Jenis Protokol Jaringan dan Penggunaannya

Sharing is caring!

Dalam dunia teknologi, ada sejumlah besar pengguna yang berkomunikasi dengan perangkat yang berbeda dalam berbagai bahasa. Hal itu juga mencakup banyak cara yang mana mereka mengirimkan data bersama dengan berbagai software yang mereka implementasikan. Yuk ketahui selengkapnya dengan membaca Jenis Protokol Jaringan dan Penggunaannya

Kita berbicara tentang “protokol” yang merupakan seperangkat aturan yang membantu mengatur cara teknologi tertentu akan berfungsi untuk komunikasi. Dapat dikatakan bahwa protokol adalah bahasa digital yang diimplementasikan dalam bentuk algoritma jaringan.

Jenis Protokol

Ada berbagai jenis protokol yang mendukung peran utama dalam berkomunikasi dengan berbagai perangkat di seluruh jaringan, yaitu:

  • Transmission Control Protocol¬† (TCP)

Transmission Control Protocol (TCP) adalah protokol komunikasi populer yang digunakan untuk berkomunikasi melalui jaringan. TCP membagi setiap pesan menjadi serangkaian paket yang dikirim dari sumber ke tujuan dan di sana ia dipasang kembali di tujuan.

  • Internet Protocol (IP)

Internet Protocol (IP) dirancang secara eksplisit sebagai addressing protocol. Sebagian besar digunakan dengan TCP. Alamat IP dalam paket membantu dalam routing melalui berbagai nodes dalam jaringan hingga mencapai sistem tujuan. TCP/IP adalah protokol paling populer yang menghubungkan jaringan.

  • User Datagram Protocol (UDP)

User Datagram Protocol (UDP) adalah protokol komunikasi pengganti untuk Transmission Control Protocol yang diimplementasikan, terutama untuk membuat linking yang loss-tolerating dan low-latency antara berbagai aplikasi.

  • Post office Protocol (POP)

POP3 dirancang untuk menerima email masuk.

  • Simple mail transport Protocol (SMTP)

Simple mail transport Protocol (SMTP) dirancang untuk mengirim dan mendistribusikan email keluar.

  • File Transfer Protocol (FTP)

File Transfer Protocol (FTP) memungkinkan pengguna untuk mentransfer file dari satu mesin ke komputer lain. Jenis file bisa termasuk file program, file multimedia, file berupa teks, dokumen, dan lain-lain.

  • Hyper Text Transfer Protocol (HTTP)

Hyper Text Transfer Protocol (HTTP): HTTP dirancang untuk mentransfer hypertext di antara dua atau lebih sistem. Tag HTML digunakan untuk membuat tautan (links). Tautan ini dapat dalam bentuk apapun, seperti teks atau gambar. HTTP dirancang berdasarkan prinsip Client-server yang memungkinkan client system untuk membuat koneksi dengan mesin server untuk membuat permintaan. Server mengakui permintaan yang diinisiasi oleh klien dan meresponsnya.

  • Hyper Text Transfer Protocol Secure (HTTPS)

Hyper Text Transfer Protocol Secure (HTTPS) adalah protokol standar untuk mengamankan komunikasi antara dua computer, satu menggunakan browser dan mengambil data lainnya dari web server. HTTP digunakan untuk mentransfer data antara browser klien (request) dan web server (response) dalam format hypertext, sama dalam kasus HTTPS kecuali transfer data dilakukan dalam format terenkripsi. Jadi dapat dikatakan bahwa HTTPS menggagalkan para peretas dari interpretasi atau modifikasi data sepanjang transfer paket.

  • Telnet

Telnet adalah seperangkat aturan yang dirancang untuk menghubungkan satu sistem dengan sistem yang lain. Proses connecting di sini disebut sebagai remote login. Sistem yang meminta koneksi adalah local computer dan sistem yang menerima koneksi adalah remote computer.

  • Gopher

Gopher adalah kumpulan aturan yang diterapkan untuk mencari, mengambil serta menampilkan dokumen dari situs yang terisolasi. Gopher juga bekerja berdasarkan prinsip server/klien.

Beberapa Protokol Lain

Beberapa protokol populer lainnya bertindak sebagai co-functioning protocols yang terkait dengan protokol utama untuk core functioning. Beberapa protocol lainnya adalah sebagai berikut:

  • ARP (Address Resolution Protocol)
  • DHCP (Dynamic Host Configuration Protocol)
  • IMAP4 (Internet Message Access Protocol)
  • SIP (Session Initiation Protocol)
  • RTP (Real-Time Transport Protocol)
  • RLP (Resource Location Protocol)
  • RAP (Route Access Protocol)
  • L2TP (Layer Two Tunnelling Protocol)
  • PPTP (Point To Point Tunnelling Protocol)
  • SNMP (Simple Network Management Protocol)
  • TFTP (Trivial File Transfer Protocol)

Bagi Anda yang masih bingung bagaimana cara membuat website, tenang saja. Kami punya solusinya. Anda bisa langsung cek ke Jetorbit guna memenuhi kebutuhan pembuatan website Anda. Selain itu, kami juga menyediakan VPS dan bisa Anda cek di sini.

Tidak hanya pembuatan website saja namun Jetorbit juga dapat membantu Anda untuk membuat aplikasi.

Bermanfaatkah Artikel Ini?

Klik bintang 5 untuk rating!

Rata rata rating 5 / 5. Jumlah rate 1

Yuk Rate 5 Artikel Ini!

We are sorry that this post was not useful for you!

Let us improve this post!

Tell us how we can improve this post?

Tutorial dan Informasi Teknologi - Jetorbit Blog
Jenis Protokol Jaringan dan Penggunaannya
Artikel
Jenis Protokol Jaringan dan Penggunaannya
Informasi mengenai teknologi dan panduan menggunakan hosting, website dan domain
Ada sejumlah besar pengguna yang berkomunikasi dengan perangkat yang berbeda dalam berbagai bahasa. Yuk baca Jenis Protokol Jaringan dan Penggunaannya
Silvia
Publisher Name
Jetorbit
Publisher Logo

Leave a Comment