by

silvia

vram

VRAM merupakan ingkatan dari “Video Random Access Memory” dan diucapkan “V-RAM.” Yuk baca selengkapnya tentang Apa Itu VRAM?

Sistem RAM sangat bagus untuk memuat dan menjalankan program. Akan tetapi, ketika Anda membutuhkan daya grafis, VRAM adalah tempatnya. Ini adalah memori yang digunakan untuk menyimpan data gambar yang ditampilkan oleh computer. VRAM bertindak sebagai penyangga antara CPU dan video card.

Ketika gambar akan ditampilkan di layar, gambar tersebut pertama kali dibaca oleh prosesor kemudian dituliskan ke VRAM. Data tersebut kemudian dikonversi oleh RAM digital-to-analog converter (RAMDAC) menjadi sinyal analog yang dikirim ke layar. Tentu saj seluruh proses terjadi begitu cepat sehingga Anda tidak menyadarinya.

Tidak seperti kebanyakan RAM sistem, chip VRAM memiliki dual-ported, yang berarti bahwa sementara layar membaca dari VRAM untuk refresh gambar yang sedang ditampilkan, prosesor sedang menulis gambar baru ke VRAM. Hal ini mencegah tampilan berkedip-kedip di antara redrawing of images.

Jenis VRAM

VRAM memiliki banyak jenis, antara lain:

  1. Synchronous Graphics RAM (SGRAM)

Salah satu jenis yang populer serta jenis RAM yang murah yang clock-synchronized. Hal ini berarti data dapat dimodifikasi dalam satu operasi daripada sebagai urutan read, write, dan update operations. Ini memungkinkan background, foreground, dan isi gambar ditangani secara lebih efisien.

  1. Rambus Dynamic RAM (RDRAM)

VRAM ini dirancang oleh Rambus yang mempercepat transfer data melalui VRAM jenis ini. Pro editing video seperti chip ini karena dioptimalkan untuk streaming video.

  1. Window RAM (WRAM)

VRAM kinerja tinggi ini memiliki dual-ported, memiliki bandwidth sekitar 25% lebih banyak dari VRAM standar, dan biasanya lebih murah.

  1. Multibank Dynamic RAM (MDRAM)

VRAM ini juga berkinerja tinggi, yang dikembangkan oleh MoSys, yang membagi memori menjadi divisi 32 KB yang dapat diakses secara individual. Hal ini membuat transfer memori lebih efisien dan meningkatkan kinerja secara keseluruhan. Keuntungan lain MDRAM adalah dapat diproduksi dengan jumlah memori yang tepat untuk resolusi yang diberikan sehingga lebih murah untuk diproduksi daripada kebanyakan jenis VRAM lainnya.

Bagi Anda yang masih bingung bagaimana cara membuat website, tenang saja. Kami punya solusinya. Anda bisa langsung cek ke Jetorbit guna memenuhi kebutuhan pembuatan website Anda.

Tidak hanya pembuatan website saja namun Jetorbit juga dapat membantu Anda untuk membuat aplikasi.

Bermanfaatkah Artikel Ini?

Klik bintang 5 untuk rating!

Rata rata rating 5 / 5. Jumlah rate 1

Yuk Rate 5 Artikel Ini!

We are sorry that this post was not useful for you!

Let us improve this post!

Tell us how we can improve this post?

Bagikan:

Leave a Comment