apa-itu-storyboard

Apa Itu Storyboard dan Bagaimana Cara Membuatnya Untuk Sebuah Video?

Sharing is caring!

Membuat video bisa menjadi pekerjaan yang rumit. Kalian harus membuat alur cerita, mengelola banyak detail kecil, dan memutuskan cara mengedit produk jadi. Untungnya, ada alat low-tech yang dapat memudahkan setiap aspek pembuatan video: sebuah storyboard. Yuk baca Apa Itu Storyboard dan Bagaimana Cara Membuatnya Untuk Sebuah Video?

Apa Itu Storyboard?

Storyboard adalah visual outline untuk video kalian. Ini terdiri dari serangkaian gambar mini yang menyampaikan apa yang terjadi dalam video kalian, dari awal sampai akhir. Ini juga mencakup catatan tentang apa yang terjadi di setiap frame. Storyboard yang sudah selesai terlihat seperti komik.

Gambar biasanya digambar dengan tangan meskipun beberapa orang lebih suka menggunakan software storyboard untuk membuat gambar mereka. Storyboard mirip dengan skrip tetapi keduanya tidak sama persis: storyboard bersifat visual, sedangkan skrip berbasis teks.

apa-itu-storyboard-1

Jenis Storyboard

Berikut ini adalah beberapa jenis storyboard yang membawa video kalian dari sebuah skrip ke layar:

Storyboard Tradisional

Storyboard tradisional adalah rangkaian gambar tinta atau pensil yang membantu untuk memvisualisasikan video sebelum pembuatan film dimulai. Mereka dapat disusun secara berurutan di dinding atau di buku berjilid spiral untuk referensi yang mudah.

Banyak storyboard tradisional juga memiliki catatan tertulis yang menjelaskan apa yang terjadi dalam adegan tersebut. Hal terbaik tentang jenis storyboard ini adalah mudah untuk diedit.

Berikut adalah contoh bentuk storyboard tradisional Tom and Jerry:

apa-itu-storyboard-2

Thumbnail Storyboard

Thumbnail storyboard melibatkan pembuatan sketsa kecil dari pengambilan gambar dalam video pada beberapa lembar kertas. Karena ukurannya yang kecil, mereka kurang detail dan memakan waktu lebih singkat daripada storyboard tradisional. Kalian dapat menggunakannya untuk menyusun ide dengan cepat sebelum membuat gambar versi yang lebih detail, seperti storyboard tradisional.

Lihatlah contoh thumbnail storyboard di bawah ini:

apa-itu-storyboard-3

Storyboard Animasi

Dengan teknologi kita mampu membuat storyboard yang lebih kompleks yang dianimasikan dan memiliki beberapa dialog dan musik. Pada dasarnya, storyboard animasi adalah sketsa berbeda yang difilmkan untuk menunjukkan waktu yang diusulkan, tempo, dan aliran visual keseluruhan dari adegan tersebut.

Detail seperti itu mungkin sulit disampaikan dengan sketsa. Membuat storyboard animasi tidak harus rumit kok, kalian dapat menggunakan wave.video untuk menggabungkan foto sketsa kalian menjadi satu video dalam beberapa menit. Kalian tak perlu mendownload atau mempelajari software baru untuk membuat gambar kalian menjadi hidup.

Mengapa Membutuhkan Storyboard?

Pembuatan storyboard akan menambahkan langkah ekstra pada proses pembuatan video kalian tetapi waktu dan usahanya sepadan dengan hasilnya. Berikut ini beberapa manfaat utama yang bisa kalian dapatkan:

Mengatur Pikiran Kalian

Membuat storyboard akan membantu kalian untuk memadatkan semua ide yang tersimpan di kepala menjadi satu visi yang utuh. Selain itu, kalian dapat menggunakan storyboard untuk menguji berbagai ide, sudut kamera, dan cuts tanpa kehilangan penglihatan sama sekali.

Merencanakan dengan Lebih Baik

Ini membantu kalian untuk merencanakan video dengan lebih efektif. Video mengharuskan kalian untuk mengkoordinasikan banyak detail kecil tapi penting. Oleh karena itu, sulit membuat video yang bagus dengan cepat. Dengan membuat storyboard, perencanaan membuat video semakin baik hasil akhirnya.

Bagikan Ide

Kalian mungkin dapat membayangkan dengan tepat tampilan video yang kalian inginkan tetapi mungkin sulit untuk menyampaikan ide kalian kepada orang lain hanya dengan menggunakan kata-kata. Nah, storyboard inilah yang akan menjembatani celah itu untuk kalian, membantu kolega atau klien kalian membayangkan jenis video yang kalian pikirkan.

Identifikasi Masalah Sejak Dini

Storyboard akan membawa kalian selangkah lebih dekat ke poin kesempurnaan dalam video terakhir. Ini mengungkapkan masalah dan kelemahan yang mungkin tidak kalian sadari sampai produksi atau pascaproduksi. Misalnya, kalian mungkin menyadari bahwa kalian membutuhkan lebih banyak alat peraga, efek visual, atau peralatan daripada yang kalian perkirakan.

Sederhanakan Segalanya

Menginvestasikan waktu dan upaya di awal untuk storyboard dapat menghemat lebih banyak energi dan frustasi di kemudian hari lho. Jika kalian memiliki storyboard yang bagus sebelum mulai merekam, kalian akan dapat menghidupkan video dengan lebih efisien dan kalian cenderung tidak akan membuat kesalahan yang membuang-buang waktu untuk ide yang tidak berjalan dengan baik.

Menghemat Waktu dan Anggaran

Storyboard sangat penting untuk membuat video pemasaran yang efektif dengan anggaran tetap. Kalian dapat menghindari merekam rekaman yang tidak berguna atau melakukan pekerjaan ekstra untuk merekam lebih banyak rekaman setelah produksi. Storyboard mengurangi pekerjaan yang tidak perlu.

Gimana Guys? Sudah ada insight kah terkait pembuatan video? Kami harap, setelah kalian membaca tentang apa itu storyboard, kalian bisa menghasilkan karya-karya yang luar biasa dan menginspirasi. Selamat mencoba yaa!

Bagi Anda yang masih bingung bagaimana cara membuat website, tenang saja. Kami punya solusinya. Anda bisa langsung cek ke Jetorbit guna memenuhi kebutuhan pembuatan website Anda. Selain itu, kami juga menyediakan VPS dan bisa Anda cek di sini.

Bermanfaatkah Artikel Ini?

Klik bintang 5 untuk rating!

Rata rata rating 5 / 5. Jumlah rate 1

Yuk Rate 5 Artikel Ini!

We are sorry that this post was not useful for you!

Let us improve this post!

Tell us how we can improve this post?

Tutorial dan Informasi Teknologi - Jetorbit Blog
Apa Itu Storyboard dan Bagaimana Cara Membuatnya Untuk Sebuah Video?
Artikel
Apa Itu Storyboard dan Bagaimana Cara Membuatnya Untuk Sebuah Video?
Informasi mengenai teknologi dan panduan menggunakan hosting, website dan domain
Untungnya, ada alat low-tech yang dapat memudahkan setiap aspek pembuatan video: sebuah storyboard. Yuk baca Apa Itu Storyboard
Silvia
Publisher Name
Jetorbit
Publisher Logo