Cara Mengecek Pemilik Domain Sebuah Website

Sharing is caring!

Kalian tentunya paham bahwa memang harus membuat website semenarik mungkin, dengan kredibilitas tinggi agar lebih dipercaya oleh calon pembeli. Setuju kan? Anyway, kalian pernah cek pemilik sebuah website kah? Caranya sangat mudah kok, bahkan bisa dilakukan oleh orang awam asalkan memiliki gadget dan koneksi internet. Oke, baca yuk Cara Mengecek Pemilik Domain Website

Tujuan Cek Pemilik Domain

Ada banyak alasan atau tujuan cek pemilik domain. Secara umum, beberapa tujuannya sebagai berikut:

  1. Ingin menghubungi pemilik website untuk menawarkan kerjasama.
  2. Sebagai langkah verifikasi apakah website dikelola oleh perseorangan atau badan usaha.
  3. Langkah antisipasi agar terhindar dari penipuan.
  4. Ingin mengetahui usia domain dan tanggal registrasi.

Data Pemilik Domain yang Bisa Dilihat Lewat Whois

Berikut ini merupakan rincian data dan informasi dari nama domain suatu website yang bisa dilihat melalui situs Whois domain lookup:

Domain Information

mengecek-pemilik-domain-1

Domain information menjadi informasi kunci yang bisa digunakan untuk mengetahui tanggal registrasi serta tanggal expired domain. Selain itu, ada pula informasi registrar yang digunakan untuk mendaftarkan domain, status transfer, serta nameserver.

Registrant Contact

mengecek-pemilik-domain-2

Informasi soal registrar biasanya disembunyikan oleh perusahaan terkait. Namun, informasi ini sendiri tidak terlalu bermanfaat bagi blogger atau pemilik brand karena tidak berhubungan langsung dengan informasi sang pemilik domain.

Administrative Contact

Pada bagian ini, data yang disajikan kurang lebih sama seperti yang ditampilkan dalam registrant contact, yakni meliputi nama, alamat lengkap, serta jenis badan usaha yang digunakan.

Technical Contact

mengecek-pemilik-domain-3

Kalian bisa melihat informasi kontak jika domain mengalami kendala. Pada bagian ini biasanya memuat nama, organisasi, alamat lengkap, nomor telepon, serta email yang bisa dihubungi.

Raw Whois Data

Raw whois data bisa dibilang sebagai rangkuman dari semua informasi pemilik domain yang bisa ditampilkan. Kalian bisa langsung menggunakan rujukan informasi dari Raw whois data jika ingin mengetahui pemilik domain suatu website asalkan informasinya tidak di proteksi.

Rekomendasi Website untuk Cek Pemilik Domain

Ada banyak website yang bisa kalian gunakan untuk cek pemilik domain:

Tutorial Cara Cek Pemilik Domain via Whois

Untuk melakukan cek pemilik domain serta ketersediaannya, kalian bisa mengikuti langkah-langkah berikut ini:

  1. Pertama, pastikan kalian sudah mengetahui nama domain yang ingin dicek informasinya.
  2. Buka website whois.com
  3. Masukkan nama domain yang ingin dicek status kepemilikannya ke dalam kolom yang sudah disediakan. Letak kolom ini berada di pojok kanan atas, lengkap dengan tulisan Whois.
  4. Tekan enter atau klik pada tombol WHOIS.
  5. Informasi pemilik domain sudah bisa dilihat, dengan catatan sang pemilik domain tidak mengaktifkan fitur Whois protection untuk melindungi privasi brand.
  6. Selesai.

Selanjutnya dari data Whois tersebut, kalian bisa menggunakannya untuk menghubungi pemilik website atau untuk keperluan lainnya dan tentunya sesuai kebutuhan kalian.

Gimana, udah mencoba cek domain kalian sendiri, Guys? Atau, cek domain milik orang lain? Silakan gunakan informasi tersebut sesuai kebutuhan kalian ya 🙂
Bagi Anda yang masih bingung bagaimana cara membuat website, tenang saja. Kami punya solusinya. Anda bisa langsung cek ke Jetorbit guna memenuhi kebutuhan pembuatan website Anda. Selain itu, kami juga menyediakan VPS dan bisa Anda cek di sini.

Bermanfaatkah Artikel Ini?

Klik bintang 5 untuk rating!

Rata rata rating 5 / 5. Jumlah rate 1

Yuk Rate 5 Artikel Ini!

We are sorry that this post was not useful for you!

Let us improve this post!

Tell us how we can improve this post?

Tutorial dan Informasi Teknologi - Jetorbit Blog
Cara Mengecek Pemilik Domain Sebuah Website
Artikel
Cara Mengecek Pemilik Domain Sebuah Website
Informasi mengenai teknologi dan panduan menggunakan hosting, website dan domain
Anyway, kalian pernah cek pemilik sebuah website kah? Caranya sangat mudah kok, Oke, baca yuk Cara Mengecek Pemilik Domain Website
Silvia
Publisher Name
Jetorbit
Publisher Logo

Leave a Comment