga dapat digunakan untuk berbagai jenis website, baik untuk kebutuhan personal maupun institusi. Pendaftarannya pun cukup mudah. Kalian hanya perlu melampirkan salinan KTP saja, kok.

Wah, ternyata banyak juga ya kelebihan yang dimiliki ekstensi domain .ID. Selain semua kelebihan tersebut, memakai domain .ID juga menunjukkan brand dari Indonesia.

Nah, bagi kalian yang ingin menikmati kelebihan domain ID, kalian langsung cek saja ya ke Jetorbit . Selain itu, kami juga menyediakan VPS yang bisa kalian cek di sini.

Have a lovely day

Bermanfaatkah Artikel Ini?

Klik bintang 5 untuk rating!

Rata rata rating 5 / 5. Jumlah rate 1

Yuk Rate 5 Artikel Ini!

We are sorry that this post was not useful for you!

Let us improve this post!

Tell us how we can improve this post?

Tutorial dan Informasi Teknologi - Jetorbit Blog
Kelebihan dan Kekurangan Domain ID yang Wajib Diketahui
Artikel
Kelebihan dan Kekurangan Domain ID yang Wajib Diketahui
Informasi mengenai teknologi dan panduan menggunakan hosting, website dan domain
Punya pemikiran bahwa domain .ID tidak menjual bahkan kurang handal? Okay, baca yuk Kelebihan dan Kekurangan Domain ID yang Wajib Diketahui
Author Name
Publisher Name
Jetorbit
Publisher Logo
You might also like