Cara Membuat Web Stories di WordPress

Sharing is caring!

Sekarang kalian tidak hanya bisa membuat story di media sosial lho. Nah, kabar gembira untuk kalian! Google telah menghadirkan Web Stories versi website WordPress. Web Stories mengadopsi AMP atau teknologi untuk mempercepat kecepatan page load sehingga tidak mengganggu performa website. Oke, yuk baca Cara Membuat Web Stories di WordPress

Apa Itu Web Stories?

Web Stories adalah format konten yang telah dipopulerkan oleh Facebook dan Instagram Stories. Jenis konten ini menggunakan campuran visual dan teks untuk menciptakan pengalaman bercerita yang baru.

Jadi Google Web Stories ini merupakan bentuk konten baru dari Accelerated Mobile Pages (AMP) untuk dikonsumsi dalam potongan kecil. Untuk setiap halaman maksimal menampung 10 kata saja dan ukuran Web Stories yang disarankan, yaitu sekitar 4 sampai 30 halaman.

Web Stories sangatlah cocok untuk pengguna seluler dan memang ditujukan untuk perangkat seluler yang ingin melihat konten secara sekilas. Bahkan, saat ini Google sudah merilis plugin Web Stories untuk WordPress walaupun masih dalam versi beta.

Google Web Stories ini open-source dan gratis ya. 

Manfaat Web Stories

Salah satu manfaat Web Stories yaitu mendapat traffic yang cukup signifikan. Para penerbit artikel saat ini menggunakan format Web Stories dikarenakan tampilannya sangat menarik, interaktif dan menarik perhatian, terutama untuk pengguna seluler atau mobile

Selain itu, Google saat ini secara mengejutkan akan memberikan porsi untuk Web Stories tampil di SERP (Search Engine Results Page), yakni hasil pencarian di Google untuk kata kunci tertentu. 

Manfaat selanjutnya adalah membuat pengunjung betah di website. Hal ini dikarenakan sebagian besar orang butuh konten yang bisa dinikmati secara cepat dan juga ringan, kapanpun dan dimanapun. Oleh karena itu, stories merupakan solusi atas hal tersebut.

Keunggulan Plugin Web Stories

Beberapa keunggulan menggunakan plugin Web Stories:

  • Membuat User Interface dan User Experience lebih baik untuk pengunjung.
  • Web Stories yang kalian buat, bisa di embed dan ditempatkan di tempat lain seperti website kalian yang lain, aplikasi, dan sebagainya.
  • Plugin Google Web Stories menyediakan banyak sekali template menarik yang bisa kalian gunakan untuk membuat Web Story yang cantik dan elegan.
  • Dikarenakan Web Stories sama seperti format AMP maka loading punlebih cepat dan membuat pengunjung betah.
  • Saat ini masih banyak yang belum menggunakan maka kemungkinan besar kalian akan lebih cepat untuk mendapat ranking di SERP.
  • Performa dari Web Stories ini bisa dipantau dengan Google Analytics.

Cara Membuat Web Stories di WordPress

Cara membuat Web Stories tidak repot, kalian cukup menggunakan platform website. Oke, ikuti caranya seperti di bawah ini:

  1. Instal Plugin Web Stories

Kalian harus instal plugins Web Stories terlebih dahulu. Cara menginstalnya cukup mudah karena sama seperti kalian instal plugin yang lain.

Pertama, login dulu ke dashboard WordPress kalian. Lalu, masuklah ke Halaman Plugins dengan klik Plugins => Add New.

web-stories-di-wordpress-1

Supaya cepat, ketikkan keyword Web Stories pada search box lalu akan muncul hasilnya, yaitu plugin Web Stories. Silakan klik Install Now.

web-stories-di-wordpress-2

Setelah plugin Web Stories terinstal, tekan Activate dan tunggu beberapa saat hingga plugin aktif.

web-stories-di-wordpress-3

Sekarang pada dashboard WordPress, kalian akan menemukan menu Stories, yang artinya plugin Web Stories sudah berhasil terpasang. 

web-stories-di-wordpress-4

Oke, kalian sudah siap untuk membuat Web Stories di WordPress? Mari ikuti langkah berikutnya.

2. Buat Web Story

Silakan masuk ke Halaman Stories lalu klik tombol Create New Story.

web-stories-di-wordpress-5

3. Berikan Judul

Selanjutnya kalian akan menjumpai kanvas putih kosong yang siap didesain. Pada bagian atas, silahkan berikan judul Stories sesuai kebutuhan. Kemudian klik Save Draft 

web-stories-di-wordpress-6

4. Masukkan Gambar ke Kanvas Story

Cara berikutnya adalah memasukkan gambar ke kanvas. Tenang, Web Stories sudah menyediakan template siap pakai yang bisa kalian modifikasi sendiri lho, Guys.

web-stories-di-wordpress-7

Selain dari template, kalian juga bisa menggunakan gambar dari WordPress Media Library atau upload gambar baru dari sumber lainnya.

Selesai memilih gambar, atur ukuran pada kanvas sesuai kebutuhan. 

5. Tambahkan Teks

Supaya Web Stories makin lengkap, silahkan tambahkan teks ke dalam kanvas. Caranya dengan mengklik simbol Text di sidebar kiri. 

web-stories-di-wordpress-8

Web Stories ternyata juga menyediakan berbagai fitur edit teks lho. Menarik kan? Kalian bisa mengatur heading, ukuran, warna, mengubah jenis font, dan sebagainya.

6. Upload Story

Langkah terakhir membuat Web Stories di WordPress memang sesimple mengklik tombol Publish. Namun jika diamati, ada icon warning pada tombol tersebut.

web-stories-di-wordpress-9

Icon warning tersebut meminta kalian untuk mengecek menu Checklist pada sidebar kanan. Di menu ini, kalian akan melihat berbagai rekomendasi yang mampu mengoptimalkan Web Stories kalian, seperti jumlah halaman dan teks, poster, dan lain-lain.

web-stories-di-wordpress-10

Tentunya kalian dapat memilih mengabaikan checklist atau mengikutinya. Jika sudah memutuskan, saatnya klik Published.

web-stories-di-wordpress-11

Nantinya akan ada penawaran untuk menambahkan Web Stories sebagai postingan baru di blog. Jika mengiyakan, Web Stories akan di embed menjadi bagian dari konten blog kalian.

Yuk Guys, bikin story di WordPress kalian biar tambah gaul! Kan asik kalian bisa bikin story, gak melulu ngeblog gitu, ya kan 🙂

Si Sari bikin ikan pepes, ngilangin kalut ditinggal Mas Bro

Bikin story di WordPress, ya siapa takut lah Bro



Jetorbit menyediakan web hosting terbaik dan domain murah di tahun 2021 ini. Web hosting adalah tempat untuk membuat website kalian bisa diakses oleh semua pengunjung di seluruh belahan dunia. Agar bisa online dengan mudah dan cepat maka pilihlah web hosting terbaik dengan pengalaman lebih dari 5 tahun. Sedangkan domain adalah identitas dari website kalian agar mudah pengunjung mengingat nama identitas dari website kalian. Selain itu, kami juga menyediakan VPS dan bisa kalian cek di sini.

Bermanfaatkah Artikel Ini?

Klik bintang 5 untuk rating!

Rata rata rating 3 / 5. Jumlah rate 2

Yuk Rate 5 Artikel Ini!

We are sorry that this post was not useful for you!

Let us improve this post!

Tell us how we can improve this post?

Tutorial dan Informasi Teknologi - Jetorbit Blog
Cara Membuat Web Stories di WordPress
Artikel
Cara Membuat Web Stories di WordPress
Informasi mengenai teknologi dan panduan menggunakan hosting, website dan domain
Sekarang kalian tidak hanya bisa membuat story di media sosial lho. Oke, yuk baca Cara Membuat Web Stories di WordPress di Jetorbit
Author Name
Publisher Name
Jetorbit
Publisher Logo

Leave a Comment