Cara Membuat Referensi Buku dalam Format APA (American Psychological Association)

Sharing is caring!

Apakah Anda perlu referensi buku untuk makalah ilmu sosial? Maka Anda perlu tahu cara menggunakan format APA yang merupakan gaya resmi American Psychological Association dan digunakan di sebagian besar jenis penulisan sains dan ilmu sosial. Yuk baca sampai selesai artikel Cara Membuat Referensi Buku dalam Format APA (American Psychological Association)

Sebelum Anda membuat halaman referensi untuk makalah, esai, artikel atau laporan Anda, penting untuk mempelajari cara memformat referensi Anda dengan gaya APA yang tepat. Gaya ini menentukan aturan dan pedoman tertentu untuk berbagai jenis referensi, termasuk buku.

Struktur Dasar Referensi Buku Berformat APA

Pertama, mari kita mulai dengan melihat format APA standar untuk menulis referensi buku. Struktur dasar referensi buku harus mencantumkan nama belakang penulis, inisial pertama, tahun publikasi, judul buku, lokasi, dan penerbit.

Referensi Anda akan muncul sebagai berikut:

Penulis, I. N. (Tahun). Judul buku. Lokasi: Penerbit.

Sebagai contoh:

Wicaksana, Inu. (2018). Misteri Jiwa dan Perilaku. Yogyakarta: Lingkarantarnusa.

Format dasar ini dapat digunakan untuk banyak jenis referensi buku yang memiliki satu penulis atau beberapa penulis. Namun, Anda mungkin perlu menggunakan salah satu format berikut untuk buku yang diedit, tidak memiliki penulis, diterjemahkan atau membutuhkan beberapa format khusus

Buku yang Diedit Dengan Satu atau Lebih Penulis

Buku yang diedit dengan satu atau lebih penulis harus mengikuti struktur dasar referensi buku dan termasuk inisial, nama belakang, dan ‘Ed.’ dalam tanda kurung setelah judul buku.

Sebagai contoh:

Adler, A. (1956). The individual psychology of Alfred Adler: A systematic presentation of selections from his writings. H. L. Ansbacher & R. R. Ansbacher (Eds.). New York: Basic Books.

Buku yang Diedit Tanpa Penulis

Buku yang diedit tanpa penulis harus mencantumkan nama belakang dan inisial pertama editor atau editor, diikuti oleh ‘Ed.’ atau ‘Eds.’ dalam kurung. Sisa referensi harus mengikuti struktur dasar dan termasuk tahun publikasi, judul buku dalam huruf miring, lokasi, dan penerbit.

Sebagai contoh:

Atkinson, J. W. & Rayner, J. O. (Eds.). (1974). Motivation and achievement. Washington, DC: V. H. Winston.

Artikel yang Ditampilkan dalam Buku yang Diedit

Kadang-kadang buku menampilkan kumpulan artikel yang ditulis oleh penulis yang berbeda dalam buku yang diedit. Artikel-artikel oleh masing-masing penulis yang muncul dalam suatu karya, harus mencantumkan nama belakang dan inisial pertama penulis, diikuti dengan tanggal publikasi, dan judul buku. Selanjutnya, editor harus diperhatikan diikuti oleh lokasi dan penerbit.

Sebagai contoh:

Bartol, C. R., & Bartol, A. M. (2005). History of forensic psychology. In I. B. Weiner & A. K. Hess (Eds.), The Handbook of Forensic Psychology (pp.1-27). Hoboken, NJ: Wiley.

Buku yang Diterjemahkan

Buku-buku yang diterjemahkan dari bahasa lain harus menyertakan nama belakang dan inisial nama penulis, diikuti dengan tahun penerbitan dan judul buku. Inisial pertama dan nama belakang penerjemah dan notasi ‘Trans.’ harus dimasukkan ke dalam tanda kurung. Selanjutnya berikan lokasi, penerbit, dan catatan tanggal publikasi asli.

Sebagai contoh:

Freud, S. (1914). The psychopathology of everyday life. (A. A. Brill, Trans.). London: T. Fisher Unwin. (Original work published 1901).

Beberapa tips untuk referensi buku dalam format APA

  1. Ingat bahwa halaman referensi Anda perlu spasi ganda.
  2. Baris pertama dari setiap referensi harus rata dengan margin halaman. Setiap baris referensi Anda selanjutnya harus diberi indentasi.
  3. Jika pengidentifikasi objek digital (Digital Object Identifier) tersedia, sertakan di akhir referensi.
  4. Jika sebuah buku telah diakses melalui database online, ikuti format APA dasar dan sertakan URL di bagian akhir.
  5. Pastikan Anda mengikuti pedoman lain untuk halaman referensi Anda.

Hosting murah bisa didapatkan di Jetorbit tanpa mengurangi kualitas. Jetorbit selalu mengedepankan rasa puas klien dan tercapainya tujuan serta kesuksesan dari website yang ada di dalam Jetorbit. Berbagai macam pilihan web hosting berkualitas bisa Anda coba.

Bermanfaatkah Artikel Ini?

Klik bintang 5 untuk rating!

Rata rata rating 5 / 5. Jumlah rate 1

We are sorry that this post was not useful for you!

Let us improve this post!

Tutorial dan Informasi Teknologi - Jetorbit Blog
Cara Membuat Referensi Buku dalam Format APA (American Psychological Association)
Artikel
Cara Membuat Referensi Buku dalam Format APA (American Psychological Association)
Informasi mengenai teknologi dan panduan menggunakan hosting, website dan domain
Yuk baca sampai selesai artikel Cara Membuat Referensi Buku dalam Format APA (American Psychological Association) di Jetorbit
Silvia
Publisher Name
Jetorbit
Publisher Logo

Leave a Comment