google analytics 4

Masih belum paham tentang Google Analytics 4? Waahh, kalian tidak salah mampir! Artikel ini tepat untuk kalian yang ingin tahu fungsi, kelebihan, dan cara pasang Google Analytics 4. Okay, langsung simak Yuk Ketahui tentang Google Analytics 4 untuk Menganalisis Website Kalian.!

Apa Itu Google Analytics?

Google Analytics adalah layanan analitik berbasis web yang menyediakan statistik dan alat analitik dasar untuk pengoptimalan Search Engine Optimization (SEO) dan tujuan dari pemasaran. Oia, layanan ini tersedia gratis loh bagi siapa saja yang memiliki akun Google. 

Google Analytics digunakan untuk melacak kinerja website dan mengumpulkan data behavior pengunjung website. FYI, hal ini dapat membantu organisasi atau perusahaan dalam menentukan sumber traffic pengguna yang tepat, mengukur keberhasilan aktivitas serta kampanye pemasaran, melacak penyelesaian sasaran atau conversion, menemukan pola serta tren dalam keterlibatan pengguna, dan memperoleh informasi pengunjung lainnya. 

Cara Kerja Google Analytics

Google Analytics memperoleh data pengguna dari setiap pengunjung website melalui penggunaan tag halaman. Tag halaman JavaScript dimasukkan ke dalam kode setiap halaman. Tag ini berjalan di browser web setiap pengunjung, mengumpulkan data, dan mengirimkannya ke salah satu server pengumpulan data Google. 

Si Google Analytics ini dapat membuat laporan yang mana dapat disesuaikan untuk melacak dan memvisualisasikan data, seperti jumlah pengguna, bounce rate, durasi sesi rata-rata, tampilan halaman, pencapaian sasaran, dan lain-lain.

Tag halaman berfungsi sebagai bug web, artinya untuk mengumpulkan informasi pengunjung. Namun, karena bergantung pada cookie, sistem tidak dapat mengumpulkan data pengguna yang telah menonaktifkannya.

Oia, Google Analytics juga menyertakan fitur yang dapat membantu pengguna mengidentifikasi tren dan pola dalam cara pengunjung berinteraksi dengan website mereka. Fitur ini memungkinkan pengumpulan, analisis, pemantauan, visualisasi, pelaporan, dan integrasi data dengan aplikasi lain.

Fitur-fitur tersebut adalah: 

  • Alat visualisasi dan pemantauan data, termasuk dashboard, card score, dan diagram gerak yang menampilkan perubahan data dari waktu ke waktu. 
  • Penyaringan atau filter data, manipulasi dan analisis corong.
  • Pengumpulan data Application Program Interface (API). 
  • Analitik prediktif, intelijen, dan deteksi anomali. 
  • Segmentasi untuk analisis himpunan bagian, seperti conversion
  • Laporan khusus untuk iklan, akuisisi, perilaku audiens, dan conversion
  • Berbagi dan komunikasi berbasis email. 
  • Integrasi dengan produk lain, termasuk Google Ads, Google Data Studio, Salesforce Marketing Cloud, Google AdSense, Google Optimize 360, Google Search Ads 360, Google Display & Video 360, Google Ad Manager, dan Google Search Console. 

Ada yang perlu kalian ketahui nih bahwa di dalam dashboard Google Analytics, pengguna dapat menyimpan profil untuk beberapa website dan melihat detail untuk kategori default atau memilih metrik khusus untuk ditampilkan di setiap situs. Dashboard dapat kalian lihat di situs Google Analytics dan tersedia melalui widget atau plugin untuk disematkan ke situs lain. 

Versi Google Analytics

Saat ini Google Analytics yang banyak digunakan adalah versi Universal. Namun, Google berencana untuk memindahkan service-nya menuju Google Analytics 4. Google Analytics 4 adalah versi terbaru dari Google Analytics.

Wahh, kalian mesti tahu nih perbedaan versi ini dan mulai banyak mempelajari seluk-beluk Google Analytics 4 yang mana ke depannya akan menjadi tools utama analitik yang disediakan oleh Google.

Kapan Sih Google Analytics 4 (GA 4) Resmi Diluncurkan? 

Google sebenarnya sudah meluncurkan GA 4 pada Oktober 2020. Jika kalian belum menggunakan GA 4, masih punya waktu hingga 1 Juli 2023 kok untuk beralih dan kalian tidak perlu langsung beralih sepenuhnya. 

Eitss, kalian dapat membuat properti GA 4 dan membiarkannya berjalan paralel dengan properti Universal Analytics (UA) yang sedang kalian jalankan. Google akan mengizinkanmu melihat laporan Universal Analytics untuk beberapa bulan lagi setelah tanggal 1 Juli. Nah, baru setelah itu Universal Analytics akan dihentikan seluruhnya.

Ada kemungkinan kalian tidak akan dapat mengakses data yang telah dikumpulkan sebelumnya setelah titik ini. Jadi, jika kalian mulai menggunakan GA 4 sekarang, kalian tak perlu khawatir kehilangan data saat waktunya tiba.

Kelebihan Google Analytics 4 

Berikut ini beberapa kelebihan Google Analytics 4: 

  • Dibangun dengan mempertimbangkan privasi. 
  • Pelacakan peristiwa otomatis. Kalian dapat melacak banyak event hanya dengan mengaktifkannya di pengaturan. 
  • Laporan, UI, dan navigasi diperbarui sehingga perlu meluangkan waktu untuk membiasakan diri dengannya. 
  • Penyiapan pelacakan lintas-domain yang mudah.
  • Dapat berbuat lebih banyak dalam hal segmentasi pelanggan berkat model data baru. 
  • Mengurangi beban di server Google. Ini sih berita bagus bagi marketer karena kalian akan menemukan pengambilan sampel data menjadi sedikit lebih cepat.
  • Terintegrasi lebih baik dengan iklan Google. Hal ini berkat kemampuan segmentasi pelanggan yang disempurnakan. 
  • Kemampuan pelacakan lintas perangkat dan lintas platform. GA 4 dapat menggunakan machine learning untuk mengisi celah data yang terjadi pada pelacakan lintas perangkat dan lintas platform. Semua fitur ini digabungkan satu sama lain dengan tujuan membantu bisnis dalam memetakan perjalanan pelanggan dengan lebih baik. 
  • Fitur machine learning menyediakan metrik prediktif, termasuk probabilitas pembelian, prediksi pendapatan, dan probabilitas churn. Kalian dapat menggunakan prediksi ini untuk membuat kampanye bertarget dan meningkatkan kemungkinan konversi. 

Fungsi Google Analytics 4 

Fungsi Google Analytics 4 ini adalah membantu pemilik website untuk mengetahui behavior hingga demografi pengunjung website yang landing.

Nah, berikut ini beberapa fungsi dari Google Analytics 4 yang baru dan berbeda dari Google Analytics Universal alias versi lama:

  • Artificial Intelligence. Misalnya kalian bisa melakukan prediksi hasil, seperti churn rate dan revenue.
  • Integrasi Google Ads. ini bisa digunakan untuk melakukan retargeting saat melakukan pemasaran.
  • Customer lifecycle-framed reporting. Fungsinya adalah untuk menyajikan data yang menitikberatkan pada customer journey.
  • Event Tracking. Ketahui CTA mana yang diinteraksikan oleh user.

Cara Pasang Google Analytics 4 

Hmmm, bisa dibilang cara pasang Google Analytics 4 ini susah-susah gampang, ya. Santuy, bagi yang sudah memiliki dan menggunakan Google Analytics Universal, ini adalah perkara yang mudah, kok.

Berikut ini cara pasang Google Analytics 4: 

google analytics 4
  • Pilih account dan property yang diinginkan lalu klik GA4 Setup Assistant.
GA 4
  • Klik Get Started
get started
  • Klik Create Property
create property

Sudah Yakin Bahwa Performa Website Kalian Sudah Baik?

Nah, sebagai pemilik website nih, tentu memiliki website dengan performa yang baik merupakan suatu keharusan. Karena dengan website, diharapkan mampu menunjang bisnis yang kalian jalankan. Makanya, untuk terus melakukan kontrol terhadap performa website, kalian dapat menggunakan Google Analytics 4.

Yuk mulai gunakan Google Analytics dan buat website kalian lebih berkesan.!

Bermanfaatkah Artikel Ini?

Klik bintang 5 untuk rating!

Rata rata rating 0 / 5. Jumlah rate 0

Yuk Rate 5 Artikel Ini!

We are sorry that this post was not useful for you!

Let us improve this post!

Tell us how we can improve this post?

Bagikan:

Leave a Comment