Apa Itu Inspect Element, Manfaat, dan Cara Menggunakannya

Apa Itu Inspect Element, Manfaat, dan Cara Menggunakannya

Pasti pernah dong ya kalian melihat tampilan suatu website terlihat eye-catching atau ciamik. Anyway, tampilan tersebut tidak terlepas dari script-script penyusun di belakang layar. Ingin meniru tampilannya? Gampang! Manfaatkan saja inspect element dari browser. Okay, tak usah pakai lama, langsung simak yuk Apa Itu Inspect Element, Manfaat, dan Cara Menggunakannya

 

Apa Itu Inspect Element? 

Kalian sudah tahu kah bahwa inspect element merupakan senjata rahasia profesional web? Jadi, para pembuat atau desainer website sering menggunakannya untuk memperbaiki bug, menyesuaikan antarmuka web yang dibangun, dan juga digunakan untuk mengintip balik layar web pesaing.  Kalian bisa melihat script HTML dan CSS yang membentuk halaman web tersebut dengan menggunakan tools ini. 

 

Manfaat Inspect Element 

Berikut ini manfaat-manfaat dari inspect element:

 

  1. Untuk Mengolah Tampilan Website atau CSS 

Saat  ingin melakukan penyesuaian pada tampilan website yang kalian miliki, khususnya pada code CSS, silakan manfaatkan tools ini. 

 

Dengan menggunakannya, browser akan langsung mengeksekusi dan menyajikan tampilan sesuai kode kalian. Fitur ini akan memudahkan dalam menggunakan fitur-fitur, seperti autocomplete, filter, color picker, visual model box, dan sebagainya. 

 

FYI, tampilan yang disajikan bersifat sementara ya dan akan kembali ke tampilan asli ketika kalian refresh browser. Makanya, ketika kalian sudah menemukan  kode CSS yang cucok dengan kebutuhan, kalian salin kodenya ke script CSS website kalian. 

 

  1. Uji Coba Tampilan Responsif 

Inspect element juga digunakan untuk menentukan tampilan website kalian di versi mobile maupun tab. Ada tampilan yang kurang berkenan? Eitsss, santuy, kalian bisa loh menyesuaikan kode CSS-nya sampai memperoleh tampilan yang  kalian inginkan.

 

  1. Mengukur Kecepatan Website 

Melalui tab Network, bisa diketahui seberapa lama halaman website dibuka oleh browser. Besarnya ukuran file yang di-download oleh browser akan membuat halaman web lebih lama untuk dibuka.

 

FYI, kalian juga bisa mengetahui kecepatan akses halaman web melalui tab Network ini. 

 

  1. Debugging Javascript 

Kalian bisa memantau apabila ada error code Javascript dengan menggunakan inspect element, loh. Melalui tab Console, kalian akan mengetahui letak error dan bisa langsung melakukan perbaikan. 

 

Tanpa tools ini, saat terjadi error code Javascript maka tampilan browser yang sering ditemui adalah tampilan halaman kosong saja. 

 

  1. Audit Web 

Di Google Chrome, bisa ditemukan fitur ini di tab Audit. Tab Audit digunakan untuk mengetahui resource apa saja yang digunakan dan tidak digunakan oleh website kalian. Nah, dengan tool tersebut kalian bisa melakukan optimasi kinerja website. 

 

  1. Mengukur Performa Memori dan CPU 

Oia, kalian juga bisa mengukur performa memori dan CPU halaman website saat membuka melalui menu Timeline bagi pengguna Google Chrome dan melalui menu Performance bagi pengguna Firefox.

 

Cara Menggunakan Inspect Element 

Berikut ini cara menggunakan inspect element melalui browser

 

Cara Inspect Element Chrome 

  • Buka browser Chrome lalu ketikkan alamat website yang akan dicek. 
  • Klik kanan lalu pilih Inspect. Ada juga cara pintas untuk membukanya, yaitu gunakan Control + Shift + C bagi pengguna Windows dan gunakan Command + Option + C bagi pengguna Mac. 
  • Selanjutnya, kalian bisa klik tab kotak elemen sesuai dengan kebutuhan. Kalian juga bisa mengubah tampilan kotak editor seperti di bagian kanan, kiri, bawah atau membuka dengan halaman sendiri, dengan cara klik titik tiga pada bagian kanan menu inspect.  

 

Cara Inspect Element Chrome Android 

  • Buka aplikasi chrome pada HP Android yang digunakan. 
  • Akses ke halaman website yang ingin kalian cek inspect. 
  • Tambahkan view-source: di awal link URL websitenya. Contoh view-source:https://jetorbit.com 
  • Setelah itu tekan enter. Nantinya akan muncul kode script.

 

Oia, kalian juga bisa menggunakan aplikasi tambahan di Google Play Store untuk mendapatkan tampilan inspect element yang lebih baik. 

 

Cara Inspect Element Firefox 

Penggunaan pada browser Firefox hampir dengan dengan Google Chrome, yakni: 

 

  • Buka alamat website yang akan dicek menggunakan browser Firefox. 
  • Klik kanan >=> Inspect Element (Q). 

 

Selanjutnya kalian bisa melakukan pengecekan dan manipulasi tampilan melalui tools tersebut.

 

Apakah Kalian Tertarik Mengubah Tampilan Website dengan Menggunakan Inspect Element?

Kalian tak perlu takut ya dalam bereksperimen dengan inspect element sebab tampilan yang berubah hanya tampilan di sisi browser kalian dan tidak berpengaruh pada script website kalian.

 

Luncurkan website berbasis WordPress kalian dengan Jetorbit yuk, dengan fitur yang membuat web jadi cepat serta gratis Theme Premium! Lebih cepat menggunakan WordPress Hosting untuk keperluan website Berita, Portal, Toko Online, dan Blogging berbasis WordPress.

 

Selamat mencoba dan tunggu info-info menarik lainnya dari kami, ya 🙂

Bermanfaatkah Artikel Ini?

Klik bintang 5 untuk rating!

Rata rata rating 0 / 5. Jumlah rate 0

Yuk Rate 5 Artikel Ini!

We are sorry that this post was not useful for you!

Let us improve this post!

Tell us how we can improve this post?

You might also like