kesalahan-umum-seo

10 Kesalahan Umum SEO untuk Bisnis Kecil yang Harus Dihindari

Sharing is caring!

Hanya 30 persen pemilik bisnis kecil yang mengatakan bahwa mereka memiliki strategi SEO. Mereka mungkin saja berpikir bahwa SEO tidak terlalu penting. Apakah karena dianggap tidak terlalu penting lalu SEO layak kita acuhkan? Kami rasa tidak. Baiklah, kita cari tahu lebih detail yuk terkait 10 Kesalahan Umum SEO untuk Bisnis Kecil yang Harus Dihindari

Kesalahan dengan SEO merupakan salah satu alasan utama orang tidak dapat melihat hasil yang mereka inginkan. Sebaliknya, para pemimpin bisnis justru mungkin percaya bahwa SEO “tidak berfungsi” sama sekali atau memutuskan untuk tidak berinvestasi di dalamnya.

Baiklah, mari kita waspadai bersama kesalahan umum SEO berikut ini dan kita akan segera membuat strategi SEO yang efektif.

10 Kesalahan Umum SEO

Meleset  dari Sasaran dengan Keyword

Di masa lalu, optimisasi mesin pencari tidak lebih dari memilih keyword lalu menjalankannya. Makin ke sini, mesin pencari menjadi lebih canggih, demikian juga dengan SEO.

Beberapa orang akan memberitahu kalian keyword yang keluar tapi mereka masih memainkan peran penting dalam SEO yang baik. Triknya adalah menggunakannya dengan cara yang benar.

Salah satu kuncinya adalah memilih keyword yang kuat. Pastikan untuk melakukan riset terkait hal tersebut sehingga kalian dapat menentukan peringkat untuk istilah yang sebenarnya ditelusuri oleh pelanggan kalian. Kalian mungkin ingin agar mereka mencari nama brand dagang produk kalian tetapi mereka lebih cenderung melakukan penelusuran umum.

Kalian juga akan ingin mencari long-tail keyword dan frase pencarian. 

Keyword yang negatif juga dapat berperan dalam menentukan peringkat kalian. Selain itu, mengawasi persaingan juga merupakan hal penting.

Terakhir, pastikan kalian menghindari keyword stuffing (penjejalan keyword). Menggunakan keyword terlalu sering hampir menjamin SEO kalian tidak akan berfungsi.

Mengabaikan SEO Teknis

Orang yang mengatakan SEO telah berpindah dari keyword sebenarnya memang tidak salah secara teknis. SEO saat ini jauh lebih kompleks dan mempertimbangkan lebih dari sekadar keyword.

Berikut ini beberapa aspek fokus SEO saat ini pada teknis, ini mencakup fitur-fitur seperti:

  • Keamanan
  • Kecepatan situs 
  • Optimasi gambar
  • Markup skema

Dengan meningkatkan keamanan atau kecepatan situs, kalian sama saja dengan memberikan pengalaman yang lebih baik kepada pengunjung situs. Hal tersebut, ada gilirannya akan mempengaruhi peringkat SEO kalian karena Google ingin mengarahkan pengguna ke situs yang memang memberikan pengalaman yang baik.

Title Tags yang Hilang dan Meta Descriptions

Salah satu kesalahan paling umum dengan SEO adalah tidak memberikan tag judul dan deskripsi meta. Mengapa informasi ini begitu penting?

Tag judul dan deskripsi meta adalah bagian dari metadata konten kalian. Informasi ini memberitahu crawler mesin telusur tentang konten tersebut. Saat kalian memberikan tag judul dan deskripsi meta, Google kemungkinan besar akan memberi peringkat halaman kalian lebih tinggi untuk jenis penelusuran yang “benar”.

Sekilas tampak seperti pekerjaan ekstra untuk menyediakan data ini tetapi ini adalah tugas yang sangat cepat yang mana dapat meningkatkan SEO kalian.

Berfokus Hanya pada On-Site SEO

Google tidak terlalu memperhatikan media sosial tetapi memperhitungkan algoritma. Hasil YouTube sangatlah penting bagi Google dan Bing juga lebih menekankan pada media sosial dalam peringkatnya.

Selain itu, Google juga memperhatikan laman Google My Business milik kalian sehingga ada baiknya untuk menyiapkan dan menjaganya agar tetap mutakhir. 

Terakhir, kalian juga dapat mempengaruhi Google snippet dan deskripsi halaman dengan memberikan deskripsi meta.

Menghubungkan Kesalahan dengan SEO

Menautkan (linking) adalah pokok SEO tetapi juga merupakan salah satu area paling umum untuk membuat kesalahan. Tidak memiliki tautan juga merupakan masalah, seperti halnya memiliki tautan yang terlalu sedikit.

Tautan internal dan tautan eksternal, keduanya memang penting untuk konten kalian. Area yang difokuskan kebanyakan orang adalah inbound links, yang mana merupakan backlink dari situs lain. Google memberi peringkat ini berdasarkan otoritas sehingga ada baiknya untuk mencoba dan mendapatkan tautan dari situs yang dihormati.

Menggunakan tautan yang tepat dan mendapatkan backlink berkualitas tinggi adalah strategi yang jauh lebih baik.

Tidak Mengoptimalkan Pencarian Lokal dan Seluler

Dengan semakin banyaknya orang yang menggunakan perangkat seluler, kuncinya adalah mengoptimalkan konten untuk perangkat ini. Google sekarang menggunakan peringkat mobile-first sehingga mobile-ready sangat penting untuk SEO kalian.

Aspek lain dari perpindahan ke seluler adalah munculnya penelusuran lokal. Orang-orang bisa melakukan penelusuran saat dalam perjalanan sehingga mereka mencari bisnis lokal. Hasilnya, mereka melakukan lebih banyak penelusuran “near-me.”

Hal itu adalah peluang besar bagi sebagian besar pemilik bisnis kecil. Mengoptimalkan SEO lokal adalah langkah cerdas untuk setiap pemimpin bisnis.

Tidak Menempel pada Jadwal

Kalian tentu pernah mendengar tentang pentingnya menyediakan konten yang berkualitas. Kalian juga tahu bahwa perlu waktu untuk membuat postingan atau video blog yang berkualitas.

Mencoba mengikuti jadwal bisa jadi lebih sulit untuk dilakukan namun posting blog biasa atau jadwal untuk posting video penting bagi SEO dan audiens kalian.

Internet adalah tempat yang besar, dengan miliaran situs. Jika kalian tidak memperbarui konten kalian secara teratur, orang-orang cenderung lupa untuk menghubungi kalian.

Mesin pencari juga menyukai konten yang “fresh” karena beberapa alasan. Ini memastikan mereka untuk mengirim pengguna ke suatu tempat dengan informasi terkini. Hal ini juga berarti kalian cenderung masih dalam bisnis dan dapat menanggapi pertanyaan lebih lanjut yang dimiliki oleh pengguna.

Hal ini membuat pengalaman yang jauh lebih baik bagi audiens kalian. Selain itu, juga membuat mereka tetap terlibat dan terhibur. Jika memungkinkan, patuhilah jadwal.

Menulis untuk Robot

Salah satu kesalahan SEO terbesar dari semuanya adalah melupakan untuk siapa kalian sebenarnya menulis. Banyak pembuat konten fokus untuk memenuhi persyaratan algoritma mesin pencari.

Namun, jika kalian melihat evolusi algoritma Google, kalian akan melihat pola yang umum: Google mengubah algoritma agar lebih mencerminkan apa yang ingin dilihat penggunanya di suatu laman.

Pada akhirnya, kalian tentu masih menulis untuk para pembaca yang sangat manusiawi. Google menyukai konten yang lebih panjang karena konten berbentuk panjang lebih cenderung memberikan jawaban yang komprehensif.

Persyaratan Google untuk kecepatan situs juga berasal dari preferensi pengguna. Pengguna cenderung meninggalkan situs yang membutuhkan waktu lebih dari dua detik untuk dimuat. Google menuntut situs yang cepat karena audiens kalian menuntut situs yang cepat.

Ingatlah selalu poin tersebut ketika kalian membuat konten SEO. Kalian harus mengetahui faktor-faktor berbeda yang digunakan untuk mengoptimalkan sebuah artikel untuk mesin pencari. Namun, audiens kalian tetaplah orang-orang yang mengunjungi situs kalian sehingga pastikan kalian memang menyediakan konten yang menjawab pertanyaan mereka.

Tertinggal di SEO Trends

Jika SEO adalah bagian dari strategi pemasaran digital kalian maka salah satu hal terpenting adalah selalu mengikuti perkembangan. Jika kalian menggunakan taktik SEO dari dua atau tiga tahun lalu, kalian mungkin menemukan keberhasilan kalian terbatas. Hal itu dikarenakan SEO harus terus berkembang. 

Oleh karena itu, penting untuk selalu mengikuti perkembangan tren terkini. Salah satu cara untuk melakukannya adalah dengan menggunakan teknologi. Tim di balik plugin SEO akan bekerja keras untuk menjaga plugin tetap terkini dengan perubahan algoritma.

Lupa Mengukur Metrik

Kalian tidak akan pernah melihat manfaat SEO jika kalian tidak memperhitungkan matriksnya. Apakah strategi SEO kalian berhasil atau tidak? Sulit untuk menjawab pertanyaan tersebut dengan mengatakannya tanpa angka di tangan.

Meskipun tujuannya adalah untuk memberi peringkat konten kalian lebih tinggi di hasil mesin telusur, tentu ada metrik lain yang ingin kalian tonton. Peningkatan traffic mungkin salah satunya.

Dengan mengukur metrik, kalian dapat membuktikan bahwa SEO memang berfungsi. Dari situ, kalian bisa terus meningkatkan strategi kalian.

Nah, jadi itu Guys 10 kesalahan umum SEO yang harus kalian hindari. Sharing yuk, barangkali kalian pernah melakukan salah satu dari 10 kesalahan tersebut dan bagaimana kalian mengatasinya 🙂

Bagi kalian yang masih bingung bagaimana cara membuat website, tenang saja. Kami punya solusinya. Kalian bisa langsung cek ke Jetorbit guna memenuhi kebutuhan pembuatan website kalian. Selain itu, kami juga menyediakan VPS dan bisa kalian cek di sini.

Bermanfaatkah Artikel Ini?

Klik bintang 5 untuk rating!

Rata rata rating 5 / 5. Jumlah rate 1

Yuk Rate 5 Artikel Ini!

We are sorry that this post was not useful for you!

Let us improve this post!

Tell us how we can improve this post?

Tutorial dan Informasi Teknologi - Jetorbit Blog
10 Kesalahan Umum SEO untuk Bisnis Kecil yang Harus Dihindari
Artikel
10 Kesalahan Umum SEO untuk Bisnis Kecil yang Harus Dihindari
Informasi mengenai teknologi dan panduan menggunakan hosting, website dan domain
Apakah karena dianggap tidak terlalu penting lalu SEO layak diacuhkan? Yuk baca 10 Kesalahan Umum SEO untuk Bisnis Kecil yang Harus Dihindari
Silvia
Publisher Name
Jetorbit
Publisher Logo