Apa Itu Footage dan Cara Mendapatkannya

Apa Itu Footage dan Cara Mendapatkannya

Istilah Footage akan sering ditemui jika mendalami dunia cinematography, apalagi bagi kalian yang suka mengedit video. Sebenarnya apa makna footage dalam sebuah video editing? Yuk simak informasi selengkapnya di artikel Apa Itu Footage dan Cara Mendapatkannya

Apa Itu Footage?

Footage atau video Footage adalah potongan rekaman video mentah hasil rekaman yang bisa digunakan untuk berbagai kebutuhan. Footage berdurasi beberapa detik saja dan pasti memiliki tema, ya.

Misalnya, Footage tentang alam (nature) di hutan maka video Footage-nya adalah rekaman terbaik untuk merekam keadaan alam hutan tersebut. Ada banyak sekali jenis-jenis Footage yang bisa kalian gunakan.

Sebagai contoh kalian ingin membuat video cara mengoperasikan laptop. Nah, kalian bisa menggunakan Footage keyboard laptop, mouse, mengetik di laptop serta cara menutup layar laptop yang benar.

Cara Mendapatkan Footage

Ada tiga cara yang bisa kalian tempuh untuk mendapatkan footage, yakni:

1. Download secara gratis

Yang pertama adalah kalian bisa download Footage secara gratis dan dapat digunakan ulang tanpa takut terkena hak cipta atau copyright. Untuk mendapatkan Footage secara gratis kalian bisa mengunjungi situs pixabay.com.

2. Merekamnya sendiri

Misalnya kalian membutuhkan Footage yang lebih spesifik seperti Footage seseorang menggunakan seragam komunitas tertentu maka kalian wajib merekam Footage sendiri. Untuk hasil yang maksimal, silakan pastikan merekam menggunakan perangkat yang memiliki fitur stabilitas.

3. Membeli footage

Terakhir, kalian bisa membeli stock Footage di situs yang menjual berbagai jenis Footage. Tidak ada salahnya membeli karena selain bisa mendapatkan Footage yang lebih bagus, dengan membeli kalian juga memberikan apresiasi kepada perekam dan pembuat Footage tersebut. Setuju, kan? 

Membuat footage tidak semudah yang dibayangkan sebab butuh daya seni yang baik serta perlunya menambah beberapa efek dan penambahan teks agar footage memiliki arti.

Lalu, apa yang menjadikan Footage dalam Video Youtube menjadi poin penting?

Tentu saja sangat penting karena dengan adanya footage video dalam sebuah konten di Youtube akan menambah unsur keindahan serta variasi video dalam sebuah konten. Selain itu, footage menjadikan video semakin “hidup” dan lebih terlihat terkonsep.

Tips Menjadi Guru Youtuber

Nah, berikut ini tips menjadi guru youtuber dan mahir editing serta aplikasinya:

1: Membuat Channel Youtube

Langkah awal untuk menjadi Youtuber tentu saja harus memiliki Channel Youtube. Nama channel Youtube silakan bisa disesuaikan dengan konten apa yang akan mengisi channel tersebut, seperti channel e-Guru TV. Nama tersebut merepresentasikan channel yang berisi lengkap mengenai hal-hal yang bisa membantu guru di era yang serba elektronik atau internet.

Selain itu, ada Belajar Era Digital yang juga merepresentasikan isi channel berupa apa saja yang bisa dipelajari di masa digital bagi para guru.

2: Membuat Video Youtube

Langkah kedua, yaitu membuat berbagai video yang nantinya akan mengisi Channel Youtube yang sebelumnya telah dibuat. Jenis video yang di-upload di Youtube ada dua, yaitu video offline dan video live streaming.

Video offline merupakan video biasa yang sebelumnya harus dipersiapkan oleh kreator yang nantinya akan di-upload di channel Youtube. Video bisa dibuat dari PowerPoint, rekaman video, maupun cara lainnya.

Sedangkan video live streaming merupakan video yang disiarkan secara langsung, bisa berupa zoom meeting atau google meet yang disiarkan langsung dalam Youtube. Tujuannya agar lebih bayak orang dapat berinteraksi di waktu yang besamaan.

3: Editing Video

Untuk bisa memberikan video yang baik dan bagus, memang perlu skill untuk mengedit video. Ada berbagai platform untuk menyediakan aplikasi editing video, baik yang bisa diakses di PC bahkan di smartphone. Mulai dari aplikasi Kinemaster, Filmora, hingga Aplikasi VN yang sangat mudah untuk dipelajari bagi siapapun asalkan mau mencobanya.

Video akan menjadi lebih terlihat matang konsepnya jika di dalam video tersebut juga ditampilkan footage serta tambahan efek-efek editing yang mendukung isi konten tersebut.

4: Monetisasi Youtube

Monetisasi Youtube merupakan proses konversi dari performa suatu video di Youtube. Youtube sendiri mensyaratkan untuk mencapai monetisasi maka sebuah channel Youtube minimal memiliki 1000 subscriber dan 4000 jam tayang. Jika syarat tersebut sudah terpenuhi maka pemilik channel Youtube boleh mengajukan monetisasi Youtube dan cara daftar Google AdSense YouTube.

Okay, jadi itu penjelasan mengenai video Footage dan bagaimana caranya supaya mendapatkan mentahan Footage. Meski cukup mudah didapatkan tetapi mengedit sebuah Footage cukup sulit dan butuh skill editing yang mumpuni, termasuk saat membuat video Youtube. Semangat ya untuk upgrade skill kalian!

Kabar gembira dari Jetorbit untuk kalian! Sekarang, kami telah meluncurkan produk baru berupa layanan Cloud Hosting yang siap meningkatkan performa website kalian.

Layanan Cloud Hosting dari Jetorbit ini memungkinkan kalian untuk menangani trafik tinggi. Bagi kalian yang butuh sumber daya untuk proses data yang lebih besar dan lebih cepat juga cocok menggunakan layanan ini. 

Selamat mencoba dan tunggu info-info menarik lainnya dari kami, ya 🙂 

Bermanfaatkah Artikel Ini?

Klik bintang 5 untuk rating!

Rata rata rating 0 / 5. Jumlah rate 0

Yuk Rate 5 Artikel Ini!

We are sorry that this post was not useful for you!

Let us improve this post!

Tell us how we can improve this post?

You might also like