Apa Itu Wirausaha?

Sharing is caring!

Wirausaha memang semakin sering terdengar di telinga kita akhir-akhir ini. Terus, sebenarnya apa sih wirausaha itu? Kalian tertarik juga kah untuk menjadi seorang wirausahawan? Kalian sudah berada di tempat yang tepat! Okay, langsung baca sampai selesai ya Apa Itu Wirausaha?

Pengertian Wirausaha

Wirausaha adalah kegiatan usaha atau bisnis mandiri yang mana segala sumber daya dan upaya dibebankan kepada pelaku (disebut sebagai wirausahawan) dalam mengenali produk baru, menentukan cara produksi baru, menyusun suatu operasi, memasarkan serta mengatur permodalannya. Tujuan kegiatan ini adalah untuk menghasilkan sesuatu yang bernilai lebih tinggi dibandingkan saat sebelum diolah.

Di bawah ini merupakan pengertian wirausahawan menurut para ahli:

  • Entrepreneurial is innovator and individual developing something unique and new (wirausahawan adalah seorang penemu dan individu yang membangun suatu hal unik dan baru) = Richard Cantillon, 1755.
  • Wirausaha adalah pengusaha yang mampu mengelola berbagai sumber daya yang dimiliki secara ekonomis (efektif dan efisien) dan tingkat produktivitas yang rendah menjadi tinggi = J.B Say, 1803.
  • Wirausahawan adalah seseorang yang melakukan pengelolaan, mengorganisasikan, dan berani menanggung segala risiko dalam menciptakan peluang usaha serta usaha yang baru = F. Burgess, 1993.

Ciri-ciri Wirausaha

Wirausaha juga memiliki ciri-ciri sebagai berikut:

  • Memiliki keberanian dalam mengambil keputusan serta risiko.
  • Memiliki semangat serta kemauan yang keras.
  • Memiliki sifat hemat atau tidak konsumtif.
  • Memiliki daya kreasi serta inovasi tinggi.
  • Memiliki jiwa kepemimpinan.
  • Dapat berpikir jangka panjang untuk masa depan.
  • Dapat menganalisis dengan tepat.

Cara Menjadi Wirausaha Sukses

Jika kalian ingin menjadi wirausahawan yang sukses, berikut ini cara yang bisa kalian lakukan:

Memiliki Skill sebagai Pengusaha

Pentingnya memiliki skill sebagai seorang pengusaha merupakan langkah awal yang tepat. Skill tersebut, seperti memahami target pasar, memahami kebutuhan pasar, mampu membaca kesempatan, kemampuan komunikasi yang baik, dan lain-lain. 

Memiliki Akses Permodalan

Untuk memulai usaha, pastinya kalian akan membutuhkan modal. Memiliki akses modal yang bagus akan membantu usaha menjadi lancar dan tentunya akan mempercepat proses produksi. Kalian bisa mendapatkan modal dari manapun, bisa dari uang kalian sendiri, dari investor, bahkan dari bank.

Mampu Menghasilkan Solusi

Seorang wirausahawan merupakan orang yang mampu memberikan solusi tepat untuk masalah yang sedang terjadi. Solusi yang diberikan juga tentunya sesuai dengan kebutuhan pasar. Produk atau jasa yang ditawarkan akan lebih mudah diterima oleh pasar dengan cara menciptakan solusi yang tepat kan pastinya. Nah, hal ini akan membantu kelancaran suatu bisnis karena meningkatkan penjualan.

Cepat Mengambil Kesempatan

Persaingan yang sangat ketat dalam berwirausaha akan membuat bisnis menjadi lambat terhadap penjualan. Oleh karena itu, wirausahawan harus cepat dalam mengambil kesempatan yang ada agar tidak tertinggal dengan kompetitor, tentunya diiringi dengan pertimbangan yang matang agar tidak salah langkah. Kesempatan yang dimaksud, bisa jadi kesempatan untuk mengeksekusi suatu ide, kecepatan mengambil momentum, bahkan kecepatan mengambil target pasar dengan strategi pemasaran yang tepat. 

Pandai Mengatur

Dalam bisnis ada banyak hal yang perlu diatur. Untuk memudahkan pekerjaan dan tetap bisa konsentrasi dalam bisnis, kalian bisa saja berinvestasi kepada teknologi yang tepat atau bisa menggunakan suatu software aplikasi untuk mengatur proses akuntansi yang terjadi dengan bisnis kalian. 

Kelebihan dan Kekurangan Wirausaha

Ada baiknya kalian ketahui lebih dahulu kelebihan dan kekurangan wirausaha sebagai berikut:

Kelebihan menjadi wirausahawan

  • Membuka lapangan pekerjaan baru bagi masyarakat
  • Keleluasaan dalam mengatur pekerjaan
  • Mengasah potensi diri, seperti kreativitas dan sebagainya
  • Menghasilkan keuntungan dalam jumlah besar
  • Memiliki kualitas kepemimpinan dalam diri

Kekurangan menjadi wirausahawan

  • Ketidakpastian waktu dalam menghasilkan pendapatan. Selain itu, ada tanggung jawab besar terhadap karyawan yang dipimpin
  • Risiko kehilangan berbagai macam investasi
  • Beban kerja lebih berat meskipun waktu dan ritme bekerja cenderung fleksibel
  • Kesulitan dalam membuat berbagai keputusan penting karena sangat berdampak pada usaha yang dibangun 
  • Banyaknya kemampuan yang harus diasah, seperti manajemen SDM, manajemen finansial, manajemen stres, dan sebagainya

Nah, itulah penjelasan penting terkait apa yang dimaksud dengan wirausaha. So, are you ready to be an entrepreneur, Guys?

Good luck!



Jetorbit menyediakan web hosting terbaik dan domain murah di tahun 2021 ini. Web hosting adalah tempat untuk membuat website kalian bisa diakses oleh semua pengunjung di seluruh belahan dunia. Agar bisa online dengan mudah dan cepat maka pilihlah web hosting terbaik dengan pengalaman lebih dari 5 tahun. Sedangkan domain adalah identitas dari website kalian agar mudah pengunjung mengingat nama identitas dari website kalian. Selain itu, kami juga menyediakan VPS dan bisa kalian cek di sini.

Bermanfaatkah Artikel Ini?

Klik bintang 5 untuk rating!

Rata rata rating 5 / 5. Jumlah rate 1

Yuk Rate 5 Artikel Ini!

We are sorry that this post was not useful for you!

Let us improve this post!

Tell us how we can improve this post?

Tutorial dan Informasi Teknologi - Jetorbit Blog
Apa Itu Wirausaha?
Artikel
Apa Itu Wirausaha?
Informasi mengenai teknologi dan panduan menggunakan hosting, website dan domain
Sebenarnya apa sih wirausaha itu? Kalian tertarik juga kah untuk menjadi seorang wirausahawan? Okay, yuk baca Apa Itu Wirausaha?
Silvia
Publisher Name
Jetorbit
Publisher Logo

Leave a Comment