Google Sedang Menghentikan CPA dan ROAS

Sharing is caring!

2 strategi penawaran otomatis tertua Google, CPA Target dan ROAS Target, tidaklah asing bagi kita yang menggunakan campaign dengan Google. Benar, seperti yang diumumkan secara diam-diam di blog pengembangnya, mulai musim semi ini Google akan beralih dari CPA Target dan ROAS Target sebagai opsi saat memilih strategi penawaran di settingan tingkat campaign kalian. Yuk baca sampai selesai Google Sedang Menghentikan CPA dan ROAS

cpa-dan-roas-1

Apa Itu CPA dan ROAS?

Kedua strategi penawaran otomatis ini menggunakan machine learning untuk mengoptimalkan tawaran kalian berdasarkan sasaran yang kalian tetapkan: masing-masing Target Cost Per Acquisition atau Return On Ad Spend yang ideal. Dengan strategi ini, pada dasarnya kalian bisa mengatakan “Oke, Google, ambil anggaran saya dan tawar apapun yang kamu butuhkan untuk menawar, agar saya mendapatkan konversi sebanyak mungkin dengan biaya termurah atau persentase pengembalian setinggi mungkin.”

cpa-dan-roas-2

Ini menguntungkan jika kalian mencoba mendapatkan hasil maksimal dalam hal biaya per konversi atau jika kalian merupakan akun ecommerce dengan pelacakan pendapatan yang disiapkan untuk fokus besar pada ROI.

Kekurangan CPA dan ROAS

Meskipun CPA dan ROAS adalah 2 strategi penawaran otomatis tertua di Google Ads, tetap saja memiliki kekurangan, yaitu:

Pemantauan Konstan

Meskipun menyenangkan dapat memilih target, hal ini juga berarti kalian harus terus memeriksa dan menyesuaikan kembali CPA target atau target ROAS agar selaras dengan metrik kinerja campaign kalian saat ini.

Dalam hal periklanan yang ideal, kita semua ingin membidik dengan CPA setara $1,00 atau ROAS 900%, tetapi jika kalian menetapkan target terlalu jauh dari posisi kalian saat ini, Google akan mencoba mencari tahu bagaimana agar dapat menawar cukup rendah untuk menghasilkan CPA $1,00. Apakah ini cukup menyebalkan bagi kalian?

Apa Sajakah Alternatif CPA dan ROAS?

Seperti yang disebutkan, perubahan ini akan dilakukan secara bertahap dengan pemberitahuan beberapa bulan sehingga kalian masih akan melihat CPA dan ROAS sebagai opsi untuk saat ini.

Poin yang akan berbeda adalah Max Conversions sekarang akan memiliki setting target CPA di bawahnya seperti yang dilakukan Google dengan CPA. Selain itu, Max Conversions Value akan memiliki opsi di bawahnya untuk ikut serta mengoptimalkan ROAS target, seperti halnya ROAS lama.

cpa-dan-roas-3

Apakah Ada yang Perlu Dikhawatirkan Terkait Akun Kita?

Jawaban singkatnya adalah tidak dan inilah alasannya:

Tidak perlu tindakan apapun

Menurut Google, tidak ada tindakan yang diperlukan saat ini. Untuk campaign di akun kalian yang sudah menggunakan salah satu dari dua strategi lawas ini, sebenarnya kalian bebas untuk melanjutkan iklan seperti biasa, tidak harus menunggu untuk mendengar kapan tepatnya CPA dan ROAS akan hilang sama sekali.

Campaign Kalian Akan Dikonversi oleh Google

Google juga telah berjanji akan mengkonversi campaign CPA dan ROAS untuk kalian, menjadi Max Conversions atau Max Conversion Value dengan target CPA atau ROAS yang diwariskan, yang sesuai tentunya.

Performa Tidak Akan Terpengaruh

Google menyatakan bahwa kinerja iklan tidak akan terpengaruh oleh peralihan ini. Oleh karena itu, kalian tidak perlu khawatir terkait kualitas campaign kalian melalui Algorithmic Learning Period.

Bagaimana Saya Dapat Memanfaatkan Perubahan Ini Semaksimal Mungkin?

Meskipun CPA dan ROAS masih tersedia, kita tahu bahwa keduanya pada akhirnya akan dihilangkan.

Kita juga tahu bahwa kita tidak ingin mengubah strategi penawaran setiap minggu, bahkan setiap bulan karena strategi tersebut membutuhkan waktu untuk ditingkatkan. Namun dengan perubahan ini, ada beberapa hal yang dapat kita lakukan untuk menguntungkan campaign kita:

  • Jangan pindahkan penawaran pada campaign CPA atau ROAS manapun yang belum kita sukai untuk mengubahnya. Strategi ini masih akan menjadi pilihan di masa mendatang.
  • Identifikasi campaign berkinerja rendah yang saat ini ada di CPA atau ROAS yang ingin kita rencanakan untuk dialihkan ke Max Conversions atau Max Conversion Value setelah opsi tersedia.
  • Manfaatkan ini sebagai kesempatan untuk memeriksa strategi penawaran di seluruh akun kita. Tentunya ini selalu baik untuk mengevaluasi kembali tujuan kita saat ini, sehubungan dengan metrik kita saat ini. Ajukan pertanyaan kepada diri kita sendiri, seperti “Apakah saya benar-benar ingin campaign di Max Clicks tetap dioptimalkan untuk Clicks atau apakah saya memiliki data konversi historis yang cukup untuk mencoba Max Conversions?”
  • Jika kita tidak menggunakan CPA atau ROAS sama sekali, jangan biarkan perubahan ini hilang begitu saja. Sekarang saat yang tepat untuk mengidentifikasi peluang lain selain menggunakan CPA atau ROAS. Kalian bisa beralih ke ke Max Conversions yang baru dengan CPA atau Max Conversion Value dengan ROAS karena ini adalah opsi baru untuk pengoptimalan lebih lanjut.

Gimana Guys, apakah sudah bisa dipahami terkait CPA dan ROAS yang sedang diberhentikan oleh Google? Kalian sendiri nih, ada pendapat atau komentar apa terkait hal di atas? Tulis yuk di kolom komentar 🙂

Hosting murah bisa didapatkan di Jetorbit tanpa mengurangi kualitas. Jetorbit selalu mengedepankan rasa puas klien dan tercapainya tujuan serta kesuksesan dari website yang ada di dalam Jetorbit. Berbagai macam pilihan web hosting berkualitas bisa kalian coba. Selain itu, kami juga menyediakan VPS dan bisa kalian cek di sini.

Bermanfaatkah Artikel Ini?

Klik bintang 5 untuk rating!

Rata rata rating 5 / 5. Jumlah rate 1

Yuk Rate 5 Artikel Ini!

We are sorry that this post was not useful for you!

Let us improve this post!

Tell us how we can improve this post?

Tutorial dan Informasi Teknologi - Jetorbit Blog
Google Sedang Menghentikan CPA dan ROAS
Artikel
Google Sedang Menghentikan CPA dan ROAS
Informasi mengenai teknologi dan panduan menggunakan hosting, website dan domain
Google beralih dari CPA Target dan ROAS Target sebagai opsi saat memilih strategi penawaran. Yuk baca Google Sedang Menghentikan CPA dan ROAS
Silvia
Publisher Name
Jetorbit
Publisher Logo

Leave a Comment