Apa Itu Domain Toko

Domain toko adalah alamat yang akan mengantarkan pengguna, agar mudah mengunjungi situs web. Ada dua elemen yang termuat dalam domain, yakni nama dan ekstensi. Tanpa berlama-lama, simak sampai kelar Apa Itu Domain Toko, Yuk Simak Penjelasannya.!

Domain yang Cocok untuk Toko

Apakah kalian sedang berencana untuk membuat situs bagi toko? Sebaiknya cari domain yang cocok. Mulai dari nama dan ekstensinya harus menunjukkan bahwa isi web memang menawarkan sesuatu. Ada dua macam ekstensi yang saat dilihat bisa langsung tahu bahwa itu adalah toko, yaitu .STORE dan .SHOP.

Kalian belum mengenal keduanya, kah? Wajar sih karena memang paling sering menemukan web yang memakai TLD, seperti .COM dan .CO.ID. Nah, sayangnya user masih harus menebak, apakah isinya berupa e-commerce, organisasi, atau blog bisa.

Berbeda dengan dua TLD khusus sebelumnya. User akan langsung mengenal bahwa situs tersebut berupa toko atau e-commerce. Contohnya www.bajuku.store atau www.sepatubaru.shop.

.STORE adalah domain milik registrar besar, RADIX. Ekstensi tersebut paling relevan jika digunakan untuk toko. Banyak juga loh brand terkenal yang memakainya, seperti emirate.store, centurymedia.store, dan khalid.store.

Anyway, .SHOP juga cocok dipakai domain bagi e-commerce. Oia, penggunaannya juga lebih luas, loh. User bisa memanfaatkannya sebagai ekstensi untuk situs yang berisi ulasan pelanggan dan produk serta layanan.

Keuntungan Menggunakan Domain Toko

Meski tidak sepopuler domain lain namun ada banyak keuntungan jika menggunakannya, yakni sebagai berikut:

1. Lebih Mudah Didapatkan

Dua domain toko .STORE dan .SHOP adalah ekstensi yang belum sepopuler lainnya, seperti .NET, .COM, maupun .CO.ID. Makanya, ketersediaannya juga masih sangat banyak. Pengguna akan lebih mudah membangun alamat berkualitas bagi web dan menentukan nama yang secara eksplisit menyesuaikan jenis layanan dan produk.

2. Bisa Membeli dengan Harga Murah

Keuntungan kedua saat ketersediaan domain banyak adalah user tidak perlu keluar biaya besar untuk menggunakan .STORE dan .SHOP. Harganya juga jauh lebih murah sebab volume nama dalam daftar masih tersedia banyak.

Untuk satu bulan saja, tarifnya kisaran Rp 30.000,-. Berbeda dengan .COM dan sejenisnya yang mencapai Rp 100.000,- /bulan. Jadi memang sangat cocok kalau kalian ingin membuka toko online yang profesional namun budget pas-pasan.

3. Meningkatkan Brand Awareness

Keuntungan selanjutnya adalah meningkatkan kesadaran produk dari pengguna internet. Kedua domain tersebut memang paling relevan dengan tujuan. Sekali lihat maka orang-orang akan paham bahwa itu adalah toko.

4. Mendapatkan Rank Bagus di Search Engine

Meski belum terlalu populer, sebenarnya kualitas .STORE dan .SHOP itu sama dengan TLD tradisional lain, loh. Keduanya akan membantu web untuk mendapatkan rank yang bagus. Selain itu, juga termasuk SEO friendly, apalagi ditunjang konten web yang berbobot.

5. Bisa Membuat Email Profesional

Pengguna dapat membuat email dari nama domain untuk toko, contohnya [email protected]. Hal tersebut akan meningkatkan kepercayaan pada web. Pelanggan tentu tidak akan ragu membeli sebab yang digunakan adalah email profesional.

Simpulan 

Okay, bisa disimpulkan bahwa domain toko adalah alamat yang mewakili identitas web. Kalian bisa menggunakan .SHOP dan .STORE agar user internet lebih mudah mengenal situs sebagai toko. Kalian bisa menggunakan keduanya sebagai alternatif ketika nama lain tidak ada, apalagi ketersediaannya masih besar.

Jetorbit menyediakan web hosting terbaik dan domain murah di tahun 2023 ini. Web hosting adalah tempat untuk membuat website Anda bisa diakses oleh semua pengunjung di seluruh belahan dunia. Agar bisa online dengan mudah dan cepat maka pilihlah web hosting terbaik dengan pengalaman lebih dari 5 tahun. Sedangkan domain adalah identitas dari website Anda agar mudah pengunjung mengingat nama identitas dari website Anda. 

Semoga bermanfaat dan tunggu info-info menarik lainnya dari kami, ya 🙂

Bermanfaatkah Artikel Ini?

Klik bintang 5 untuk rating!

Rata rata rating 5 / 5. Jumlah rate 2

Yuk Rate 5 Artikel Ini!

We are sorry that this post was not useful for you!

Let us improve this post!

Tell us how we can improve this post?

Bagikan:

Leave a Comment