remote-server

Tentu akan memudahkan jika server bisa diakses dari jarak jauh. Iya kan? Kalian bisa mengontrolnya tanpa harus ke lokasi server ditempatkan. Nah, ternyata nih Guys, dengan remote server hal itu ternyata bisa dilakukan lho. Okay, ketahui lebih lanjut yuk tentang remote server dengan baca Apa Sih Itu Remote Server?

Apa Itu Remote Server

Remote server adalah server yang bisa diakses dari jarak jauh. Meskipun pengguna tidak berada di jaringan LAN yang sama tapi bisa tetap masuk ke sistem server tersebut.

Server ini bisa kalian letakkan di tempat tersembunyi agar tidak diketahui orang. Namun kalian tetap bisa kok untuk mengaksesnya tanpa harus ke lokasi tersebut.

Tidak semua orang bisa mengakses sebuah remote server karena untuk bisa menggunakannya, pengguna harus mengetahui IP server, username , dan password untuk login.

Aplikasi untuk Remote Server

Untuk menggunakan aplikasi remote komputer ini tidak perlu bingung karena cara yang dilakukannya sangat mudah dan gratis pula. Berikut ini beberapa aplikasi yang biasa digunakan untuk mengakses remote server:

Windows Remote Desktop

remote-server-1

Jenis aplikasi remote desktop ini telah terintegrasi pada sistem operasi Windows. Aplikasi ini sudah terinstall secara default. Oleh karena itu, kalian tidak perlu melakukan penginstalan dan tidak perlu download apapun apabila ingin menggunakan aplikasi yang satu ini.

Yang perlu diperhatikan adalah saat kalian ingin mengaktifkan koneksi pada komputer, yakni kalian wajib membuka bagian pengaturan, yaitu system properties kemudian mengaktifkan pengaturan bagian allow remote connection. Selain itu, kalian juga dianjurkan untuk melakukan pengaturan pada port forwarding, yaitu di router agar komputer dari jangkauan luar dapat terhubung.

Remote Utilities

Salah satu aplikasi remote komputer yang dapat menghubungkan kedua komputer yaitu remote utilities (internet ID). kalian bisa melakukan pengontrolan sampai dengan 10 komputer sekaligus lho dengan bantuan aplikasi ini. 

TeamViewer

remote-server-2

Aplikasi ini merupakan jenis aplikasi remote yang paling diandalkan karena fitur yang ditawarkan sangat banyak. Selain itu, kalian tidak akan mengalami kesulitan ketika melakukan penginstalan dan menggunakannya. Kelebihan dari aplikasi TeamViewer ini adalah kalian tidak harus mengubah konfigurasi router maupun firewall pada jaringan internet kalian jadi kalian tinggal connect saja.

Any Desk

remote-server-3

Aplikasi AnyDesk merupakan aplikasi remote server populer yang telah didownload oleh lebih dari 100 juta pengguna di seluruh dunia. AnyDesk akan membuat kalian dapat mengakses perangkat dari jarak jauh dengan lebih cepat karena menyediakan bandwidth yang besar dengan sedikit data. Menarik kan?

Unified Remote Desktop

remote-server-4

Unified Remote Desktop merupakan aplikasi yang dapat digunakan di berbagai sistem operasi, baik Windows, Mac, dan Linux. Kalian juga bisa lho menggunakan aplikasi ini melalui perangkat mobile. Nah, untuk bisa saling terkoneksi, baik remote server maupun perangkat yang akan mengakses, kalian tentu harus menginstalnya dulu.

Fungsi Remote Server

Berikut ini beberapa fungsi dari remote server:

Menyalakan dan Mematikan Server

Salah satu fungsi dari remote server adalah bisa mengaktifkan dan mematikan server dari jarak jauh. Tentunya kalian bisa lebih efektif dalam melakukan maintenance atau mengkonfigurasi server. 

Memantau Penggunaan Resource

Jika kalian ingin mengetahui penggunaan resource web server kalian, kalian bisa mengeceknya dengan mudah melalui remote server. Kalian bisa terus memantau dan melakukan optimasi supaya resource tidak penuh.

Apabila penggunaan resource telah melebihi batas, kalian tentu saja bisa merencanakan untuk upgrade server. 

Mudah Memantau Keamanan

Kalian juga bisa lho memantau keamanan. Menjaga keamanan server dari serangan hacker sangatlah penting. Setuju kan? Nah, dengan ini kalian bisa lebih mudah mendeteksi dan menangani adanya serangan hacker.

Okay Guys, jadi itu informasi yang bisa kami sampaikan. Kalian berkenan kah untuk sharing seputar remote server? Tenang, kami sangat terbuka untuk kalian. Tulis apapun yang ingin kalian sharing seputar remote server di kolom komentar ya 🙂

Bagi kalian yang masih bingung bagaimana cara membuat website, tenang saja. Kami punya solusinya. Kalian bisa langsung cek ke Jetorbit guna memenuhi kebutuhan pembuatan website kalian. Selain itu, kami juga menyediakan VPS dan bisa kalian cek di sini.

Bermanfaatkah Artikel Ini?

Klik bintang 5 untuk rating!

Rata rata rating 5 / 5. Jumlah rate 1

Yuk Rate 5 Artikel Ini!

We are sorry that this post was not useful for you!

Let us improve this post!

Tell us how we can improve this post?

Bagikan:

Leave a Comment